KARIL BAB IV Peranan Wisatawan Dalam Menjaga Kelestarian Candi Borobudur

BAB IV
PENUTUP

            Pada bab ini penulis mengemukakan  simpulan dari pembahasan dengan judul “PENGARUH WISATAWAN TERHADAP KELESTARIAN CANDI BOROBUDUR”. Selain hal tersebut penulis mengemukakan saran-saran yang diharapkan dapat bermanfaat.

4.1.Simpulan
Dari pembahasn yang telah diuraikan dapat ditarik  simpulan sebagai berikut:
a.       Bahwa para wisatawan yang datang ke Candi Borobudur memiliki pengaruh yang besar terhadap kelestarian Candi Borobudur.
b.      Pengaruh wisatawan tersebut diklasifikasikan menjadi 2 macam yaitu:
1)      Pengaruh Positif
Semakin banyak pengunjung yang hadir maka pemasukan untuk pemeliharaan candi juga besar selain yang 5% nya untuk pemeliharaan, pemasukan tersebut 95% digunakan pula untuk menggaji para pegawai, yang menggaji para pegawai yang menjaga kelestarian Candi Borobudur. Setelah mengunjungi Candi Borobudur banyak wisatawan yang ingin ikut berpartisipasi untuk melestarikan Candi Borobudur dengan memberi bantuan berupa finansial.
2)      Pengaruh Negatif
Pengaruh negatif yang biasa ditunjukan para pengunjung yaitu banyak pengunjung yang mencoret-coret dinding candi, banyak yang merusak ornamen-ornamen candi. Yang dirusak tangan-tangan jahil, banyak wisatawan yamg naik kedinding candi, yang lebih parahnya lagi ada sebagian wisatawan yang berani buang air kecil disekitar candi.
c.       Alternatif yang diambil untuk mengantisipasi dari sifat-sifat destruktif yang biasa dilakukan para pengunjung diantaranya :
1).    Melakukan penjagaan ketat yang biasa dilakukan oleh satpam selama 24 jam.
2).    Memasang papan-papan peringatan dan sanksi sesuai hukum perundangan dan bagi yang melakukan kerusakan.
d.      Setelah kami meneliti bahwa dinas yang menjaga kelestarian Candi Borobudur adalah dari Dinas Purbakala dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata.

4.2.Saran
Setelah menyimpulkan hasil pembahasan penulis akan mengemukakan saran sebagai berikut :

  1. Kita sebagai manusia harus menjaga dan melestarikan barbagai bangunan bersejarah yang salah satunya adalah Candi Borobudur yang merupakan warisan nenek moyang bangsa Indonesia.
  2. Adanya tindakan tegas dari pemerintah kepada orang-orang yang berpengaruh buruk terhadap kelestarian Candi Borobudur. 

0 Response to "KARIL BAB IV Peranan Wisatawan Dalam Menjaga Kelestarian Candi Borobudur"

Post a Comment