Contoh PTS Kepala Sekolah Sekolah Dasar (SD)

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Sumber daya manusia merupakan modal penting untuk membangun suatu bangsa. Maju mundurnya suatu negara sangat dipengaruhi oleh warga negaranya. Oleh karena itu seluruh negara berupaya untuk meningkatkan sumber daya manusia yang dimilikinya di samping sumber daya alamnya. Dan pada akhirnya negara-negara tersebut memiliki sumber daya manusia yang bisa diandalkan di dunia internasional. Negara Indonesia yang merupakan negara berkembang sangat penting untuk meningkatkan sumber daya manusia. Indonesia memiliki PNS.  Terutama Guru tersebut merupakan aset nasional Indonesia yang sangat berharga, karena selain bisa menghasilkan kelulusan yang terbaik bagi negara juga dapat meningkatkan kewibawaan Indonesia di mata dunia.
Untuk mencegah terulangnya kejadian memalukanwaktu diklat banyak sekali tentang ICT tadi, muncul berbagai pikiran-pikiran untuk menanggulanginya. Salah satu caranya dengan meningkatkan sumber daya manusia bangsa Indonesia di bidang ICT ( Aplikasi ). Dengan kemakmuran di bidang ICTterutama salah satunya adalah Aplikasi penilaian.
Upaya SDN NO.164/IX Tanjung Lebar tersebut adalah mencanangkan adanya “Pembelajaran khusus aplikasi penilaian khusus Guru ”. mulai dilaksanakan pada tahun ajaran 2012/2013.
Berdasarkan hal tersebut, penulis tersentuh untuk melakukan penelitian tentang keefektifan aplikasi penilaian sebagai salah satu jalan atau cara untuk meningkatkan sumber daya manusia rakyat Indonesia khususnya di SDN NO.164/IX Tanjung Lebar.
B. Rumusan Masalah dan Rencana Pemecahannya
  1. Rumusan Masalah
Rumusan masalah dalam penelitian ini memuat pertanyaan alasan dan bagaimana tahapan-tahapan diadakan aplikasi penilaian dan tentang keefektifan aplikasi penilaian dilihat dari aspek pembuatan SilabusSDN NO.164/IX Tanjung Lebar, Adapun rumusam masalah dalam penelitian ini adalah:
Ø  Apakah melalui bimbingan teknik dapat meningkatkan kemampuan guru melaksanakan perangkat penilaian melalui aplikasi penilaian siswa di SDN NO .164/  Tanjung Lebar ?

  1. Rencana Pemecahan Masalah
Dalam penelitian ini penulis hanya melakukan penelitian di lingkup SDN NO .164/  Tanjung Lebarserta melakukan observasi ke lembaga-lembaga lainnya yang terkait dengan penelitian tentang aplikasi penilaian. Yang diharapkan aplikasi penilaian ini dapat meningkatkan sumber daya manusia khususnya padapenilaian Aplikasi Guru SDN NO .164/  Tanjung Lebar, supaya nantinya mereka tertarik dan mempunyai pengetahuan tentang aplikasi penilaian dan bisa menjadi bibit-bibit yang bisa ikut andil dalam membesarkan nama SDN NO .164/IX Tanjung Lebar melalui aplikasi penilaian ( ICT ) di kancah Kabupaten.Suatu pelajaran dikatakan berhasil apabila dalam perencanaan, penyajian dan evaluasi sesuai dengan standar kurikulum yang berlaku yang saat ini disebut KTSP.
Masalah pada penelitian ini adalah aplikasi penilaian hanya dilaksanakan di SDN NO. 164/IX Tanjung Lebar sehingga perlu diadakan penelitian tentang alasan dan bagaimana tahapan-tahapan  diadakan aplikasi penilaian dengan  silabus yang dipakai, kinerja gurunya dan respon siswa  yang didapat melalui laporan gurunya. Untuk mengatasi masalah tersebut perlu diadakan telaah pustaka, wawancara lembaga yang terkait dan pihak pengelola sekolah.
Sekali lagi kinerja guru sangat penting dipantau dalam penerapan aplikasi penilaian ini karena pelajaran ini merupakan pelajaran baru. Melalui kinerja guru yang baik khususnya pada aspek disiplin membuat hasil penilaian yang mencakub semua aspek-aspek yang ada pada murid ini diharapkan adanya evaluasi terus menerus sehingga  dapat diketahui peningkatan sumber daya manusia terhadap Aplikasi penilaian sebagai aset local milik nasional.
C. Tujuan
      Tujuan penelitian ini adalah:
Ø  Meningkatkan kemampuan guru SDN NO .164/  Tanjung Lebar menggunakan perangkat Aplikas penilaian melalui bimbingan teknik.
D. Manfaat
            Manfaat penelitian ini adalah:
  1. Guru : dapat menggunakan  Aplikasi sebagai salah satu alat penilaian
  2. Bagi sekolah : yang melaksanakan KTSP sebaiknya dalam penilaian menggunakan format penilaian yang bervariasi sehingga kemampuan siswa dapat diukur  secara valid
  3.  Kepala Sekolah : dapat meningkatkan kinerja profesionalimenya dan pembinaan kepada guru SDN NO .164/ Tanjung Lebar melalui bimbingan teknik.
 E. Hipotesis Tindakan 
Ø              Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah terdapat peningkatan efektifitas peranan Aplikasi dalam meningkatkan sumber daya manusia Aplikasi penilaian SDN NO .164/  Tanjung Lebar bila ditinjau dari perkembangan kelayakan silabus, peningkatan kinerja guru, dan evaluasi hasil kinerja belajar Guru dariAplikasi penilaian SDN NO .164/IX  Tanjung Lebar.



















BAB II
KAJIAN PUSTAKA

A.. Aplikasi penilaian SDN NO .164/  Tanjung Lebar
 Aplikasi penilaian merupakan bentuk penilaianyang dilakukan Guru terhadab murid dengan berbagaicara dan  teknik , sebuah Aplikasi penilaian di SDN NO .164/IX Tanjung
Lebar dari pengawas TK/SD .Yang sekarang berkembang ke
seluruh Guru  SDN NO .164/IX Tanjung Lebar bahkan sampai ke Sekolah Dasar Lain.
Latar belakang Aplikasi penilaian pada dasarnya sama dengan latar belakang penilaian lain namun Aplikasi penilaian banyak sekali munculnya berbagai aspek –aspek ,ringkas, dan terutama yang berhubungan dengan selabus SDN NO .164/IX Tanjung Lebar.



Seiring dengan perubahan waktu bentuk dan unsur penilaian biasa tersebut berubah menjadi satu bentuk Aplikasi penilaian yang berkembang lebih baik sesuai perkembangan zaman.
B.   Muatan Aplikasi penilaian
.Adapun tujuan dicanangkan Aplikasi penilaian ini adalah:
1.  Agar SDN NO .164/IX Tanjung Lebar mempunyai pengetahuan yang luas tentang Aplikasi Penilaian karena sampai sekarang para Guru hanya tahu penilaian biasa sebatas satu aspek , maka lewat belajar Aplikasi Penilaian  ini mereka bisa lebih mendalam mengetahui tentang seluk beluk Aplikasi Penilaian,
2.  Agar Aplikasi Penilaian di SDN NO .164/IX Tanjung Lebar  tetap kontinyu,
3.  lebih mengembangkan Penilaian Aplikasi supaya dapat dikenal Sekolah Dasar lain.
Harapan penelitian dan kepala sekolah SDN NO .164/IX Tanjung Lebar dengan adanya Aplikasi Penilaian adalah para Guru dapat tertarik untuk melaksanakan Aplikasi Penilaian sehingga nantinya dapat membawa dapak ke lulusan SDN NO .164/IX Tanjung Lebar.
C.  Bahan Ajar` Aplikasi Penilaian
a.   Standar Kompetensi
Memahami kondisi Aplikasi Penilaian Guru SDN NO .164/IX Tanjung Lebar .
b.  Kompetensi Dasar
1)  Membukak Aplikasi Penilaian
2)  Mengidentifikasi Bentuk Aplikasi Penilaian
3)  Pengisian data Aplikasi Penilaian
4)  Aspek yang terkaitan dengan tingkat daya serap anak.

c.   Materi
1)  Mengidentifikasi Aplikasi Penilaian SDN NO .164/IX Tanjung Lebar
2)  Mengidentifikasi Bentuk AplikasiPenilaian SDNNO.164/IX Tanjung Lebar
3)      Mengidentifikasi data Aplikasi Penilaian SDNNO.164/IX Tanjung Lebar
4)  Mengidentifikasi Aspek yang terkaitan dengan tingkat daya serap Guru SDNNO.164/IX Tanjung Lebar
5)  Mengidentifikasi pengaruh Aplikasi Penilaian SDNNO.164/IX Tanjung Lebar
6)  Mengartikan pengertian Aplikasi Penilaian SDNNO.164/IX Tanjung Lebar
7)  Menghitung Hasil Penelitian Aplikasi Penilaian  di SDNNO.164/IX Tanjung Lebar











BAB III
METODE PENELITIAN TINDAKAN

A. Desain Penelitian Tindakan
Desain penelitian tindakan yang digunakan adalah desain penelitian tindakan Sekolah dengan menggunkan siklus. Setiap siklus yang digunakan memuat tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
B. Subyek dan Obyek
Subyek dalam penelitian adalah peneliti tindakan sekolah atas  binaan Kadrizal,S,Pd ( Kepala SDN NO .164/IX Tanjung Lebar).
Obyek penelitian ini adalah guru SDN NO .164/IX Tanjung Lebar.
C. Lokasi dan Waktu Penelitian
      Waktu penelitian adalah  dimulai tanggal 1 Pebruari  2013 sampai dengan 30  April 2013 sesuai dengan 2 siklus yang direncanakan. Siklus pertama dilakukan selama 6 pertemuan atau 3 minggu dan siklus kedua juga dilaksanakan selama 6 kali pertemuan atau 3 minggu. Tempat penelitian adalah SDN NO .164/IX Tanjung Lebaryaitu yang bealamat di jalan Punai 1,Desa Tanjung Lebar Kecamatan Bahar SelatanLangkah-langkah dalam penelitian ini adalah seperti berikut.
D.    Prosedur
1. Perencanaan
langkah ini peneliti menyiapkan perangkat penelitian dan Aplikasi Penilaian penelitian. Perangkat penelitian adalah format Aplikasi Penilaian yang berorientasi pada KTSP.  Instrumen Aplikasi Pada Penilaian(lembar observasi) yang dipakai untuk mengetahui kelayakan Aplikasi yang dibuat guru adalah kriteria kelayakan yang ditinjau dari Isi, Bahasa dan terkaitan tingkata kesulitan soal dengan kemampuan anak dalam menjawab soal-soal.
      2.   Pelaksanaan Tindakan
Pada langkah ini peneliti melaksanakan penelitian per siklus. Perangkat dan instrumen (Aplikasi Penilaian) yang telah dibuat digunakan untuk pelaksanaan tindakan.
3        Observasi.
Perubahan tentang pembuatan Aplikasi Penilaian oleh kepala sekolah ( Kadrizal,S.Pd ). Peningkatan kinerja guru SDN NO .164/IX Tanjung Lebar diamati dengan mengisi Aplikasi observasi. Dan respon  Gurudiamati dari hasil angket.
4.                              Refleksi
Refleksi dilaksanakan setiap akhir siklus, untuk merancang tindakan siklus selanjutnya. Diharapkan terdapat peningkatan validitas Aplikasi Penilaian yang dibuat guru sesuai dengan standar kelayakan, adapun tingkat keberhasilan validitas Aplikasi Penilaian disesuaikan dengan nilai validitas pada lembar observasi.Aplikasi dikatakan valid bila memenuhi nilai lebih dari atau sama dengan 75, dengan syarat nilai minimal 65untuk setiap kategori pada lembar observasi. Hal ini dimaknai bahwa Aplikasi dikatakan minimal cukup valid. Untuk tingkat keberhasilan kinerja guru (kedisiplinan)  yang dipandang dari prosentase Aplikasi dikatakan berhasil bila memenuhi  95% tingkat pelaksanaan Aplikasi nilai. Sedangkan untuk respon  guru dari laporanKepala sekolah dikatakan berhasil bila guru  mempunyai prosentase respon positif lebih besar daripada respon negatif.

BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN

A.    Hasil
Sebelum peneliti menulis hasil penelitian secara  deskriptif  dapat dilaporkan tentang kenapa alasanAplikasi Penilaian dapat meningkat SDM personil sekolah.
1.      Alasan Aplikasi Penilaian Dapat Meningkatkan SDM Guru ( personil Sekolah )
Dalam Aplikasi Penilaian ini, pihak sekolah yaitu SDN NO .164/IX Tanjung Lebar belum terlalu mengacu atau terobsesi untuk menyukseskan program Aplikasi Penilaian ini, padahal Aplikasi Penilaian ini kalau dilaksanakan secara optimal bisa sukses dan bisa menciptakan kualitas sumber daya manusia yang tinggi di bidang Pendidikan. Di samping itu, Aplikasi Penilaian ini mulai dilirik oleh semua dunia Pendidikan,terutama yang berhubungan dengan penilaian.
      3. Tahapan-Tahapan Aplikasi Penilaian
Dinas pendidikan,Pengawas Sekolah dan Kepala Sekolah Kabupaten Muaro Jambi telah mempunyai suatu konsep untuk pendidikan pengenalan Aplikasi PenilaianDengan adanya konsep ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia (khususnya SDN NO .164/IX Tanjung Lebar) di Aplikasi Penilaian .
     



Tahapan-tahapan tersebut adalah :






Dalam prosesnya Aplikasi Penilaianl ini dilaksanakan Guru-guru dari SDN NO .164/IX Tanjung Lebar setiappenilaian
 

Text Box: Aplikasi Penilaian SDN NO .164/IX Tanjung Lebar




                                                                                ket
                                                                                       





B. Hasil siklus I
                       Setelah peneliti mengamati dan melaksanakanpretes dansiklus I, hasil penelitian yang diperoleh dari lembar validasiAplikasi SDN NO . 164/IX Tanjung Lebardiperoleh 55 %. Hal ini berarti bila disesuikan dengan criteria indicator kelayakan validasi Aplikasi  yang dibuat para guru belum layak karena kurang dari skor 56 (Kurang dari 95 % dan Hal ini dapat dilihat pada tabel di halaman berikut.

Tabel 4.1 Hasil Rekapitulasi Aplikasi penilaian Siklus I
Tabel hasil Tes formatif Guru SDN NO. 164/IX Tanjung Lebar
No
Nama Guru
Nilai Observasi / Nila Formatif
Pretes
 
Siklus I
1
2
3
4
5
6
Rita,B.S.Pdi
Cicilia Sri Rahayu, S.Pd
Efrelisnawati
Erman, S.Pd
Irawan, S.Pd
Sri Wahyuni
70,00
65,00
65,00
60,00
56,00
60,00
75,00
70,00
65,00
68,00
68,00
70,00


Diagram Penilaian Hasil Tes Formatif SDN NO. 164/IX Tanjung Lebar
Kriteria atau indicatorAplikasi Penilaianada table di atas yang perlu dicermati adalah
                 Hasil pengamatan kinerja guru SDN NO. 164/IX Tanjung Lebar dipandang dari aspek keberhasilan belum berhasil, hal ini diindikasikan dengan prosentase  56% (kurang dari 95%)  yaitu masuk 2 kali dari  kali pertemuan.
C. Refleksi                                                          
                        Sebelum peneliti mengadakan siklus II refleksi yang dilakukan adalah berdiskusi dengan para guru SDN NO. 164/IX Tanjung Lebar untuk memperbaiki Aplikasi Penilaian.  Bagian Aplikasi Penilaian yang diperbaiki adalah memperjelas data yang terdapat di dalam Aplikasi Penilaian.
                        Untuk keberhasilan dipandang dari tingkat penulisan 56% (kurang Dari 95 % ) yaitu masuk 2 kali dari kali pertemuan.



D. Hasil Siklus II
                        Setelah peneliti mengamati dan melaksanakan siklus II penilaian yang diperoleh dari kelayakanAplikasi Penilaian diperoleh skor rata - rata75,83 yang rinciannya dapat dilihat dari tabel di bawah ini.
      Tabel 2 Hasil Rekapitulasi Lembar Validasi Aplikasi Penilaian Siklus II
No
Nama Guru
Pretes
Nila Formatif

Siklus I
Siklus II
1
Rita.B,S.Pdi
70,00
75,00
85,00
2
Cicilia sri Rahayu, S.Pd
65,00
70,00
75,00
3
Efrelisnawati, S.Pd
55,00
65,00
70,00
4
Erman, S.Pd
60,00
68,00
70,00
5
Irawan, S.Pd
56,00
68,00
75,00
6
Sri Wahyuni, S.Pd
60,00
70,00
80,00






Rata-Rata
61,00
69, 33
75, 83

Kualifikasi 
Cukup
Cukup
Baik







Sedangkan untuk kinerja guru pada siklus II ini didapatkan skor prosentase 100% yaitu masuk 6 kali pertemuan selama 3 Bulan hal ini sesuai indicator keberhasilan dapat dikatakan bahwa kinerja guru berhasil dari aspek Aplikasi Penilaian yang didasrkaan pada prosentase Aplikasi Penilaian.
Setelah melaksanakan siklus II ini refleksi yang dilakukan peneliti adalah memberi motivasi pada para guru SDN NO. 164/IX Tanjung Lebar agar menyempurnakan terus Aplikas Penilaian ini secara terus menerus dan displin dalam mengajarnya.  Karena dilihat dari tingkat keberhasilan dari observasi Aplikasi Penilaian(silabus) dan tingkat keberhasilan sudah memenuhi dan keterbatasan waktu maka penelitian tindakan ini hanya pada sampai siklus II saja. Namun penelitian ini masih bisa dilanjutkan lagi mungkin dilihat dari aspek lain, mungkin dari efektifitas pembelajarannya, kelengkapan literaurnya, dan atau kelengkapan sarana dan prasarananya.

E. Pembahasan
                        Pembahasan yang dapat dibahas pada penelitian tindakan sekolah ini adalah dengan mengadakan deskripsi pelaksanaan Aplikasi Penilaian, perbaikan silabus tiap siklus, dan  peningkatan kedisiplinan guru maka penerapan Aplikasi Penilaian. Deskripsi diberikan karena penerapan Aplikasi Penilaian SDN NO.164/IX Tanjung Lebar ini dapat menjadi contoh untuk pelaksanaan daerah lain yang mempunyai Aplikasi Penilaian unggulan. Sedangkan perbaikan silabus penting diadakan untuk peningkatan pembelajaran Aplikasi Penilaian sendiri dan untuk kedisiplinan adalah sesuatu yang harus dilakukan oleh para guru.
F. Hasil Angket
Hasil survei 6 0rang Guru SDN NO.164/IX Tanjung Lebar  2012/2013
 
            Angket diberikan oleh Kepala Sekolah Dasar NO. 164/IX Tanjung Lebar,Kec. Bahar Selatan setelah pelaksanaan siklus II kepada 6 0rang Guru tahun pelajaran 2012/2013. . Adapun hasil angket didapat seperti berikut.

Rekapitulasi Reaksi Guru dengan Adanya Aplikasi Penilaian SDN NO.164/IX Tanjung Lebar

Tabel 1. Reaksi pertama Guru tentang adanya Aplikasi Penilaian

No.

JAWABAN
JUMLAH
Σ
%
1.
Senang

3
2.
Biasa  Saja
2

3.
Tidak  Senang
1






Grafik 1.  Reaksi Guru dengan Adanya Aplikasi penilaian.









Kesimpulan yang diperoleh dari hasil angket “Pertanyaan 1” :
            Reaksi “Biasa Saja” memiliki persentase paling banyak. Berarti banyak Guru yang belum tertarik dengan Aplikasi Penilaian. Mungkin dikarenakan mereka belum pernah menerima pendidikan mengenaiAplikasi Penilaian.

 



















2. Rekapitulasi Guru yang menjawab tentang rasa ketertarikan untuk mempelajari Aplikasi Penilaian.
          Tabel 2 Rasa Kertarikan Guru untuk Belajar dan  Mengetahui Aplikasi Penilaian setelah belajar

No.

JAWABAN
JUMLAH
Σ
%
1.
Ya
6
100
2.
Tidak


                       
           
          Grafik 2.  Rasa Ketertarikan Guru untukmempelajari Aplikasi Penilaian SDN NO. 164/ IX Tanjung Lebar






                                                                                                            





Kesimpulan yang diperoleh dari hasil angket “Pertanyaan 2” :
            Persentase menjawab “Ya” semua. Ternyata terbukti ketika sesudah mempelajari Aplikasi Penilaian,Guru merasa tertarik dengan Aplikasi Penilaian (yang sebelumya menganggap biasa saja tentang Aplikasi Penilaian)

 





       
3. Rekapitulasi Guru  yang menjawab tentang Aplikasi Penilaian ( 100 % )Tabel 3.  Profesional Tidaknyapenelitian

No.

JAWABAN
JUMLAH
Σ
%
1.
Ya
6
100
2.
Tidak


       
       Grafik 3.  Profesional Tidaknya Kepala Sekolah Pengajar Aplikasi Penilaian
                         SDN NO. 164/ IX  Tanjung Lebar








Kesimpulan yang diperoleh dari hasil angket “Pertanyaan 3 :
            Persentase yang menjawab “Ya” paling banyak. Ini menunjukkan bahwa menurut peneliti SDN NO.164/IX Tanjung Lebar cukup profesional dalam penelaian,mengajar, dan karena itu pula Guru jadi tertarik untuk mempelajari Aplikasi Penelaian.

 











 
 



4. Jadwal Kegiatan Penelitian
NO
KEGIATAN
PEBRUARI
MARET
APRIL
MINGGU KE
MINGGU KE
MINGGU KE
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
1.
Pembuatan Proposal










2.
Pembuatan Perangkat dan Instrumen

X








3.
Pretes


X
X






4.
Siklus II



X
X





5.
Siklus II




X
X




6.
Penulisan Laporan






X
X








BAB V
HASIL DAN PEMBAHASAN
KESIMPULAN
         Pertama,secara proses peningkatan pengetahuan dan  kemampuan dalam Aplikasi penilaian yang masing – masing siklus ( nilai dari 55 s/d 85 ).
         Dari aspek produk hasi pengamatan pelaksanaan praktek terjadi peningkatan kemampuan guru SDN NO. 164/IX Tanjung Lebar dalam melaksananakan format Aplikasi penilaian.



SARAN - SARAN
         Untuk menuntaskan perangkat penilaian Aplikasi guru SDN NO. 164/IX Tanjung Lebar maka perlu pembinaan secara teratur dan sistimatis oleh pengawas (Kepala Sekolah ) ,karena itu diperlukan dukungan penuh dari personil sekolah.
         Apabila perangkat penilaian sudah tuntas maka perlu dilanjutkan dengan pengamatan dan evaluasi dalam kelas,sejauh mana guru SDN NO. 164/IX Tanjung Lebar dapat menerapkan
         Untuk dapat melaksanakan penilaian yang sesuai prinsip prisip penilaian,guru SDN NO. 164/IX Tanjung Lebar  perlu menyiapkan ,leptob dan menyusun bahan penilaian yang tepat melalui pembinaan pengawas dengan koordinasi kepala sekolah.



Ø   Daftar Pustaka
·         ARIF ( tim edukom ).Microsoft Excel ,jl.Nana Raya No. 1 Jakarta.2003
·         M.S.maggie Key,Berkenalan dengan Windiws ,cv andi offset,yokyakarta,th 2001.
·         M.S.maggie key ,Berkenaan dengan pengolah kata , cv andi offset,yokyakarta,th 2007.
·         M.S.maggie key,Berkenaan dengan lembar kerja , cv andi offset,yokyakarta,th 2007.
·         Joko widiyanto,Berkenaan dengan pengolah Data , cv andi offset,yokyakarta,th 2007.
·         Woro vidya Ayuningtyas, cv andi offset,yokyakarta,th 2007.












LEMBAR OBSERVASI APLIKASI PENILAIAN

A.    Tujuan
Tujuan penggunaan lembar validasi ini adalah mendapatkan penilaian dari peneliti untuk mengetahui bahwaAplikasi penilaian yang dibuat pengawas dan kepala sekolah layak diujicobakan.
B.     Petunjuk
1.      Peneliti memberikan penilaian masing-masing aspek pada kolom skor lembar validasi
2.      Penilaian yang diharapkan hendaknya antara nilai 10 sampai dengan nilai 100.
3.      Makna angka penilaian adalah 55 (tidak valid), 56 (kurang valid), 60 (cukup valid), 70 (valid).
TABEL PENILAIAN
Pertanyaan
Skor
1.   Apakah dalam Aplikasi penilaian yang dibuat para peneliti kompetensi dasar dinyatakan dengan jelas ?

Saran : .........................................................................................

 2. Apakah dalam silabus yang dibuat para peniliti materi pokok pembelajaran dinyatakan dengan jelas ?

Saran : .........................................................................................

 3. Apakah dalam silabus yang dibuat para peneliti kegiatan pembelajaran dinyatakan dengan jelas ?

Saran : .........................................................................................

 4. Apakah dalam silabus yang dibuat para peneliti Indikator pembelajaran dinyatakan dengan jelas ?

Saran : .........................................................................................

 5. Apakah dalam silabus yang dibuat para peneliti penilaian pembelajaran dinyatakan dengan jelas ?

Saran : .........................................................................................

6.   Apakah Aplikasi penilaian yang dibuat para guru dapat diintegrasikan ke dalam kurikulum ?

Saran : .........................................................................................

7.   Apakah Aplikasi penilaian yang dibuat peneliti dalam pembelajaran tidak lagi mencari tingkat kesulitan soal-soal ?

Saran : .........................................................................................

8.   Apakah dengan Aplikasi penilaian yang dibuat peneliti, guru  tidak mengalami kesulitan dalam memberikan materi pelajaran ?

Saran : .........................................................................................

9.   Apakah materi dalam Aplikasi penilaian yang dibuat penelitidikembangkan secara berurutan sehingga tidak membingungkanpenilaian ?

Saran : .........................................................................................

10. Apakah Aplikasi penilaian  yang dibuat peneliti  mempunyai bentuk yang bagus?

Saran : .........................................................................................

11. Apakah Aplikasi penilaian  yang dibuat peneliti tersedia tugas Guruyang cukup dan tidak berlebihan serta mudah dipahami ?

Saran : .....................................................................................................

12. Apakah silabus  yang dibuat para guru menyediakan tugas / kegiatan yang dapat membangun pengetahuan siswa ?

Saran : .........................................................................................

13. Apakah tugas pada Aplikasi penilaian  yang dibuat peneliti dapat diselesaikan dalam waktu yang tersedia ?

Saran : .........................................................................................

14. Apakah Aplikasi penilaian  yang dibuat peneliti menggunakan bahasa yang baik dan benar ?

Saran : .........................................................................................

15. Apakah Aplikasi penilaian  yang dibuat peneliti menggunakan warna yang menarik ?

Saran : .........................................................................................




Tanjung Lebar, 30 April 2013
                                                                                          Peneliti
    


                                                                                        ...............

via KarirKadrizal

1 Response to "Contoh PTS Kepala Sekolah Sekolah Dasar (SD)"

  1. bisa minta tlg kirim filenya pak di maddiadmerauke@gmail.com

    ReplyDelete