TUGAS TUTORIAL KE-3
Kode
dan Mata Kuliah :
PDGK4500/TUGAS AKHIR PROGRAM
Pokok
Bahasan : Analisis Kasus
Pembelajaran Bahasa Indonesia
Nama
Pengembang : Jokowi
Masa
Registrasi : 2014.1
Rentang
Skor : 10—100
Semester : 10
Kompetensi
Khusus
Mahasiswa
dapat menganalisis kasus pembelajaran dan mencari solusinya melalui
penyelesaian tugas tutorial ke-2
|
Uraian
Tugas
Cermatilah
kasus pembelajaran di bawah ini!
Pak
Sukardi, guru kelas IV SD Sumber Makmur memasuki kelas. Anak-anak bergegas ke
tempat duduknya masing-masing. Kemudian Pak Sukardi mengucapkan salam. Ketika
melihat seorang anak yang sedang membaca buku, Pak Sukardi menanyakan judul
buku yang dibacanya, lalu meminta anak untuk berhenti membaca dan
melanjutkannya setelah pelajaran selesai. Selanjutnya Pak Sukardi
menyampaikan bahwa setelah anak-anak mendengarkan sebuah dongeng, mereka
diminta untuk menceritakan kembali dongeng tersebut dengan kata-kata sendiri.
Pak
Sukardi mulai menjelaskan melalui
tanya jawab tentang manfaat belajar menceritakan dongeng dengan kata-kata
sendiri. Pada saat ada seorang anak yang menyampaikan pendapatnya yang bagus,
Pak Sukardi memberi pujian terhadap siswa tersebut. Ketika ada jawaban anak
yang belum tepat, Pak Sukardi meminta anak lain untuk menanggapi jawaban
temannya.
Setelah
menjelaskan pentingnya kemampuan menceritakan kembali, Pak Sukardi
menjelaskan pengertian unsur-unsur sebuah cerita. Dengan menggunakan chart,
Pak Sukardi menjelaskan bahwa setiap dongeng terdiri dari unsur pelaku, setting, alur cerita, sudut pandang
pengarang, dan gaya bahasa. Selanjutnya dijelaskan pula bahwa penokohan
terbagi menjadi dua yaitu protagononis dan antagonis; setting dibagi dua yaitu setting
waktu dan setting tempat; alur
terbagi menjadi alur maju, alur mundur, dan alur renggang. Pengertian
tersebut dijelaskan tanpa menggunakan contoh. Dengan tidak memberikan
kesempatan bertanya, Pak Sukardi langsung memberikan tugas kelompok untuk mengidentifikasi
unsur-unsur sebuah dongeng yang disampaikan dengan menggunakan tape recorder. Karena tidak ada yang
bertanya tentang tugas yang diberikan, Pak Sukardi langsung memutar rekaman
dongeng Malin Kundang. Ketika anak-anak sedang mendengarkan cerita, Pak
Sukardi memberi komentar terhadap isi dongeng dan selalu mengatakan “Ini bagian
yang penting, yang perlu diingat”.
Setelah
dongeng berakhir, anak-anak sibuk mengerjakan tugas secara kelompok. Pak
Sukardi berkeliling melihat pekerjaan anak-anak. Pada setiap kelompok, Pak
Sukardi berhenti cukup
lama
karena perlu memberikan penjelasan tentang tugas yang harus dikerjakan oleh
anak-anak. Hampir setiap kelompok mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas
yang diberikan.
Setelah
selesai mengerjakan tugas kelompok, salah seorang anggota dari setiap
kelompok diminta untuk menceritakan kembali dongengyang sudah didengarnya.
Hampir semua kelompok belum dapat mengidentifikasi unsur-unsur dongeng
tersebut.
PERTANYAAN
b.
Apakah konsep yang dibahas Pak Sukardi dalam kasus pembelajaran tersebut
sudah tepat dan lengkap? Jelaskan jawaban Anda!
c.
Apakah cara penjelasan Pak Sukardi sudah sesuai dengan karakteristik anak SD? Jelaskan jawaban
Anda!
dihadapi Pak Sukardi dalam kasus
pembelajaran tersebut.
Rancangan
tersebut harus memuat
a.
Masalah yang dihadapi Pak Sukardi
b.
Faktor-faktor yang menyebabkan
terjadinya masalah
c.
Skenario kegiatan yang dilaksanakan
yang memuat kegiatan awal, inti, dan penutup. Berilah alasan (minimal 2)
mengapa Anda membuat skenario kegiatan seperti itu!
|
KRITERIA PENILAIAN TUGAS TUTORIAL KE-3
Kode dan Mata Kuliah : PDGK4500/TUGAS AKHIR
PROGRAM
Pokok Bahasan : Analisis Kasus
Pembelajaran Bahasa Indonesia
Nama Pengembang : Handoko
Masa Registrasi : 2014.1
Rentang Skor :
10—100
Semester : 10
astaga_-
ReplyDelete