Skripsi Ekonomi BAB V

BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN


5.1.        Kesimpulan
Setelah penulis mengadakan penelitian dengan pembahasan mengenai “Peranan Analisis Eksposur Akuntansi Sebagai Alat Bantu Mengendalikan Utang Usaha Luar Negeri SBU Transmisi PT. INTI (Persero)”,maka penulis dapat mengambil kesimpulan sebagai berikut :
1.    Dengan melakukan analisis eksposur akuntansi yang menggunakan metode current rate maka SBU Transmisi PT. INTI (Persero) setiap tahunnya dapat menekan perkembangan eksposur akuntansi akibat perubahan kurs valuta asing kearah yang lebih menguntungkan atau dengan kata lain kerugian yang harus diderita perusahaan dapat diperkecil.
2.    Perkembangan utang usaha luar negeri SBU Transmisi PT. INTI (Persero) sejalan dengan besarnya volume penjualan produk-produk yang berasal dari luar negeri. Jika volume penjualan produk perusahaan naik maka sejalan dengan itu utang usaha luar negeri pun ikut naik karena untuk pemenuhan kebutuhan pesanan konsumen akan produk yang berasal dari luar negeri, SBU Transmisi harus memesan produk tersebut kepada perusahaan suplier atau produsen rekanan di luar negeri yang akan menimbulkan utang berupa utang usaha atas barang yang telah dipesan. Akan tetapi jika dinilai dari produktifitas penjualan yang dilakukan oleh SBU Transmisi, bila utang usaha luar negeri naik maka produktifitas penjualan akan dinilai baik.
3.    Peranan analisis eksposur akuntansi yang menggunakan metode current rate terhadap pengendalian utang usaha luar negeri            SBU Transmisi PT. INTI (Persero) dapat diukur dengan menggunakan beberapa analisis, yaitu analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi dan uji hipotesis. Melalui analisis ini diketahui besarnya            ukuran-ukuran yang menunjukkan bukti adanya peranan variabel X Terhadap Variabel Y. Dari analisis tersebut menghasilkan kesimpulan sebagai berikut :
-               Dari perhitungan analisis koefisien korelasi  maka ditemukan koefisien korelasi yang mempunyai hubungan positif sebesar 0,999 , dan hasil tersebut temasuk pada kategori yang sangat kuat hubungannya.
-               Dari hasil perhitungan analisis koefisien determinasi menghasilkan koefisien determinasi sebesar 99,8 %, yang berarti bahwa peranan analisis eksposur akuntansi yang menggunakan metode current rate mempunyai peranan sebesar    99 ,8% terhadap pengendalian utang usaha luar negeri SBU Transmisi PT. INTI (Persero).
-               Berdasarkan perhitungan dari uji hipotesis maka menyatakan bahwa t hitung terdapat pada daerah penerimaan Ha, berarti hipotesis nol (H0) yang menyatakan tidak ada hubungan antara analisis eksposur akuntansi yang menggunakan metode current rate terhadap pengendalian utang usaha luar negeri SBU Transmisi PT. INTI (Persero) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) berbunyi “ terdapat korelasi yang positif antara analisis eksposur akuntansi yang menggunakan metode current rate terhadap pengendalian utang usaha luar negeri SBU Transmisi PT. INTI (Persero) diterima”.

5.2.        Saran
Dalam melakukan analisis eksposur akuntansi, perusahaan disarankan tidak hanya   menggunakan satu metode yaitu  metode current rate, akan tetapi penerapan metode dalam melakukan analisis eksposur akuntansi disesuaikan dengan keadaan dan tujuan perusahaan untuk melaporkan laporan keuangannya.
Penerapan metode temporal pada saat tingkat fluktuasi perubahan kurs valuta asing yang ekstrim dapat lebih menekan eksposur akuntansi pada utang usaha luar negeri perusahaan karena metode ini menggunakan kurs rata-rata dari perubahan kurs yang terjadi.



0 Response to "Skripsi Ekonomi BAB V"

Post a Comment