RPP Perbaikan Siklus III IPA Kelas 6 Semester 2 TA 2011/2012

RENCANA PELAKSANAAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN
SIKLUS III

Mata Pelajaran                 :  I P A
Kelas/Semester                :  VI / 2
Standar Kompetensi        :  9.       Memahami matahari sebagai pusat tata surya dan interaksi bumi dalam tata surya.
Kompetensi Dasar           :  9.3.    Menjelaskan terjadinya gerhana bulan dan gerhana matahari.
Indikator                         :  9.3.1. Menjelaskan proses terjadinya gerhana matahari.
                                           9.3.2. Menjelaskan proses terjadinya gerhana matahari.
Hari/Tanggal                    :  Senin-Selasa / 30 dan 31 Maret 2012
Waktu                              :  4 x 35 (2 x pertemuan)

I.    Tujuan
A.  Tujuan Pembelajaran
1.   Melalui peragaan siswa dapat menjelaskan proses terjadinya gerhana bulan.
2.   Melalui pengamatan siswa dapat menjelaskan kapan terjadinya gerhana bulan.
3.   Melalui peragaan siswa dapat menjelaskan proses terjadinya gerhana matahari.
4.   Melalui pengamatan siswa dapat menjelaskan waktu terjadinya gerhana matahari.
5.   Melalui peragaan siswa dapat menjelaskan perbedaan gerhana bulan dengan gerhana matahari.
6.   Melalui pengamatan siswa dapat menggambarkan proses terjadinya gerhana bulan.
7.   Melalui pengamatan siswa dapat menggambarkan proses terjadinya gerhana matahari.
B.  Tujuan Perbaikan
1.   Mempermudah siswa dalam memahami materi ajar.
2.   Meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep gerhana.
3.   Meningkatkan kesungguhan belajar siswa.

II.  Materi, Media, Metode dan Sumber Belajar
A.  Materi Pembelajaran
1.   Terjadinya siang dan malam
2.   Gerhana bulan
3.   Gerhana matahari
B.  Media Pembelajaran
1.   Gambar proses terjadinya gerhana bulan.
2.   Gambar proses terjadinya gerhana matahari.
3.   Maket gerhana.
C.  Sumber Pembelajaran
1.   Silabus kelas VI hal. 51 BSNP.
2.   RPP kelas VI hal. 95.96 Disdikpora Kabupaten Cilacap.
3.   Buku IPA untuk guru kelas VI, hal. 232-235. Penerbit Sarana Panca Karya.
4.   Buku IPA Sains untuk SD kelas VI, hal. 176-177. Penerbit Erlangga.
5.   Buku IPA untuk kelas VI, hal. 148-152. Penerbit Yudistira
D.  Metode Pembelajaran
1.   Demonstrasi
2.   Tanya jawab
3.   Pengamatan
4.   Ceramah
5.   Diskusi

III. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
A.  Pertemuan I
1.   Kegiatan Awal (5 menit)
a.   Memberi salam, dan menanyakan keadaan siswa (melakukan presensi).
b.   Melakukan apersepsi dengan menggunakan pertanyaan sebagai berikut:
1)   Tadi malam udara sangat cerah, siapa yang sempat melihat di langit?
2)   Apa yang kalian lihat di langit?
3)   Kalau siang hari, apa yang anak-anak lihat di langit?
4)   Sekarang coba kalian pikirkan mengapa ada siang dan mengapa ada malam?
c.   Berdasarkan jawaban siswa, menyampaikan tujuan pembelajaran dan alternatif pembelajaran yang akan ditempuh.
2.   Kegiatan Inti (60 menit)
a.   Dengan bantuan dua orang siswa memajang poster suatu penampakan fenomena alam dikala siang dan malam.
b.   Peraga maket yang terdiri dari konstruksi mini matahari yang dipasangi lampu, bumi dan bulan, dipajang di depan kelas di atas sebuah meja.
c.   Dengan menggunakan alat peraga replika (maket) guru menjelaskan apa yang dimaksud siang dan apa yang dimaksud malam dan mengapa terjadi siang serta malam. Formasi tempat duduk sama denggn formasi pada siklus II.
d.   Di tengah-tengah penjelasan mengerjakan tes dalam proses untuk mengetahui apakah siswa paham akan penjelasan.
e.   Meminta beberapa siswa secara bergantian untuk menunjukkan sebuah lokasi dan menanyakan apakah di lokasi tersebut saat itu siang atau malam.
f.    Meminta dua orang anak untuk memasang poster gerhana bulan dan gerhana matahari.
g.   Menanyakan kepada siswa, apakah ada yang pernah menyaksikan terjadinya gerhana.
h.   Dengan peraga maket guru menjelaskan mengapa terjadi gerhana matahari dan gerhana bulan, kapan dan bagaimana posisi benda langit saat gerhana terjadi.
3.   Kegiatan Akhir (5 menit)
a.   Memberikan tugas baca pada siswa
b.   Menutup pembelajaran.
B.  Pertemuan II
1.   Kegiatan Awal (5 menit)
a.   Memberi salam dan menanyakan keadaan siswa.
b.   Melakukan apersepsi dengan menanyakan kegiatan yang kemarin dilakukan.
c.   Menyampaikan tujuan dan alternatif pembelajaran yang akan ditempuh.
2.   Kegiatan Inti (45 menit)
a.   Beberapa anak diminta untuk secara bergantian memperagakan posisi terjadinya gerhana.
b.   Siswa diminta membagi diri ke dalam kelompok yang terdiri dari 5 siswa.
c.   Berdasarkan LKS siswa diminta mendiskusikan mengapa terjadi siang dan malam, mengapa terjadi gerhana bulan dan matahari, dengan mensimulasikan dalam peragaan kelompok.
d.   Satu kelompok diminta membacakan hasilnya ke depan kelas. Kelompok lain diminta mencocokkan hasilnya dengan laporan tersebut dan memberikan tanggapan.
e.   Hasil diskusi siswa dimantapkan.
f.    Secara bersama-sama menarik kesimpulan.
g.   Hasil pekerjaan siswa dikumpulkan.
3.   Kegiatan Akhir (20 menit)
a.   Melalui tanya jawab siswa dibimbing untuk merangkumkan materi.
b.   Siswa mengerjakan uji kompetensi (tes formatif).
c.   Jawaban siswa dipertukarkan untuk dikoreksi bersama-sama.
d.   Melakukan umpan balik dan tindak lanjut.
e.   Menutup pembelajaran.

IV. Evaluasi
A.  Prosedur
1.   Tes Awal               :  ada dalam apersepsi
2.   Tes dalam proses   :  ada dalam kegiatan inti
3.   Tes akhir                :  ada dalam ulangan harian
B.  Bentuk Tes
1.   Tes tertulis
2.   Tes lisan
C.  Jenis Tes
1.   Isian
2.   Essay
D.  Alat Evaluasi
Isilah tititik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar!
1.   Saat gerhana bulan, bumi terletak di antara ........... dan .............
2.   Gerhana bulan terjadi pada saat bulan ..............
3.   Pada umumnya gerhana bulan berlangsung selama ................. jam.
4.   Gerhana bulan total terjadi apabila seluruh permukaan bulan masuk ke dalam bayangan .................
5.   Ada dua jenis gerhana bulan yaitu gerhana bulan ............ dan ...............
6.   Gerhana bulan disebabkan karena sinar matahari yang menuju bulan terhalang oleh ................
7.   Gerhana matahari terjadi apabila matahari ............... dan .............. berada pada satu garis lurus.
8.   Gerhana matahari hanya mungkin terjadi pada saat bulan ................
9.   Gerhana matahari total terjadi paling lama ............. menit
10. Di daerah yang mengalami gerhana matahari total tampak gelap karena sinar matahari terhalang oleh ............

Essay
11. Jelaskan mengapa terjadi siang dan malam!
12. Apa yang dimaksud dengan gerhana bulan? Lengkapi jawabanmu dengan gambar!
13. Apa yang dimaksud dengan gerhana matahari? Lengkapi jawabanmu dengan gambar!
E.   Kunci Jawaban
1.   Matahari, bulan
2.   Pernama
3.   6
4.   Inti
5.   Total, sebagian 
6.   Bumi
7.   Bulan, bumi
8.   Baru
9.   7
10. Bulan
Essay
11. Peristiwa siang dan malam terjadi karena bumi berotasi pada porosnya. Daerah yang mengalami siang adalah daerah yang terkena sinar matahari dan daerah yang tidak terkena sinar matahari dan mengalami malam.
12. Gerhana bulan terjadi pada malam hari saat bulan purnama. Apabila kedudukan matahari, bumi, dan bulan tepat pada satu garis lurus maka bulan akan tertutup oleh bayang-bayang bumi kejadian ini disebut gerhana bulan.




13. Jika matahari bulan dan bumi berada pada satu garis lurus maka bayang-bayang bulan jatuh di bumi sehingga terjadi gerhana matahari. Jadi gerhana matahari terjadi pada siang hari.





F.   Pedoman Penilaian
No
Skor
Jumlah
Keterangan
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
2
4
4
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
2
4
4


Nilai Akhir :  x 100



Mengetahui
Kepala SDN Kedungreja 02,



Naufal Sakti Al Farizi, S.Pd.
NIP  19650806 198503 1 002
Kedungreja, 15 Maret 2012

Mahasiswa,



Ardhelia Irnadianis Ifada
NIM  816343252

0 Response to "RPP Perbaikan Siklus III IPA Kelas 6 Semester 2 TA 2011/2012"

Post a Comment