Contoh PTK IPS Kelas 4 SD BAB III Merekonstruksi Peninggalan Majapahit Melalui Pembelajaran Inquiri

BAB III
LAPORAN HASIL KEGIATAN PEMBELAJARAN

A. Hasil Penelitian Kegiatan Pembelajaran
1. Laporan pelaksanaan kegiatan pembelajaran
Dari hasil pengambilan data pelaksanaan pembelajaran inquiri di lapangan menghasilkan hal-hal sebagai berikut :
1) Pelaksanaan kegiatan pembelajaran inquiri sangat efektif dilakukan pada subyek. Dari hasil observasi selama pembelajaran inquiri ini mengindikasikan bahwa perilaku subyek mengalami perubahan ke arah yang lebih aktif. Dari observasi nampak dengan jelas bahwa selain konsentrasi, perilaku-perilaku positif lainpun berkembang sesuai dengan sintaks-sintaks dalam pembelajaran inquiri.
Perilaku yang teramati adalah :
• Subyek aktif dan berpartisipasi
Selama pembelajaran di kelas berlangsung siswa tampak aktif dan senang. Pembentukan kelompok kecil sangat membantu siswa memahami konsep materi pelajaran. Apalagi motivasi dan semangat belajar muncul setelah mereka mengetahui tujuan pembelajaran, karena mereka akan mengunjungi obyek peninggalan Majapahit dan merasa ikut langsung merekontruksi peninggalan Majapahit.
• Subyek mampu merekontruksi peninggalan Majapahit
Selama kunjungan ke obyek peninggalan Majapahit di Mojokerto, siswa mampu melakukan kegiatan pengamatan, mengidentifikasi jenis-jenis, dan membuat pengelompokkan berdasarkan jenis benda-benda peninggalan Majapahit. Siswa tampak sekali antusias mencatat semua data yang diperlukan untuk pembuatan laporan ( lihat gambar 3.1, 3.2, 3.3, 3.4).

Gambar 3.1. Siswa antusias mencatat informasi dari guru
Gambar 3.2. Siswa mengidentifikasi jenis benda
Gambar 3.3. Siswa melakukan pengamatan
Gambar 3.4. Siswa mengelompokkan jenis-jenis benda
• Subyek mampu menjaga kebersihan lingkungan peninggalan Majapahit
Sampah plastik dan kertas dari bungkus snack yang mereka makan saat kunjungan ke obyek peninggalan Majapahit dibuang pada tempatnya. Perlakuan ini merupakan upaya nyata siswa menjaga kebersihan lingkungan peninggalan Majapahit.

Gambar 3.5. Siswa membersihkan lingkungan sekitar obyek
2) Hasil laporan kunjungan yang dibuat oleh siswa sudah memenuhi criteria yang telah ditentukan oleh guru. Isi laporan ini memuat hasil pengamatan, identifikasi jenis-jenis, pengelompokkan, serta pemecahan permasalahan. Pembuatan laporan sendiri menuntut siswa bekerja kelompok dan masing-masing mempunyai peran sehingga secara mandiri siswa mampu mengerjakannya.

2. Hasil pengolahan data ulangan harian
Tabel 3.1. Hasil Nilai Tes Tulis
Kelas : 4C
KD : Peninggalan Sejarah Di Jawa Timur

NO. NAMA
Nilai
UH
1 ADIL JIHAD MUHAMMAD 9.00
2 AHMAD FARKHAN ABDU 10.00
3 ALDO RAHMANDANA 8.80
4 BIMO ABDUL AZIZ 7.80
5 DEFLION YUSSAC SAHLAN 7.80
6 EDO FENANDO PUTRA 9.40
7 HADYAN TARIS PRATAMA 8.80
8 HAFIZD BUDIMAN 10.00
9 HANINDYA SENO SASKARA 9.00
10 KAFIN AHMAD NAUFAL 9.60
11 M. KHOIRUL HUDA 7.80
12 M. RIZKI AULIA 9.20
13 M. MIKAIL YUNIZAR 10.00
14 M. RIFQI UWAISY 9.80
15 M. AMIN 10.00
16 M. ARBIAN 9.40
17 M. ATMA FARHAN 10.00
18 M. FATAH BACHTIAR 9.20
19 M. HIRZAN DZULKIFAR 9.00
20 MOHAMMAD IMAM ADLY 8.80
21 MUCH. LUBABUL HIKAM 9.40
22 MUHAMMAD RAFLY ARYA 9.60
23 MUHAMMAD UMAR AL FARUQ 8.80
24 NASRUDIN LATIF 10.00
25 NAUFAL DRESTANTA 10.00
26 NIZAR MUHAMMAD ISKANDAR 10.00
27 PAWITRA GUSTI UPASADDHA 9.00
28 PRAYOGO SOCO WASPODO 9.00
29 RABBI FIJAR MAYOZA 8.60
30 REFA OKTOYARDA 10.00
31 RIO PERMADI 9.00
32 RIZAL AR RAZAQ 8.80
33 WILDAN ZAKKY AL MUNTAHA 9.60
34 YAHYA FAIKAR HANIF 10.00

Tertinggi 10.00
Terendah 7.80
Rata 9.23
Tidak tuntas 3

B. Analisis Hasil Penelitian Kegiatan Pembelajaran
Dari hasil pengumpulan data diketahui bahwa hasil tes tulis atau ulangan harian pada materi peninggalan sejarah di Jawa Timur yang dilaksanakan pada kelas 4A sejumlah 34 siswa, memperoleh rata-rata 9.23. Nilai tertinggi 10.00 dan yang terendah 7.80. Siswa yang tidak tuntas sebanyak 3 siswa. Perolehan nilai ini meningkat signifikan dibandingkan hasil test tulis KD sebelumnya. Pada KD sebelumnya, diperoleh nilai rata-rata 8.10 dengan nilai tertinggi 9.60 dan nilai terendah 4.40. Siswa yang tidak tuntas 10 siswa. Dengan demikian pembelajaran inquiri ini mampu meningkatkan siswa dalam memahami konsep materi IPS.

0 Response to "Contoh PTK IPS Kelas 4 SD BAB III Merekonstruksi Peninggalan Majapahit Melalui Pembelajaran Inquiri"

Post a Comment