Skripsi BAB III IPS Kelas 4 SD Memaksimalkan Prestasi Akademik Pelajaran IPS Melalui Self Monitoring Sheet

BAB III
LAPORAN HASIL

Hasil Penggunaan Alat Dalam Pembelajaran
Hasil dari penggunaan lembar pantauan diri terhadap perubahan sikap dan prestasi akademik siswa antara lain :
Fokus Saat Proses Belajar
Fokus saat belajar adalah kunci sukses siswa dalam memahami materi semua pelajaran, khususnya pelajaran IPS. Sebelum pelaksanaan pengisian lembar pantauan diri, siswa masih banyak kurang fokus dan konsentrasi saat pelajaran IPS. Walaupun metode dan model pembelajaran apapun sudah saya terapkan, namun tingkat pemahaman materi belum maksimal. Nah setelah pengisian lembar pantuan diri ini dilaksanakan, siswa sedikit demi sedikit mulai menunjukkan keseriusan dalam belajar IPS. Hal ini bisa dilihat dari hasil catatan di buku tulis siswa dan hasil nilai disetiap latihan soal yang saya berikan pada saat menjelang akhir pelajaran.

Rajin Menulis
Karena di dalam item lembar pantauan diri tercantum menulis catatan, maka siswa yang sebelumnya malas atau bahkan tidak memiliki catatan di buku tulisnya sekarang menjadi rajin menulis. Menulis catatan adalah sangat penting bagi siswa, walaupun mereka telah memiliki buku paket dan buku penunjang lainnya. Catatan menjadi sumber belajar siswa, karena melalui catatan ini siswa bisa membaca rangkuman materi IPS dari penjelasan guru.
Sebelum adanya pengisian lembar pantauan diri, siswa jarang sekali menulis cacatan dan bahkan tidak pernah mencatat. Dari data yang saya terima alas an siswa jarang menulis atau tidak sama sekali menulis dikarenakan merasa malas. Nah sejak adanya pengisian lembar pantuan diri ini, awalnya siswa menjadi agak terpaksa namun setelah 2 bulan kegiatan ini berjalan, siswa sepertinya sudah terbiasa menulis catatan, walaupun masih ada sedikit siswa yang agak kaku dengan pembiasaan ini.

Rajin Membaca
Dengan kegiatan menulis catatan disetiap proses pembelajaran IPS, otomatis kebiasaan membaca siswa akan semakin meningkat. Alasanya jelas sekali karena pada saat siswa menyalin tulisan di buku tulisnya, maka siswa juga akan membaca tulisan yang akan ditulis. Dengan demikian kebiasaan membaca buku/materi IPS, akan membawa dampak bertambahnya pemahaman siswa akan materi pelajaran IPS yang disampaikan guru sehingga diharapkan ada peningkatan prestasi akademik siswa.

Peningkatan Nilai Akademik
Sebagai bahan pembanding, saya memiliki data perolehan nilai kognitif siswa (ulangan harian) pada saat sebelum pelaksanaan pengisian lembar pantauan diri dan sesudah pelaksanaan pengisian lembar pantauan diri.

Nilai hasil semester 1 Tahun Pelajaran 2010-2011
Tabel 3.1. Nilai Ulangan Harian kelas 4 semester 1

Evaluasi Keberhasilan
Evaluasi penggunaan lembar pantauan diri ini saya lakukan setiap selesai menyelesaikan satu kompentensi dasar/tema. Evaluasi penggunaan lembar pantauan diri ini sebanyak empat kali karena tema/KD dalam semester 2 tersebut berjumlah empat. Berikut hasil dari evaluasi yang saya lakukan :
Evaluasi pertama
Evaluasi pertama ini saya fokuskan kepada keseriusan dan kejujuran siswa mengisi lembar pantauan diri. Setiap akhir pelajaran saya melihat sendiri, para siswa mengisi ceklis dan selalu menunjukka hasil tulisannnya/kerja latihannya.
Dari hasil pertama ini kurang lebih sekitar 20 siswa yang melakukan pembiasaan aktifitas ini. Selebihnya masih belum maksimal dalam melakukan aktifitas karena masih terdapat rasa malas dan merasa sudah bisa menangkap pelajaran walaupun tanpa menulis.

Evaluasi kedua
Evaluasi berikutnya saya lakukan setelah berjalan hampir satu bulan atau setelah tema pertama selesai. Dalam evaluasi kali ini, saya fokuskan untuk melaksanakan kesepakatan dengan siswa, yakni siswa yang total perolehan lembar ceklisnya sedikit akan dikurangi nilai angka ulangan hariannya. Terdapat 7 siswa yang tidak maksimal mengisi lembar pantauan diri, sehingga merekapun dikurangi nilai angka ulangan hariannya masing-masing sebesar 5.00.
Evaluasi tiga
Alhamdulillah dalam evaluasi kali ini, pengisian lembar pantauan diri berjalan maksimal. Dan dalam evaluasi kali ini ada beberapa pembenahan yang perlu saya lakukan yakni antara lain stopmap yang saya gunakan selama ini saya ganti dengan sopmap mika. Dengan stopmap kertas, seringkali sobek dan kotor terkena tangan-tangan siswa yang kadang bersih dan kadangkala kotor.

Evaluasi keempat
Evaluasi terakhir dalam pelaksanaan aktifitas pengisian lembar pantauan diri saya fokuskan dengan mengecek ulang keberhasilan siswa meningkatkan prestasi akademik pelajaran IPS seperti tulisan di buku mereka, tingkat pendalaman materi yang bisa dilihat dari hasil latihan-latihan soal, dan nilai ulangan hariannya.
Kerjasama dengan walikelas untuk mewujudkan keberhasilan aktifitas ini selalu saya lakukan agar terdapat masukan-masukan yang bisa saya benahi di kemudian hari.

0 Response to "Skripsi BAB III IPS Kelas 4 SD Memaksimalkan Prestasi Akademik Pelajaran IPS Melalui Self Monitoring Sheet"

Post a Comment