Latihan Soal TAP Matematika dan Pembahasannya

KASUS SOAL
Pak Sampurno sedang melaksanakan pembelajaran di kelas III tentang keliling persegi panjang. Proses pembelajaran yang terjadi sebagai berikut :
Guru                             : Anak-anak hari ini kita akan mempelajari bagaimana menentukan keliling persegi panjang. Kalian tentu sudah mengetahui bentuk bangun persegi panjang. Lihatlah pada papan peragaan, tunjukan bangun mana yang berbentuk persegi panjang?.
Pada papan peragaan sudah terpampang bangun-bangun mana yang berbentuk persegi panjang.



 



Hafid                            : Yang termasuk bangun persegi panjang adalah bangun F.
Guru                             : Ya benar, tepat sekali jawaban kamu. Sekarang bagaimana menentukkan keliling persegi panjang tersebut? Untuk itu saya minta kamu semua mengerjakan semua perintah yang ada dalam LKS. Kamu sudah siap dengan kertas karton, gunting dan penggaris yang kamu bawa?.
                                    Pak Sampurno kemudian membagi siswa kedalam kelompok kecil. Satu kelompok terdiri dari 3-5 anak. Selanjutnya pak Sampurno membagikan LKS berkaitan dengan materi yang sedang di ajarkan sebagai berikut :

LEMBAR KERJA SISWA
Perhatikan persegi panjang ABCD berikut

 
                D                                    C

                  A                                 B
                                    Membentuk persegi panjang
1.       Buatlah bangun persegi panjang A, B, C, D pada kertas karton.
2.       Guntinglah bangun persegi panjang tersebut.
3.      

 
Kemudian amati persegi panjang yang sudah digunting


Persegi panjang terbentuk dari 2 sisi panjang dan 2 sisi lebar. Dengan demikian keliling persegi panjang adalah 2 x (P+L).

            Selanjutnya lembar LKS berisi soal-soal yang harus dikerjakan siswa dengan kelompoknya tentang menentukkan keliling persegi panjang. Selama kegiatan diskusi kelompok, pak Sampurno memantau pekerjaan siswa dengan berjalan berkeliling ke setiap kelompok dan membantu kelompok yang mengalami kesulitan. Setelah berdiskusi kelompok, pak Sampurno bersama-sama siswa membahas diskusi kelompok yaitu rumus keliling persegi panjang, kemudian perwakian kelompok menyelesaikan soal-soal LKS ke depan. Setiap kelompok menyelesaikan soal dengan kelompoknya. Di akhir pelajaran pak Sampurno member tugas kepada siswa untuk menyelesaikan di rumah.

PERTANYAAN
1.       Identifikasi kelemahan yang dilakukan pak Sampurno dalam pembelajarannya, dan beri penjelsan mengapa dianggap kelemahan.
2.       Pak Sampurno dalam pembelajaran juga melakukan kebaikan, identifikasi kebaikan tersebut dan beri penjelasan mengapa merupakan kebaikan.
3.       Metode apa saja yang dilakukan pak Sampurno dalam mencari rumus keliling persegi panjang .Buatlah LKS yang dapat digunakan siswa untuk mencari rumus keliling persegi panjang.

PEDOMAN PENSKORAN
NO
ASPEK/KONSEP YANG DINILAI
NILAI
1.
Kelemahan yang dilakukan pak Sampurno dalam pembelajaran adalah :
a.       Tidak memberikan materi apersepsi.
Alasan : Siswa tidak hanya meihat keterkaitan antara materi yang sudah dipelajari dengan materi yang baru akan dipelajari
b.       Tidak ada rangkuman materi di akhir pembelajaran.
Alasan : Pemahaman materi yang diperoleh siswa kurang mantap.




2.
Kebaikan yang dilakukan pak Sampurno dalam pembelajaran adalah :
a.       Di awal pembelajaran menunjukkan alat peragaan yang menampilkan bentuk-bentuk bangun datar.
Alasan : Alat peragaan dapat menarik perhatian siswa.
b.       Mengaktifkan siswa dengan berbuat
Alasan : Siswa lebih merasa tertarik, termotivasi, selain dengan berbuat pengetahuan yang diperoleh akan melekat lama dalam ingatan dan dapat membuat siswa kreatif.
c.       Membuat siswa seolah-olah menemukan sendiri rumus keliling persegi panjang.
Alasan : Dengan menemukan siswa akan merasa bangga dengan hasil pekerjaannya sendiri
d.       Memantau pekerjaan siswa
Alasan : membuat siswa merasa diperhatikan serta mengarahkan siswa mendapatkan hasil yang diharapkan.

3.
Metode yang dilakukan pak Sampurno sebagai berikut :
a.       Tanya jawab
Ketika pak Sampurno bertanya tentang bangun yang berbentuk persegi panjang.
b.       Diskusi
Ketika siswa menyelesikan masalah tentang mencari keliling persegi panjang dalam kelompok
c.       Penemuan/inkuiri
Ketika siswa melakukan penemuan rumus keliling persegi panjang dengan berbuat menggunting persegi panjang dan membentuk bangun persegi panjang dari hasil guntingannya.
d.       Penugasan
Ketika pak Sampurno memberi tugas kepada siswa di akhir pelajaran untuk menyelesaikan soal di rumah.



0 Response to "Latihan Soal TAP Matematika dan Pembahasannya"

Post a Comment