RANCANGAN
TUGAS TUTORIAL KE-1
Kode / Mata Kuliah : PDGK
4500/TUGAS AKHIR PROGRAM
Nama Tutor :
Masa Registrasi
Nomor
ID Tutor :
Uraian Tugas:
Kasus Pembelajaran IPA
Pada setiap hari Sabtu, di SD Krajan selalu ada program
senam bersama bagi guru dan siswa-siswanya yang dimulai dari pukul 07.00 –
08.00 pagi. Pukul 08.15 pelajaran jam pertama dimulai. Ibu Rahma
guru kelas V masuk kelas, jam pertama dan kedua adalah mata pelajaran IPA.
Hal pertama dilakukan Ibu Rahma adalah meminta para siswa membaca buku paket
IPA tentang pesawat sederhana. Waktu 15 menit telah terlampaui. Kemudian Ibu
Rahma mengadakan tanya-jawab tentang pesawat sederhana yang baru dibaca oleh
semua siswa. Dari 5 pertanyaan yang disampaikan Ibu Rahma, hanya 1 pertanyaan
yang dapat dijawab dengan benar oleh salah seorang siswa. Melihat hal
tersebut, Ibu Rahma agak gusar karena tidak seperti dugaanya bahwa seluruh
siswa yang ditanya akan dapat menjawab dengan benar. Kemudian
Ibu Rahma menuliskan pengertian pesawat sederhana di papan tulis, dan
menjelaskannya.
Ibu Rahma : “Anak-anak pesawat sederhana dapat
disebut juga sebagai benda
yang mempermudah
pekerjaan manusia. Misalnya apabila kita akan memotong kertas, kita perlu
bantuan benda
lain, yaitu
gunting. Nah, gunting itulah contoh dari salah satu jenis pesawat
sederhana
termasuk jenis tuas”.
Setelah
menjelaskan, Ibu Rahma menulis di depan papan tulis tentang, “Macam-macam Jenis
PesawatSederhana”, dan kemudian Ibu Rahma mulai menjelaskannya. Sambil
menjelaskan Ibu Rahma menggambar jungkat-jungkit di papan tulis. Dikatakan
pada murid bahwa jungkat –
jungkit termasuk pesawat sederhana jenis tuas/ pengunkit.
Ibu Rahma
melanjutkan menjelaskan bahwa apabila kita akan menaikkan drum ke atas truk
juga harus dibantu oleh pesawat sederhana berupa papan yang dipasang miring.
Ibu Rahma mengatakan bahwa papan yang dipasang miring itu adalah pesawat
sederhana jenis bidang miring. Kemudian Ibu Rahma menunjuk salah satu siswa
dan bertanya:
Ibu Rahma : “Apakah kamu sudah pernah melihat
orang yang sedang mengangkat air dari dalam
sumur dengan
menggunakan timba ?”
Siswa yang
ditunjuk spontan menjawab: “Sudah Bu, di tempat
nenek saya di kampung”. Tanpa memberikan komentara apa-apa atas jawaban siswa
yang ditunjuk tadi, Ibu Rahma melanjutkan menjelaskan kembali bahwa pesawat
sederhana dibedakan menjadi 3 jenis yaitu jenis tuas atau pengungkit, jenis
bidang miring dan jenis katrol.
Tidak terasa, waktu sudah menunjukkan
pukul 09.00, Ibu Rahma meminta agar seluruh
siswa
mengerjakan tes formatif yang terdapat di buku paket yaitu berupa 5
pertanyaan isian (uraian terbatas) tentang peesawat sederhana. Waktu yang
diberikan untuk mengerjakan tugas tersebut adalah 15 menit. Tugas dikerjakan
di buku tugas masing-masing. Belum sampai 15 menit, ada seorang siswa telah
selesai mengerjakan dan langsung menyerahkan tugasnya ke Ibu Rahma. Seketika
itu juga Ibu Rahma mengoreksi hasil kerja siswa tadi. Kemudian setelah itu
disusul oleh dua siswa lainnya yang telah selesai dan menyerahkan tugasnya.
Seperti yang terdahulu Ibu Rahma langsung mengoreksi hasil kerja siswa.
Ternyata dari beberapa siswa yang telah selesai dinilai, hasilnya sebagian
siswa masih ada yang nilainya di bawah ketuntasan minimal.
Pertanyaan :
1.
Identifikasi 2 kekuatan dan 3 kelemahan
pembelajaran yang dilakukan Ibu Rahma dan beri alasan untuk setiap jawaban Anda!
2.
Berdasarkan kelemahan diatas tuliskanlah 3
alternatif perbaikan pembelajarannya.
|
belum paham min
ReplyDeleteBagi jawabannya biar bisa untuk belajar 🙏
ReplyDelete