BAB III
LAPORAN HASIL PENELITIAN
A. Gambaran Umum Lokasi Penelitian
1. Identitas Sekolah
Alamat Sekolah :
Dusun Sanding Desa Sandingtaman
Kecamatan Panjalu Kabupaten Ciamis
Nomor Statistik Sekolah :
101021404008
Tahun Didirikan :
1964
Tipe Sekolah :
Gedung Permanen
2. Vis i, Misi, Tujuan dan Strategi
a.
Visi Sekolah
Menjadi sekolah yang unggul dalam prestasi disertai siswa yang berbudi
pekerti luhur
b.
Misi Sekolah
1)
Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan peserta didik
kepada Tuhan Yang Maha Esa
2)
Meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menciptakan
suasana pembelajaran yang aktif dan menyenangkan
3)
Menanamkan rasa kebanggaan terhadap nilai-nilai budaya
bangsa dalam kehidupan sehari-hari
4)
Menanamkan sikap rendah hati dalam kehidupan
sehari-hari
5)
Meningkatkan professional pelayanan pendidikan yang
dilandasi keteladanan kebersamaan, kekeluargaan, kemandirian, dalam rangka
pelayanan prima kepada masyarakat
c.
Tujuan Sekolah
1)
Membentuk peserta didik yang beriman dan bertaqwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlaq mulia
2)
Mempersiapkan peserta didik dalam menghadapi
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era Globalisasi
3)
Mengenal dan mencintai bangsa, masyarakat dan
kebudayaannya
4)
Menoptimalkan potensi peserta didik tetap kreatif,
mandiri, mampu mnegembangkan diri secara terus-menerus dalam menghadapi era
globalisasi
5)
Mempersiapkan peserta didik agar mampu melanjutkan
pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi
3. Kondisi Sekolah Saat Ini
Tabel 1
Data Siswa
Tahun Pelajaran
2007-2008
Kelas
|
Jumlah Siswa
|
||
L
|
P
|
Jumlah
|
|
I
|
8
|
1
|
19
|
II
|
4
|
7
|
11
|
III
|
16
|
8
|
24
|
IV
|
12
|
6
|
18
|
V
|
9
|
7
|
16
|
VI
|
8
|
4
|
12
|
Jumlah
|
57
|
43
|
100
|
Tabel 2
Data Guru Menurut
Tingkat Pendidikan
Tingkat Pendidikan
|
Jumlah Guru (Orang)
|
Ket
|
|||
GT
|
GTT
|
GPK
|
TOTAL
|
||
S1/D4
|
1
|
-
|
-
|
1
|
|
D2/D3
|
3
|
3
|
-
|
6
|
|
D1/SLTA
|
-
|
1
|
-
|
1
|
|
Jumlah
|
4
|
4
|
-
|
8
|
|
Tabel 3
Data Karyawan menurut
Tingkat Pendidikan
Tingkat Pendidikan
|
Jumlah Guru (Orang)
|
Ket
|
|||
GT
|
GTT
|
GPK
|
TOTAL
|
||
S1/D4
|
1
|
-
|
-
|
1
|
|
D2/D3
|
3
|
3
|
-
|
6
|
|
D1/SLTA
|
-
|
1
|
-
|
1
|
|
SD
|
1
|
-
|
-
|
1
|
|
Jumlah
|
5
|
4
|
-
|
9
|
|
Tabel 4
Sarana dan Prasarana
Pendidikan
Jenis Ruangan
|
Jumlah
(Ruang)
|
Luas
(m2)
|
Ruang Kelas
Belajar
|
5
|
245
|
Ruang Praktek
|
-
|
-
|
Laboratorium
|
-
|
-
|
Perpustakaan
|
1
|
49
|
Kantor
|
1
|
35
|
Mushola
|
1
|
9
|
WC Guru
|
1
|
4
|
WC Siswa
|
1
|
4
|
Kolam
|
1
|
30
|
Tabel 5
Kondisi Orang Tua
Siswa
NO
|
Tingkat Pendidikan Orang Tua
|
Jumlah (%)
|
1
|
SD
|
70
|
2
|
SLTP
|
25
|
3
|
SLTA
|
5
|
4
|
PT
|
-
|
NO
|
Pekerjaan
Orang Tua
|
Jumlah (%)
|
1
|
PNS
|
1
|
2
|
TNI/POLRI
|
-
|
3
|
KARYAWAN SWASTA
|
2
|
4
|
PETANI
|
66
|
5
|
NELAYAN
|
-
|
6
|
PEDAGANG
|
31
|
7
|
LAIN-LAIN
|
-
|
Tabel 6
Nama-Nama Guru
No
|
Nama/NIP
|
Status
|
Ket
|
1
|
Komarudin,S.Pd.
Nip. 131505858
|
GT
|
Guru
Kelas
|
2
|
Duyeh,A.Ma.
Nip. 131544857
|
GT
|
Guru Kelas
|
3
|
Ema Setiamulyati,A.Ma.
Nip. 1480130218
|
GT
|
Guru Kelas
|
4
|
Ana Nurjanah,A.Ma.
Nip. 480141599
|
GT
|
Guru Kelas
|
5
|
Sri Ningrat
NIGB 05080738
|
GBDT
|
Guru Kelas
|
6
|
Reni Kurniasih
|
GTT
|
Guru
Kelas
|
7
|
Nunu Nurazijah
|
GTT
|
Guru
Bidang
|
8
|
Cicih Mintarsih
|
GTT
|
Guru
Bidang
|
Tabel 7
Daftar Karyawan
No
|
Nama/NIP
|
Status
|
Ket
|
1
|
Enok Sumiati,S.Pd.
Nip. 130833683
|
PNS
|
Kepala
Sekolah
|
2
|
Idi
Nip. 131482297
|
PNS
|
Penjaga
|
B. Deskripsi Hasil Penelitian
Dalam proses pengumpulan data ini kegiatan yang penulis tempuh dengan
menggunakan langkah-langkah sebagai berikut:
1. Persiapan Pengumpulan Data
Dalam langkah persiapan ini penulis menempuh kegiatan penyusunan angket
berdasarkan pada pokok-pokok masalah yang akan diteliti sebagaimana penulis
kemukakan dalam bab pendahuluan, yang dituangkan ke dalam beberapa kegiatan
sebagai berikut:
a.
Menyusun kisi-kisi angket
b.
Menyusun sejumlah item penelitian
c.
Mengajukan konsep tersebut untuk mengadakan perbaikan
persetujuan
d.
Memperbaiki konsep sesuai dengan petunjuk-petunjuk yang
diberikan pembimbing
2. Uji Coba Angket
Sebelum penyebaran angket, perlu terlebih dahulu diadakan uji coba, agar
angket tersebut dapat menghasilkan data yang dibutuhkan sehingga data tersebut
dapat diolah sesuai dengan data yang diperlukan.
Uji coba ini penulis lakukan setelah angket tersusun dan mendapat
persetujuan dari pembimbing, selanjutnya penulis mencoba angket tersebut pada
tanggal 22 April 2008 kepada 10 orang siswa SD Negeri 3 Sandingtaman di
lingkungan keluarga.
Dari hasil uji coba ini penulis adakan perbaikan seperlunya baik mengenai
materi maupun cara penyusunan. Ini memberi manfaat yang besar bagi penulis,
sebab dengan uji coba tersebut dapat mengadakan perbaikan agar mencapai tujuan
yang diharapkan.
3. Pelaksanaan Pengumpulan Data
Setelah angket diujicobakan dan setelah persyaratan administrasi dipenuhi
angket tersebut penulis sebarkan kepada responden yang disajikan dalam sample
penelitian. Kemudian angket tersebut penulis secara langsung dapat diisi oleh
siswa yang bersangkutan dan dapat terkumpul sepenuhnya pada hari itu juga.
Pengumpulan data ini sangat penting karena tanpa adanya pengumpulan data
tidak akan menghasilkan kesimpulan dalam penelitian. Dalam penelitian ini
sebagai alat pengumpul data menggunakan angket dan sebagai penunjang adalah
wawancara terhadap beberapa oran g
tua siswa.
Untuk mempermudah penafsiran dalam mengemukakan hasil penelitian, penulis
menggunakan kriteria penafsiran dalam bentuk presentase sebagai berikut:
Tabel 8
Kriteria Penafsiran
No
|
Persentase
(%)
|
Diartikan
|
1
|
100
|
Seluruhnya
|
2
|
75-99
|
Sebagian terbesar
|
3
|
51-74
|
Sebagian besar
|
4
|
50
|
Setengahnya
|
5
|
25-49
|
Sebagian kecil
|
6
|
1-24
|
Sebagian terkecil
|
|
0
|
Tak seorang pun
|
C. Analisis Usaha Orang Tua Dalam Meningkatkan
Prestasi Belajar Di SD Negeri 3 Sandingtaman
Dalam laporan hasil pengolahan data ini penulis kemukakan hasil
pengolahan data dan penafsiran dari setiap item angket. Data yang terkumpul
dapat diproses sebagai berikut:
1. Bantuan
Atau Bimbingan Yang Diberikan Orang Tua Kepada Anak
Waktu
Belajar
Apakah oran g
tuamu memberi bantuan atau bimbingan dalam waktu belajar?
Untuk jawaban dari pertanyaan diatas dapat dilihat tabel dibawah ini.
Tabel
9
Bantuan Atau Bimbingan Yang Diberikan Orang
Tua Kepada Anak
Waktu Belajar
Item
|
Alternatif
|
F
|
%
|
1
|
a. ya, membimbing secara langsung
|
9
|
20,4
|
b. kadang-kadang membimbing
secara langsung
|
31
|
70,4
|
|
c. tidak, diserahkan pada anak
sendiri
|
4
|
9,1
|
|
Total
|
44
|
100
|
Dari tabel 9 diatas ternyata sebagian besar, kadang-kadang orang tua
memberi bimbingan kepada anak dalam rangka belajar di rumah, sebagian kecil
orang tua memberi bimbingan secara langsung kepada anak waktu belajar sebagian
kecil oran g tua
tidak memberi bmbingan kepada anak waktu belajar. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa sebagian besar orang tua kadang-kadang memberi bimbingan
secara langsung.
2. Bidang Studi Yang Dipelajari Anak Di
Sekolah Yang Dapat Dibimbing Orang Tua
Apakah orang tuamu dapat membimbingseluruh
bidang studi yang dipelajari di sekolah?
Untuk jawaban dari pertanyaan diatas dapat dilihat
tabel dibawah ini.
Tabel
10
Bidang Studi Yang Dipelajari Anak Di
Sekolah Yang Dapat Dibimbing Orang Tua
Item
|
Alternatif
|
F
|
%
|
2
|
a. ya, seluruh bidang studi
|
1
|
2,3
|
b. hanya sebagian
|
42
|
95,4
|
|
c. tidak satu pun karena tidak
mengerti
|
1
|
2,3
|
|
Total
|
44
|
100
|
Dari tabel10 diatas ternyata sebagian terbesar orang tua hanya sebagian hanya
sebagian dapat membimbing bidang studi anak di sekolah, sebagian terkecil orang
tua dapat membimbing seluruh bidang studi yang dipelajari anak di sekolah,
sebagian terkecil orang tua tidak dapat membimbing anak karena tidak mengerti.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sebagian terbesar orang tua hanya
sebagian dapat membimbing bidang studi yang dipelajari anak di sekolah.
3. Usaha Orang
Tua Untuk Menanyakan Hasil Belajar Anak Setiap Hari
Apakah oran g tuamu berusaha menanyakan hasil belajar
setiap hari?
Untuk jawaban dari pertanyaan diatas dapat dilihat tabel dibawah ini.
Tabel
11
Usaha Orang
Tua Untuk Menanyakan Hasil Belajar Anak Setiap Hari
Item
|
Alternatif
|
F
|
%
|
3
|
a. ya, menanyakan setiap anak
sedang belajar
|
7
|
16
|
b. kadang-kadang
|
35
|
79,5
|
|
c. tidak pernah menanyakan karena
sibuk
|
2
|
-
|
|
Total
|
44
|
100
|
Dari tabel 11 diatas ternyata bahwa pada umumnya orang tua kadang-kadang
menanyakan hasil belajar setiap hari, sebagian terkecil orang tua setipa hari
menanyakan hasil belajar kepada anak, hal
ini sangat baik karena merupakan dorongan untuk belajar, sebagian terkecil
orang tua tidak tidak pernah menanyakan hasil belajar setiap hari kepada anak
jadi terserah kepada anak sendiri.. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
sebagian terbesar orang tua kadang-kadang menanyakan hasil belajar setiap hari.
4. Usaha Orang Tua Untuk menyuruh Anak belajar
Apakah Orang tuamu suka menyuruhmu belajar?
Untuk jawaban dari pertanyaan diatas dapat dilihat tabel dibawah ini:
Tabel
12
Usaha Orang Tua Untuk
menyuruh Anak belajar
Item
|
Alternatif
|
F
|
%
|
4
|
a. ya
|
41
|
93,2
|
b. kadang-kadang
|
3
|
6,8
|
|
c. tidak pernah menyuruh
|
-
|
-
|
|
Total
|
44
|
100
|
Dari
tabel 12 ternyata bahwa sebagian terbesar orang tua suka menyuruh anak belajar,
sebagian terkecil oran g
tua kadang-kadang menyuruh anak belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa sebagian terbesar oran g
tua suka menyuruh anak belajar.
5. Usaha Pendekatan Orang Tua Terhadap Anak
Yang Mengemukakan Masalah
Apakah orang tuamu pernah mendengar masalah/kesulitan belajar serta apa
yang dilakukannya?
Untuk jawaban dari pertanyaan diatas dapat dilihat tabel dibawah ini:
Tabel
13
Usaha Orang Tua Untuk
menyuruh Anak belajar
Item
|
Alternatif
|
F
|
%
|
5
|
a. ya, dibantu dengan
pemecahannya
|
8
|
18,2
|
b. kadang-kadang mendengar dan
membantuanya
|
27
|
61,4
|
|
c. sering mendengar tapi tidak
membantunya
|
6
|
13,6
|
|
d. tidak pernah mendengar dan tidak pernah
membantunya
|
3
|
6,8
|
|
Total
|
44
|
100
|
Dari tabel 13 ternyata bahwa sebagian besar kadang-kadang orang tua
mendengar dan membantunya, sebagian kecil orang tua mendengar keluhan dan
dibantu dalam pemecahannya, sebagian terkecil orang tua sering mendengar tapi
tidak dibantunya, sebagian terkecil oran g
tua tidak pernah mendengar dan tidak membantunya. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa sebagian sebagian besar orang tua kadang-kadang menden gar dan membantunya
dalam pemecahan masalah.
6. Usaha Orang Tua Dalam Rangka Membangkitkan
Motivasi Belajar Terhadap Anak
Bagaimana usaha oran g
tuamu dalam rangka membangkitkan motivasi belajar?
Untuk jawaban dari pertanyaan diatas dapat dilihat tabel dibawah ini:
Tabel
14
Usaha Orang Tua Dalam
Rangka Membangkitkan Motivasi Belajar Terhadap Anak
Item
|
Alternatif
|
F
|
%
|
6
|
a. dengan diberi hadiah/pujian
|
6
|
15,6
|
b. kadang-kadang diberi
hadiah/pujian
|
17
|
38,6
|
|
c. tidak diberi hadiah/pujian
|
7
|
16,0
|
|
d. dengan mengingatkan agar dapat belajar
lebih baik lagi
|
14
|
31,8
|
|
Total
|
44
|
100
|
Dari tabel 14 ternyata bahwa sebagian kecil orang tua kadang-kadang
memberi hadiah/pujian dalam rangka membangkitkan motivasi belajar, sebagian
kecil orang tua cukup dengan mengingatkan agar anak dapat belajar dengan lebih
baik lagi, sebagian terkecil oran g
tua tidak memberi hadiah/pujian, sebagian terkecil lagi orang tua dengan
memberi hadiah/pujian. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa sebagian kecil oran g tua kadang-kadang
memberi hadiah/pujian.
7. Sikap Orang Tua Apabila Tidak Mampu Membimbing
Anak Belajar Di Rumah
Bagaimana sikap orang tuamu apabila orang tua kurang mampu membimbing
belajar di rumah?
Untuk jawaban dari pertanyaan diatas dapat dilihat tabel dibawah ini:
Tabel
15
Sikap Orang Tuamu
Apabila Orang Tua Kurang Mampu
Membimbing Belajar Di Rumah
Item
|
Alternatif
|
F
|
%
|
7
|
a. disuruh
mencari guru yang berhubungan
dengan bidang
studi
|
4
|
9,1
|
b. disuruh belajar dengan teman
|
33
|
75
|
|
c. dibiarkan anak sendiri
|
4
|
9,1
|
|
d. disuruh mencari orang ysng dianggap mampu
membantu
|
3
|
6,8
|
|
Total
|
44
|
100
|
Dari tabel 15 diatas ternyata bahwa sebagian terbesar orang tua menyuruh
anak belajar dengan teman. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sebagian
terbesar sikaporang tua apabila kurang mampu membimbing anak belajar di rumah
itu dengan menyuruh anak belajar dengan teman.
8. Usaha Pendekatan Orang Tua Terhadap Anak Yang
Tidak Mengemukakan Masalah
Bagaimana usaha orang tuamu apabila anda mempunyai masalah tapi tidak terus terang kepada orang
tua?
Untuk jawaban dari pertanyaan diatas dapat dilihat tabel dibawah ini.
Tabel
16
Usaha Pendekatan Orang
Tua Terhadap Anak Yang Tidak Mengemukakan Masalah
Item
|
Alternatif
|
F
|
%
|
8
|
a. mengadakan
pendekatan dengan berbincang-bincang
|
18
|
41
|
b. mencari
teman dekat untuk mendapat informasinya
|
17
|
38,6
|
|
c. membicarakannya
|
6
|
13,6
|
|
d. menanyakan langsung kepada anak tentang
masalahnya
|
3
|
6,8
|
|
Total
|
44
|
100
|
Dari tabel diatas ternyata bahwa sebagian kecil orang tua mengadakan
pendekatan dengan cara berbincang-bincang, sebagian kecil orang tua mencari
teman dekat untuk mendapatkan informasi, sebagian terkecil orang tua membiarkan
anak, sebagian terkecil lagi orang tua menanyakan langsung kepada anak tentang
masalah/kesulitan yang dihadapi anak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
sebagian kecil orang tua mengadakan pendekatan dengan cara berbincang-bincang.
9. Waktu Yang Disediakan Orang Tua Untuk
Bimbingan Belajar Di Rumah
Kapan orang tuamu membimbing belajar di rumah?
Untuk jawaban dari pertanyaan diatas dapat dilihat tabel dibawah ini.
Tabel
17
Waktu Yang Disediakan
Orang Tua Untuk Bimbingan Belajar Di Rumah
Item
|
Alternatif
|
F
|
%
|
9
|
a. setiaphari
|
7
|
16
|
b. dua kali seminggu
|
0
|
0
|
|
c. tidak tentu tegantung ada tidaknya waktu
luang
|
28
|
63,6
|
|
d. kadang-kadang membimbing setiap hari
|
9
|
20,4
|
|
Total
|
44
|
100
|
Dari tabel diatas ternyata bahwa sebagian besar orang tua membimbing anak
belajaritu tidak tentu tergantung ada tidaknya waktu luang, sebagian terkecil
orang tua kadang-kadang membimbing setiap hari, sebagian terkecil orang tua
membimbing anak setiap hari. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sebagian
besar orang tua membimbing anak belajar di rumah itu tidak tentu tergantung ada
tidaknya waktu luang.
10. Ruangan Khusus Untuk Belajar Anak Di Rumah
Apakah orang tuamu menyediakan ruangan khusus untuk belajar?
Untuk jawaban dari pertanyaan diatas dapat dilihat tabel dibawah ini.
Tabel
18
Ruangan Khusus Untuk
Belajar Anak Di Rumah
Item
|
Alternatif
|
F
|
%
|
10
|
a. ya, khusus untuk belajar
|
18
|
41
|
b. tidak ada ruangan khusus cukup di kamar
saja
|
20
|
45,4
|
|
c. tidak ada, anak belajar dimana saja
|
4
|
9,1
|
|
d. tidak ada ruangan khusus namun disatukan
dengan ruang
makan
|
2
|
4,5
|
|
Total
|
44
|
100
|
Dari tabel diatas ternyata bahwa sebagian kecil orang tua tidak
menyediakan ruangan khusus untuk belajar tetapi cukup di kamar saja, sebagian
kecil orang tua menyediakan ruangan khusus untuk belajar, hal ini sangatlah
menunjang bagi kelancaran anak dalam belajar, sebagian terkecil oran g tua tidak
menyediakan ruangan khusus untuk belajar dimana saja, sebagian terkecil lagi oran g tua tidak
menyediakan ruangan khusus untuk belajar, namun disatukan dengan ruang makan.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sebagian kecil oran g tua tidak menyediakan ruangan khusus
untuk belajar jadi anak belajar dimana saja.
11. Perlengkapan Tempat Belajar Anak Di Rumah
Apakah orang tuamu menyediakan kuesi, meja dan tempat buku khusus?
Untuk jawaban dari pertanyaan diatas dapat dilihat tabel dibawah ini.
Tabel
19
Perlengkapan Tempat
Belajar Anak Di Rumah
Item
|
Alternatif
|
F
|
%
|
11
|
a. ya
|
26
|
59,1
|
b. hanya meja, kursi saja
|
12
|
27,3
|
|
c. tidak ada satu pun
|
4
|
9,1
|
|
d. hanya ada tempat buku
|
2
|
4,5
|
|
Total
|
44
|
100
|
Dari tabel diatas ternyata bahwa sebagian kecil orang tua menyediakan perlengkapan
tempat belajar, sebagian kecil orang tua hanya menyediakan meja, kursi saja,
sebagian terkecil orang tua hanya menyediakan tempat buku saja. Dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa sebagian kecil oran g
tua menyediakan perlengkapan tempat belajar.
12. Usaha Orang Tua Untuk Memenuhi Kebutuhan
Alat-Alat Pelajaran Anak
Apakah orang tuamu berusaha memenuhi kebutuhan alat-alat pelajaran yang
diperlukan?
Untuk jawaban dari pertanyaan diatas dapat dilihat tabel dibawah ini.
Tabel
20
Usaha Orang Tua Untuk Memenuhi Kebutuhan Alat-Alat Pelajaran Anak
Item
|
Alternatif
|
F
|
%
|
12
|
a. ya, selalu memenuhi
|
22
|
50
|
b. kadang-kadang tergantung ada tidaknya uang
|
20
|
45,5
|
|
c. tidak memperhatikan kebutuhan anak
|
2
|
4,5
|
|
Total
|
44
|
100
|
Dari tabel diatas ternyata bahwa setengahnya orang tua selalu memenuhi
kebutuhan alat-alat pelajaran, sebagian kecil orang tua kadang-kadang memenuhi
tergantung ada tidaknya uang, sebagian terkecil orang tua tidak memperhatikan
kebutuhan anak, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa setengahnya orang tua
selalu memenuhi kebutuhan alat-alat pelajaran.
13. Kesempatan Anak Belajar Di Rumah
Kapan kamu belajar di rumah?
Untuk jawaban dari pertanyaan di atas dapat dilihat tabel dibawah ini.
Tabel
21
Kesempatan Anak
Belajar Di Rumah
Item
|
Alternatif
|
F
|
%
|
13
|
a. malam hari
|
24
|
54,5
|
b. pagi-pagi sebelum berangkat ke sekolah
|
-
|
-
|
|
c. siang hari sepulang sekolah
|
5
|
11,4
|
|
d. malam hari dan siang hari
|
15
|
34,1
|
|
Total
|
44
|
100
|
Dari tabel diatas ternyata bahwa sebagian besar anak belajar malam hari,
sebagian kecil anak belajar malam dan siang hari,sebagian terkecil anak belajar
siang hari sepulang sekolah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sebagian
besar anak belajar malam hari.
14. SikapOrang Tua Apabila Anak Sedang Belajar
Apakah orang tuamu suka menyuruh apabila kamu sedang belajar?
Untuk jawaban dari pertanyaan diatas dapat dilihat tabel dibawah ini.
Tabel
22
SikapOrang Tua Apabila Anak Sedang Belajar
Item
|
Alternatif
|
F
|
%
|
14
|
a. tidak
|
11
|
25
|
b. kadang-kadang
|
32
|
72,7
|
|
c. sering
|
1
|
2,3
|
|
Total
|
44
|
100
|
Dari tabel diatas ternyata bahwa sebagian besar orang tua kadang-kadang
menyuruh anak waktu belajar, sebagian kecil orang tua tidak pernah menyuruh
anak waktu anak sedang belajar, sebagian terkecil orang tua sering menyuruh
anak waktu anak belajar . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sebagian
besar oran g tua
kadang-kadang menyuruh anak waktu belajar.
15. Sikap Orang Tua Terhadap Gangguan Anggota
Keluarga Bila Anak Sedang Belajar
Bagaimana sikap orang tuamu apabila kamu sedang belajar mendapat gangguan
dari salah seorang anggota keluarga?
Untuk jawaban dari pertanyaan di atas dapat dilihat tabel dibawah ini.
Tabel
23
Sikap Orang Tua
Terhadap Gangguan Anggota Keluarga Bila Anak Sedang Belajar
Item
|
Alternatif
|
F
|
%
|
15
|
a. berusaha menghilangkan gangguan tersebut
|
26
|
59
|
b. kadang-kadang menghilangkan gangguan
tersebut
|
16
|
36,4
|
|
c. membiarkan mereka
mengganggu
|
1
|
2,3
|
|
d. menyuruh anak belajar di
tempat lain
|
1
|
2,3
|
|
Total
|
44
|
100
|
Dari tabel diatas ternyata bahwa sebagian besar orang tua berusaha
menghilangkan gangguan dari anggota keluarga, sebagian kecil orang tua
kadang-kadang menghilangkan gangguan tersebut, sebagian kecil orang tua
membiarkan mereka mengganggu anak belajar, sebagian terkecil lagi orang tua
menyuruh anak belajar di tempat lain. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sebagian
besar oran g tua
berusaha menghilangkan gangguan dari anggota keluarga.
16. Kesulitan Orang Tua Dalam Hal Pelayanan
Tempat Belajar
Apakah orang tuamu mendapat kesulitan dalam hal pelayanan tempat belajar?
Untuk jawaban dari pertanyaan diatas dapat dilihat tabel dibawah ini.
Tabel
24
Kesulitan Orang Tua
Dalam Hal Pelayanan Tempat Belajar
Item
|
Alternatif
|
F
|
%
|
16
|
a. tidak
|
4
|
9,1
|
b.
kadang-kadang
|
13
|
29,5
|
|
c. sering
|
27
|
61,4
|
|
Total
|
44
|
100
|
Dari tabel diatas ternyata bahwa sebagian besar orang tua tidak mendapat kesulitan dalam pelayanan tempat belajar,
sebagian kecil orang tua kadang-kadang mendapat kesulitan dalam pelayanan
tempat belajar, sebagian terkecil oran g
tua mendapat kesulitan dalam hal pelayanan tempat belajar. Dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa sebagian besar orang tua tiak mendapat kesulitan dalam
hal pelayana tempat belajar.
17. Cara Orang Tua Dalam Mengatasi Pelayanan
Tempat Belajar
Bagaimana cara orang tuamu mengatasi kesulitan dalam hal tempat belajar?
Untuk jawaban dari pertanyaan diatas dapat dilihat tabel dibawah ini.
Tabel
25
Cara Orang Tua Dalam
Mengatasi Pelayanan Tempat Belajar
Item
|
Alternatif
|
F
|
%
|
17
|
a. berusaha melengkapi fasilitas tempat belajar
dengan cara
berangsur
|
21
|
47,7
|
b. anak diberi pengertian untuk dapat belajar
seadanya
|
23
|
52,3
|
|
c. membiarkan dan menyuruh belajar dengan
teman
|
-
|
-
|
|
Total
|
44
|
100
|
Dari tabel diatas ternyata bahwa sebagian besar anak diberi pengertian
untuk belajar seadanya, sebagian kecil orang tua orang tua berusaha melengkapi
fasilitas tempat belajar dengan cara berangsur. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa sebagian besar orang tua memberi pengertian kepada anak untuk
dapat belajar seadanya.
18. Kesulitan Orang Tua Dalam Hal Pelayanan
Alat-Alat Pelajaran
Apakah orang tuamu mendapat kesulitan dalam hal pelayanan alat-alat
pelajaran?
Untuk jawaban dari pertanyaan diatas dapat dilihat tabel dibawah ini.
Tabel
26
Kesulitan Orang Tua
Dalam Hal Pelayanan Alat-Alat Pelajaran
Item
|
Alternatif
|
F
|
%
|
18
|
a. ya
|
-
|
-
|
b. kadang-kadang
|
25
|
56,8
|
|
c. tidak
|
19
|
43,2
|
|
Total
|
44
|
100
|
Dari tabel diatas ternyata bahwa kadang-kadang orang tua mendapat
kesulitan, sebagian kecil orang tua tidak mendapat kesulitan dalam hal
pelayanan alat-alat pelajaran, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa orang
tua kadang-kadang mendapat kesulitan dalam hal pelayanan alat-alat pelajaran.
19. Cara Orang Tua Dalam Mengatasi Kesulitan
Dalam Pelayanan Alat-Alat Pelajaran
Bagaimana cara orang tuamu mengatasi kesulitan dalam hal pelayanan
alat-alat pelajaran?
Untuk jawaban dari pertanyaan diatas dapat dilihat tabel dibawah ini.
Tabel
27
Cara Orang Tua Dalam
Mengatasi Kesulitan Dalam Pelayanan Alat-Alat Pelajaran
Item
|
Alternatif
|
F
|
%
|
19
|
a. diusahakan secara berangsur
|
36
|
81,8
|
b. disuruh meminjam kepada teman
|
7
|
15,9
|
|
c. tidak mengusahakanya
|
1
|
2,3
|
|
Total
|
44
|
100
|
Dari tabel diatas ternyata bahwa sebagian terbesar orang tua mengusahakan
secara berangsur dalam mengatasi kesulitan pelayanan alat-alat pelajaran,
sebagian terkecil orang tua hanya menyuruh anak meminjam kepada teman, sebagian
terkecil lagi orang tua tidak mengusahakannya. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa sebagian terbesar orang tua mengusahakan secara berangsur
dalam mengatasi kesulitan pelayanan alat-alat pelajaran.
20. Pendapat Orang Tua Tentang Hasil Bimbingan
Yang Diberikannya Waktu Belajar Di Rumah
Bagaimana pendapat orang tuamu apabila kamu mendapat kemajuan dalam
belajar setelah orang tuamu membimbing di rumah?
Untuk jawaban dari pertanyaan di atas dapat dilihat tabel dibawah ini.
Tabel 28
Pendapat Orang Tua
Tentang Hasil Bimbingan Yang Diberikannya Waktu Belajar Di Rumah
Item
|
Alternatif
|
F
|
%
|
20
|
a. merasa senang
|
35
|
79,5
|
b. biasa saja
|
8
|
18,2
|
|
c. tidak menghiraukannya
|
1
|
2,3
|
|
Total
|
44
|
100
|
Dari tabel diatas ternyata bahwa sebagian terbesar orang tua merasa
senang, sebagian terkecil orang tua menganggap biasa saja, sebagian terkecil
lagi orang tua tidak menghiraukannya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
sebagian terbesar orang tua merasa senang atas hasil yang dicapai setelah
dibimbingnya.
1. Cara pendekatan orang tua siswa kelas V
dalam membimbing anak belajar di lingkungan keluarga guna meningkatkan prestasi
belajar di SD Negeri 3 Sandingtaman Kecamatan Panjalu kabupaten Ciamis.
a) Pendekatan psikologis, yang dapat
dilakukan orang tua dalam membimbing anak belajar yaitu dengan memecahkan
masalah yang dihadapi anak, walaupun dalam kenyataannya dilakukan orang tua
secara kadang-kadang, membimbing bidang studi yang dipelajari anak di sekolah,
dalam hal ini hanya orang tua tertentu saja yang dapat membimbing seluruh
bidang studi mengingat latar belakang pendidikan orang tua berbeda. Orang tua
menanyakan hasil belajar, walaupun pada umumnya tidak tiap hari. Orang tua
memberi motivasi belajar kepada anak apabila anak mengalami kemunduran dalam
belajar, baik dengan hadiah/pujian agar anak belajar lebih baik.
b) Pendekatan sosial, orang tua siswa memberi
kesempatan kepada anak untuk bekerja bersama-sama anggota keluarga sesuai
dengan situasi, kondisi dan kemampuan anak. Orang tua memberi kesempatan kepada
anak untuk belajar dengan teman, dengan diberi bataswaktu tertentu. Orang tua
kurang mampu membimbing anak belajar, dalam hal ini orang tua hanya menyuruh
anak belajar dengan teman.
c) Dalam rangka membimbing anak belajar di
rumah orang tua melakukan kegiatan untuk memperhatikan anak, kalau anak
mendapat kesulitan atau masalah yang dihadapi dengan cara berbincang-bincang.
Waktu yang dipergunakan orang tua untuk membimbing anak itu tidak tentu
tergantung ada tidaknya waktu luang, karena orang tua sibuk dengan urusan
pekerjaan dan urusan rumah tangga.
2. Pelayanan
fasilitas yang disediakan orang tua untuk keperluan anak belajar
di rumah.
Dalam pelayanan fasilitas ini
kegiatan yang dilakukan orang tua adalah: orang tua menyediakan tempat belajar
itu sebagian besar cukup di kamar saja, jadi kebanyakan belum mempunyai tempat
khusus/ruangan khusus untuk belajar. Namun sebagian besar orang tua telah
melengkapi tempat belajar seperti meja, kursi dan tempat buku secara
khusus.anak belajar umumnya malam hari. Orang tua kadang-kadang menyuruh anak
belajar.
3. Kesulitan
apa yang dihadapi
orang tua dalam membimbing anak belajar di
rumah
serta cara mengatasinya.
Kesulitan yang dihadapi orang
tua dalam hal ini pelayanan fasilitas tempat belajar secara khusus pemenuhan
kebutuhan anak untuk belajar, penunjang pelajaran dan buku-buku pelajaran lainnya.
Untuk mengatasi hal tersebut,
orang tua berusaha untuk melengkapinya dengan cara berangsur, pada umumnya
orang tua merasa senang apabila anak
mendapat kemajuan dalam belajar setelah mendapat bimbingan belajar di rumah.
Berdasarkan dari uraian
diatas, maka untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di SDN 3 Sandingtaman Kecamatan
Panjalu Kabupaten Ciamis, baik dalam kegiatan pendekatan, penyediaan fasilitasdan
mengatasi kesulitan yang dihadapi siswa dengan cara yang berbeda, walaupun
belum sepenuhnya dilaksanakan dengan baik, mengingat latar belakang pendidikan
dan faktor ekonomi yang berbeda.
0 Response to "Skripsi BAB III USAHA ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA"
Post a Comment