BAB
V
SIMPULAN
DAN SARAN TINDAK LANJUT
A.
Simpulan
Berdasarkan
analisis data pada bahasan sebelumnya serta hasil Penelitian Tindakan Kelas
yang dilakukan, maka peneliti menarik simpulan sebagai berikut :
1.
Penerapan pendekatan kontekstual dapat
meningkatkan motivasi belajar IPA tentang keseimbangan ekosistem bagi siswa
kelas VI SD Negeri 1 Karangsari. Hal ini dibuktikan dengan lembar pengamatan
motivasi siswa. Pada siklus I siswa dengan motivasi tinggi 41%, motivasi sedang
33% dan motivasi rendah 7%, sedangkan pada siklus II siswa dengan motivasi
tinggi 78%, motivasi sedang 19%, dan motivasi rendah 4%.
2.
Penerapan pendekatan kontekstual dapat
meningkatkan hasil belajar IPA tentang keseimbangan ekosistem bagi siswa kelas
VI SD Negeri 1 Karangsari. Peningkatan hasil belajar tersebut dapat dibuktikan
dengan ketuntasan hasil belajar siswa. Jika pada studi awal ketuntasan belajar
klasikal hanya mencapai 33%, maka pada silkus I meningkat menjadi 52% dan pada
siklus II ketuntasan belajar klasilkal mencapai 81%.
Dengan
demikian penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan motivasi dan hasil
belajar IPA tentang keseimbangan ekosistem bagi siswa kelas VI SD Negeri 1
Karangsari.
B.
Saran
Tindak Lanjut
1
Untuk
Guru
Berdasarkan
kesimpulan tersebut, peneliti memberikan beberapa saran yang seyogyanya
dilaksanakan guru dalam meningkatkan keberhasilan belajar siswa
pada khususnya dan meningkatkan kualitas pembelajaran pada umumnya.
a. Guru
sebaiknya menggunakan pendekatan, media dan metode yang tepat agar pembelajaran lebih bermakna dan kemampuan
dalam mengelola kelas lebih meningkat.
b. Guru
sebaiknya melakukan penelitian tindakan kelas agar dapat meningkatkan layanan
profesional kepada peserta didik.
c. Guru
sebaiknya memperbaiki kinerja dalam proses pembelajaran agar proses
pembelajaran berjalan sesuai harapan.
d. Guru
harus mampu meningkatkan rasa percaya diri khususnya dalam mengajar siswa.
2.
Untuk
Siswa
a.
Siswa
lebih tertarik dan tidak merasa bosan dalam mengikuti pembelajaran IPA,
sehingga kerja sama dalam diskusi lebih meningkat.
b.
Siswa
bisa menguasai materi pelajaran yang diberikan guru sehingga pembelajaran lebih
efektif.
c.
Mampu
meningkatkan inisisatif sesuai dengan SKBM/KKM.
d.
Menumbuhkan
sikap kritis sehingga hasil belajar
meningkat.
3. Bagi
sekolah
a. Sekolah
menghasilkan lulusan yang berkualitas dan mempunyai potensi yang tinggi di
bidang IPA.
b.
Meningkatnya
peran serta guru dan siswa dalam pembelajaran IPA.
Mengingat
penggunaan pendekatan kontekstual pada
pembelajaran IPA tentang keseimbangan ekosistem bagi siswa kelas VI SDN 1
Karangsari dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa sehingga
berimbas pada peningkatan hasil belajar, maka hasil penelitian ini akan
diseminasikan dengan teman sejawat melalui Kelompok Kerja Guru (KKG).
0 Response to "Laporan BAB V Simpulan dan Saran Tindak Lanjut PTK IPA Program S1 PGSD Tahun 2013"
Post a Comment