Contoh PTK IPS Kelas 4 SD Abstrak Merekonstruksi Peninggalan Majapahit Melalui Pembelajaran Inquiri

MEREKONSTRUKSI PENINGGALAN MAJAPAHIT MELALUI PEMBELAJARAN INQUIRI PADA SISWA KELAS 4C
SD AL HIKMAH SURABAYA

Oleh :
Mochamad Riduwan, S.Pd.

SD AL HIKMAH SURABAYA
MEI 2008

PENGESAHAN
MEREKONSTRUKSI PENINGGALAN MAJAPAHIT MELALUI PEMBELAJARAN INQUIRI PADA SISWA KELAS 4C
SD AL HIKMAH SURABAYA

KARYA TULIS ILMIAH
Oleh :
Mochamad Riduwan, S.Pd., M.Pd

Menyetujui,
Kepala SD Al Hikmah Surabaya

Drs. Gatot Sulanjono
SURAT PERNYATAAN
Yang bertandatangan dibawah ini :
Nama : Mochamad Riduwan, S.Pd.
Jabatan : Guru Bidang Studi IPS
Judul Karya Tulis :

MEREKONSTRUKSI PENINGGALAN MAJAPAHIT MELALUI PEMBELAJARAN INQUIRI PADA SISWA KELAS 4C
SD AL HIKMAH SURABAYA

Menyatakan bahwa karya tulis tersebut adalah karya penulis sendiri dan bukan karya orang lain, baik sebagian maupun keseluruhan, kecuali dalam bentuk kutipan yang disebutkan sumbernya.
Demikian surat pernyataan ini penulis buat dengan sebenar-benarnya

Surabaya, 30 Mei 2008
Mengetahui,
Kepala Sekolah Penulis

Drs. Gatot Sulanjono Mochamad Riduwan, S.Pd., M.Pd.
KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Alhamdullillah segala puji bagi Allah SWT Tuhan sekalian alam. Sholawat serta salam semoga tercurah kepada baginda Rosulillah Muhammad SAW.
Pada kesempatan ini, penulis mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada pihak-pihak yang telah membantu sehingga karya tulis ini bisa tersusun. Karya tulis ini berisi tentang kegiatan nyata penulis menggunakan pembelajaran inquiri dalam penyampaian materi pelajaran IPS dan penilaian hasil. Pembelajaran inquiri ini diaplikasikan salah satunya dengan program kunjungan ke obyek peninggalan kerajaan Majapahit dan museum purbakala dan arkeologi Jawa Timur di Mojokerto Jawa Timur pada siswa kelas 4C SD Al Hikmah Surabaya.
Pada akhirnya, semoga karya tulis ini bermanfaat bagi siapapun yang membaca maupun mengambil ilmu di dalamnya. Semoga Allah SWT meridhoi langkah kita semua, Amin
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Surabaya, 30 Mei 2008
Penulis
DAFTAR ISI
Halaman
Halaman Judul 1
Halaman Pengesahan 2
Pernyataan 3
Pengantar 4
Daftar Isi 5
Abstraksi 6
BAB I Pendahuluan
A. Latar Belakang 7
B. Permasalahan 10
C. Tujuan Manfaat 10
BAB II Metodologi 11

BAB III Hasil 15
BAB IV Kesimpulan
A. Kesimpulan 20
B. Saran 20

Daftar Pustaka 21
Biodata 22

ABSTRAKSI
Kata kunci : Pembelajaran Inquiri

Metode ceramah, tanya jawab dalam pembelajaran IPS tidak memaksimalkan pemahaman konsep materi. Siswa belum faham betul akan konsep-konsep materi IPS yang sebernarnya sangat mudah. Oleh sebab itu guru dituntut kreatif dalam menggunakan metode pembelajaran. Pembelajaran inquiri adalah salah satu yang bisa memunculkan kemampuan dasar berfikir logis dan kritis. Permasalahannya adalah (1) mampukah pembelajaran inquiri meningkatkan pemahaman siswa ? (2) mampukah dengan pembelajaran inquiri meningkatkan kemandirian siswa ?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Membangun kualitas siswa, baik dari aspek koqnitif, psikomotor, dan afektif, (2) Membangun kemampuan dasar siswa untuk berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan social, (3) Memunculkan kemandirian siswa, baik di sekolah, di lingkungan keluarga dan kemandirian dalam upaya nyata melestarikan peninggalan sejarah serta lingkungan hidup di sekitarnya.
Terbukti dari hasil penelitian ini telah tampak peningkatan prestasi siswa baik dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Aspek kognitif terlihat peninggkatan nilai rata-rata ulangan harian dari sebelumnya 8.10 menjadi 9.23. Aspek afektif siswa dapat dilihat dari antusias dan keaktivan siswa dalam mengikuti pembelajaran inquiri ini. Kemudian dari aspek psikomotor siswa dapat dilihat dari kegiatan selama mengunjungi situs peninggalan Majapahit. Dalam usaha membangun kemampuan dasar siswa untuk berfikir logis dan kritis, menumbuhkan rasa ingin tahu, memecahkan masalah dan ketrampilan dalam kehidupan social, terlihat dari kemampuan siswa mengamati, meneliti, mencatat, dan membuat laporan kunjungan. Kemajuan ini amat signifikan dibandingkan sebelum pembelajaran inquiri dilakukan. Memunculkan kemandirian, sikap perduli lingkungan hidup dan upaya nyata melestarikan peninggalan sejarah Majapahit dapat dilihat dari kegiatan pembuatan laporan kunjungan, mengambil sampah dan membuangnya di tempatnya saat kegiatan observasi berlangsung. Mungkin dari usaha kecil inilah akan membawa efek yang sangat besar nantinya dikemudian hari. Perubahan perilaku membuang sampah pada tempatnya adalah suatu prestasi yang luar biasa.
Akhirnya penulis memberikan saran kepada guru IPS khususnya dan semua guru bahwa kreasi, kratifitas, dan inovasi perlu dilakukan untuk kemajuan dunia pendidikan

0 Response to "Contoh PTK IPS Kelas 4 SD Abstrak Merekonstruksi Peninggalan Majapahit Melalui Pembelajaran Inquiri"

Post a Comment