Contoh Laporan Abstrak PTK UT Program S1 PGSD Mapel IPA

ABSTRAK

Arum Prasetya. 822508814. Program S1 PGSD FKIP Universitas Terbuka UPBJJ Purwokerto. Penerapan pendekatan kontekstual untuk peningkatan motivasi dan hasil belajar IPA tentang keseimbangan ekosistem bagi siswa kelas VI SDN 1 Karangsari.
            Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan  untuk memperbaiki proses pembelajaran yang belum optimal. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA tentang keseimbangan ekosistem bagi siswa kelas VI SDN 1 Karangsari.
Pelaksanaan perbaikan dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Siklus I dilaksanakan pada tanggal 14 dan 16 Maret 2013, Siklus II dilaksanakan pada tanggal 21 dan 23 Maret 2013.
Pada studi awal motivasi siswa masih sangat rendah, setelah dilakukan Penelitian Tindakan Kelas, siklus I siswa dengan motivasi tinggi sebanyak 11 siswa (41%), motivasi sedang 9 siwa (33%), dan motivasi rendah 7 siswa (26%). Siklus II siswa dengan motivasi tinggi  21 siswa (78%), motivasi sedang 5 siwa (19%), dan motivasi rendah 1 siswa (4%). Tingkat ketuntasan pada studi awal 33%, siklus I 52% dan siklus II 81%.
Dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA tentang keseimbangan ekosistem bagi siswa kelas VI SDN 1 Karangsari.


Kata Kunci : Pendekatan kontekstual, motivasi, hasil belajar IPA.

0 Response to "Contoh Laporan Abstrak PTK UT Program S1 PGSD Mapel IPA"

Post a Comment