BAB IV
PENUTUP
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil pengolahan dan penafsiran data yang penulis peroleh
dari penelitian ini maka penulis dapat menyusun kesimpulan berdasarkan pada
pokok-pokok penelitian, sebagai berikut:
1. Cara pendekatan orang tua siswa kelas V dalam
membimbing anak belajar di lingkungan keluarga guna memotivasi prestasi belajar
di SD Negeri 3 Sandingtaman Kecamatan Panjalu kabupaten Ciamis.
a. Pendekatan psikologis yaitu :
·
orang tua memberi bantuan atau
bimbingan dalam waktu belajar.
·
Orang
tua membantu memecahkan masalah yang dihadapi anak
§ orang tuamu berusaha menanyakan hasil belajar
§ Orang tua menyuruh belajar
b. Pendekatan sosial yaitu :
·
memberi kesempatan kepada anak
untuk bekerja sama dengan anggota keluarga
·
membimbing anak belajar di
rumah
·
orang tua membangkitkan
motivasi belajar
2. Usaha orang tua siswa dalam rangka
menyediakan fasilitas yang diperlukan dalam rangka memotivasi prestasi belajar
di SD Negeri 3 Sandingtaman Kecamatan Panjalu kabupaten Ciamis:
§ Orang tua menyediakan ruangan khusus untuk
belajar.
§ orang tua berusaha memenuhi kebutuhan alat-alat pelajaran yang
diperlukan
3. Cara orang tua mengatasi kesulitan yang
dihadapi orang tua dalam membimbing anak belajar di rumah:
B. Saran-Saran
Berdasarkan
hasil penelitian ini maka penulis dapat menyampaikan beberapa saran sebagai
berikut:
1. Saran Untuk Orang Tua Siswa
Untuk memotivasi prestasi
belajar siswa seyogyanya orang tua membantu, memahami, mengerti dan mampu
menciptakan iklim pendidikan anak untuk belajar. Situasi keluarga sangat
mempengaruhi kelancaran anak belajar di rumah. Orang tua juga hendaknya mampu
melayani fasilitas belajar anak antara lain memenuhi kebutuhan anak, memberikan
kesempatan kepada anak untuk mencoba dan mengembangkan rasa tanggung jawab
dalam mengembangkan kemampuannya. Orang tua harus mampu mengatasi kesulitan
pelayanan fasilitas yang dibutuhkan anak demi kemajuan pendidikan anak.
2. Saran Untuk Guru
Berdasarkan pada latar
belakang pendidikan orang tua yang relatif rendah, kondisi lingkungan, faktor
ekonomi orang tua yang berbeda, sehingga
orang tua tidak dapat menangani secara langsung baik bantuan maupun dalam
penyajian. Dalam hal ini guru harus membantu anak didiknya agar lebih
ditingkatkan, guna meningkatkan pendidikan serta perlu adanya partisipasi dalam
membimbing anak.
Untuk memotivasi prestasi
belajar anak yang dilakukan orang tua di rumah, hendaknya guru sering
mengadakan hubungan dan memberikan informasi
kepada orang tua tentang
pentingnya orang tua siswa untuk membantu meningkatkan kegiatan anak belajar di
rumah. Dengan demikian akan memungkinkan adanya perhatian orang tua siswa untuk
membimbing anak kearah yang lebih baik.
3. Saran Untuk Guru BP
Untuk menjamin kelancaran
pendidikan di sekolah perlu perhatian dan peningkatan pelayanan bimbingan.
Untuk mencapai tujuan pendidikan tersebut dalam hal ini pelayanan bimbingan
yang diselenggarakan di sekolah sangat diperlukan persiapan suatu rencana kerja
atau program kerja yang baik dan mendapat, karena program bimbingan dan
penyuluhan merupakan integral dalam proses pendidikan. Program bimbingan dan
penyuluhan ini sangat diperlukan adanya partisipasi dari guru-guru pembimbing,
karena tanpa adanya kerjasama yang baik dari para pembimbing program tidak akan
berjalan dengan baik. Dengan adanya program bimbingan dan penyuluhan ini diharapkan
dapat merubah atau mengurangi kekurangan-kekurangan dalam rangka meningkatkan
prestasi belajar siswa.
0 Response to "Skripsi BAB IV USAHA ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA"
Post a Comment