Contoh PTK IPS Kelas 4 SD BAB IV Merekonstruksi Peninggalan Majapahit Melalui Pembelajaran Inquiri

BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN

A. Kesimpulan
Pada penelitian ini telah tampak peningkatan prestasi siswa baik dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Aspek kognitif terlihat peninggkatan nilai rata-rata ulangan harian dari sebelumnya 8.10 menjadi 9.23. Aspek afektif siswa dapat dilihat dari antusias dan keaktivan siswa dalam mengikuti pembelajaran inquiri ini. Kemudian dari aspek psikomotor siswa dapat dilihat dari kegiatan selama mengunjungi situs peninggalan Majapahit.
Dalam usaha membangun kemampuan dasar siswa untuk berfikir logis dan kritis, menumbuhkan rasa ingin tahu, memecahkan masalah dan ketrampilan dalam kehidupan social, terlihat dari kemampuan siswa mengamati, meneliti, mencatat, dan membuat laporan kunjungan. Kemajuan ini amat signifikan dibandingkan sebelum pembelajaran inquiri dilakukan.
Memunculkan kemandirian, sikap perduli lingkungan hidup dan upaya nyata melestarikan peninggalan sejarah Majapahit dapat dilihat dari kegiatan pembuatan laporan kunjungan, mengambil sampah dan membuangnya di tempatnya saat kegiatan observasi berlangsung. Mungkin dari usaha kecil inilah akan membawa efek yang sangat besar nantinya dikemudian hari. Perubahan perilaku membuang sampah pada tempatnya adalah suatu prestasi yang luar biasa.

B. Saran
• Kreatifitas seorang guru dalam KBM bisa membangkitkan semangat belajar dan meningkatkan pemahaman konsep siswa.
• Usaha sekecil apapun akan selalu bermakna bagi guru, siswa, dan masyarakat dan nantinya akan menjadi sesuatu yang besar dan bermanfaat.

DAFTAR PUSTAKA
Abdul Azis Wahab, MA, Prof, Dr. 2007. Metode dan Model-Model Mengajar IPS . Bandung : ALFABETA CV
Slameto. 1988 . Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya . Jakarta : Bina Akasara
Suharsimi Arikunto, Prof, dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara
Sukidin, Basrowi, Suranto . 2002 . Manajemen Penelitian Tindakan Kelas . Insan Cendekia

0 Response to "Contoh PTK IPS Kelas 4 SD BAB IV Merekonstruksi Peninggalan Majapahit Melalui Pembelajaran Inquiri"

Post a Comment