Laporan BAB V Simpulan dan Saran Tindak Lanjut PTK IPA Program S1 PGSD Tahun 2013

BAB V
SIMPULAN DAN SARAN TINDAK LANJUT


A.            Simpulan
Berdasarkan analisis data pada bahasan sebelumnya serta hasil Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan, maka peneliti menarik simpulan sebagai berikut :
1.         Penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan motivasi belajar IPA tentang keseimbangan ekosistem bagi siswa kelas VI SD Negeri 1 Karangsari. Hal ini dibuktikan dengan lembar pengamatan motivasi siswa. Pada siklus I siswa dengan motivasi tinggi 41%, motivasi sedang 33% dan motivasi rendah 7%, sedangkan pada siklus II siswa dengan motivasi tinggi 78%, motivasi sedang 19%, dan motivasi rendah 4%.
2.         Penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang keseimbangan ekosistem bagi siswa kelas VI SD Negeri 1 Karangsari. Peningkatan hasil belajar tersebut dapat dibuktikan dengan ketuntasan hasil belajar siswa. Jika pada studi awal ketuntasan belajar klasikal hanya mencapai 33%, maka pada silkus I meningkat menjadi 52% dan pada siklus II ketuntasan belajar klasilkal mencapai 81%.

Dengan demikian penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA tentang keseimbangan ekosistem bagi siswa kelas VI SD Negeri 1 Karangsari.

B.            Saran Tindak Lanjut
1        Untuk Guru
Berdasarkan kesimpulan tersebut, peneliti memberikan beberapa saran yang seyogyanya dilaksanakan guru dalam meningkatkan keberhasilan belajar siswa pada khususnya dan meningkatkan kualitas pembelajaran pada umumnya.
a.       Guru sebaiknya menggunakan pendekatan, media dan metode yang tepat agar  pembelajaran lebih bermakna dan kemampuan dalam mengelola kelas lebih meningkat.
b.      Guru sebaiknya melakukan penelitian tindakan kelas agar dapat meningkatkan layanan profesional kepada peserta didik.
c.       Guru sebaiknya memperbaiki kinerja dalam proses pembelajaran agar proses pembelajaran berjalan sesuai harapan.
d.      Guru harus mampu meningkatkan rasa percaya diri khususnya dalam mengajar siswa.
2.      Untuk Siswa
a.       Siswa lebih tertarik dan tidak merasa bosan dalam mengikuti pembelajaran IPA, sehingga kerja sama dalam diskusi lebih meningkat.
b.      Siswa bisa menguasai materi pelajaran yang diberikan guru sehingga pembelajaran lebih efektif.
c.       Mampu meningkatkan inisisatif sesuai dengan SKBM/KKM.
d.      Menumbuhkan sikap kritis sehingga hasil belajar  meningkat.
3.      Bagi sekolah
a.       Sekolah menghasilkan lulusan yang berkualitas dan mempunyai potensi yang tinggi di bidang IPA.
b.      Meningkatnya peran serta guru dan siswa dalam pembelajaran IPA.

   Mengingat penggunaan pendekatan kontekstual pada pembelajaran IPA tentang keseimbangan ekosistem bagi siswa kelas VI SDN 1 Karangsari dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa sehingga berimbas pada peningkatan hasil belajar, maka hasil penelitian ini akan diseminasikan dengan teman sejawat melalui Kelompok Kerja Guru (KKG).

0 Response to "Laporan BAB V Simpulan dan Saran Tindak Lanjut PTK IPA Program S1 PGSD Tahun 2013"

Post a Comment