Skripsi BAB II IPS Kelas 4 SD Memaksimalkan Prestasi Akademik Pelajaran IPS Melalui Self Monitoring Sheet

BAB II
LANGKAH-LANGKAH PELAKSANAAN

Rancangan Alat
Alat dan bahan yang digunakan antara lain :
1. Kertas HVS
2. Alat tulis
3. Komputer
4. Print out
5. Daftar nama siswa
6. Stopmap

Proses Pembuatan Alat
Sangat mudah dan gampang untuk membuat lembar pantauan diri. Dibuat pada selembar kertas HVS dengan cara menggambar tabel yang berisi kolom nomer, kolom nama, kolom contreng dan tanggal, dan kolom total hasil mencontreng. Kemudian setelah jadi dikumpulkan dalam satu stopmap.

Pedoman Penggunaan Alat
Cara mengisi lembar pantauan diri sangat mudah, yakni dengan mencontreng/mencentang (√) kolom T (menulis catatan) dan atau kolom K (mengerjakan tugas/latihan). Seperti contoh dibawah ini.
Contoh petunjuk pengisian lembar pantauan diri
SELF MONITORING SHEET KELAS 4
Petunjuk Mengisi :
K : dicentang (√) jika telah mengerjakan latihan
T : dicentang (√) jika telah menulis catatan
No Nama T
20/2 K
20/2 T
K Total
1 ADIB TAUFIQ BAREDWAN √ √
2 AHMAD FAUZI √

Prosedur Penggunaan Alat
Sosialisasi
Kegiatan pertama adalah sosialisasi kepada siswa dimana siswa diberitahu secara umum bagaimana mengisi lembar aktifitas pantauan diri dan apa saja konsekuensinya apabila tidak melakukan aktifitas yang terdapat pada item lembar pantauan diri siswa. Kemudian yang kedua dibuat kesepakatan bersama tentang hukuman apabila terjadi pelanggaran pengisian lembar pantauan diri seperti tidak menulis cacatan dan mengerjakan latihan soal tetapi mengisi lembar pantauan diri atau sama sekali tidak melakukan aktifitas seperti item di lembar pantauan diri. Disepakati bersama apabila siswa melakukan pelanggaran maka yang bersangkutan dikurangi nilai angka hasil ulangan hariannya sebesar 5, misalnya siswa A mendapat nilai angka ulangan harian 9.00, dan pada materi berikutnya siswa tersebut melanggar maka nilai angka yang pernah diperoleh dikurangi 5.00 sehingga menjadi 8.5.

Penggunaan
Kegiatan mengisi lembar aktifitas pantauan diri siswa dilakukan setelah proses belajar mengajar selesai dilakukan, atau pada akhir pelajaran IPS.

0 Response to "Skripsi BAB II IPS Kelas 4 SD Memaksimalkan Prestasi Akademik Pelajaran IPS Melalui Self Monitoring Sheet"

Post a Comment