BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Deskripsi Hasil per Siklus
Data penelitian ini meliputi data
tentang prestasi belajar, motivasi belajar, dan data tentang tanggapan siswa terhadap
peran media dalam pembelajaran
1.
Siklus I
a.
Prestasi Belajar Siswa
Data prestasi belajar pada siklus I secara
lebih rinci disajikan pada tabel 4.1.
Tabel 4.1
Rekapitulasi
Nilai Tes Formatif Pembelajaran IPA, Materi Gerhana
Siklus I.
No
|
Nama
Siswa
|
Sebelum Perbaikan (Nilai)
|
Siklus
I
|
|||
Nilai
|
Mk
|
BMK
|
Ket.
|
|||
1
|
Dafid Efendi
|
50
|
65
|
√
|
|
T
|
2
|
Abu Hanifah
|
55
|
65
|
√
|
|
T
|
3
|
Imam Jayadi
|
60
|
70
|
√
|
|
T
|
4
|
Al Irfangi. AN
|
40
|
65
|
√
|
|
T
|
5
|
Karlina
|
40
|
40
|
|
√
|
B
|
6
|
Nurlaelatul. K
|
65
|
75
|
√
|
|
T
|
7
|
Supinah
|
55
|
55
|
|
√
|
B
|
8
|
Rizqi Novitasari
|
70
|
75
|
√
|
|
T
|
9
|
Pangah. P
|
50
|
50
|
|
√
|
B
|
10
|
Yusuf Arifin
|
50
|
65
|
√
|
|
T
|
11
|
Ahadiyah. Y
|
60
|
60
|
|
√
|
B
|
12
|
Akhmad Yakub
|
50
|
65
|
√
|
|
T
|
13
|
Karsim
|
40
|
40
|
|
√
|
B
|
14
|
Hifta Nofri Nati
|
65
|
75
|
√
|
|
T
|
15
|
Avriani Adha. H
|
75
|
85
|
√
|
|
T
|
16
|
Anis. S
|
50
|
65
|
√
|
|
T
|
17
|
Atika Wijayanti
|
60
|
60
|
|
√
|
B
|
18
|
Fina Anggi. N
|
65
|
75
|
√
|
|
T
|
19
|
Dian Ratnawati
|
40
|
40
|
|
√
|
B
|
20
|
Dwiki. H
|
60
|
70
|
√
|
|
T
|
21
|
Harmim Kartini
|
50
|
50
|
|
√
|
B
|
22
|
Delia Gustianti
|
70
|
80
|
√
|
|
T
|
23
|
Dikri Pardiman
|
50
|
50
|
|
√
|
B
|
24
|
Lilis Novianti
|
70
|
85
|
√
|
|
T
|
No
|
Nama
Siswa
|
Sebelum Perbaikan (Nilai)
|
Siklus
I
|
|||
|
||||||
Nilai
|
Mk
|
BMK
|
Ket.
|
|||
25
|
Nita Novianti
|
45
|
45
|
|
√
|
B
|
26
|
Mausul Iskandar
|
60
|
70
|
√
|
|
T
|
27
|
Siti Nurfadhilah
|
40
|
50
|
√
|
|
B
|
28
|
Zaenal Aziz
|
55
|
65
|
√
|
|
T
|
29
|
Nurma Sufia
|
40
|
60
|
√
|
|
B
|
30
|
Nur Utami
|
55
|
65
|
√
|
|
T
|
31
|
Sakini
|
50
|
50
|
|
√
|
B
|
32
|
Umi Salmah
|
60
|
70
|
√
|
|
T
|
33
|
Yusuf Mustofa
|
50
|
60
|
√
|
|
B
|
34
|
Elma Nur Janah
|
80
|
90
|
√
|
|
T
|
35
|
Wahyu Ulfa. L
|
50
|
60
|
√
|
|
B
|
Jumlah
|
1925
|
2210
|
24
|
11
|
20
|
|
Rata-rata
|
55,00
|
63,14
|
|
|
|
Keterangan
MK :
Mengalami kenaikan
BMK : Belum mengalami
Dari
tabel di atas dapat diterangkan sebagai berikut:
1)
Sebelum perbaikan nilai rata-rata kelas 55,00, setelah
dilakukan perbaikan mengalami kenaikan menjadi 63,14. Rata-rata kelas naik
13,14
2)
Ada 24 siswa yang mengalami kenaikan nilai prestasi
(68,57%)
3)
Jumlah siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan
belajar 20 (57,14%).
b.
Motivasi Belajar
Data motivasi belajar
pada siklus I secara lebih rinci disajikan pada tabel 4.2.
Tabel 4.2
Rekapitulasi Motivasi Siswa dalam
Mengikuti Pembelajaran pada Siklus I
No
|
Pembelajaran
|
Siswa
yang Benar-benar Telah Menunjukkan Motivasi Dalaqm Belajar
|
Persentase
|
1
|
Sebelum
perbaikan
|
10
|
28,57
|
2
|
Siklus
I
|
21
|
60,00
|
Dari tabel di atas dapat
diperoleh keterangan sebagai berikut:
1)
Sebelum
perbaikan, hanya 10 siswa yang telah menunjukkan motivasi dalam
belajar atau 28,57%-nya dari jumlah siswa.
2)
Pada siklus I,
siswa yang benar-benar telah menunjukkan motivasi
dalam belajar naik menjadi 21 siswa atau 60%-nya
dari jumlah siswa.
3)
Dari sebelum
perbaikan ke siklus I, motivasi belajar naik 31,43%.
c. Tangapan
siswa tentang peran peraga
Tanggapan
siswa terhadap peran media dalam pembelajaran dapat dilihat pada tabel 4.3 di
bawah ini.
Tabel 4.3 Rekapitulasi
Tanggapan Siswa Tentang Peran Media
No
|
Pembelajaran
|
Membantu
Mempermudah Pemahaman
|
Persentase
|
|
Setuju
|
Tidak
|
|||
1
|
Sebelum
|
-
|
-
|
-
|
2
|
Siklus I
|
25
|
10
|
71
|
Dari
tabel di atas dapat diperoleh keterangan sebagai berikut:
1)
Sebelum
perbaikan, tidak ada data
2)
Pada siklus I, siswa yang memberi
pernyataan setuju kalau media yang digunakan membantu mempermudah pemahaman terhadap konsep yang diajarkan sebanyak 25 siswa atau 71%-nya dari jumlah siswa.
2. Siklus
II
a.
Prestasi
Belajar
Data prestasi belajar
pada siklus II secara lebih rinci disajikan pada tabel 4.4.
Tabel 4.4. Rekapitulasi Nilai Tes Formatif
Pembelajaran IPA Konsep Gerhana Siklus II
No
|
Nama
Siswa
|
Sebelum
Perbaikan (Nilai)
|
Siklus
I
|
Siklus
II
|
|||
Nilai
|
MK
|
BMK
|
Ket.
|
||||
1
|
Dafid Efendi
|
50
|
65
|
75
|
√
|
|
T
|
2
|
Abu Hanifah
|
55
|
65
|
80
|
√
|
|
T
|
3
|
Imam Jayadi
|
60
|
70
|
80
|
√
|
|
T
|
4
|
Al Irfangi. AN
|
40
|
65
|
80
|
√
|
|
T
|
5
|
Karlina
|
40
|
40
|
50
|
√
|
|
B
|
6
|
Nurlaelatul. K
|
65
|
75
|
80
|
√
|
|
T
|
7
|
Supinah
|
55
|
55
|
65
|
√
|
|
T
|
8
|
Rizqi Novitasari
|
70
|
75
|
80
|
√
|
|
T
|
9
|
Pangah. P
|
50
|
50
|
50
|
|
√
|
B
|
10
|
Yusuf Arifin
|
50
|
65
|
70
|
√
|
|
T
|
11
|
Ahadiyah. Y
|
60
|
60
|
60
|
|
√
|
B
|
12
|
Akhmad Yakub
|
50
|
65
|
70
|
√
|
|
T
|
13
|
Karsim
|
40
|
40
|
65
|
√
|
|
T
|
14
|
Hifta Nofri Nati
|
65
|
75
|
80
|
√
|
|
T
|
15
|
Avriani Adha. H
|
75
|
85
|
95
|
√
|
|
T
|
16
|
Anis. S
|
50
|
65
|
70
|
√
|
|
T
|
17
|
Atika Wijayanti
|
60
|
60
|
60
|
|
√
|
B
|
18
|
Fina Anggi. N
|
65
|
75
|
85
|
√
|
|
T
|
19
|
Dian Ratnawati
|
40
|
40
|
50
|
√
|
|
B
|
20
|
Dwiki. H
|
60
|
70
|
70
|
|
√
|
T
|
21
|
Harmim Kartini
|
50
|
50
|
65
|
√
|
|
T
|
22
|
Delia Gustianti
|
70
|
80
|
95
|
√
|
|
T
|
23
|
Dikri Pardiman
|
50
|
50
|
65
|
√
|
|
T
|
24
|
Lilis Novianti
|
70
|
85
|
90
|
√
|
|
T
|
25
|
Nita Novianti
|
45
|
45
|
55
|
√
|
|
B
|
26
|
Mausul Iskandar
|
60
|
70
|
80
|
√
|
|
T
|
27
|
Siti Nurfadhilah
|
40
|
50
|
60
|
√
|
|
B
|
28
|
Zaenal Aziz
|
55
|
65
|
80
|
√
|
|
T
|
29
|
Nurma Sufia
|
40
|
60
|
70
|
√
|
|
T
|
30
|
Nur Utami
|
55
|
65
|
75
|
√
|
|
T
|
31
|
Sakini
|
50
|
50
|
65
|
√
|
|
T
|
32
|
Umi Salmah
|
60
|
70
|
80
|
√
|
|
T
|
33
|
Yusuf Mustofa
|
50
|
60
|
60
|
|
√
|
B
|
34
|
Elma Nur Janah
|
80
|
90
|
95
|
√
|
|
T
|
35
|
Wahyu Ulfa. L
|
50
|
60
|
65
|
√
|
|
T
|
Jumlah
|
1925
|
2210
|
2535
|
30
|
5
|
27
|
|
Rata-rata
|
55,00
|
63,14
|
72,43
|
|
|
|
Keterangan
MK : Mengalami kenaikan
BMK: Belum mengalami kenaikan
Berdasarkan
tabel 4.4
di atas dapat diperoleh keterangan sebagai berikut:
1)
Pada siklus I nilai rata-rata kelas 63,14, setelah dilakukan perbaikan dengan mengakomodasikan hasil
refleksi pada siklus I, nilai rata-rata kelas pada siklus II
mengalami kenaikan menjadi 72,43, naik 10,29 dari siklus I atau 17,45 dari sebelum perbaikan.
2)
Ada 30 siswa yang mengalami kenaikan nilai prestasi
belajar (85,71%).
3)
Jumlah siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan
belajar 27 (77,14%)
b. Motivasi Belajar
Data motivasi belajar pada siklus II
secara lebih rinci disajikan pada tabel 4.5.
Tabel 4.5. Rekapitulasi Motivasi Siswa dalam Mengikuti
Pembelajaran pada Siklus II
No
|
Pembelajaran
|
Siswa
yang Benar-benar Telah Menunjukkan Motivasi Dalam Belajar
|
Persentase
|
1
|
Sebelum
Perbaikan
|
10
|
28,57
|
2
|
Siklus
I
|
21
|
60,00
|
3
|
Siklus
II
|
27
|
77,14
|
Dari tabel di atas diperoleh
keterangan sebagai berikut:
1)
Pada
siklus I, siswa yang benar-benar telah menunjukkan motivasi belajar sebanyak 21
siswa atau 60,00%.
2)
Pada siklus II, siswa yang benar-benar telah
menunjukkan motivasi belajar sebanyak 27 siswa atau 77,14%.
3)
Dari siklus I ke siklus II, motivasi belajar siswa
naik 17,14%, atau 48,57%
dari sebelum perbaikan.
a.
Tangapan siswa tentang
peran peraga
Tanggapan siswa
terhadap peran media dalam pembelajaran dapat dilihat pada tabel 4.6 di bawah
ini.
Tabel 4.6.
Rekapitulasi Tanggapan Siswa Tentang Peran Media
No
|
Pembelajaran
|
Membantu
Mempermudah Pemahaman
|
Persentase
|
|
Setuju
|
Tidak
|
|||
1
|
Sebelum
|
-
|
-
|
-
|
2
|
Siklus I
|
25
|
10
|
71
|
3
|
Siklus II
|
31
|
4
|
89
|
Dari tabel 4.6. diperoleh keterangan
sebagai berikut:
1)
Sebelum perbaikan, tidak
ada data.
2) Pada siklus I, siswa yang memberi
pernyataan setuju kalau media yang digunakan membantu mempermudah pemahaman
terhadap konsep yang diajarkan sejumlah 25 siswa atau 71,00%.
3) Pada siklus II, siswa yang memberi
pernyataan setuju kalau media yang digunakan membantu mempermudah pemahaman
terhadap konsep yang diajarkan naik menjadi 31 siswa atau 89,00%.
4) Dari siklus I ke siklus II, siswa yang memberi
pernyataan setuju naik 6
siswa atau 18%.
3.
Siklus III
a.
Prestasi Belajar.
Data prestasi belajar
pada siklus II secara lebih rinci disajikan pada tabel 4.7.
Tabel 4.7 Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Pembelajaran
IPA Konsep Gerhana Siklus III
No
|
Nama
Siswa
|
Sebelum
Perbaikan (Nilai)
|
Siklus
I
|
Siklus
II
|
Siklus
III
|
||||
Nilai
|
MK
|
BMK
|
Ket.
|
||||||
1
|
Dafid Efendi
|
50
|
65
|
75
|
85
|
√
|
|
T
|
|
2
|
Abu Hanifah
|
55
|
65
|
80
|
85
|
√
|
|
T
|
|
3
|
Imam Jayadi
|
60
|
70
|
80
|
95
|
√
|
|
T
|
|
4
|
Al Irfangi. AN
|
40
|
65
|
80
|
85
|
√
|
|
T
|
|
5
|
Karlina
|
40
|
40
|
50
|
70
|
√
|
|
T
|
|
6
|
Nurlaelatul. K
|
65
|
75
|
80
|
95
|
√
|
|
T
|
|
7
|
Supinah
|
55
|
55
|
65
|
70
|
√
|
|
T
|
|
8
|
Rizqi Novitasari
|
70
|
75
|
80
|
95
|
√
|
|
T
|
|
No
|
Nama
Siswa
|
Sebelum
Perbaikan (Nilai)
|
Siklus
I
|
Siklus
II
|
Siklus
III
|
||||
Nilai
|
MK
|
BMK
|
Ket.
|
||||||
9
|
Pangah. P
|
50
|
50
|
50
|
65
|
√
|
|
T
|
|
10
|
Yusuf Arifin
|
50
|
65
|
70
|
75
|
√
|
|
T
|
|
11
|
Ahadiyah. Y
|
60
|
60
|
60
|
70
|
√
|
|
T
|
|
12
|
Akhmad Yakub
|
50
|
65
|
70
|
85
|
√
|
|
T
|
|
13
|
Karsim
|
40
|
40
|
65
|
75
|
√
|
|
T
|
|
14
|
Hifta Nofri Nati
|
65
|
75
|
80
|
95
|
√
|
|
T
|
|
15
|
Avriani Adha. H
|
75
|
85
|
95
|
100
|
√
|
|
T
|
|
16
|
Anis. S
|
50
|
65
|
70
|
85
|
√
|
|
T
|
|
17
|
Atika Wijayanti
|
60
|
60
|
60
|
75
|
√
|
|
T
|
|
18
|
Fina Anggi. N
|
65
|
75
|
85
|
95
|
√
|
|
T
|
|
19
|
Dian Ratnawati
|
40
|
40
|
50
|
65
|
√
|
|
T
|
|
20
|
Dwiki. H
|
60
|
70
|
70
|
75
|
√
|
|
T
|
|
21
|
Harmim Kartini
|
50
|
50
|
65
|
75
|
√
|
|
T
|
|
22
|
Delia Gustianti
|
70
|
80
|
95
|
100
|
√
|
|
T
|
|
23
|
Dikri Pardiman
|
50
|
50
|
65
|
75
|
√
|
|
T
|
|
24
|
Lilis Novianti
|
70
|
85
|
90
|
100
|
√
|
|
T
|
|
25
|
Nita Novianti
|
45
|
45
|
55
|
70
|
√
|
|
T
|
|
26
|
Mausul Iskandar
|
60
|
70
|
80
|
90
|
√
|
|
T
|
|
27
|
Siti Nurfadhilah
|
40
|
50
|
60
|
75
|
√
|
|
T
|
|
28
|
Zaenal Aziz
|
55
|
65
|
80
|
95
|
√
|
|
T
|
|
29
|
Nurma Sufia
|
40
|
60
|
70
|
80
|
√
|
|
T
|
|
30
|
Nur Utami
|
55
|
65
|
75
|
90
|
√
|
|
T
|
|
31
|
Sakini
|
50
|
50
|
65
|
75
|
√
|
|
T
|
|
32
|
Umi Salmah
|
60
|
70
|
80
|
90
|
√
|
|
T
|
|
33
|
Yusuf Mustofa
|
50
|
60
|
60
|
75
|
√
|
|
T
|
|
34
|
Elma Nur Janah
|
80
|
90
|
95
|
100
|
√
|
|
T
|
|
35
|
Wahyu Ulfa. L
|
50
|
60
|
65
|
75
|
√
|
|
T
|
|
Jumlah
|
1925
|
2210
|
2535
|
2905
|
35
|
0
|
35
|
||
Rata-rata
|
55,00
|
63,14
|
72,43
|
83,00
|
|
|
|
Keterangan:
MK :
Mengalami kenaikan
BMK :
Belum mengalami kenaikan
Dari tabel 4.7 di atas diperoleh
keterangan sebagai berikut:
1)
Pada siklus II,
nilai rata-rata kelas 72,43 Setelah dilakukan perbaikan dengan
mengakomodasikan kelemahan pada siklus II, nilai rata-rata kelas pada siklus
III mengalami kenaikan menjadi 83,00 Nilai rata-rata kelas naik 28,00 dari
sebelum perbaikan.
2)
Ada 35
siswa yang mengalami kenaikan nilai
prestasi belajar (100%).
3)
Jumlah siswa
yang mencapai tingkat ketuntasan belajar 35 (100%).
b. Motivasi
Belajar
Data motivasi belajar
pada siklus II secara lebih rinci disajikan pada tabel 4.8.
Tabel 4.8.
Rekapitulasi
Motivasi Siswa dalam Mengikuti Pembelajaran pada Siklus III
No
|
Pembelajaran
|
Siswa
yang Benar-benar Telah Menunjukkan Motivasi Dalam Belajar
|
Persentase
|
1
|
Sebelum
Perbaikan
|
10
|
28,57
|
2
|
Siklus
I
|
21
|
60,00
|
3
|
Siklus
II
|
27
|
77,14
|
4
|
Siklus
III
|
34
|
97,14
|
Dari tabel di atas diperoleh
keterangan sebagai berikut:
1)
Pada siklus II,
siswa yang benar-benar telah menunjukkan motivasi belajar sebanyak 27 siswa
atau 77,14%.
2)
Pada siklus III,
siswa yang telah benar-benar menunjukkan motivasi belajar sebanyak 34 siswa
atau 97,14%
3)
Dari siklus II
ke siklus III, motivasi belajar siswa naik 20% atau 68,57% dari sebelum
perbaikan.
c. Tangapan
siswa tentang peran peraga
Tanggapan siswa
terhadap peran media dalam pembelajaran dapat dilihat pada tabel 4.9 di bawah
ini
Tabel 4.9
Rekapitulasi Tanggapan Siswa Tentang Peran Media
No
|
Pembelajaran
|
Membantu
Mempermudah Pemahaman
|
Persentase
|
|
Setuju
|
Tidak
|
|||
1
|
Sebelum
|
-
|
-
|
-
|
2
|
Siklus I
|
25
|
10
|
71
|
3
|
Siklus II
|
31
|
4
|
89
|
4
|
Siklus III
|
35
|
0
|
100
|
Dari tabel di atas dapat
diperoleh keterangan sebagai berikut:
1)
Sebelum
perbaikan, tidak ada data.
2)
Pada siklus I,
siswa yang memberi pernyataan setuju kalau media
yang digunakan membantu mempermudah pemahaman terhadap konsep yang diajarkan sebanyak 25 siswa atau 71%.
3)
Pada siklus II, siswa yang memberi
pernyataan setuju kalau media yang digunakan membantu mempermudah pemahaman terhadap
konsep yang diajarkan sebanyak 31 siswa atau 89,00%.
4)
Pada siklus III, siswa yang memberi
pernyataan setuju kalau media yang digunakan membantu mempermudah pemahaman
terhadap konsep yang diajarkan sebanyak 35 siswa atau 100%.
5)
Dari siklus II ke siklus III, siswa yang memberi
pernyataan setuju naik 11% atau naik 29% dari
siklus I
Setelah
dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh, hasil penelitian ini dapat
dirangkumkan sebagai berikut:
1.
Tanggapan Siswa Terhadap
Peran Media
Tabel 4.10.
Rekapitulasi Tanggapan Siswa Tentang Peran Media
No
|
Pembelajaran
|
Membantu
Mempermudah Pemahaman
|
Persentase
|
|
Setuju
|
Tidak
|
|||
1
|
Sebelum
|
-
|
-
|
-
|
2
|
Siklus I
|
25
|
10
|
71
|
3
|
Siklus II
|
31
|
4
|
89
|
4
|
Siklus III
|
35
|
0
|
100
|
Dari
tabel 4.10 diperoleh keterangan ssebgai berikut:
a.
Pada siklus I, siswa
yang menyatakan bahwa peraga yang digunakan sangat membantu mereka dalam
pemahaman materi sebesar 71%
b.
Pada siklus II, siswa
yang menyatakan bahwa peraga yang digunakan sangat membantu mereka dalam
pemahaman materi sebesar 89% (naik 18%)
c.
Pada siklus III,
siswa
yang menyatakan bahwa peraga yang digunakan sangat membantu mereka dalam
pemahaman materi sebesar 100% (naik 11%).
Untuk lebih jelasnya ditampilkan
dalam histogram tanggapan siswa terhadap peran peraga yang ditunjukkan dalam
gamba 4.1.
Gambar
4.1 Diagram batang Tanggapan Siswa Terhadap
Peran Peraga.
2.
Hasil belajar
siswa
Setelah
dilakukan analisis terhadap data di atas, diketahui tingkat pemahaman siswa
terhadap Materi Gerhana,
setelah dilakukan intervensi dengan penggunaan peraga maket dalam model
pembelajaran aktif, menunjukkan peningkatan prestasi dan ketuntasan belajar secara
signifikan signifikan.
Tabel 4.11. Rekapitulasi Ketuntasan Belajar Siswa pada
Setiap Siklus Kegiatan Perbaikan Pembelajaran
No
|
Pembelajaran
|
Hasil Belajar Siswa
|
||||
Nilai Rata-rata Kelas
|
Tuntas
|
Persentase
|
Belum
|
Persentase
|
||
1
|
Sebelum Perbaikan
|
35,00
|
8
|
22,86
|
27
|
77,14
|
2
|
Siklus I
|
63,14
|
20
|
57,14
|
15
|
42,86
|
3
|
Siklus II
|
72,43
|
27
|
77,14
|
8
|
22,86
|
4
|
Siklus III
|
83,50
|
35
|
100
|
0
|
0
|
Dari
tabel 4.11
tersebut diperoleh keterangan sebagai berikut:
a.
Pada siklus I,
angka ketuntasan siswa naik 34,28% (bertambah 12 siswa dari sebelum perbaikan);
b.
Pada siklus II,
angka ketuntasan siswa naik, 20,00% (bertambah 7 siswa dari siklus I);
c.
Pada siklus III,
angka ketuntasan siswa naik 22,86% (bertambah 8 siswa dari siklus II).
d.
Pada siklus I,
nilai rata-rata kelas mengalami kenaikan sebesar 8,14
e.
Pada siklus II,
nilai rata-rata kelas mengalami kenaikan sebesar 9,29 dari siklus I (atau
bertambah 17,43 dari sebelum perbaikan)
f.
Pada siklus III,
nilai rata-rata kelas mengalami kenaikan sebesar 10,57 Dari siklus II (atau
bertambah 28 dari sebelum perbaikan).
Untuk
lebih jelasnya peningkatan ketuntasan belajar siswa dan nilai rata-rata kelas
dapat dilihat pada gambar diagram batang berikut ini:
Gambar 4.2
Diagram
batang perbandingan angka ketuntasan, siswa yang belum tuntas, dan nilai
rata-rata kelas pada setiap siklus kegiatan perbaikan pembelajaran
3.
Motivasi belajar
siswa
Dari
hasil analisis, peningkatan motivasi belajar siswa pada setiap siklus kegiatan
pembelajaran dapat dilihat pada tabel berikut:
Tabel 4.12. Rekapitulasi Peningkatan Motivasi Belajar
Siswa untuk Setiap Siklus Kegiatan Perbaikan Pembelajaran
No
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Siswa
Menunjukkan Motivasi
|
Persentase
|
1
|
Sebelum
perbaikan
|
10
|
28,57
|
2
|
Siklus
I
|
21
|
60,00
|
3
|
Siklus
II
|
27
|
77,14
|
4
|
Siklus
III
|
34
|
97,14
|
Dari
tabel 4.12.
di atas dapat diperoleh keterangan sebagai berikut:
a.
Sebelum
perbaikan, siswa yang menunjukkan motivasi belajar 10 siswa
atau 28,57%;
b.
Pada siklus I,
siswa yang menunjukkan motivasi belajar 21 siswa atau 60,00%;
c.
Pada siklus II,
siswa yang menunjukkan motivasi belajar 27 siswa atau 77,14%;
d.
Pada siklus III,
siswa yang menunjukkan motivasi belajar 34 siswa atau 97,14%;
e.
Dari sebelum
perbaikan ke siklus I, motivasi belajar siswa naik 31,43%;
f.
Dari siklus I ke
siklus II, motivasi belajar siswa naik 17,14%;
g.
Dari Siklus II
ke siklus III, motivasi belajar siswa naik 20,00%.
Untuk
lebih jelasnya peningkatan motivasi belajar siswa dapat dilihat pada gambar
diagram batang berikut ini.
Gambar 4.3. Diagram batang Peningkatan
Motivasi Belajar Siswa untuk Setiap Siklus Kegiatan Perbaikan Pembelajaran
B. Pembahasan
1. Siklus I
Alternatif pemecahan masalah
untuk mengatasi rendahnya pemahaman siswa terhadap konsep “Gerhana” dan
rendahnya motivasi belajar siswa dengan menggunakan peraga maket dalam model
pembelajaran aktif pada pembelajaran konsep “Gerhana” di kelas VI SD Negeri
Mulyadadi 01, ternyata memberikan kenaikan hasil belajar dan motivasi belajar
yang signifikan jika dibandingkan dengan studi sebelumnya.
Sebelum perbaikan, siswa yang tuntas belajar sebanyak
8 siswa dari 35 siswa (22,86) dengan nilai rata-rata kelas 55,00 sedangkan
siswa yang bersungguh-sungguh dalam belajar 10 siswa dari 35 siswa (28,57%).
Setelah dilakukan perbaikan pembelajaran pada siklus pertama, jumlah
siswa yang tuntas belajar menjadi 20 siswa dari 35 siswa (57,14%) dengan nilai
rata-rata kelas 63,14, sedangkan siswa yang menunjukkan motivasi dalam belajar
menjadi 21 siswa dari 35 siswa (60,00%). Ini berarti ada kenaikan ketuntasan
belajar sebesar 34,28%, kenaikan motivasi belajar sebesar 31,43% dan kenaikan
nilai rerata sebesar 12,16. Perubahan penggunaan media pembelajaran dari hanya
chart ke model/maket mampu mempermudah siswa dalam memahami materi. Dari hasil analisis angket
diketahui 71%
dari jumlah siswa mengatakan bahwa
peragaan yang dilakukan dapat membantu mereka
mempermudah memahami materi.
Hal
di atas dapat dijelaskan sebagai berikut: pertama, melalui model ini, siswa
dapat merekonstruksi sendiri konsep yang dipelajarinya. Menurut Belen (2003:12)
model pembelajaran aktif adalah cara pandang yang menganggap belajar sebagai
kegiatan membangun makna/pengertian terhadap pengalaman dan informasi yang
dilakukan oleh pengajar. Model pembelajaran ini juga menganggap mengajar
sebagai kegiatan menciptakan suasana yang mengembangkan inisiatif dan tanggung
jawab belajar siswa sehingga mereka berkeinginan terus untuk belajar seumur
hidupnya dan tidak tergantung terhadap guru/orang lain bila mereka mempelajari
hal-hal baru, karena pada dasarnya anak dilahirkan dengan memiliki sifat ingin
tahu dan imajinasi. Anak desa, anak kota, anak miskin, anak kaya, anak
Indonesia atau bukan, semuanya selama normal mereka memiliki kedua hal
tersebut. Sifat ingin tahu merupakan modal dasar bagi berkembangnya sikap
kritis dan imajinasi bagi perilaku kreatif dan semua ini diduga akan menjadi
faktor eksrinsik yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
Kedua, melalui model ini
siswa siswa mendapat kesempatan untuk berinteraksi dengan objek yang
dipelajarinya dan pengalaman secara langsung. Menurut Belen (17-18) suasana
pembelajaran aktif adalah suasana pembelajaran yang membuat siswa melakukan pengalaman,
interaksi, komunikasi dan refleksi. Melalui model ini anak akan belajar banyak
melalui berbuat dan mengaktifkan lebih banyak indera. Sehubungan dengan itu
menurut Belen (2003:20) diperlukan ruang kelas yang menunjang, yaitu:
(1) Berisi banyak sumber, (2) Berisi banyak alat bantu belajar dan alat peraga,
(3) Berisi banyak hasil kerja siswa. Kehadiran maket gerhana dalam pembelajaran
jelas merupakan bagian yang terintegrasi dalam pembelajaran model ini.
Kolaborasi antara model yang sesuai dengan karakteristik belajar sains dan
media pembelajaran yang real ini sangat membantu siswa dalam memahami materi
yang dipelajarinya.
Ketika, model
pembelajaran ini sesuai dengan karakteristik
dan hakekat belajar anak SD. Menurut
Belen (2003:13-17) ada tiga alasan mengapa pembelajaran aktif diterapkan yaitu:
(1) Karakteristik anak, pada dasarnya anak dilahirkan dengan memiliki sifat
ingin tahu dan imajinasi. Anak desa, anak kota, anak miskin, anak kaya, anak
Indonesia atau bukan, semuanya selama normal mereka memiliki kedua hal
tersebut. Sifat ingin tahu merupakan modal dasar bagi berkembangnya sikap
kritis dan imajinasi bagi perilaku kreatif (2) Hakekat belajar, belajar adalah
proses menemukan dan mengembangkan makna/pengertian oleh siswa terhadap
informasi dan pengalaman, yang disaring melalui persepsi, perkiraan, dan
perasaan siswa. Belajar bukanlah proses menyerap pengetahuan yang sudah jadi
bentukan guru. Pengetahuan dibangun sendiri oleh siswa, (3) Karakteristik
lulusan yang dikehendaki, agar mampu bertahan dan berhasil dalam hidup, lulusan
yang diinginkan adalah generasi yang peka, mandiri dan bertanggung jawab.
Keempat, perpaduan antara pemilihan
model dan media yang tepat mampu membangkitkan ketertarikan siswa terhadap
materi yang dipelajari. Hal ini seperti
yang dikatakan Krapp, Hidi dan Reemninger (dalam Mikarsa, dkk., 2007:3.5) Minat
merupakan dorongan dari dalam diri seseorang atau faktor yang menimbulkan
ketertarikan atua perhatian secara selektif, yang menyebabkan dipilihnya suatu
objek yang menguntungkan, menyenangkan, dan lama-kelamaan akan mendatangkan
motivasi dan kepuasan bagi dirinya. Lebih lanjut Mikarsa (2007:3.7) mengatakan
“Seorang anak tidak lahir dengan minat tertentu, minat berkembang melalui pengalaman belajar. Seorang
guru harus dapat menumbuhkan minat anak agar perkembangan minatnya sejalan
dengan meluasnya cakrawala mental anak. Intervensi yang penulis lakukan dengan
mengimplementasikan peraga maket dalam model pembelajaran aktif, ternyata
menimbulkan ketertarikan bagi anak sehingga berimplikasi pada motivasi belajar
yang akhirnya ternyata berkorelasi positif dengan peningkatan hasil belajar
siswa.
Di samping itu, kehadiran media
maket dalam pembelajaran telah mampu mempermudah siswa
dalam belajar. Hal ini seperti disampaikan Djamarah (2006:120), bahwa dalam
proses belajar mengajar kehadiran media mempunyai arti yang cukup penting,
karena dalam kegiatan tersebut ketidakjelasan materi yang disampaikan dapat dibantu dengan menghadirkan
media sebagai perantara. Kerumitan bahan yang akan disampaikan kepada anak
didik dapat disederhanakan dengan bantuan media. Media dapat mewakili apa yang
kurang mampu guru ucapkan melalui kata-kata atau kalimat tertentu.. Di samping itu, model
juga dapat mengatasi keterbatasan pengalaman yang dimiliki siswa dan juga
keterbatasan indera, ruang, dan waktu (Hamalik, 2004:16-19).
Akan tetapi walaupun tindakan yang dilakukan
telah menunjukkan peningkata yang berari, namun hasil yang diperoleh belum
melampaui batas kriteria yang telah
ditetapkan. Masih ditemukan beberapa kelemahan yang harus diperbaiki.
Dari hasil diskusi dengan
pengamat diketahui, gejala yang paling umum terjadi pada siswa yang belum
tuntas karena mereka kesulitan dalam memahami konsep “Gerhana” dan ini umumnya
terjadi pada kelompok siswa yang duduk di barisan belakang. Ketika proses
peragaan berlangsung, siswa yang duduk di depan dan tengah hampir semua
berdiri, sehingga bagi kelompok yang duduk di belakang kurang jelas melihat
peragaan. Akhirnya, mereka melakukan aktivitas sendiri. Dari kelompok ini yang
teridentifikasi termasuk kelompok yang tidak bersungguh-sungguh dalam belajar.
Untuk mengantisipasi keadaan
ini upaya yang dilakukan pada siklus kedua dengan mengatur posisi tempat duduk
membentuk posisi tapal kuda, dan setiap anak akan diberi
kesempatan untuk melakukan peragaan dalam kelompoknya dengan model peraga yang
dibuatnya sendiri
2. Siklus II
Setelah dilakukan intervensi
dengan
mengakomodasi kelemahan yang terjadi pada siklus I, melalui pengaturan mengubah
posisi tempat duduk membentuk tapal kuda (U)
dan peberiaan kesempatan pada semua
siswa untuk melakukan peragaan,
kenaikan ketuntasan belajar siswa semakin terlihat. Kenaikan ketuntasan belajar
sebesar 20%, kenaikan nilai rata-rata kelas sebesar 9,29 dan kenaikan motivasi
belajar siswa sebesar 17,14%.
Hasil di atas dapat dijelaskan sebagai
berikut: Menurut Edgar Dale (dalam Henich et.al.,
2002:5-9) bahwa sebenarnya nilai dari media terletak
pada tingkat realistiknya dalam proses penanaman konsep, Dale membuat jenjang
berbagai jenis media mulai yang paling nyata ke yang paling abstrak dengan
dimulai dari peserta didik yang berpartisipasi dalam pengalaman nyata, kemudian
menuju peserta didik sebagai pengamat
nyata, dilanjutkan ke peserta didik sebagai pengamat terhadap kejadian
yang disajikan dengan media, dan terakhir peserta didik sebagai pengamat
kejadian yang disajikan dengan simbol. Menurut Dale bahwa pengalaman belajar yang paling tinggi
nilainya adalah pengalaman belajar melalui pengalaman belajar langsung dan
melakukan sendiri.
Akan tetapi, walaupun pada siklus II ini sudah menunjukkan kenaikan yang signifikan, namun
hasil yang dipeoleh belum melampaui batas
kriteria yang telah ditetapkan. Dari hasil diskusi balikan bersama pengamat, diketahui gejala yang paling umum terjadi pada siswa yang belum
tuntas, karena tidak terlibat aktif dalam
peragaan dan mekanisme kerja kelompok, dan juga menurut sebagian dari siswa hal
itu terjadi karena hanya mampu mengerjakan sebagian dari soal karena alokasi waktu
yang tersedia tidak cukup.
Untuk mengatasi keadaan ini,
perbaikan di siklus III dicoba dengan memperkecil anggota kelompok dari yang
semula 9 orang untuk satu kelompok, menjadi 5 orang tiap kelompok. Diharapkan
dengan cara ini mekanisme kerja kelompok menjadi lebih dinamis. Untuk mengatasi
kurangnya alokasi waktu untuk tes, diatasi dengan menghilangkan waktu yang
digunakan untuk menulis soal dan menyediakan lembar jawab. Lembar soal dan
lembar jawab digandakan dan diberikan kepada semua siswa.
3.
Siklus III
Setelah dilakukan intervensi
dengan
mengakomodasi kelemahan yang terjadi pada siklus II, yaitu dengan memperkecil jumlah anggota untuk
setiap anggota kelompok kerja siswa, dari yang semula 9 orang untuk satu
kelompok, menjadi 5 orang tiap kelompok dan mengatasi kurangnya alokasi waktu untuk tes
yang diatasi dengan menghilangkan waktu yang digunakan
untuk menulis soal dengan menyediakan lembar soal dan lembar jawab, ternyata upaya
ini ikut memberikan kontribusi terhadap peningkatan hasil.
Peningkatan prestasi
belajar siswa (ketuntasan belajar) naik
sebesar 22,86%, motivasi belajar naik sebesar 20,00%, dan nilai rata-rata kelas naik sebesar 10,57, serta dari
data angket 100% dari siswa menuliskan
kalau media yang digunakan sangat membantu mereka dalam memahami materi ajar.
Ternyata dengan jumlah lima siswa, dinamika
kerja kelompok lebih baik dan semua siswa terlibat aktif dalam pembelajaran,
dan semua siswa memperoleh pengalaman nyata dari pembelajarannya. Hal ini
sesuai dengan apa yang dikatakan Trihartanto (2007:8), “Setiap media sudah
pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Untuk medapatkan hasil yang optimal, pemilihan media di antaranya
perlu memperhatikan jumlah siswa atau besar kecilnya kelas”.
Di samping hal di atas, faktor lain yang turut
memberikan kontribusi terhadap peningkatan hasil adalah alokasi waktu tes yang
cukup dengan disediakannya lembar soal dan lembar jawab, waktu belajar lebih
efisien karena siswa tidak lagi membuang sebagian waktunya untuk mencatat soal
di papan tulis dan menyediakan lembar jawab.
0 Response to "Contoh PTK IPA Kelas VI SD BAB IV SDN Tambakreja"
Post a Comment