KASUS
SOAL
Pak
Sampurno sedang melaksanakan pembelajaran di kelas III tentang keliling persegi
panjang. Proses pembelajaran yang terjadi sebagai berikut :
Guru :
Anak-anak hari ini kita akan mempelajari bagaimana menentukan keliling persegi
panjang. Kalian tentu sudah mengetahui bentuk bangun persegi panjang. Lihatlah
pada papan peragaan, tunjukan bangun mana yang berbentuk persegi panjang?.
Pada papan peragaan sudah terpampang
bangun-bangun mana yang berbentuk persegi panjang.
Hafid : Yang termasuk
bangun persegi panjang adalah bangun F.
Guru :
Ya benar, tepat sekali jawaban kamu. Sekarang bagaimana menentukkan keliling
persegi panjang tersebut? Untuk itu saya minta kamu semua mengerjakan semua
perintah yang ada dalam LKS. Kamu sudah siap dengan kertas karton, gunting dan
penggaris yang kamu bawa?.
Pak
Sampurno kemudian membagi siswa kedalam kelompok kecil. Satu kelompok terdiri
dari 3-5 anak. Selanjutnya pak Sampurno membagikan LKS berkaitan dengan materi
yang sedang di ajarkan sebagai berikut :
LEMBAR KERJA SISWA
Perhatikan
persegi panjang ABCD berikut
|
D C
A
B
Membentuk
persegi panjang
1.
Buatlah bangun persegi panjang A, B,
C, D pada kertas karton.
2.
Guntinglah bangun persegi panjang
tersebut.
3.
|
Kemudian amati persegi panjang yang sudah
digunting
Persegi
panjang terbentuk dari 2 sisi panjang dan 2 sisi lebar. Dengan demikian
keliling persegi panjang adalah 2 x (P+L).
Selanjutnya lembar LKS berisi
soal-soal yang harus dikerjakan siswa dengan kelompoknya tentang menentukkan
keliling persegi panjang. Selama kegiatan diskusi kelompok, pak Sampurno
memantau pekerjaan siswa dengan berjalan berkeliling ke setiap kelompok dan
membantu kelompok yang mengalami kesulitan. Setelah berdiskusi kelompok, pak
Sampurno bersama-sama siswa membahas diskusi kelompok yaitu rumus keliling
persegi panjang, kemudian perwakian kelompok menyelesaikan soal-soal LKS ke
depan. Setiap kelompok menyelesaikan soal dengan kelompoknya. Di akhir
pelajaran pak Sampurno member tugas kepada siswa untuk menyelesaikan di rumah.
PERTANYAAN
1.
Identifikasi kelemahan yang dilakukan
pak Sampurno dalam pembelajarannya, dan beri penjelsan mengapa dianggap
kelemahan.
2.
Pak Sampurno dalam pembelajaran juga
melakukan kebaikan, identifikasi kebaikan tersebut dan beri penjelasan mengapa
merupakan kebaikan.
3.
Metode apa saja yang dilakukan pak
Sampurno dalam mencari rumus keliling persegi panjang .Buatlah LKS yang dapat
digunakan siswa untuk mencari rumus keliling persegi panjang.
PEDOMAN PENSKORAN
NO
|
ASPEK/KONSEP
YANG DINILAI
|
NILAI
|
1.
|
Kelemahan yang dilakukan pak
Sampurno dalam pembelajaran adalah :
a.
Tidak memberikan materi
apersepsi.
Alasan : Siswa
tidak hanya meihat keterkaitan antara materi yang sudah dipelajari dengan
materi yang baru akan dipelajari
b.
Tidak ada rangkuman materi di
akhir pembelajaran.
Alasan : Pemahaman
materi yang diperoleh siswa kurang mantap.
|
|
2.
|
Kebaikan yang dilakukan pak Sampurno
dalam pembelajaran adalah :
a.
Di awal pembelajaran
menunjukkan alat peragaan yang menampilkan bentuk-bentuk bangun datar.
Alasan : Alat
peragaan dapat menarik perhatian siswa.
b.
Mengaktifkan siswa dengan
berbuat
Alasan : Siswa
lebih merasa tertarik, termotivasi, selain dengan berbuat pengetahuan yang
diperoleh akan melekat lama dalam ingatan dan dapat membuat siswa kreatif.
c.
Membuat siswa seolah-olah
menemukan sendiri rumus keliling persegi panjang.
Alasan : Dengan
menemukan siswa akan merasa bangga dengan hasil pekerjaannya sendiri
d.
Memantau pekerjaan siswa
Alasan : membuat
siswa merasa diperhatikan serta mengarahkan siswa mendapatkan hasil yang
diharapkan.
|
|
3.
|
Metode yang dilakukan pak Sampurno
sebagai berikut :
a.
Tanya jawab
Ketika pak Sampurno
bertanya tentang bangun yang berbentuk persegi panjang.
b.
Diskusi
Ketika siswa
menyelesikan masalah tentang mencari keliling persegi panjang dalam kelompok
c.
Penemuan/inkuiri
Ketika siswa
melakukan penemuan rumus keliling persegi panjang dengan berbuat menggunting
persegi panjang dan membentuk bangun persegi panjang dari hasil guntingannya.
d.
Penugasan
Ketika pak Sampurno
memberi tugas kepada siswa di akhir pelajaran untuk menyelesaikan soal di
rumah.
|
|
0 Response to "Latihan Soal TAP Matematika dan Pembahasannya"
Post a Comment