RANCANGAN
AKTIVITAS TUTORIAL
(RAT)
Mata
Kuliah : Pemantapan Kemampuan Profesional
Kode Mata Kuliah/ sks : PDGK 4501/ 4SKS
Nama Pengembang : Yusti Prihati, S.Pd.
Deskripsi Singkat Mata Kuliah : Mata kuliah ini membahas tentang konsep
Pemantapan Kemampuan Profesional dan penyelenggaraan Pemantapan Kemampuan Profesional
Kompetensi
Umum : Setelah menyelesaikan
program PKP diharapkan kemampuan mengajar mahasiswa akan semakin baik. Dengan
demikian, mahasiswa akan tumbuh menjadi guru yang profesional, yang mampu
menerapkan kaidah-kaidah PTK untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
NO
|
Kompetensi Khusus
|
Pokok Bahasan
|
Sub Pokok Bahasan
|
Model Tutorial
|
Tugas
Tutorial
|
Estimasi
Waktu
|
Daftar Pustaka
|
Tutorial
ke
|
1
|
1.
Mahasiswa dapat menemukan kelemahan/
permasalahan dalam pembelajaran yang dilakukan melalui refleksi
2.
|
Hakikat
PKP
|
·
Hakikat
PKP
·
Penelitian Tindakan Kelas
·
Hubungan PKP dengan PTK
·
PKP sebagai praktik PTK oleh mahasiswa
PGSD
|
Ceramah
Diskusi
Tanya jawab
|
Mahasiswa mempersiapkan Rencana perbaikan Pembelajaran
|
120 menit
|
Andayani dkk.2009. Pemantapan
Kemampuan Profesional.
Jakarta: Universitas Terbuka
|
1.
|
2.
|
Mahasiswa dapat merancang Rencana Perbaikan Pembelajaran
(RPP)
|
Persiapan
PTK, melakukan dan menyusun RPP
|
·
Identitas Pembelajaran
·
RPP siklus I
·
Membahas
persiapan pelaksanaan ujian PKP
|
Tanya jawab
|
|
120 menit
|
Andayani dkk.2009. Pemantapan
Kemampuan Profesional.
Jakarta: Universitas Terbuka
|
2.
|
3.
|
3.
Mahasiswa dapat mensimulasikan tindakan perbaikan siklus I dan penyusunan RPP
|
Rancangan persiapan pembuatan RPP
|
·
Alternatif
tindakan siklus
·
Rencana
Perbaikan Pembelajaran
|
Aktif,
Produktif,
Konstruktivis
me
|
|
120 menit
|
Andayani dkk.2009. Pemantapan
Kemampuan Profesional.
Jakarta: Universitas Terbuka
|
3.
|
4.
|
Mahasiswa
dapat menyusun instrumen dan melaksanakan pengamatan
dan menganalisis data dalam PTK
|
Penyusunan
draf laporan
|
·
Pembuatan
sistematika laporan
·
Teknik penulisan
Bab I dan Bab II
|
Aktif berlatih
|
|
120 menit
|
Andayani dkk.2009. Pemantapan
Kemampuan Profesional.
Jakarta: Universitas Terbuka
|
4.
|
5.
|
Mahasiswa
dapat menyusun draf laporan PKP
|
Lanjutan
draf laporan PKP
|
·
Menjelaskan
pembuatan draf laporan
·
Identifikasi
masalah dan rumusan masalah
·
Judul PKP
|
Praktik individual, produktif
|
|
120 menit
|
Andayani dkk.2009. Pemantapan
Kemampuan Profesional.
Jakarta: Universitas Terbuka
|
5.
|
6.
|
Mahasiswa
dapat menyusun laporan PKP Bab I dan II
|
Sistematika
Bab
I dan II laporan PKP
|
·
Komponen Bab I
dan II
·
Penyusunan latar
belakang masalah, tujuan dan manfaat penelitian
·
Penyusunan
kajian pustaka
|
Andragogi
|
|
120 menit
|
Andayani dkk.2009. Pemantapan
Kemampuan Profesional.
Jakarta: Universitas Terbuka
|
6.
|
7.
|
Mahasiswa
dapat menyusun laporan PKP Bab III dan IV
|
Sistematika
Bab
III dan IV laporan PKP
|
·
Komponen Bab III
dan IV laporan PKP
·
Penyusunan
metode penelitian dan hasil serta pembahasan penelitian
|
Konsultasi mandiri
|
|
120 menit
|
Andayani dkk.2009. Pemantapan
Kemampuan Profesional.
Jakarta: Universitas Terbuka
|
7.
|
8.
|
Mahasiswa dapat menyusun laporan PKP Bab V, daftar pustaka, dan
halaman pengantar serta lampiran laporan PKP
|
Sistematika Bab V laporan PKP, halaman pengantar,dan lampiran PKP
|
·
Komponen Bab V laporan PKP
·
Penampilan halaman pengantar dan aneka
lampiran laporan PKP
·
Finalisasi penulisan laporan
|
Mandiri
|
|
120 menit
|
Andayani dkk.2009. Pemantapan
Kemampuan Profesional.
Jakarta: Universitas Terbuka
|
8.
|
SATUAN AKTIVITAS
TUTORIAL
Tutorial ke :
1.
Kode/Nama
Mata Kuliah/Sks : PDGK 4501/ Pemantapan Kemampuan
Profesional/ 4SKS
Nama Pengembang : Yusti Prihati, S.Pd.
Kompetensi Umum :
Setelah menyelesaikan program PKP
diharapkan kemampuan mengajar mahasiswa akan semakin baik. Dengan demikian,
mahasiswa akan tumbuh menjadi guru yang profesional, yang mampu menerapkan
kaidah-kaidah PTK untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
Kompetensi Khusus : Mahasiswa dapat menemukan kelemahan/
permasalahan dalam pembelajaran yang dilakukan melalui refleksi
Pokok
Bahasan : Refleksi
profesional tentang proses pembelajaran yang dikelola mahasiswa
Subpokok Bahasan :
·
Kompetensi yang harus dicapai mahasiswa
·
Konsep PTK
·
Kaitan PKM dan PKP
·
Refleksi tentang kejadian pembelajaran
Model
Tutorial : Pengajaran Langsung
No.
|
Tahapan
|
Rincian Kegiatan
|
Media
|
Waktu
|
1.
|
PersiapanTutorial
|
Tutor melakukan :
·
Pengkajian BMP
·
Pengembangan
peta konsep berdasarkan hasil kajian materi BMP dan Reanalisis Kompetensi
pada BMP
·
Melakukan
pengecekan bahan presentasi yang akan dibahas
·
Pengembangan
tugas tutorial untuk mahasiswa sesuai pertemuan
|
|
|
2.
|
Kegiatan Pendahuluan
|
Tutor menginformasikan
·
tujuan tutorial
·
ruang lingkup
bahasan tutorial
·
relevansi dan
manfaat tutorial
|
|
10’
|
3.
|
Kegiatan Penyajian
|
·
Tutor mengulas kembali konsep PTK
·
Tutor menginformasikan kaitan PKM dan PKP
·
Tutor memberi
tugas pada mahasiswa untuk merefleksi tentang kejadian
pembelajaran yang telah dilalui dan mencatat permasalahan pembelajaran
sebanyak-banyaknya serta mempersiapkan rencana perbaikan pemelajaran
|
LCD
|
100’
|
4.
|
Kegiatan Penutup
|
Tutor menyampaikan
·
Evaluasi
terhadap penguasaan mahasiswa tentang materi yang telah dibahas dalam
tutorial
·
Rangkuman
tentang pokok-pokok materi yang telah dibahas
·
Menginformasikan
kepada mahasiswa tentang hal-hal yang perlu disiapkan untuk tutorial
selanjutnya yaitu mempersiapkan rencana pembelajaran serta
mempersiapkan rencana perbaikan pembelajaran
|
|
10’
|
SATUAN AKTIVITAS
TUTORIAL
Tutorial ke :
2.
Kode/Nama Mata Kuliah/Sks :
PDGK 4501/ Pemantapan Kemampuan Profesional/ 4SKS
Nama Pengembang : Yusti Prihati, S.Pd.
Kompetensi Umum :
Setelah menyelesaikan program PKP
diharapkan kemampuan mengajar mahasiswa akan semakin baik. Dengan demikian,
mahasiswa akan tumbuh menjadi guru yang profesional, yang mampu menerapkan
kaidah-kaidah PTK untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
Kompetensi Khusus : Mahasiswa dapat merancang Rencana Perbaikan Pembelajaran
(RPP)
Pokok Bahasan : Rencana Perbaikan Pembelajaran
(RPP)
Subpokok Bahasan :
Sistematika
Rencana Perbaikan Pembelajaran (RPP)
Model
Tutorial : Pengajaran Langsung
No.
|
Tahapan
|
Rincian Kegiatan
|
Media
|
Waktu
|
1.
|
PersiapanTutorial
|
Tutor melakukan :
·
Pengkajian BMP
·
Melakukan
pengecekan bahan presentasi yang akan dibahas
·
Pengembangan
tugas tutorial untuk mahasiswa sesuai pertemuan
|
|
|
2.
|
Kegiatan Pendahuluan
|
Tutor menginformasikan
·
tujuan tutorial
·
ruang lingkup bahasan
tutorial
·
relevansi dan
manfaat tutorial
|
|
10’
|
3.
|
Kegiatan Penyajian
|
·
Tutor mengecek tugas mahasiswa pada tutorial
pertama
·
Tutor memandu mahasiswa untuk mendiskusikan
Rencana Pembelajaran dan Rencana Perbaikan Pembelajaran yang telah disusun.
·
Tutor menugasi
mahasiswa untuk mengadakan simulasi Rencana Perbaikan Pembelajaran yang telah
dibuat
·
Tutor memandu
mahasiswa untuk menganalisis pelaksanaan simulasi dari salah satu RPP
mahasiswa
|
LCD
|
100’
|
4.
|
Kegiatan Penutup
|
Tutor menyampaikan
·
Evaluasi terhadap
penguasaan mahasiswa tentang materi yang telah dibahas dalam tutorial
·
Menginformasikan
kepada mahasiswa tentang hal-hal yang perlu disiapkan untuk tutorial
selanjutnya yaitu mempersiapkan materi tentang konsep PTK
|
|
10’
|
SATUAN AKTIVITAS
TUTORIAL
Tutorial ke :
3
Kode/Nama Mata Kuliah/Sks :
PDGK 4501/ Pemantapan Kemampuan Profesional/ 4SKS
Nama Pengembang : Yusti Prihati, S.Pd.
Kompetensi Umum :
Setelah menyelesaikan program PKP
diharapkan kemampuan mengajar mahasiswa akan semakin baik. Dengan demikian,
mahasiswa akan tumbuh menjadi guru yang profesional, yang mampu menerapkan
kaidah-kaidah PTK untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
Kompetensi Khusus : Mahasiswa dapat merefleksi dan merancang Rencana Perbaikan Pembelajaran
(RPP) untuk membuat laporan PKP
Pokok Bahasan : Sistematika
laporan PKP
Subpokok Bahasan : Sistematika laporan PKP (BAB I)
Model
Tutorial :
Pengajaran Langsung
No.
|
Tahapan
|
Rincian Kegiatan
|
Media
|
Waktu
|
1.
|
PersiapanTutorial
|
Tutor melakukan :
·
Pengkajian BMP
·
Melakukan
pengecekan bahan presentasi yang akan dibahas
·
Pengembangan
tugas tutorial untuk mahasiswa sesuai pertemuan
|
|
|
2.
|
Kegiatan Pendahuluan
|
Tutor menginformasikan
·
tujuan tutorial
·
ruang lingkup
bahasan tutorial
·
relevansi dan
manfaat tutorial
|
|
10’
|
3.
|
Kegiatan Penyajian
|
·
Tutor menggali konsep mahasiswa tentang isi BAB I
pada PTK
·
Tutor menjelaskan sistematika BAB I PTK dan
uraian isinya
·
Tutor dan
mahasiswa bertanya jawab tentang isi BAB I laporan PTK
|
LCD
|
100’
|
4.
|
Kegiatan Penutup
|
Tutor menyampaikan
·
Evaluasi
terhadap penguasaan mahasiswa tentang materi yang telah dibahas dalam
tutorial
·
Menginformasikan
kepada mahasiswa tentang hal-hal yang perlu disiapkan untuk tutorial
selanjutnya yaitu mahasiswa menyusun
BAB I laporan PTK dan mempelajari konsep BAB II laporan PTK
|
|
10’
|
SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL
Tutorial ke : 4.
Kode/Nama Mata Kuliah/Sks : PDGK 4501/ Pemantapan Kemampuan Profesional/ 4SKS
Nama Pengembang : Yusti Prihati, S.Pd.
Kompetensi Umum : Setelah menyelesaikan program PKP diharapkan
kemampuan mengajar mahasiswa akan semakin baik. Dengan demikian, mahasiswa akan
tumbuh menjadi guru yang profesional, yang mampu menerapkan kaidah-kaidah PTK
untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
Kompetensi Khusus : Mahasiswa dapat menyusun BAB II
laporan PKP
Pokok Bahasan : Sistematika
BAB II laporan PKP
Subpokok
Bahasan : Sistematika laporan PKP (BAB II)
Model
Tutorial : Pengajaran Langsung
No.
|
Tahapan
|
Rincian Kegiatan
|
Media
|
Waktu
|
1.
|
PersiapanTutorial
|
Tutor melakukan :
·
Pengkajian BMP
·
Melakukan
pengecekan bahan presentasi yang akan dibahas
·
Pengembangan
tugas tutorial untuk mahasiswa sesuai pertemuan
|
|
|
2.
|
Kegiatan Pendahuluan
|
Tutor menginformasikan
·
tujuan tutorial
·
ruang lingkup
bahasan tutorial
·
relevansi dan
manfaat tutorial
|
|
10’
|
3.
|
Kegiatan Penyajian
|
·
Tutor menggali konsep mahasiswa tentang isi BAB
II pada PTK
·
Tutor menjelaskan sistematika BAB II PTK dan
uraian isinya
·
Tutor dan
mahasiswa bertanya jawab tentang isi BAB II laporan PTK
·
Tutor mengadakan pembimbingan isi BAB I yang
telah dibuat mahasiswa
|
LCD
|
100’
|
4.
|
Kegiatan Penutup
|
Tutor menyampaikan
·
Evaluasi
terhadap penguasaan mahasiswa tentang materi yang telah dibahas dalam
tutorial
·
Menginformasikan
kepada mahasiswa tentang hal-hal yang perlu disiapkan untuk tutorial
selanjutnya yaitu mahasiswa menyusun
BAB II laporan PTK dan mempelajari konsep BAB III laporan PTK
|
|
10’
|
SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL
Tutorial ke : 5
Kode/Nama Mata Kuliah/Sks :
PDGK 4501/ Pemantapan Kemampuan Profesional/ 4SKS
Nama Pengembang : Yusti Prihati, S.Pd.
Kompetensi Umum :
Setelah menyelesaikan program PKP
diharapkan kemampuan mengajar mahasiswa akan semakin baik. Dengan demikian,
mahasiswa akan tumbuh menjadi guru yang profesional, yang mampu menerapkan
kaidah-kaidah PTK untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
Kompetensi Khusus : Mahasiswa dapat menyusun BAB III
laporan PKP
Pokok Bahasan : Sistematika
BAB III laporan PKP
Subpokok
Bahasan : Sistematika
laporan PKP (BAB III)
Model Tutorial : Pengajaran
Langsung
No.
|
Tahapan
|
Rincian Kegiatan
|
Media
|
Waktu
|
1.
|
PersiapanTutorial
|
Tutor melakukan :
·
Pengkajian BMP
·
Melakukan
pengecekan bahan presentasi yang akan dibahas
·
Pengembangan
tugas tutorial untuk mahasiswa sesuai pertemuan
|
|
|
2.
|
Kegiatan Pendahuluan
|
Tutor menginformasikan
·
tujuan tutorial
·
ruang lingkup
bahasan tutorial
·
relevansi dan
manfaat tutorial
|
|
10’
|
3.
|
Kegiatan Penyajian
|
·
Tutor menggali konsep mahasiswa tentang isi BAB
III pada PTK
·
Tutor menjelaskan sistematika BAB III PTK dan
uraian isinya
·
Tutor dan
mahasiswa bertanya jawab tentang isi BAB III laporan PTK
·
Tutor mengadakan pembimbingan isi BAB II yang
telah dibuat mahasiswa
|
LCD
|
100’
|
4.
|
Kegiatan Penutup
|
Tutor menyampaikan
·
Evaluasi
terhadap penguasaan mahasiswa tentang materi yang telah dibahas dalam
tutorial
·
Menginformasikan
kepada mahasiswa tentang hal-hal yang perlu disiapkan untuk tutorial selanjutnya
yaitu mahasiswa menyusun BAB III
laporan PTK dan mempelajari konsep BAB IV laporan PTK
|
|
10’
|
SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL
Tutorial ke : 6
Kode/Nama Mata Kuliah/Sks :
PDGK 4501/ Pemantapan Kemampuan Profesional/ 4SKS
Nama Pengembang : Yusti Prihati, S.Pd.
Kompetensi Umum :
Setelah menyelesaikan program PKP
diharapkan kemampuan mengajar mahasiswa akan semakin baik. Dengan demikian,
mahasiswa akan tumbuh menjadi guru yang profesional, yang mampu menerapkan
kaidah-kaidah PTK untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
Kompetensi
Khusus : Mahasiswa
dapat menyusun BAB IV laporan PKP
Pokok Bahasan : Sistematika BAB IV laporan PKP
Subpokok
Bahasan : Sistematika
laporan PKP (BAB IV)
Model Tutorial :
Pengajaran Langsung
No.
|
Tahapan
|
Rincian Kegiatan
|
Media
|
Waktu
|
1.
|
PersiapanTutorial
|
Tutor melakukan :
·
Pengkajian BMP
·
Melakukan
pengecekan bahan presentasi yang akan dibahas
·
Pengembangan
tugas tutorial untuk mahasiswa sesuai pertemuan
|
|
|
2.
|
Kegiatan Pendahuluan
|
Tutor menginformasikan
·
tujuan tutorial
·
ruang lingkup
bahasan tutorial
·
relevansi dan
manfaat tutorial
|
|
10’
|
3.
|
Kegiatan Penyajian
|
·
Tutor menggali konsep mahasiswa tentang isi BAB
IV pada PTK
·
Tutor menjelaskan sistematika BAB IV PTK dan
uraian isinya
·
Tutor dan
mahasiswa bertanya jawab tentang isi BAB IV laporan PTK
·
Tutor mengadakan pembimbingan isi BAB III yang
telah dibuat mahasiswa
|
LCD
|
100’
|
4.
|
Kegiatan Penutup
|
Tutor menyampaikan
·
Evaluasi
terhadap penguasaan mahasiswa tentang materi yang telah dibahas dalam
tutorial
·
Menginformasikan
kepada mahasiswa tentang hal-hal yang perlu disiapkan untuk tutorial
selanjutnya yaitu mahasiswa menyusun
BAB IV laporan PTK dan mempelajari konsep BAB V laporan PTK
|
|
10’
|
SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL
Tutorial ke : 7
Kode/Nama Mata Kuliah/Sks :
PDGK 4501/ Pemantapan Kemampuan Profesional/ 4SKS
Nama Pengembang : Yusti Prihati, S.Pd.
Kompetensi Umum :
Setelah menyelesaikan program PKP
diharapkan kemampuan mengajar mahasiswa akan semakin baik. Dengandemikian,
mahasiswa akan tumbuh menjadi guru yang profesional, yang mampu menerapkan
kaidah-kaidah PTK untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
Kompetensi
Khusus : Mahasiswa
dapat menyusun BAB V laporan PKP
Pokok Bahasan : Sistematika BAB V laporan PKP
Subpokok
Bahasan : Sistematika
laporan PKP (BAB V)
Model Tutorial : Pengajaran
Langsung
No.
|
Tahapan
|
Rincian Kegiatan
|
Media
|
Waktu
|
1.
|
PersiapanTutorial
|
Tutor melakukan :
·
Pengkajian BMP
·
Melakukan
pengecekan bahan presentasi yang akan dibahas
·
Pengembangan
tugas tutorial untuk mahasiswa sesuai pertemuan
|
|
|
2.
|
Kegiatan Pendahuluan
|
Tutor menginformasikan
·
tujuan tutorial
·
ruang lingkup
bahasan tutorial
·
relevansi dan
manfaat tutorial
|
|
10’
|
3.
|
Kegiatan Penyajian
|
·
Tutor menggali konsep mahasiswa tentang isi BAB V
pada PTK
·
Tutor menjelaskan sistematika BAB V PTK dan
uraian isinya
·
Tutor dan
mahasiswa bertanya jawab tentang isi BAB V laporan PTK
·
Tutor mengadakan pembimbingan isi BAB IV yang
telah dibuat mahasiswa
|
LCD
|
100’
|
4.
|
Kegiatan Penutup
|
Tutor menyampaikan
·
Evaluasi
terhadap penguasaan mahasiswa tentang materi yang telah dibahas dalam
tutorial
·
Menginformasikan
kepada mahasiswa tentang hal-hal yang perlu disiapkan untuk tutorial
selanjutnya yaitu mahasiswa menyusun
BAB V laporan PTK dan mempersiapkan laporan
BAB I—BABV pada tutorial ke-8
|
|
10’
|
SATUAN AKTIVITAS
TUTORIAL
Tutorial ke :
8
Kode/Nama Mata Kuliah/Sks :
PDGK 4501/ Pemantapan Kemampuan Profesional/ 4SKS
Nama Pengembang : Yusti Prihati, S.Pd.
Kompetensi Umum :
Setelah menyelesaikan program PKP
diharapkan kemampuan mengajar mahasiswa akan semakin baik. Dengan demikian,
mahasiswa akan tumbuh menjadi guru yang profesional, yang mampu menerapkan
kaidah-kaidah PTK untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
Kompetensi
Khusus : Mahasiswa dapat menyusun BAB I –
BAB V
Pokok
Bahasan : Sistematika BAB I – BAB V laporan PKP
Subpokok
Bahasan : Sistematika
laporan PKP (BAB I—BAB V)
Model
Tutorial : Pengajaran Langsung
No.
|
Tahapan
|
Rincian Kegiatan
|
Media
|
Waktu
|
1.
|
PersiapanTutorial
|
Tutor melakukan :
·
Pengkajian BMP
·
Melakukan
pengecekan bahan presentasi yang akan dibahas
·
Pengembangan
tugas tutorial untuk mahasiswa sesuai pertemuan
|
|
|
2.
|
Kegiatan Pendahuluan
|
Tutor menginformasikan
·
tujuan tutorial
·
ruang lingkup
bahasan tutorial
·
relevansi dan
manfaat tutorial
|
|
10’
|
3.
|
Kegiatan Penyajian
|
·
Tutor mengecek laporan mahasiswa
·
Tutor membimbing mahasiswa dalam penyelesaian
laporan PKP terutama
BAB V
|
LCD
|
100’
|
4.
|
Kegiatan Penutup
|
Tutor menyampaikan
Evaluasi terhadap laporan PKP yang telah dibuat
mahasiswa
|
|
10’
|
0 Response to "RPP Tutorial Pembuatan PTK"
Post a Comment