Skripsi BAB I Sejarah Perkembangan Bahasa Indonesia

BAB I
PENDAHULUAN

Penyelidikkan kepurbakalaan didaerah Sumatra Selatan telah dapat menemukan beberapa piagam yang berisi catatan-catatan yang bernilai kesejarahan, yang menggunakan media bahasa. Aktualisasi bahasa dalam piagam-piagam ini menggunakan pola struktur bahasa yang boleh dikatakan sama dengan pola struktur bahasa melayu,(G,Coedes),1930;J.G.de Casparis,1956;M.G. Emels. 1952).
Banyak persoalan yang harus dipikirkan sebelum anggapan ini dapat di terima. Persoalan-persoalan itu adalah sebagai berikut :
¨      Adanya terdapat perbedaan aktualisasi bahasa itu dengan yang ada pada bahasa Melayu yang di anggap mempunyai persamaan dengan Bahasa Indonesia,  dalam hubungan pola strutur. perbedaan itu merupakan perbedaan struktur bahasa, yaityu di gunakannya pola “sapuluh dua” untuk 12, dan pemakaian kata.pira untuk berapa.” Dengan adanya ini timbulah kecurigaan apakah ia memeng betul-betul berhubungan secara langsung dengan bahasa melayu yang sama struktur dengan bahasa Indonesia, yang mula-mula atau tidak.
¨      Perbedaan geografis terdafatnya piagam ini dengan daerah geografis penyebaran bahasa Melayu yang di anggap memp[unyai hubungan erat dengan Bahasa Indonesia, yaitu daerah sekitar Riau.
Sebenarnya ada dua alternatif tentang hubungan yang ada antara bahasa melayu kuno dengan bahasa Melayu yang mempunyai hubungan erat dengan bahasa Indonesia, yaitu sebagai berikut:
¨      Bahasa Melayu kuno merupakan asal yang langsung dari bahasa melayu yang mempunyai hubungan erat dengan bahasa Indonesia.

¨      Bahasa melayu kuno bukanlah merupakan asal yang langsung dari bahasa melayu yang mempunyai hubungan erat dengan bahasa Indonesia, tapi bahasa Melayu kuno itu bersama-sama dengan bahasa Melaytu kuno yang lain yang di tandai dengan bahasa Melayu kuno berasal dari suatu bahasa Melayu yang lebih tua lagi.

0 Response to "Skripsi BAB I Sejarah Perkembangan Bahasa Indonesia"

Post a Comment