Rancangan Tugas TAP

RANCANGAN TUGAS TUTORIAL KE-1
Kode / Mata Kuliah    : PDGK 4500/TUGAS AKHIR PROGRAM                                                           
Nama Tutor                 :
Masa Registrasi          
Nomor ID Tutor       

Uraian Tugas:
Kasus Pembelajaran IPA

Pada setiap hari Sabtu, di SD Krajan selalu ada program senam bersama bagi guru dan siswa-siswanya yang dimulai dari pukul 07.00 – 08.00 pagi. Pukul 08.15 pelajaran jam pertama dimulai. Ibu Rahma guru kelas V masuk kelas, jam pertama dan kedua adalah mata pelajaran IPA. Hal pertama dilakukan Ibu Rahma adalah meminta para siswa membaca buku paket IPA tentang pesawat sederhana. Waktu 15 menit telah terlampaui. Kemudian Ibu Rahma mengadakan tanya-jawab tentang pesawat sederhana yang baru dibaca oleh semua siswa. Dari 5 pertanyaan yang disampaikan Ibu Rahma, hanya 1 pertanyaan yang dapat dijawab dengan benar oleh salah seorang siswa. Melihat hal tersebut, Ibu Rahma agak gusar karena tidak seperti dugaanya bahwa seluruh siswa yang ditanya akan dapat menjawab dengan benar. Kemudian Ibu Rahma menuliskan pengertian pesawat sederhana di papan tulis, dan menjelaskannya.

Ibu Rahma : “Anak-anak pesawat sederhana dapat disebut juga sebagai benda
yang mempermudah pekerjaan manusia. Misalnya apabila kita akan memotong kertas, kita perlu
bantuan benda lain, yaitu gunting. Nah, gunting itulah contoh dari salah satu jenis pesawat
sederhana termasuk jenis tuas”.
            Setelah menjelaskan, Ibu Rahma menulis di depan papan tulis tentang, “Macam-macam Jenis PesawatSederhana”, dan kemudian Ibu Rahma mulai menjelaskannya. Sambil menjelaskan Ibu Rahma menggambar jungkat-jungkit di papan tulis. Dikatakan pada murid bahwa jungkat – jungkit termasuk pesawat sederhana jenis tuas/ pengunkit.
Ibu Rahma melanjutkan menjelaskan bahwa apabila kita akan menaikkan drum ke atas truk juga harus dibantu oleh pesawat sederhana berupa papan yang dipasang miring. Ibu Rahma mengatakan bahwa papan yang dipasang miring itu adalah pesawat sederhana jenis bidang miring. Kemudian Ibu Rahma menunjuk salah satu siswa dan bertanya:

Ibu Rahma : “Apakah kamu sudah pernah melihat orang yang sedang mengangkat air dari dalam
                       sumur dengan menggunakan timba ?”
Siswa yang ditunjuk spontan menjawab: “Sudah Bu, di tempat nenek saya di kampung”. Tanpa memberikan komentara apa-apa atas jawaban siswa yang ditunjuk tadi, Ibu Rahma melanjutkan menjelaskan kembali bahwa pesawat sederhana dibedakan menjadi 3 jenis yaitu jenis tuas atau pengungkit, jenis bidang miring dan jenis katrol.
Tidak terasa, waktu sudah menunjukkan pukul 09.00, Ibu Rahma meminta agar seluruh
siswa mengerjakan tes formatif yang terdapat di buku paket yaitu berupa 5 pertanyaan isian (uraian terbatas) tentang peesawat sederhana. Waktu yang diberikan untuk mengerjakan tugas tersebut adalah 15 menit. Tugas dikerjakan di buku tugas masing-masing. Belum sampai 15 menit, ada seorang siswa telah selesai mengerjakan dan langsung menyerahkan tugasnya ke Ibu Rahma. Seketika itu juga Ibu Rahma mengoreksi hasil kerja siswa tadi. Kemudian setelah itu disusul oleh dua siswa lainnya yang telah selesai dan menyerahkan tugasnya. Seperti yang terdahulu Ibu Rahma langsung mengoreksi hasil kerja siswa. Ternyata dari beberapa siswa yang telah selesai dinilai, hasilnya sebagian siswa masih ada yang nilainya di bawah ketuntasan minimal.


Pertanyaan :
1.      Identifikasi 2 kekuatan dan 3 kelemahan pembelajaran yang dilakukan Ibu Rahma dan beri alasan untuk setiap jawaban Anda!
2.      Berdasarkan kelemahan diatas tuliskanlah 3 alternatif perbaikan pembelajarannya.





2 Responses to "Rancangan Tugas TAP"