RENCANA
PELAKSANAAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN
SIKLUS
III
Mata Pelajaran : I P A
Kelas/Semester : VI / 2
Standar Kompetensi : 9. Memahami matahari sebagai pusat tata
surya dan interaksi bumi dalam tata surya.
Kompetensi Dasar : 9.3. Menjelaskan terjadinya gerhana bulan dan
gerhana matahari.
Indikator : 9.3.1. Menjelaskan proses terjadinya gerhana matahari.
9.3.2. Menjelaskan proses terjadinya gerhana matahari.
Hari/Tanggal : Senin-Selasa
/ 30 dan 31 Maret 2012
Waktu : 4 x 35 (2 x pertemuan)
I. Tujuan
A. Tujuan
Pembelajaran
1. Melalui
peragaan siswa dapat menjelaskan proses terjadinya gerhana bulan.
2. Melalui
pengamatan siswa dapat menjelaskan kapan terjadinya gerhana bulan.
3. Melalui
peragaan siswa dapat menjelaskan proses terjadinya gerhana matahari.
4. Melalui
pengamatan siswa dapat menjelaskan waktu terjadinya gerhana matahari.
5. Melalui
peragaan siswa dapat menjelaskan perbedaan gerhana bulan dengan gerhana
matahari.
6. Melalui
pengamatan siswa dapat menggambarkan proses terjadinya gerhana bulan.
7. Melalui
pengamatan siswa dapat menggambarkan proses terjadinya gerhana matahari.
B. Tujuan
Perbaikan
1. Mempermudah
siswa dalam memahami materi ajar.
2. Meningkatkan
pemahaman siswa terhadap konsep gerhana.
3. Meningkatkan
kesungguhan belajar siswa.
II. Materi, Media, Metode dan Sumber Belajar
A. Materi
Pembelajaran
1. Terjadinya
siang dan malam
2. Gerhana
bulan
3. Gerhana
matahari
B. Media
Pembelajaran
1. Gambar
proses terjadinya gerhana bulan.
2. Gambar
proses terjadinya gerhana matahari.
3. Maket
gerhana.
C. Sumber
Pembelajaran
1. Silabus
kelas VI hal. 51 BSNP.
2. RPP
kelas VI hal. 95.96 Disdikpora Kabupaten Cilacap.
3. Buku
IPA untuk guru kelas VI, hal. 232-235. Penerbit Sarana Panca Karya.
4. Buku
IPA Sains untuk SD kelas VI, hal. 176-177. Penerbit Erlangga.
5. Buku
IPA untuk kelas VI, hal. 148-152. Penerbit Yudistira
D. Metode
Pembelajaran
1. Demonstrasi
2. Tanya
jawab
3. Pengamatan
4. Ceramah
5. Diskusi
III. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
A. Pertemuan
I
1. Kegiatan
Awal (5 menit)
a. Memberi
salam, dan menanyakan keadaan siswa (melakukan presensi).
b. Melakukan
apersepsi dengan menggunakan pertanyaan sebagai berikut:
1) Tadi
malam udara sangat cerah, siapa yang sempat melihat di langit?
2) Apa
yang kalian lihat di langit?
3) Kalau
siang hari, apa yang anak-anak lihat di langit?
4) Sekarang
coba kalian pikirkan mengapa ada siang dan mengapa ada malam?
c. Berdasarkan
jawaban siswa, menyampaikan tujuan pembelajaran dan alternatif pembelajaran
yang akan ditempuh.
2. Kegiatan
Inti (60 menit)
a. Dengan
bantuan dua orang siswa memajang poster suatu penampakan fenomena alam dikala
siang dan malam.
b. Peraga
maket yang terdiri dari konstruksi mini matahari yang dipasangi lampu, bumi dan
bulan, dipajang di depan kelas di atas sebuah meja.
c. Dengan
menggunakan alat peraga replika (maket) guru menjelaskan apa yang dimaksud
siang dan apa yang dimaksud malam dan mengapa terjadi siang serta malam. Formasi
tempat duduk sama denggn formasi pada siklus II.
d. Di
tengah-tengah penjelasan mengerjakan tes dalam proses untuk mengetahui apakah
siswa paham akan penjelasan.
e. Meminta
beberapa siswa secara bergantian untuk menunjukkan sebuah lokasi dan menanyakan
apakah di lokasi tersebut saat itu siang atau malam.
f. Meminta
dua orang anak untuk memasang poster gerhana bulan dan gerhana matahari.
g. Menanyakan
kepada siswa, apakah ada yang pernah menyaksikan terjadinya gerhana.
h. Dengan
peraga maket guru menjelaskan mengapa terjadi gerhana matahari dan gerhana
bulan, kapan dan bagaimana posisi benda langit saat gerhana terjadi.
3. Kegiatan
Akhir (5 menit)
a. Memberikan
tugas baca pada siswa
b. Menutup
pembelajaran.
B. Pertemuan
II
1. Kegiatan
Awal (5 menit)
a. Memberi
salam dan menanyakan keadaan siswa.
b. Melakukan
apersepsi dengan menanyakan kegiatan yang kemarin dilakukan.
c. Menyampaikan
tujuan dan alternatif pembelajaran yang akan ditempuh.
2. Kegiatan
Inti (45 menit)
a. Beberapa
anak diminta untuk secara bergantian memperagakan posisi terjadinya gerhana.
b. Siswa
diminta membagi diri ke dalam kelompok yang terdiri dari 5 siswa.
c. Berdasarkan
LKS siswa diminta mendiskusikan mengapa terjadi siang dan malam, mengapa
terjadi gerhana bulan dan matahari, dengan mensimulasikan dalam peragaan
kelompok.
d. Satu
kelompok diminta membacakan hasilnya ke depan kelas. Kelompok lain diminta
mencocokkan hasilnya dengan laporan tersebut dan memberikan tanggapan.
e. Hasil
diskusi siswa dimantapkan.
f. Secara
bersama-sama menarik kesimpulan.
g. Hasil
pekerjaan siswa dikumpulkan.
3. Kegiatan
Akhir (20 menit)
a. Melalui
tanya jawab siswa dibimbing untuk merangkumkan materi.
b. Siswa
mengerjakan uji kompetensi (tes formatif).
c. Jawaban
siswa dipertukarkan untuk dikoreksi bersama-sama.
d. Melakukan
umpan balik dan tindak lanjut.
e. Menutup
pembelajaran.
IV. Evaluasi
A. Prosedur
1. Tes
Awal : ada dalam apersepsi
2. Tes
dalam proses : ada dalam kegiatan inti
3. Tes
akhir : ada dalam ulangan harian
B. Bentuk
Tes
1. Tes
tertulis
2. Tes
lisan
C. Jenis
Tes
1. Isian
2. Essay
D. Alat
Evaluasi
Isilah tititik-titik di bawah ini dengan
jawaban yang benar!
1. Saat
gerhana bulan, bumi terletak di antara ........... dan .............
2. Gerhana
bulan terjadi pada saat bulan ..............
3. Pada
umumnya gerhana bulan berlangsung selama ................. jam.
4. Gerhana
bulan total terjadi apabila seluruh permukaan bulan masuk ke dalam bayangan
.................
5. Ada
dua jenis gerhana bulan yaitu gerhana bulan ............ dan ...............
6. Gerhana
bulan disebabkan karena sinar matahari yang menuju bulan terhalang oleh
................
7. Gerhana
matahari terjadi apabila matahari ............... dan .............. berada
pada satu garis lurus.
8. Gerhana
matahari hanya mungkin terjadi pada saat bulan ................
9. Gerhana
matahari total terjadi paling lama ............. menit
10. Di
daerah yang mengalami gerhana matahari total tampak gelap karena sinar matahari
terhalang oleh ............
Essay
11. Jelaskan
mengapa terjadi siang dan malam!
12. Apa
yang dimaksud dengan gerhana bulan? Lengkapi jawabanmu dengan gambar!
13. Apa
yang dimaksud dengan gerhana matahari? Lengkapi jawabanmu dengan gambar!
E. Kunci
Jawaban
1. Matahari,
bulan
2. Pernama
3. 6
4. Inti
5. Total,
sebagian
6. Bumi
7. Bulan,
bumi
8. Baru
9. 7
10. Bulan
Essay
11. Peristiwa
siang dan malam terjadi karena bumi berotasi pada porosnya. Daerah yang
mengalami siang adalah daerah yang terkena sinar matahari dan daerah yang tidak
terkena sinar matahari dan mengalami malam.
12. Gerhana
bulan terjadi pada malam hari saat bulan purnama. Apabila kedudukan matahari,
bumi, dan bulan tepat pada satu garis lurus maka bulan akan tertutup oleh
bayang-bayang bumi kejadian ini disebut gerhana bulan.
13. Jika
matahari bulan dan bumi berada pada satu garis lurus maka bayang-bayang bulan
jatuh di bumi sehingga terjadi gerhana matahari. Jadi gerhana matahari terjadi
pada siang hari.
F. Pedoman
Penilaian
No
|
Skor
|
Jumlah
|
Keterangan
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
|
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
2
4
4
|
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
2
4
4
|
|
Nilai Akhir : x 100
Mengetahui
Kepala SDN Kedungreja
02,
Naufal Sakti Al Farizi, S.Pd.
NIP 19650806 198503 1 002
|
Kedungreja, 15 Maret
2012
Mahasiswa,
Ardhelia Irnadianis Ifada
NIM 816343252
|
0 Response to "RPP Perbaikan Siklus III IPA Kelas 6 Semester 2 TA 2011/2012"
Post a Comment