Contoh RPP Perbaikan PKn Kelas 4 (IV) SD Materi Sistem Pemerintahan Pusat dan Lampirannya 2012

RENCANA PERBAIKAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Mata Pelajaran           :    Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester            :    IV/2
Hari/Tanggal               :    29 Februari 2012
Alokasi Waktu            :    40  menit
Sekolah                        :    SD Negeri ..................


I.     Standar Kompetensi        :          
3.  Mengenal sistem pemerintahan tingkat pusat

II.     Kompetensi Dasar
3.1 Mengenal lembaga-lembaga negara dalam susunan pemerintahan pusat seperti MPR , DPR, Presiden, MA, MK, BPD dan lain-lain
III.     Indikator
3.1.1        Menjelaskan tentang lembaga-lembaga tinggi negara

IV.     Tujuan
1.         Tujuan Pembelajaran:
a.       Siswa dapat menjelaskan pengertian lembaga-lembaga negara dalam pemerintahan pusat melalui ceramah dan diskusi
b.      Siswa dapat menyebutkan  tentang lembaga yanga termasuk dalam lembaga-lembaga tinggi negara melalui tanya jawab
c.       Siswa dapat menjelaskan tentang lembaga tinggi yang termasuk dalam lembaga yudikatif, eksekutif dan legislative melalui diskusi dan tanya jawab
d.      Siswa dapat mendeskripsikan tentang lembaga tinggi negara melalui diskusi, penugasan dan tanya jawab

2.         Tujuan Perbaikan:
a.         Meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran tentang lembaga-lembaga tinggi negara dalam susunan pemerintahan pusat melalui  diskusi
b.        Meningkatkan hasil belajar siswa tentang lembaga-lembaga tinggi negara dalam susunan pemerintahan pusat

& Karakter siswa yang diharapkan:       religi, rasa ingin tahu, kemandirian, keberanian, kejujuran



V.     Materi Ajar
PEMERINTAHAN PUSAT
Pemerintahan pusat adalah suatu kesatuan yang di dalam nya terdiri dari lembaga-lembaga negara baik eksekutif, legislative dan yudikatif yang terikat dalam suatu yang satu sama lain berbeda dalam upaya menyelenggarakan pemerintahan pusat.

Lembaga eksekutif adalah lembaga yang mengurus pelaksanaan roda pemerintahan
Lembaga Legislatif adalah lembaga yang membuat peraturan perundang-undangan
Lembaga yudikatif adalah lembaga yang melaksanakan peradilan

a)      Lembaga Legislatif
Lembaga legislative terdiri dari : DPR, MPR dan DPD
DPR singkatan dari Dewan Perwakilan Rakyat yang dipilih dari partai politik yang berkompetensi dalam pemilihan umum.
Ketua DPR : H. Marzuki Alie,SE.MM

DPD singkatan dari Dewan Perwakilan Daerah yang anggotanya dipilih dari pemilihan umum. Di mana 4 anggota pemilihan umum yang memperoleh suara terbanyak ditetapkan menjadi anggota DPD
Ketua DPD : H. Irman Gusman.SE,MBA

MPR singkatan dari Majelis Permusyawaratan Rakyat yang anggotanya terdiri dari anggota DPR dan DPD.
Ketua MPR : H. Mohammad Taofiq Kiemas

b)      Lembaga Eksekutif
Lembaga eksekutif dipimpin oleh presiden dan wakil presiden. Presiden dan wakil prersiden dibantu oleh para mentri dan lembaga lain. Lembaga legislative inilah yang disebut pemerintahan pusat

c)      Lembaga Yudikatif

Lembaga yudikatif terdiri dari :
1.      Mahkamah Agung ( MA )
MA merupakan badan yang melaksanakan kekuasaan kehakiman tertinggi. MA menangani aduan pelanggaran undang-undang dan peraturan.MA terdiri dari Hakim Agung dan beberapa Hakim Muda
MA membawahi badan peradilan, peradilan umum, peradilan agama, peradilan militer dan peradilan tata usaha.
Ketua MA : Harifin Tumpa,SH,MH

2.      MK ( Mahkamah Konstitusi )
MK adalah lembaga kehakiman yang menangani tuntutan masyarakat atas kelayakan suatu undang-undang atau peraturan. MK dapat mencabut suatu peraturan dan Undang-Undang yang dirasa tidak adil atau tidak layak serta bertentangan dengan UUD 1945.
Ketua MK : MOh Mafud MD

3.      KY ( Komisi Yudisial )
KY adalah lembaga yang mengawasi hakim dalam memutuskan perkara
KY diangkat dan dipilih oleh presiden berdasarkan persetujuan DPR.
Ketua KY : Prof. Dr. H. Eman Suparman.


VI.     Metode Pembelajaran
1.      Diskusi
2.      Tanya jawab
3.      Penugasan
4.      Ceramah

VII.     Langkah-Langkah Pembelajaran

A.  Kegiatan Awal ( ± 5 menit )
a.    Pra Kegiatan/kegiatan awal
§   Siswa menjawab salam dari guru ( Religi )
§   Siswa dipimpin ketua kelas untuk berdoa ( religi )
§   Absensi
§   Mengkondisikan siswa dengan cara memotivasi dan membawa perhatian siswa agar tertuju pada materi pembelajaran dengan mengajukan bebrapa pertanyaan yang mengacu pada materi yang akan diajarkan ( rasa ingin tahu )

b.    Apersepsi
ü  Guru bertanya kepada siswa tentang hal yang menyangkut materi, misalnya :
“Presiden kita sekarang siapa? Siapa yang bisa menjawab ?”

c.    Acuan
1.      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
&  Tujuan kegiatan pembelajaran
Pada pertemuan kali ini kita akan belajar tentang Pemerintahan Pusat dan Lembaga-lembaga dalam pemerintahan pusat, dan kalian dapat berdiskusi tentang lembaga-lembaga pemerintahan pusat
&  Alternatif kegiatan pembelajaran
Anak-anak, kali ini kita kan belajar melalui ceramah,tanya jawab, diskusi dan penugasan




d.   Motivasi
& Setelah memahami pelajaran ini, diharapkan kalian dapat menyebutkan dan menjelaskan pemerintahan pusat lembaga-lembaga dalam pemerintahan pusat dengan benar

B.  Kegiatan Inti ( ± 25 menit )
a.    Eksplorasi
§   Siswa bertanya jawab dengan guru tentang pemerintahan pusat ( rasa ingin tahu )
§   Siswa mendengarkan penjelasan guru yang disertai tanya jawab tentang pengertian lembaga-lembaga tinggi pada pemerintahan pusat

b.    Elaborasi
§   Siswa melakukan kegiatan diskusi mengerjakan LKS untuk menyebutkan lembaga-lembaga pemerintahan pusat ( kemandirian )
§   Siswa melakukan kegiatan diskusi untuk menyebutkan lembaga yang termasuk lembaga yudikatif
§   Siswa melakukan kegiatan diskusi untuk menyebutkan lembaga yang termasuk dalam lembaga legislatif dan eksekutif

c.    Konfirmasi
§   Siswa melaporkan hasil diskusi ( keberanian )
§   Siswa bersama guru membahas hasil diskusi ( kejujuran )
§   Siswa bersama guru menyimpulkan hasil diskusi

C.  Kegiatan Akhir ( ± 10 menit )
a.    Siswa diberi kesempatan untuk bertanya hal-hal yang belum jelas ( keberanian )
b.    Siswa bersama guru menyimpulkan materi pelajaran
c.    Siswa mengerjakan evaluasi ( kejujuran )
d.   Penilaian hasil evaluasi
e.    Pemberian umpan balik
f.     Guru menutup pelajaran dengan mengucapkan salam ( religi )




VIII.     Media/Sumber Belajar
1.        Media
§  LCD proyektor
§  Notebook/laptop
§  Bagan struktur lembaga-lembaga pemerintahan pusat
§  Gambar sidang DPR dan MPR

2.        Sumber Pembelajaran
§  Buku  Pendidikan Kewarganegaraan untuk Kelas IV SD/MI penerbit Cempaka Putih, Oleh Yudi Suparyanto,S.Pd dan Amin Suprihatin,S.Pd halaman 52-54
§  Buku Pendidikan Kewarganegaraan Bangga Menjadi Insan Pancasila Penerbit Pusat Perbukuan, halaman 69 – 73
§  Setabasri01.blogspot.com
§  Buku Menjadi Warga Negara yang Baik untuk kelas IV SD/MI penerbit Pusat Perbukuan, tahun 2008, oleh Prayoga Bestari dan Ati Sumiati, halaman : 53-60

IX.     Evaluasi/Penilaian
a.      Prosedur Penilaian
§   Tes awal                     :  ada (dalam apersepsi)
§   Tes dalam proses        :  ada (dalam kegiatan inti)
§   Tes akhir                     :  ada (dalam tes formatif)
b.      Jenis Tes
§   Tes lisan
§   Tes tertulis

c.       Bentuk Tes
§   Pilihan Ganda
§   Isian singkat
§   Uraian
d.      Instrumen Penilaian
§   Soal Tes
§   Kunci Jawaban
§    Penskoran
§   Lembar Kerja
§   Kunci Lembar Kerja
§   Lembar Pengamatan
§   Analisis Penilaian
§   Daftar Siswa
§   Daftar nilai saat evaluasi
§   Daftar nilai akhir
§   Soal remedial
§   Soal Pengayaan
 



                                                                                    Petanahan, 29 Februari 2012

Mengetahui
Pembimbing




........................................
.........................
NID : .................

Praktikan/Mahasiswa




..........................
NIM......................

Penguji I






...........................................
NIP/NID. ..........................
Penguji II






...........................................
NIP/NID. ..........................





Nama  : ………………………

SOAL TES FORMATIF

I.      Pilihlah salah satu jawaban yang benar dengan cara memberi tanda silang didepan jawaban yang paling benar !
1.    Lembaga yang menyusun undang-undang adalah lembaga ….
a.       legislatif
b.      eksekutif
c.       yudikatif
d.      Mahkamah Agung
2.    Yang bukan merupakan anggota lembaga legislatif adalah  ….
a.       MPR
b.      MA
c.       DPR
d.      DPD
3.  Ketua Majelis Pemusyawarat Rakyat Republik Indonesia saat ini adalah ….
a.       Taufiq Kiemas
b.      Harifin Tumpa
c.       Moh. Mafud
d.      Marzuki Alie

4.    Lembaga pusat yang bertugas mengawasi hakim dalam memutuskan suatu perkara adalah ….
a.       Mahkamah Agung
b.      Mahkamah Konstitusi
c.       Komisi Yudisial
d.      Kehakiman
5.    Anggota MPR terdiri dari ….
a.       Semua anggota DPD
b.      Semua anggota MPR
c.       Semua anggota DPR dan DPD
d.      Semua Aggota DPD

II.   Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar !
1.        Anggota DPD dipilih melalui ....
2.        Lembaga eksekutif diketuai oleh ....                   
3.        KY sinkatan dari  ....
III. Jawablah pertanyaan ini di bawah ini dengan benar dan jelas !
1.         Sebutkan 3 lembaga yang merupakan lembaga pemerintahan pusat!




KUNCI JAWABAN TES FORMATIF

I.                                                
1.            A
2.            B
3.            A
4.            C
5.            C
II.                                              
1.            Pemilu
2.            Presiden
3.            Komisi Yudisial
III.                                           
1.            Yudikatif, eksekutif, legislatif



PENSKORAN

I.
Jumlah soal          = 5 soal
Jawaban Benar     = skor 1
Jawaban Salah      = skor 0
Skor Maksimal     = 5 x 1 = 5
II.
Jumlah soal         = 3 soal
Jawaban benar     = skor 3
Jawaban salah      = skor 1
Skor maksimal     = 3 X 3 = 9
III.
Jumlah soal         = 1 soal
Jawaban benar     = skor 6
Jawaban salah      = skor 2
Skor maksimal     = 1 X 6 = 6

SKOR MAKSIMAL KESELURUHAN = 5 + 9 + 6  = 20
SKOR PEROLEHAN      = SKOR I + SKOR II + SKOR III

Nilai Akhir  =  (Jumlah Perolehan : 20 ) X 100
NILAI AKHIR MAKSIMAL = (20 : 20) X 100 = 100
 
 










LEMBAR KERJA SISWA



Kelompok   : ………………………………….
Anggota       : 1. ……………………………….
2.    ……………………………….
3.    ……………………………….
4.    ……………………………….
5.    ……………………………….

Petunjuk umum :
1.    Kerjakan tugas ini sebik-baiknya!
2.    Diskusikan bersama kelompokmu!
3.    Tanyakan kepada gurumu apabila ada hal yang belum jelas!
 



1.    Tuliskan singkatan dari:
a.         DPR
b.        MPR
c.         MA
2.    Sebutkan 3 lembaga tingkat pusat!
3.    Jelaskan pengertian dari lembaga eksekutif !



KUNCI JAWABAN
LEMBAR KERJA SISWA




  1. A. Dewan perwakilan rakyat
A.    Majelis permusyawaratan rakyat
B.    Mahkamah agung
  1. Legislatif,yudikatif, eksekutif
  2. Lembaga eksekutif adalah lembaga yang mengurus pemerintahan
























LEMBAR PENGAMATAN
SAAT DISKUSI

No
Nama Siswa
Aspek Yang Dinilai
Rata-Rata
Ket
Keaktifan
Kerjasama
Inisiatif
1
Yogi Eka Setiawan





2
Ahmad Winardi





3
Ahmad Hamdi





4
Fina Anggis Oktafiani





5
Fina Prasetyowati





6
Hizkia Andro Luky M





7
Khomsiatun





8
Lukitasari





9
Melyana Tri Lestari





10
Peni dewi Panggayuh Utami





11
Sidik Putra Julianto





12
Chabib Asyari





13
Dwi Lestari





14
Dyana Jumaeroh Al Muidah





15
Faisah Iksantin





16
Imam Fausi





17
Lutfian Akhwatun Nisa





18
Munifatun Nuraeni





19
Mufid Fais Fatoni





20
Nur Fauzi





21
Oki Miftakhudin





22
Risal Dewi Kurniadi





23
Rosdhitya Dimas WR





24
Putri Dwi Lestari









LEMBAR ANALISIS
HASIL PENILAIAN


Nomor Soal
Jumlah Anak Menjawab Benar
Prosentase
Jumlah Anak Menjawab Salah
Prosentase
Ket
I.





1





2





3





4





5





II.





1





2





3





III.





1.























DAFTAR SISWA

No
Nama Siswa
Jenis Kelamin
Keterangan
L
P
1
Yogi Eka Setiawan
L


2
Ahmad Winardi
L


3
Ahmad Hamdi
L


4
Fina Anggis Oktafiani

P

5
Fina Prasetyowati

P

6
Hizkia Andro Luky M
L


7
Khomsiatun

P

8
Lukitasari

P

9
Melyana Tri Lestari

P

10
Peni dewi Panggayuh Utami

P

11
Sidik Putra Julianto
L


12
Chabib Asyari
L


13
Dwi Lestari

P

14
Dyana Jumaeroh Al Muidah

P

15
Faisah Iksantin

P

16
Imam Fausi
L


17
Lutfian Akhwatun Nisa

P

18
Munifatun Nuraeni

P

19
Mufid Fais Fatoni
L


20
Nur Fauzi
L


21
Oki Miftakhudin
L


22
Risal Dewi Kurniadi
L


23
Rosdhitya Dimas WR
L


24
Putri Dwi Lestari

P


Keterangan:       L = Laki-laki                 P = Perempuan



DAFTAR NILAI SAAT EVALUASI


No
Nama Siswa
Nilai
Keterangan
1
Yogi Eka Setiawan


2
Ahmad Winardi


3
Ahmad Hamdi


4
Fina Anggis Oktafiani


5
Fina Prasetyowati


6
Hizkia Andro Luky M


7
Khomsiatun


8
Lukitasari


9
Melyana Tri Lestari


10
Peni dewi Panggayuh Utami


11
Sidik Putra Julianto


12
Chabib Asyari


13
Dwi Lestari


14
Dyana Jumaeroh Al Muidah


15
Faisah Iksantin


16
Imam Fausi


17
Lutfian Akhwatun Nisa


18
Munifatun Nuraeni


19
Mufid Fais Fatoni


20
Nur Fauzi


21
Oki Miftakhudin


22
Risal Dewi Kurniadi


23
Rosdhitya Dimas WR


24
Putri Dwi Lestari






DAFTAR NILAI AKHIR


No
Nama Siswa
Nilai Proses
Nilai Evaluasi
Niali Akhir
1
Yogi Eka Setiawan



2
Ahmad Winardi



3
Ahmad Hamdi



4
Fina Anggis Oktafiani



5
Fina Prasetyowati



6
Hizkia Andro Luky M



7
Khomsiatun



8
Lukitasari



9
Melyana Tri Lestari



10
Peni dewi Panggayuh Utami



11
Sidik Putra Julianto



12
Chabib Asyari



13
Dwi Lestari



14
Dyana Jumaeroh Al Muidah



15
Faisah Iksantin



16
Imam Fausi



17
Lutfian Akhwatun Nisa



18
Munifatun Nuraeni



19
Mufid Fais Fatoni



20
Nur Fauzi



21
Oki Miftakhudin



22
Risal Dewi Kurniadi



23
Rosdhitya Dimas WR



24
Putri Dwi Lestari







LEMBAR REMIDIAL

Kerjakan soal di bawah ini dengan benar dan jelas !

1.                  MPR singkatan dari ….
2.                  DPD singkatan dari ….
3.                  Ketua DPR RI saat ini adalah ….
4.                  Ketua dari lembaga legtislatif adalah ….
5.                  Anggota DPR merupaka n perwakilan dari partai politik yang ....
SOAL PENGAYAAN

Kerjakan dirumah !
Bacalah buku cetak PKn kelas IV penerbit Pusat Perbukuan pada halaman 55 – 60 !

Ringkaslah isinya dan buatlah 3 soal tentang materi tersebut !

3 Responses to "Contoh RPP Perbaikan PKn Kelas 4 (IV) SD Materi Sistem Pemerintahan Pusat dan Lampirannya 2012"

  1. terimakasih RPP-nya, ijinkan kami mengkopynya, dan kalau ada tolong RPP kelanjutannya.

    ReplyDelete
  2. RPP nya bagus, mohon izin mengkopinya

    ReplyDelete