BAB IV
ANALISIS
PENGARUH KINERJA KEPALA SEKOLAH TERHADAP MUTU PROSES PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR
DI KECAMATAN PADAHERANG
A. Kondisi Objektif Sekolah Dasar Kecamatan Padaherang
( nanti diisi
oleh hasil penelitian )
B. Kinerja Kepala Sekolah Dasar
Kecamatan Padaherang
Setelah
dilakukan penyebaran angket sebanyak 12 item soal dengan 4 option pilihan
jawaban terhadap 30 kepala sekolah dasar di Kecamatan Padaherang, dengan sistem
skoring sebagai berikut :
Responden menjawab a mendapat skor 4, b = 3, c = 2, dan d
= 1 untuk susunan positif sedangkan untuk susunan negatif responden menjawab a
= 1, b = 2, c = 3, dan d = 4
sehingga didapat skor sebagai berikut :
Tabel
1
SKORING
DATA KINERJA KEPALA SEKOLAH
DI KECAMATAN
PADAHERANG
No
Resp.
|
Item
Soal
|
Jumlah
|
|||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
||
1
|
1
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
18
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
3
|
3
|
3
|
27
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
2
|
2
|
2
|
2
|
3
|
3
|
3
|
3
|
32
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
3
|
3
|
3
|
30
|
5
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3
|
37
|
6
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
4
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3
|
38
|
7
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
3
|
3
|
31
|
8
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
48
|
9
|
3
|
3
|
3
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
3
|
42
|
10
|
2
|
2
|
2
|
2
|
3
|
3
|
3
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
27
|
11
|
2
|
2
|
2
|
2
|
3
|
3
|
3
|
3
|
2
|
2
|
2
|
2
|
28
|
12
|
3
|
3
|
3
|
2
|
3
|
3
|
3
|
3
|
2
|
2
|
2
|
2
|
31
|
13
|
2
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
35
|
14
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
36
|
15
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
2
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
13
|
16
|
3
|
3
|
3
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
3
|
42
|
17
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
2
|
35
|
18
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
1
|
2
|
2
|
2
|
2
|
23
|
19
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
44
|
20
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
1
|
1
|
1
|
1
|
20
|
21
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
3
|
2
|
25
|
22
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
1
|
1
|
1
|
21
|
23
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
32
|
24
|
2
|
3
|
2
|
3
|
3
|
3
|
3
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
29
|
25
|
2
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
35
|
26
|
3
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
25
|
27
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
2
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
35
|
28
|
2
|
2
|
3
|
2
|
2
|
3
|
2
|
3
|
3
|
3
|
3
|
2
|
30
|
29
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
36
|
30
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
1
|
1
|
1
|
1
|
20
|
Data tersebut dikumpulkan sebagai
berikut :
18
|
27
|
32
|
30
|
37
|
38
|
31
|
48
|
42
|
27
|
28
|
31
|
35
|
36
|
13
|
42
|
35
|
23
|
44
|
20
|
25
|
21
|
32
|
29
|
35
|
25
|
35
|
30
|
36
|
20
|
Untuk mengetahui gambaran tentang kinerja kepala sekolah
dasar yang ada di Kecamatan Panumbangan
maka perlu dilakukan langkah-langkah
berikut :
-
R = DB - DK
Maka :
R = 48 –
13
R = 35
- Menentukan Banyak Kelas Interval ( BK ) dengan menggunakan aturan Sturgos berikut :
|
Maka :
BK = 1 + 3,3 log
30
BK = 1 +
3,3 ( 1,4771 )
BK = 1 + 4,87443
BK = 5,87443
BK = 6 (
dibulatkan )
- Menentukan Panjang Kelas Interval ( P ) dengan rumus :
|
Maka :
(dibulatkan )
- Membuat Daftar Distribusi Frekuensi
Tabel 2
DAFTAR DISTRIBUSI FREKUENSI KINERJA KEPALA SEKOLAH
Kelas Ke
|
Skor
|
Tally
|
Frekuensi
|
1
|
13
– 18
|
II
|
2
|
2
|
19
– 24
|
IIII
|
4
|
3
|
25
– 30
|
IIIII
III
|
8
|
4
|
31
– 36
|
IIIII
IIIII
|
10
|
5
|
37
– 42
|
IIII
|
4
|
6
|
43
– 48
|
II
|
2
|
Jumlah
|
30
|
Berdasarkan
tabulasi data di atas, maka dapat dibuat distribusi frekuensi kumulatif sebagai
berikut :
Tabel 3
DISTRIBUSI FREKUENSI KUMULATIF KINERJA KEPALA SEKOLAH
Skor
|
F
|
Pinggir Kelas
|
Frekuensi Kumulatif
Kurang Dari
|
|
|
12,5
|
0
|
13 – 18
|
2
|
|
|
|
|
18,5
|
2
|
19 – 24
|
4
|
|
|
|
|
24,5
|
6
|
25 – 30
|
8
|
|
|
|
|
30,5
|
14
|
31 – 36
|
10
|
|
|
|
|
36,5
|
24
|
37 – 42
|
4
|
|
|
|
|
42,5
|
28
|
43 – 48
|
2
|
|
|
|
|
48,5
|
30
|
|
Dari daftar distribusi frekuensi tersebut dapat dihitung
Median ( Me ) dengan menggunakan rumus :
Maka :
Me
= 36,5 +
Me
= 36,5 +
Me
= 36,5 +
Me
= 36,5 +
Me
= 36,5 + 0,6
Me
= 37,1
- Mencari simpangan deviasi median ( SDme ), dengan rumus :
|
Untuk
mengoperasikan rumus tersebut terlebih dahulu harus diketahui bagian-bagian
yang diperlukan melalui tabel berikut :
Tabel 4
DISTRIBUSI FREKUENSI UNTUK MENGHITUNG STANDAR DEVIASI
SKOR
|
XI
|
FI
|
(XI-Me)2
|
(XI-Me)2Fi
|
13
– 18
|
15,5
|
2
|
466,56
|
933,12
|
19
– 24
|
21,5
|
4
|
243,36
|
973,44
|
25
– 30
|
27,5
|
8
|
92,16
|
737,28
|
31
– 36
|
33,5
|
10
|
12,96
|
129,60
|
37
– 42
|
39,5
|
4
|
5,76
|
23,04
|
43
– 48
|
45,5
|
2
|
70,56
|
141,12
|
Jumlah
|
30
|
|
2937,60
|
Dengan harga
dari tabel di atas maka simpangan deviasi dapat dihitung, yaitu:
SDme =
SDme
=
SDme
=
SDme
=
SDme
= 10,06
6. Membuat skala penafsiran
Berdasarkan harga SDme di
atas maka dapat dibuat skala penafsiran
sebagai berikut :
|
-------------------------
|
Sangat Baik
|
Skor min + 3 SDme =
|
13 + 3 (10,06)=43,18
|
|
|
-------------------------
|
Baik
|
Skor min + 2 SDme
=
|
13 + 2 (10,06)=33,12
|
|
|
-------------------------
|
Cukup/sedang
|
Skor min + 1 SDme =
|
13 + 1 (10,06)=23,06
|
|
|
-------------------------
|
kurang/Jelek
|
Berdasarkan
skala penafsiran tersebut maka Me = 37,1 berada pada interval 33,12 – 43,18
dengan klasifikasi baik. Hal ini berarti kinerja kepala sekolah dasar di Kecamatan
Padaherang tergolong baik.
C. Mutu
Proses Pembelajaran Sekolah Dasar di Kecamatan Padaherang
Setelah
dilakukan penyebaran angket terhadap 30 responden dengan 12 item soal dan 4 alternatif
jawaban pada sekolah dasar yang ada di Kecamatan Padaherang maka didapat skor sebagai berikut :
Tabel
5
SKORING
DATA MUTU PROSES PEMBELAJARAN SEKOLAH
DASAR
DI KECAMATAN
PADAHERANG
No
Resp.
|
Item
Soal
|
Jumlah
|
|||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
||
1
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
48
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
3
|
3
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
26
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
4
|
3
|
37
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
2
|
2
|
2
|
1
|
31
|
5
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
2
|
2
|
34
|
6
|
4
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
38
|
7
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
1
|
1
|
1
|
2
|
21
|
8
|
3
|
3
|
3
|
3
|
4
|
4
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
39
|
9
|
3
|
2
|
2
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
34
|
10
|
3
|
3
|
3
|
3
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
28
|
11
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
29
|
12
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
2
|
2
|
2
|
2
|
32
|
13
|
4
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
38
|
14
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
17
|
15
|
1
|
1
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
22
|
16
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
29
|
17
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
2
|
2
|
2
|
33
|
18
|
3
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
46
|
19
|
3
|
3
|
3
|
2
|
2
|
2
|
3
|
3
|
2
|
2
|
2
|
2
|
29
|
20
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
2
|
2
|
14
|
21
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
1
|
1
|
1
|
1
|
2
|
2
|
20
|
22
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
2
|
35
|
23
|
3
|
3
|
3
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
27
|
24
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
2
|
2
|
2
|
2
|
32
|
25
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
30
|
26
|
2
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
35
|
27
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
43
|
28
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
3
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
25
|
29
|
2
|
2
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
34
|
30
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
30
|
Data tersebut dikumpulkan sebagai
berikut :
48
|
26
|
37
|
31
|
34
|
38
|
21
|
39
|
34
|
28
|
29
|
32
|
38
|
17
|
22
|
29
|
33
|
46
|
29
|
14
|
20
|
35
|
27
|
32
|
30
|
35
|
43
|
25
|
34
|
30
|
Untuk mengetahui gambaran tentang mutu
proses pembelajaran sekolah dasar di Kecamatan
Padaherang maka perlu dilakukan langkah-langkah berikut :
|
1. Menentukan Rentang (
R ) dengan rumus :
Maka :
R = 48 –
14
R = 34
|
2. Menentukan Banyak
Kelas Interval ( BK ) dengan menggunakan aturan Sturgos berikut :
Maka :
BK = 1 + 3,3 log
30
BK = 1 +
3,3 ( 1,4771 )
BK = 1 + 4,87443
BK = 5,87443
BK = 6 (
dibulatkan )
|
3. Menentukan Panjang
Kelas Interval ( P ) dengan rumus :
Maka :
p = 5,66
(dibulatkan )
4. Membuat Daftar Distribusi Frekuensi
Tabel 6
DAFTAR DISTRIBUSI FREKUENSI MUTU PROSES PEMBELAJARAN SEKOLAH
DASAR
Kelas Ke
|
Skor
|
Tally
|
Frekuensi
|
1
|
14
– 19
|
II
|
2
|
2
|
20
– 25
|
IIII
|
4
|
3
|
26
– 31
|
IIIII
IIII
|
9
|
4
|
32
– 37
|
IIIII
IIII
|
9
|
5
|
38
– 43
|
IIII
|
4
|
6
|
44
– 49
|
II
|
2
|
Jumlah
|
30
|
Berdasarkan
tabulasi data di atas, maka dapat dibuat distribusi frekuensi kumulatif sebagai
berikut :
Tabel 7
DISTRIBUSI FREKUENSI KUMULATIF MUTU PROSES PEMBELAJARAN
SEKOLAH DASAR
Skor
|
F
|
Pinggir Kelas
|
Frekuensi Kumulatif
Kurang Dari
|
|
|
13,5
|
0
|
14 – 19
|
2
|
|
|
|
|
19,5
|
2
|
20 – 25
|
4
|
|
|
|
|
25,5
|
6
|
26 – 31
|
9
|
|
|
|
|
31,5
|
15
|
32 – 37
|
9
|
|
|
|
|
37,5
|
24
|
38 – 43
|
4
|
|
|
|
|
43,5
|
28
|
44 – 49
|
2
|
|
|
|
|
49,5
|
30
|
|
Dari daftar distribusi frekuensi tersebut dapat dihitung
Median ( Me ) dengan menggunakan rumus :
Maka :
Me
= 31,5 +
Me
= 31,5 +
Me
= 31,5 +
Me
= 31,5 + 6
Me
= 37,5
5. Mencari simpangan deviasi median ( SDme
), dengan rumus :
|
Untuk mengoperasikan rumus tersebut
terlebih dahulu harus diketahui bagian-bagian yang diperlukan melalui tabel
berikut
Tabel 8
DISTRIBUSI FREKUENSI UNTUK MENGHITUNG STANDAR DEVIASI
SKOR
|
XI
|
FI
|
(XI-Me)2
|
(XI-Me)2Fi
|
14
– 19
|
16,5
|
2
|
441
|
882
|
20
– 25
|
22,5
|
4
|
225
|
900
|
26
– 31
|
28,5
|
9
|
81
|
729
|
32
– 37
|
34,5
|
9
|
9
|
81
|
38
– 43
|
40,5
|
4
|
9
|
36
|
44
– 49
|
46,5
|
2
|
81
|
162
|
Jumlah
|
|
30
|
|
2790
|
Dengan harga
dari tabel di atas maka simpangan deviasi dapat dihitun, yaitu :
SDme =
SDme
=
SDme
=
SDme
=
SDme
= 9,808511434
SDme
= 9,81
6.
Membuat skala penafsiran
Berdasarkan
harga SDme di atas maka dapat dibuat skala penafsiran sebagai
berikut :
|
-------------------------
|
Sangat tinggi
|
Skor min + 3 SDme =
|
14 + 3 (9,81)=43,43
|
|
|
-------------------------
|
Tinggi
|
Skor min + 2 SDme
=
|
14 + 2 (9,81)=33,62
|
|
|
-------------------------
|
Cukup
|
Skor min + 1 SDme =
|
14 + 1 (9,81)=23,81
|
|
|
-------------------------
|
Rendah
|
Berdasarkan
skala penafsiran tersebut maka Me = 37,5 berada pada interval 33,62 – 43,43
dengan klasifikasi tinggi. Hal ini berarti mutu proses pembelajaran di Kecamatan Panumbangan tergolong tinggi.
D. Pengaruh Kinerja Kepala Sekolah terhadap Mutu Proses Pembelajaran
Sekolah Dasar di Kecamatan Padaherang
Oleh
karena data yang dikumpulkan dilakukan dengan skala pengukuran ordinal, maka
statistik uji yang dianggap paling cocok (powerfull ) adalah dengan
menggunakan koefisien korelasi rank spearman ( rs ). Maka langkah kerja
sehubungan dengan statistik uji rs adalah :
1. Menentukan
peringkat (ranking ) hasil observasi, baik variabel (X) maupun variabel (Y)
Tabel 9
SKOR DAN PERINGKAT VARIABEL PENELITIAN
No
|
X
|
Y
|
Rx
|
Ry
|
di
|
di x di
|
1
|
18
|
48
|
2
|
30
|
-28
|
784
|
2
|
27
|
26
|
9,5
|
7
|
2,5
|
6,25
|
3
|
32
|
37
|
17,5
|
24
|
-6,5
|
42,25
|
4
|
30
|
31
|
13,5
|
15
|
-1,5
|
2,25
|
5
|
37
|
34
|
25
|
19,3
|
5,7
|
32,49
|
6
|
38
|
38
|
26
|
25,5
|
0,5
|
0,25
|
7
|
31
|
21
|
15,5
|
4
|
11,5
|
132,25
|
8
|
48
|
39
|
30
|
27
|
3
|
9
|
9
|
42
|
34
|
27,5
|
19,3
|
8,2
|
67,24
|
10
|
27
|
28
|
9,5
|
9
|
0,5
|
0,25
|
11
|
28
|
29
|
11
|
10,3
|
0,7
|
0,49
|
12
|
31
|
32
|
15,5
|
16,5
|
-1
|
1
|
13
|
35
|
38
|
19,25
|
25,5
|
-6,25
|
39,0625
|
14
|
36
|
17
|
23,5
|
2
|
21,5
|
462,25
|
15
|
13
|
22
|
1
|
5
|
-4
|
16
|
16
|
42
|
29
|
27,5
|
10,3
|
17,2
|
295,84
|
17
|
35
|
33
|
19,25
|
18
|
1,25
|
1,5625
|
18
|
23
|
46
|
6
|
29
|
-23
|
529
|
19
|
44
|
29
|
29
|
10,3
|
18,7
|
349,69
|
20
|
20
|
14
|
3,5
|
1
|
2,5
|
6,25
|
21
|
25
|
20
|
7,5
|
3
|
4,5
|
20,25
|
22
|
21
|
35
|
5
|
22,5
|
-17,5
|
306,25
|
23
|
32
|
27
|
17,5
|
8
|
9,5
|
90,25
|
24
|
29
|
32
|
12
|
16,5
|
-4,5
|
20,25
|
25
|
35
|
30
|
19,25
|
13,5
|
5,75
|
33,0625
|
26
|
25
|
35
|
7,5
|
22,5
|
-15
|
225
|
27
|
35
|
43
|
19,25
|
28
|
-8,75
|
76,5625
|
28
|
30
|
25
|
13,5
|
6
|
7,5
|
56,25
|
29
|
36
|
34
|
23,5
|
19,3
|
4,2
|
17,64
|
30
|
20
|
30
|
3,5
|
13,5
|
-10
|
100
|
Jumlah
|
2622,89
|
2. Menghitung Korelasi antara Variabel (X) dengan Variabel (Y)
Berdasarkan harga-harga
yang ditunjukkan dalam tabel 9, maka harga rs dapat dihitung dengan rumus :
|
Maka :
rs =
rs =
rs =
rs =
rs = ( dibulatkan
0,42)
Untuk kepentingan penafsiran digunakan
klasifikasi tentang batas-batas untuk rs sebagai berikut :
|
Berdasarkan harga rs sebesar 0,42 berada pada
klasifikasi cukup/ sedang. Hal ini berarti bahwa kinerja kepala sekolah
mempunyai pengaruh yang cukup/sedang dalam
meningkatkan mutu proses pembelajaran sekolah dasar di Kecamatan Padaherang.
3. Menentukan
Derajat Determinasi (D)
Untuk menentukan derajat determinasi
digunakan rumus sebagai berikut :
|
Jadi derajat
determinasi pengaruh antara variabel X terhadap variabel Y adalah :
D = (0,42)2 x 100%
D = 0,1764 x 100%
D = 17,64 %
Hal ini berarti bahwa kinerja kepala
sekolah menentukan mutu proses pembelajaran sebesar 17,64 %. Sehingga sisanya 82,36% mutu
proses pembelajaran sekolah dasar di Kecamatan
Padaherang ditentukan oleh faktor lain,
yaitu gaya kepemimpinan kepala sekolah, otomatisasi alat perkantoran, profesionalisme guru dan staf, letak
geografis sekolah, dan faktor ekonomi orang tua siswa.
4. Uji
Signifikansi / Uji Hipotesis
Hipotesis
kerja yang penulis ajukan adalah, “ Semakin baik kinerja kepala sekolah maka
semakin tinggi mutu proses pembalajran sekolah dasar di Kecamatan Padaherang “.
|
Sehubungan
dengan hipotesis kerja ini maka untuk kepentingan uji signifikansi koefisien
korelasi rs atau uji hipotesis digunakan rumus :
Dengan tingkat signifikansi ( 0,05 )
dan derajat kebebasan ( dk = n-2) dengan uji satu arah ( one tailed )
dan berpedoman pada tabel, maka hipotesis yang digunakan adalah :
a. Hipotesis nol (Ho) diterima jika :
thitung < ttabel
b. Hipotesis kerja (Ha) diterima jika :
thitung > ttabel
Dengan menggunakan rumus di
atas maka thitung :
t hitung = 0,42
t hitung = 0,42
t hitung = 0,42
t hitung = 0,42 ( 5,831 )
t hitung = 2,4490
t hitung = 2,5 (dibulatkan)
Sedangkan ttabel dengan menggunakan taraf signifikansi 0,05 dan
dk=N-2 =30-2= 28, maka diperoleh dalam daftar t(0,95)(28) = 1,70.
Dengan demikian bahwa : t hitung =
2,5 > t(0,95)(28) = 1,70 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi korelasi
antara kinerja kepala sekolah dengan mutu proses pembelajaran yang berada pada klasifikasi sedang/cukup (
0,42) setelah diuji signifikansi ternyata signifikans. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa semakin
baik kinerja kepala sekolah maka semakin
tinggi mutu proses pembelajaran sekolah dasar di Kecamatan Padaherang.
Untuk mengetahui luas daerah penerimaan
hipotesis pada penelitian ini penulis gambarkan dalam kurva normal berikut :
Daerah
Penolakan Hipotesis
Daerah Penerimaan Hipotesis
1,70 2,50
0 Response to "Skripsi BAB IV PENGARUH KINERJA KEPALA SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN MUTU PROSES PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR"
Post a Comment