Skripsi BAB IV USAHA ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA

BAB IV
PENUTUP


A.    Kesimpulan

Berdasarkan hasil pengolahan dan penafsiran data yang penulis peroleh dari penelitian ini maka penulis dapat menyusun kesimpulan berdasarkan pada pokok-pokok penelitian, sebagai berikut:
1.      Cara pendekatan orang tua siswa kelas V dalam membimbing anak belajar di lingkungan keluarga guna memotivasi prestasi belajar di SD Negeri 3 Sandingtaman Kecamatan Panjalu kabupaten Ciamis.
a.       Pendekatan psikologis yaitu :
·         orang tua memberi bantuan atau bimbingan dalam waktu belajar.
·         Orang tua membantu memecahkan masalah yang dihadapi anak
§  orang tuamu berusaha menanyakan hasil belajar
§  Orang tua menyuruh belajar
b.       Pendekatan sosial yaitu :
·         memberi kesempatan kepada anak untuk bekerja sama dengan anggota keluarga
·         membimbing anak belajar di rumah
·         orang tua membangkitkan motivasi belajar

2.      Usaha orang tua siswa dalam rangka menyediakan fasilitas yang diperlukan dalam rangka memotivasi prestasi belajar di SD Negeri 3 Sandingtaman Kecamatan Panjalu kabupaten Ciamis:
§    Orang tua menyediakan ruangan khusus untuk belajar.
§    orang tua berusaha memenuhi kebutuhan alat-alat pelajaran yang diperlukan
3.      Cara orang tua mengatasi kesulitan yang dihadapi orang tua dalam membimbing anak belajar di rumah:

B.     Saran-Saran

Berdasarkan hasil penelitian ini maka penulis dapat menyampaikan beberapa saran sebagai berikut:
1.      Saran Untuk Orang Tua Siswa
Untuk memotivasi prestasi belajar siswa seyogyanya orang tua membantu, memahami, mengerti dan mampu menciptakan iklim pendidikan anak untuk belajar. Situasi keluarga sangat mempengaruhi kelancaran anak belajar di rumah. Orang tua juga hendaknya mampu melayani fasilitas belajar anak antara lain memenuhi kebutuhan anak, memberikan kesempatan kepada anak untuk mencoba dan mengembangkan rasa tanggung jawab dalam mengembangkan kemampuannya. Orang tua harus mampu mengatasi kesulitan pelayanan fasilitas yang dibutuhkan anak demi kemajuan pendidikan anak.


2.      Saran Untuk Guru
Berdasarkan pada latar belakang pendidikan orang tua yang relatif rendah, kondisi lingkungan, faktor ekonomi orang  tua yang berbeda, sehingga orang tua tidak dapat menangani secara langsung baik bantuan maupun dalam penyajian. Dalam hal ini guru harus membantu anak didiknya agar lebih ditingkatkan, guna meningkatkan pendidikan serta perlu adanya partisipasi dalam membimbing anak.
Untuk memotivasi prestasi belajar anak yang dilakukan orang tua di rumah, hendaknya guru sering mengadakan hubungan dan memberikan informasi  kepada  orang tua tentang pentingnya orang tua siswa untuk membantu meningkatkan kegiatan anak belajar di rumah. Dengan demikian akan memungkinkan adanya perhatian orang tua siswa untuk membimbing anak kearah yang lebih baik.
3.      Saran Untuk Guru BP
Untuk menjamin kelancaran pendidikan di sekolah perlu perhatian dan peningkatan pelayanan bimbingan. Untuk mencapai tujuan pendidikan tersebut dalam hal ini pelayanan bimbingan yang diselenggarakan di sekolah sangat diperlukan persiapan suatu rencana kerja atau program kerja yang baik dan mendapat, karena program bimbingan dan penyuluhan merupakan integral dalam proses pendidikan. Program bimbingan dan penyuluhan ini sangat diperlukan adanya partisipasi dari guru-guru pembimbing, karena tanpa adanya kerjasama yang baik dari para pembimbing program tidak akan berjalan dengan baik. Dengan adanya program bimbingan dan penyuluhan ini diharapkan dapat merubah atau mengurangi kekurangan-kekurangan dalam rangka meningkatkan prestasi belajar siswa.

0 Response to "Skripsi BAB IV USAHA ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA"

Post a Comment