Skripsi Memaksimalkan Prestasi Akademik Pelajaran IPS Melalui Self Monitoring Sheet

MEMAKSIMALKAN PRESTASI AKADEMIK
PELAJARAN IPS MELALUI SELF MONITORING SHEET PADA SISWA KELAS 4 SD AL HIKMAH SURABAYA

OLEH :
MOCHAMAD RIDUWAN, S.Pd., M.Pd.
GURU MATA PELAJARAN IPS

SD AL HIKMAH SURABAYA
SEPTEMBER 2011



PENGESAHAN
MEMAKSIMALKAN PRESTASI AKADEMIK
PELAJARAN IPS MELALUI SELF MONITORING SHEET PADA SISWA KELAS 4 SD AL HIKMAH SURABAYA

KARYA TULIS ILMIAH
Oleh :
Mochamad Riduwan, S.Pd.,M.Pd.

Menyetujui,
Kepala SD Al Hikmah Surabaya

Anwar, S.Pd.
SURAT PERNYATAAN
Yang bertandatangan dibawah ini :
Nama : Mochamad Riduwan
Jabatan : Guru Bidang Studi IPS
Judul Karya Tulis :

MEMAKSIMALKAN PRESTASI AKADEMIK
PELAJARAN IPS MELALUI SELF MONITORING SHEET PADA SISWA KELAS 4 SD AL HIKMAH SURABAYA

Menyatakan bahwa karya tulis tersebut adalah karya penulis sendiri dan bukan karya orang lain, baik sebagian maupun keseluruhan, kecuali dalam bentuk kutipan yang disebutkan sumbernya.
Demikian surat pernyataan ini penulis buat dengan sebenar-benarnya
Surabaya, 20 September 2011
Mengetahui,
Kepala Sekolah Penulis
Anwar, S.Pd. Mochamad Riduwan S.Pd.,M.Pd.
KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Alhamdullillah segala puji bagi Allah SWT Tuhan sekalian alam. Sholawat serta salam semoga tercurah kepada baginda Rosulillah Muhammad SAW.
Pada kesempatan ini, penulis mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada pihak-pihak yang telah membantu sehingga karya tulis ini bisa tersusun. Karya tulis ini berisi tentang kegiatan pengisian lembar pantauan diri siswa untuk memaksimalkan prestasi akademik pelajaran IPS kelas 4. Pengisian lembar pantauan diri ini sangat mudah yakni dengan membubuhkan tanda contreng pada item yang tersedia setiap selesai aktifitas proses pembelajaran IPS.
Pada akhirnya, semoga karya tulis ini bermanfaat bagi siapapun yang membaca maupun mengambil ilmu di dalamnya. Semoga Allah SWT meridhoi langkah kita semua, Amin
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
Surabaya, 20 September 2011
Penulis
DAFTAR ISI
Halaman
Halaman Judul i
Halaman Pengesahan ii
Pernyataan iii
Pengantar iv
Daftar Isi v
Daftar Tabel vi
Daftar Lampiran vii
Abstraksi viii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang 1
B. Ruang Lingkup 3
C. Tujuan Manfaat 3
D. Sajian Definisi 4
BAB II LANGKAH-LANGKAH PELAKSANAAN
A. Rancangan Alat 6
B. Proses Pembuatan Alat 6
C. Pedoman Penggunaan Alat 7
D. Prosedur Penggunaan Alat 8
BAB III HASIL KEGIATAN
A. Hasil Kegiatan 9
B. Evaluasi 14
BAB IV KESIMPULAN
A. Kesimpulan 16
B. Saran 16
Daftar Pustaka
DAFTAR TABEL
Halaman
Tabel 3.1. Nilai UH kelas 4 Smt 1 11
Tabel 3.2. Nilai UH Kelas 4 Smt 2 12
DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran 1 Biodata Peserta
Lampiran 2 Copy SK Mengajar Pertama
Lampiran 3 Kegiatan Ilmiah Peserta
Lampiran 4 Foto-Foto
Lampiran 5 Contoh self monitoring sheet
ABSTRAKSI
Salah satu kendala yang dihadapi pengajar IPS untuk memaksimalkan prestasi akademik siswa adalah kurangnya konsentrasi siswa dan kurangnya catatan yang dimiliki siswa pada saat proses belajar mengajar IPS berlangsung. Walaupun penulis berusaha menyampaikan materi dengan model dan metode pelajaran yang paling mudah dilakukan dan menyenangkan tetapi hasil akhir nilai kognitif siswa masih belum maksimal. Penyebab utama adalah tingkat kemalasan siswa membaca dan menulis catatan. Padahal karakteristik pelajaran IPS adalah memiliki cakupan materi yang luas dan perlu banyak dibaca. Oleh sebab itu penulis berusaha menemukan suatu alat yang bisa merubah kebiasaan siswa tersebut, yakni dengan mengisi lembar pantauan diri/self monitoring sheet.
Permasalahannya adalah apakah dengan mengisi lembar pantauan diri/self monitoring sheet mampu meningkatkan prestasi akademik siswa dalam pelajaran IPS? Telah empat kali penulis uji cobakan kepada siswa untuk mengisi lembar pantauan diri tersebut dalam satu semester. Dan Alhamdulillah ternyata dengan aktifitas mengisi lembar pantauan diri yang selalu dilaksanakan setiap akhir proses pembelajaran IPS mampu merubah kebiasaan siswa dan meningkatkan nilai prestasi kognitif siswa. Siswa akhirnya terbiasa menulis catatan materi pelajaran dan membacanya yang menurut penulis ini sangat penting karena catatan materi ini adalah rangkuman penjelasan guru yang mudah dipahami oleh siswa. Kemudian disamping menulis catatan, siswa juga lebih konsentrasi saat pelajaran IPS disampaikan. Dan yang terakhir dengan aktifitas mengisi self monitoring sheet ini mampu meningkatkan nilai prestasi kognitif siswa dibanding pada nilai semester sebelumnya.

0 Response to "Skripsi Memaksimalkan Prestasi Akademik Pelajaran IPS Melalui Self Monitoring Sheet"

Post a Comment