BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.
Deskripsi
Hasil Penelitian per Siklus
1.
Studi
Awal
a.
Proses
Pembelajaran
Studi
awal peneliti mengenai proses pembelajaran difokuskan pada motivasi siswa
terhadap pembelajaran IPA, dengan kriteria motifasi yaitu:
1)
siswa tekun dalam mengerjakan tugas
2)
siswa aktif dalam proses
pembelajaran
3)
siswa mempunyai rasa ingin tahu
terhadap materi yang disampaikan.
Pada studi awal ini dikatakan bahwa motivasi
siswa dalam pembelajaran IPA tentang keseimbangan ekosistem di kelas VI masih
rendah, hal ini disebabkan pembelajaran di kelas hanya bersifat transfer ilmu
pengetahuan saja dan dilakukan secara konvensional dengan menyampaikan materi
pelajaran sebanyak-banyaknya tanpa memperhatikan kebutuhan siswa, selain itu peneliti
juga belum melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
b.
.Hasil Belajar
Hasil
belajar pada studi awal pembelajaran IPA tentang keseimbangan ekosistem di
kelas VI masih sangat rendah dan belum sesuai dengan yang diharapkan peneliti.
Hal ini bisa dilihat pada tabel berikut.
Tabel 4.1 Nilai Studi Awal
No
|
Nama siswa
|
Jenis Kelamin
|
Nilai Studi Awal
|
Keterangan
|
1.
|
Fiki Asfarudin
|
L
|
20
|
BT
|
2.
|
Ahmad Zainul Amri
|
L
|
60
|
BT
|
3.
|
Aziz Musbihan
|
L
|
40
|
BT
|
4.
|
Ayu Ma’rifatus Sholihah
|
P
|
60
|
BT
|
5.
|
Mohamad Aziz
Supriyadi
|
L
|
40
|
BT
|
6.
|
Itmamul Wafa
|
L
|
30
|
BT
|
7.
|
Yuni Uswatun
Khasanah
|
P
|
60
|
BT
|
8.
|
Affan Fauzi
|
L
|
40
|
BT
|
9.
|
Ahmad Ulun
Nangim
|
L
|
50
|
BT
|
10.
|
Alfi Ma’munatun Hasanah
|
P
|
50
|
BT
|
11.
|
A.Yaqut
Shofiyyulloh
|
L
|
40
|
BT
|
12.
|
Doni Choiruman
|
L
|
80
|
T
|
13.
|
Eka Fahri
Kurniawan
|
L
|
60
|
BT
|
14.
|
Febryana Rudiyanto
|
L
|
60
|
BT
|
15.
|
Fuadi Wafa
|
L
|
80
|
T
|
16.
|
Laely Ma’rifah
|
P
|
70
|
T
|
17.
|
Fuad Nur
Khafid
|
L
|
70
|
T
|
18.
|
Moh. Syaeful Huda
|
L
|
80
|
T
|
19.
|
Muhamad Darul
Muttaqin
|
L
|
50
|
BT
|
20.
|
Mohammad Syafri Assidiq
|
L
|
80
|
T
|
21.
|
Muhammad Wahyu
Hidayat
|
L
|
60
|
BT
|
22.
|
Nur Nawangsari
|
P
|
70
|
T
|
23.
|
Reyvanza Febri
Prasetya
|
L
|
70
|
T
|
24.
|
Rifqi Deni Masruhan
|
L
|
50
|
BT
|
25.
|
Siti
Robingatun Sururriyah
|
P
|
50
|
BT
|
26.
|
Tania Titis Feriyanti
|
P
|
80
|
T
|
27.
|
Rifka
Alifianti
|
P
|
60
|
BT
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
1560
|
|
|
KKM
|
|
65
|
|
|
Rata-rata
Kelas
|
|
58
|
|
|
Persentase Ketuntasan
|
|
|
33%
|
|
Persentase
Belum tuntas
|
|
|
67%
|
Keterangan
T :
Tuntas
BT :
Belum Tuntas
Grafik 4.1
Nilai Studi Awal
Berdasarkan tabel 4.1 dan grafik
4.1 tersebut dapat diperoleh informasi bahwa Kriteria Ketuntasan Belajar
Minimal (KKM) untuk mata pelajaran IPA kelas VI SD Negeri 1 Karangsari adalah
65, dari 27 siswa kelas VI yang mengalami
ketidaktuntasan belajar sebanyak 18 siswa (67%) di bawah KKM, sisanya 9 siswa
telah mengalami ketuntasan belajar yaitu 33% di atas KKM, dari batas tuntas
yang diharapkan oleh guru yaitu 95%. Nilai terendah yang didapatkan siswa yaitu
20 dan nilai tertinggi 80, dengan rata-rata kelas 57. Siswa yang mendapatkan
nilai di bawah rata-rata kelas sebanyak 11 siswa dan yang mendapatkan nilai di
atas nilai rata-rata kelas sebanyak 16 siswa.
Dari
paparan informasi di atas dapat disimpulkan bahwa hasil belajar pada studi awal
masih sangat rendah, maka dari itu sebagai tindak lanjut untuk meningkatkan
kualitas pembelajaran IPA maka peneliti melakukan Penelitian Tindakan Kelas
(PTK).
2.
Hasil
Penelitian Siklus I
a.
Proses
Pembelajaran
Sebagai tindak
lanjut dari proses pembelajaran dan hasil belajar studi awal yang sangat
rendah, maka peneliti melakukan PTK dengan melakukan proses pembelajaran siklus
I. Sesuai dengan jadwal yang ditentukan, proses pembelajaran siklus I dilakukan pada tanggal 14 dan 16
Maret 2013.
Gambar
4.1 Peneliti menjelaskan materi kepada siswa.
Peneliti membagi siswa dalam
kelompok besar dengan jumlah 5 atau 6 siswa dalam satu kelompok. Peneliti
menjelaskan sekilas materi kemudian membagikan lembar kerja siswa (LKS).
Peneliti memberikan petunjuk dalam mengerjakan LKS.
Gambar 4.2 Peneliti memberikan
pengarahan pada siswa
Selama 50 menit proses pembelajaran
peneliti berkeliling untuk memantau dan memberikan pengarahan atau bimbingan
pada kelompok yang mengalami kesulitan.
Gambar 4.3 Siswa
berdiskusi kelompok pada siklus I
Siswa bekerja sama berdiskusi dalam
kelompok mereka, Beberapa diantara mereka antusias dan aktif, namun ada juga
siswa yang kurang aktif dalam bekerja secara kelompok.
Pertemuan
yang kedua merupakan kelanjutan dari pertemuan pertama dimana siswa telah
selesai mengerjakan LKS. Pada kegiatan pembelajaran ini, siswa diminta untuk
mempresentasikan hasil diskusi mereka pada pertemuan pertama di depan kelas.
Gambar 4.4 Siswa mempresentasikan hasil diskusi
kelompok
Siswa
masih terlihat malu-malu dan tidak terbiasa dalam mempresentasikan hasil
diskusi di depan kelas, namun dengan arahan dan bimbingan peneliti akhirnya
siswa menjadi lebih percaya diri dan lebih baik dalam presentasi hasil diskusi
kelompok. Setelah selesai mempresentasikan hasil diskusi, peneliti memberikan penguatan
konsep dan memberikan soal evaluasi kepada siswa.
Pada
siklus I telah terjadi peningkatan motivasi siswa dalam pembelajaran IPA
tentang keseimbangan ekosistem di kelas VI. Hal ini dapat dilihat pada tabel
dan grafik di bawah ini
Tabel 4.2 Data Penilaian Proses
Pembelajaran Siklus I
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Ket
|
||
Ketekunan
|
Keaktifan
|
Keingintahuan
|
|||
1.
|
Fiki Asfarudin
|
-
|
-
|
√
|
R
|
2.
|
Ahmad Zainul Amri
|
√
|
√
|
-
|
S
|
3.
|
Aziz Musbihan
|
-
|
-
|
√
|
R
|
4.
|
Ayu Ma’rifatus Sholihah
|
√
|
-
|
√
|
S
|
5.
|
Mohamad Aziz Supriyadi
|
-
|
-
|
√
|
R
|
6.
|
Itmamul Wafa
|
-
|
√
|
-
|
R
|
7.
|
Yuni Uswatun Khasanah
|
√
|
√
|
-
|
S
|
8.
|
Affan Fauzi
|
-
|
√
|
√
|
S
|
9.
|
Ahmad Ulun Nangim
|
√
|
√
|
-
|
S
|
10.
|
Alfi Ma’munatun Hasanah
|
√
|
√
|
-
|
S
|
11.
|
A.Yaqut Shofiyyulloh
|
-
|
√
|
-
|
R
|
12.
|
Doni Choiruman
|
√
|
√
|
√
|
T
|
13.
|
Eka Fahri Kurniawan
|
-
|
√
|
√
|
S
|
14.
|
Febryana Rudiyanto
|
√
|
√
|
√
|
T
|
15.
|
Fuadi Wafa
|
√
|
√
|
√
|
T
|
16.
|
Laely Ma’rifah
|
√
|
√
|
√
|
T
|
17.
|
Fuad Nur Khafid
|
√
|
√
|
√
|
T
|
18.
|
Moh. Syaeful Huda
|
√
|
√
|
√
|
T
|
19.
|
Muhamad Darul Muttaqin
|
-
|
√
|
-
|
R
|
20.
|
Mohammad Syafri Assidiq
|
√
|
√
|
√
|
T
|
21.
|
Muhammad Wahyu Hidayat
|
√
|
√
|
√
|
T
|
22.
|
Nur Nawangsari
|
√
|
√
|
√
|
T
|
23.
|
Reyvanza Febri Prasetya
|
√
|
√
|
√
|
T
|
24.
|
Rifqi Deni Masruhan
|
√
|
√
|
-
|
S
|
25.
|
Siti Robingatun Sururriyah
|
-
|
√
|
-
|
R
|
26.
|
Tania Titis Feriyanti
|
√
|
√
|
√
|
T
|
27.
|
Rifka Alifianti
|
-
|
√
|
√
|
S
|
|
Jumlah motivasi tinggi
|
|
|
|
11 (41%)
|
|
Jumlah motivasi sedang
|
|
|
|
9 (33%)
|
|
Jumlah motivasi rendah
|
|
|
|
7 (26%)
|
Keterangan
T : Motivasi tinggi (memenuhi 3 indikator)
S : Motivasi sedang (memenuhi 2
indikator)
R : Motivasi rendah (memenuhi 1 indikator)
Grafik 4.2 Penilaian Proses
Pembelajaran Siklus I
Dari
tabel 4.2 dan grafik 4.2, diperoleh informasi bahwa siswa yang memiliki
motivasi tinggi ada 11 siswa (41%), motivasi sedang 9 siswa (33%), dan motivasi
rendah 7 siswa (26%).
b.
Hasil
Belajar
Hasil belajar siswa
setelah dilaksanakannya siklus I mengalami peningkatan, meskipun hanya sedikit.
Hal ini dapat dilihat dari data nilai evaluasi berikut ini:
Tabel 4.3 Daftar Nilai
Evaluasi Siklus I
No
|
Nama
siswa
|
Jenis
Kelamin
|
Nilai
Siklus I
|
Keterangan
|
1.
|
Fiki Asfarudin
|
L
|
20
|
BT
|
2.
|
Ahmad Zainul Amri
|
L
|
70
|
T
|
3.
|
Aziz Musbihan
|
L
|
40
|
BT
|
4.
|
Ayu Ma’rifatus Sholihah
|
P
|
50
|
BT
|
5.
|
Mohamad Aziz Supriyadi
|
L
|
60
|
BT
|
6.
|
Itmamul Wafa
|
L
|
30
|
BT
|
7.
|
Yuni Uswatun Khasanah
|
P
|
60
|
BT
|
8.
|
Affan Fauzi
|
L
|
70
|
T
|
9.
|
Ahmad Ulun Nangim
|
L
|
70
|
T
|
10.
|
Alfi Ma’munatun Hasanah
|
P
|
60
|
BT
|
11.
|
A.Yaqut Shofiyyulloh
|
L
|
40
|
BT
|
12.
|
Doni Choiruman
|
L
|
80
|
T
|
13.
|
Eka Fahri Kurniawan
|
L
|
80
|
T
|
14.
|
Febryana Rudiyanto
|
L
|
80
|
T
|
15.
|
Fuadi Wafa
|
L
|
80
|
T
|
16.
|
Laely Ma’rifah
|
P
|
80
|
T
|
17.
|
Fuad Nur Khafid
|
L
|
70
|
T
|
18.
|
Moh. Syaeful Huda
|
L
|
70
|
T
|
19.
|
Muhamad Darul Muttaqin
|
L
|
60
|
BT
|
20.
|
Mohammad Syafri Assidiq
|
L
|
80
|
T
|
21.
|
Muhammad Wahyu Hidayat
|
L
|
80
|
T
|
22.
|
Nur Nawangsari
|
P
|
70
|
T
|
23.
|
Reyvanza Febri Prasetya
|
L
|
50
|
BT
|
24.
|
Rifqi Deni Masruhan
|
L
|
50
|
BT
|
25.
|
Siti Robingatun Sururriyah
|
P
|
20
|
BT
|
26.
|
Tania Titis Feriyanti
|
P
|
80
|
T
|
27.
|
Rifka Alifianti
|
P
|
60
|
BT
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
1660
|
|
|
KKM
|
|
65
|
|
|
Rata-rata Kelas
|
|
61
|
|
|
Persentase Ketuntasan
|
|
|
52%
|
|
Persentase Belum tuntas
|
|
|
48%
|
Keterangan
T : Tuntas
BT :
Belum Tuntas
Grafik 4.3 Nilai
Evaluasi Siklus I
Dari tabel dan grafik di atas dapat diperoleh
keterangan sebagai berikut:
1)
Pada siklus I nilai rata-rata kelas 61.
2)
Jumlah siswa yang mencapai ketuntasan
belajar ada 14 siswa atau 52% dari jumlah siswa.
3)
Siswa yang belum tuntas belajar ada 13
atau sekitar 48%.
Dari
data tersebut dapat disimpulkan bahwa penguasaan materi sudah meningkat,
meskipun belum optimal, yaitu 14 siswa dari 27 siswa (52%) sudah mencapai
ketuntasan belajar.
3.
Hasil
Penelitian Siklus II
a.
Proses
Pembelajaran
Siklus II
dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari proses pembelajaran dan hasil belajar
pada siklus I yang belum optimal. Siklus
II dilaksanakan pada tanggal 21 dan 23 Maret 2013.
Gambar
4.5 Peneliti menjelaskan materi kepada siswa.
Peneliti membagi siswa dalam
kelompok kecil dengan jumlah 3 atau 4 siswa dalam satu kelompok. Peneliti
menjelaskan sekilas materi kemudian membagikan lembar kerja siswa (LKS).
Peneliti memberikan petunjuk dalam mengerjakan LKS.
Gambar 4.6 Peneliti memberikan bimbingan
pada siswa
Selama 50 menit kegiatan inti
pembelajaran peneliti berkeliling untuk memantau dan memberikan pengarahan atau
bimbingan pada kelompok yang mengalami kesulitan.
Gambar 4.7 Siswa
berdiskusi kelompok pada siklus II
Siswa bekerja sama
berdiskusi dalam kelompok mereka. Pada siklus II ini mereka antusias dan aktif. Dalam melakukan
pengamatan proses, peneliti dibantu oleh teman sejawat sebagai observer.
Pertemuan
yang kedua dilaksanakan pada tanggal 23 Maret 2013 yang merupakan kelanjutan
dari pertemuan pertama, dimana siswa telah selesai mengerjakan LKS. Pada
kegiatan pembelajaran ini, kegiatan yang dilakukan siswa adalah
mempresentasikan hasil diskusi mereka pada pertemuan pertama di depan kelas.
Gambar 4.4 Siswa mempresentasikan hasil diskusi
kelompok
Pada
siklus II ini siswa telah terlihat percaya diri. Hal ini dimungkinkan siswa
telah terbiasa dalam mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas. Setelah
selesai mempresentasikan hasil diskusi, peneliti memberikan penguatan konsep,
memberikan soal evaluasi, dan membahas soal evaluasi bersama serta menyimpulkan
materi pembelajaran.
Pada
siklus II peningkatan proses pembelajaran mengenai motivasi siswa dalam
pembelajaran IPA tentang keseimbangan ekosistem di kelas VI cukup memuaskan.
Hal ini dapat dilihat pada tabel dan grafik di bawah ini
Tabel 4.4 Data Penilaian Proses
Pembelajaran Siklus I
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Ket
|
||
Ketekunan
|
Keaktifan
|
Keingintahuan
|
|||
1.
|
Fiki Asfarudin
|
-
|
√
|
-
|
R
|
2.
|
Ahmad Zainul
Amri
|
√
|
√
|
√
|
T
|
3.
|
Aziz Musbihan
|
√
|
√
|
√
|
T
|
4.
|
Ayu Ma’rifatus
Sholihah
|
√
|
√
|
√
|
T
|
5.
|
Mohamad Aziz
Supriyadi
|
√
|
√
|
√
|
T
|
6.
|
Itmamul Wafa
|
√
|
√
|
-
|
S
|
7.
|
Yuni Uswatun
Khasanah
|
√
|
√
|
√
|
T
|
8.
|
Affan Fauzi
|
√
|
√
|
√
|
T
|
9.
|
Ahmad Ulun
Nangim
|
√
|
√
|
√
|
T
|
10.
|
Alfi
Ma’munatun Hasanah
|
√
|
√
|
-
|
S
|
11.
|
A.Yaqut Shofiyyulloh
|
-
|
√
|
√
|
S
|
12.
|
Doni Choiruman
|
√
|
√
|
√
|
T
|
13.
|
Eka Fahri
Kurniawan
|
√
|
√
|
√
|
T
|
14.
|
Febryana
Rudiyanto
|
√
|
√
|
√
|
T
|
15.
|
Fuadi Wafa
|
√
|
√
|
√
|
T
|
16.
|
Laely Ma’rifah
|
√
|
√
|
√
|
T
|
17.
|
Fuad Nur
Khafid
|
√
|
√
|
√
|
T
|
18.
|
Moh. Syaeful
Huda
|
√
|
√
|
√
|
T
|
19.
|
Muhamad Darul
Muttaqin
|
√
|
√
|
-
|
S
|
20.
|
Mohammad
Syafri Assidiq
|
√
|
√
|
√
|
T
|
21.
|
Muhammad Wahyu
Hidayat
|
√
|
√
|
√
|
T
|
22.
|
Nur Nawangsari
|
√
|
√
|
√
|
T
|
23.
|
Reyvanza Febri
Prasetya
|
√
|
√
|
√
|
T
|
24.
|
Rifqi Deni
Masruhan
|
√
|
√
|
√
|
T
|
25.
|
Siti
Robingatun Sururriyah
|
√
|
√
|
-
|
S
|
26.
|
Tania Titis
Feriyanti
|
√
|
√
|
√
|
T
|
27.
|
Rifka
Alifianti
|
√
|
√
|
√
|
T
|
|
Jumlah motivasi tinggi
|
|
|
|
21 (78%)
|
|
Jumlah motivasi sedang
|
|
|
|
5 (19%)
|
|
Jumlah motivasi rendah
|
|
|
|
1(4%)
|
Keterangan
T : Motivasi tinggi (memenuhi 3 indikator)
S : Motivasi sedang (memenuhi 2
indikator)
R : Motivasi rendah (memenuhi 1 indikator)
Grafik 4.4 Penilaian Proses
Pembelajaran Siklus II
Dari
tabel 4.3 dan grafik 4.3 di atas, diperoleh informasi bahwa siswa yang memiliki
motivasi tinggi sebanyak 21 siswa (78%), siswa memiliki motivasi sedang sebanyak
5 siswa (19%), dan siswa yang bermotivasi rendah hanya ada 1 siswa (4%). Siswa
yang bermotivasi rendah tersebut memang tergolong siswa yang sedikit memiliki
kelainan atau keterlambatan belajar bila dibandingkan dengan siswa yang lain.
b.
Hasil
Belajar
Hasil belajar siswa
setelah dilaksanakannya siklus II mengalami peningkatan yang baik, hanya ada
beberapa siswa yang belum tuntas atau masih mendapatkan nilai di bawah KKM. Hal
ini dapat dilihat dari data nilai evaluasi siklus II berikut ini:
Tabel 4.5 Daftar Nilai
Evaluasi Siklus II
No
|
Nama
siswa
|
Jenis
Kelamin
|
Nilai
Siklus II
|
Keterangan
|
1.
|
Fiki Asfarudin
|
L
|
40
|
BT
|
2.
|
Ahmad Zainul Amri
|
L
|
80
|
T
|
3.
|
Aziz Musbihan
|
L
|
60
|
BT
|
4.
|
Ayu Ma’rifatus Sholihah
|
P
|
60
|
BT
|
5.
|
Mohamad Aziz Supriyadi
|
L
|
80
|
T
|
6.
|
Itmamul Wafa
|
L
|
50
|
BT
|
7.
|
Yuni Uswatun Khasanah
|
P
|
70
|
T
|
8.
|
Affan Fauzi
|
L
|
70
|
T
|
9.
|
Ahmad Ulun Nangim
|
L
|
90
|
T
|
10.
|
Alfi Ma’munatun Hasanah
|
P
|
70
|
T
|
11.
|
A.Yaqut Shofiyyulloh
|
L
|
70
|
T
|
12.
|
Doni Choiruman
|
L
|
100
|
T
|
13.
|
Eka Fahri Kurniawan
|
L
|
90
|
T
|
14.
|
Febryana Rudiyanto
|
L
|
100
|
T
|
15.
|
Fuadi Wafa
|
L
|
100
|
T
|
16.
|
Laely Ma’rifah
|
P
|
100
|
T
|
17.
|
Fuad Nur Khafid
|
L
|
100
|
T
|
18.
|
Moh. Syaeful Huda
|
L
|
100
|
T
|
19.
|
Muhamad Darul Muttaqin
|
L
|
80
|
T
|
20.
|
Mohammad Syafri Assidiq
|
L
|
100
|
T
|
21.
|
Muhammad Wahyu Hidayat
|
L
|
100
|
T
|
22.
|
Nur Nawangsari
|
P
|
90
|
T
|
23.
|
Reyvanza Febri Prasetya
|
L
|
70
|
T
|
24.
|
Rifqi Deni Masruhan
|
L
|
90
|
T
|
25.
|
Siti Robingatun Sururriyah
|
P
|
50
|
BT
|
26.
|
Tania Titis Feriyanti
|
P
|
100
|
T
|
27.
|
Rifka Alifianti
|
P
|
80
|
T
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
2190
|
|
|
KKM
|
|
65
|
|
|
Rata-rata Kelas
|
|
81
|
|
|
Persentase Ketuntasan
|
|
|
81%
|
|
Persentase Belum tuntas
|
|
|
19%
|
Keterangan
T : Tuntas
BT :
Belum Tuntas
Grafik 4.5 Nilai
Evaluasi Siklus II
Dari tabel dan grafik di atas dapat diperoleh
keterangan sebagai berikut:
1)
Pada siklus I nilai rata-rata kelas 81.
2)
Jumlah siswa yang mencapai ketuntasan
belajar ada 22 siswa atau 81% dari jumlah siswa.
3)
Siswa yang belum tuntas belajar ada 5
atau sekitar 19%.
Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penguasaan
materi sudah mengalami peningkatan bila dibandingkan sebelumnya. Pada siklus II
ini ketuntasan belajar klasikal telah mencapai 81%, artinya ketuntasan belajar
tersebut telah melebihi kriteria ketuntasan belajar klasikal yang diharapkan
yaiti 75%, sehingga peneliti sudah tidak melakukan pembelajaran siklus III.
B.
Pembahasan
Hasil Penelitian
1.
Siklus
I
a.
Proses
Pembelajaran
Proses
pembelajaran pada siklus I mengalami peningkatan bila dibandingkan dengan studi
awal pembelajaran. Proses pembelajaran pada studi awal aktivitas dan motivasi
siswa belum muncul, hal ini disebabkan pembelajaran masih konvensional.
Penyampaian informasi hanya dengan metode ceramah saja dan belum
dilaksanakannya pengelolaan kelas yaitu dengan diskusi kelompok, sehingga
aktivitas siswa belum terlihat.
Proses
pembelajaran pada siklus I aktivitas siswa mulai terlihat dan motivasi siswa
dalam proses pembelajaran juga meningkat. Hal ini disebabkan sudah adanya
perubahan metode pembelajaran dan pengelolaan kelas dengan baik. Peneliti tidak
hanya menyampaikan pembelajaran secara ceramah saja, namun sudah menggunakan
pendekatan kontekstual, tanya jawab, serta diskusi kelompok yaitu dengan
kelompok besar yang beranggotakan 5 atau 6 siswa tiap kelompok. Dalam proses
pembelajaran tersebut peneliti juga telah memberikan bimbingan kepada siswa
yang mengalami kesulitan-kesulitan dalam diskusi kelompok.
Pendekatan
kontekstual atau contextual teaching and
learning (CTL)
merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang
diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan
antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka
sebagai anggota keluarga dan masyarakat (US
Departement of Education, 2001). Dalam konteks ini siswa akan menyadari
bahwa apa yang mereka pelajari berguna bagi hidupnya nanti, sehingga, akan
membuat mereka memposisikan diri sebagai diri sendiri yang memerlukan suatu
bekal yang bermanfaat untuk hidupnya nanti dan siswa akan berusaha untuk
menggapainya. Dengan menerapkan pendekatan ini maka aktivitas pembelajaran lebih
bermakna dan meningkat, siswa lebih aktif, dan kreatif serta memiliki motivasi
belajar yang lebih baik lagi.
Peningkatan
aktivitas dan motivasi dalam pembelajaran siklus I memang telah mengalami
peningkatan, namun peningkatan tersebut menurut peneliti belumlah optimal,
sehingga peneliti melanjutkan PTK dalam
siklus II.
b.
Hasil
Belajar
Hasil belajar siswa pada siklus I
telah meningkat dibandingkan pada studi awal pembelajaran. Hal ini bisa dilihat
pada tabel dan grafik berikut ini.
Tabel 4.6 Perbandingan Nilai
Evaluasi Studi Awal dan Siklus I
No
|
Nama siswa
|
Jenis Kelamin
|
Nilai Studi Awal
|
Siklus I
|
1.
|
Fiki Asfarudin
|
L
|
20
|
20
|
2.
|
Ahmad Zainul Amri
|
L
|
60
|
70
|
3.
|
Aziz Musbihan
|
L
|
40
|
40
|
4.
|
Ayu Ma’rifatus Sholihah
|
P
|
60
|
50
|
5.
|
Mohamad Aziz
Supriyadi
|
L
|
40
|
60
|
6.
|
Itmamul Wafa
|
L
|
30
|
30
|
7.
|
Yuni Uswatun
Khasanah
|
P
|
60
|
60
|
8.
|
Affan Fauzi
|
L
|
40
|
70
|
9.
|
Ahmad Ulun
Nangim
|
L
|
50
|
70
|
10.
|
Alfi Ma’munatun Hasanah
|
P
|
50
|
60
|
11.
|
A.Yaqut
Shofiyyulloh
|
L
|
40
|
40
|
12.
|
Doni Choiruman
|
L
|
80
|
80
|
13.
|
Eka Fahri
Kurniawan
|
L
|
60
|
80
|
14.
|
Febryana Rudiyanto
|
L
|
60
|
80
|
15.
|
Fuadi Wafa
|
L
|
80
|
80
|
16.
|
Laely Ma’rifah
|
P
|
70
|
80
|
17.
|
Fuad Nur
Khafid
|
L
|
70
|
70
|
18.
|
Moh. Syaeful Huda
|
L
|
80
|
70
|
19.
|
Muhamad Darul
Muttaqin
|
L
|
50
|
60
|
20.
|
Mohammad Syafri Assidiq
|
L
|
80
|
80
|
21.
|
Muhammad Wahyu
Hidayat
|
L
|
60
|
80
|
22.
|
Nur Nawangsari
|
P
|
70
|
70
|
23.
|
Reyvanza Febri
Prasetya
|
L
|
70
|
50
|
24.
|
Rifqi Deni Masruhan
|
L
|
50
|
50
|
25.
|
Siti
Robingatun Sururriyah
|
P
|
50
|
20
|
26.
|
Tania Titis Feriyanti
|
P
|
80
|
80
|
27.
|
Rifka
Alifianti
|
P
|
60
|
60
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
1560
|
1660
|
|
KKM
|
|
65
|
65
|
|
Rata-rata
Kelas
|
|
58
|
61
|
|
Persentase Ketuntasan
|
|
33%
|
52%
|
|
Persentase
Belum tuntas
|
|
67%
|
48%
|
Grafik 4.6
Perbandingan Nilai Evaluasi Studi Awal dan Siklus I
Dari
tabel 4.6 dan grafik 4.6 tersebut dapat diperoleh informasi bahwa hasil belajar
siswa pada siklus I mengalami peningkatan dibandingkan hasil belajar siswa pada
studi awal. Jika pada studi awal ketuntasan belajar siswa secara klasikal hanya
33% atau siswa yang tuntas belajar sebanyak 9 dari 27 siswa, sehingga 18 siswa
lainnya belum tuntas belajar atau 67%, sedangkan pada siklus I sebanyak 14 dari
27 siswa telah tuntas belajar atau 52% dan siswa yang belum tuntas belajar
sebanyak 13 siswa atau 48%.
Peningkatan
hasil belajar pada siklus I ini dipacu oleh perubahan pola pembelajaran yang
semula hanya bersifat konvensional atau transfer pengetahuan saja, beralih
kepada pendekatan kontekstual yang juga melibatkan aktifitas siswa dalam proses
pembelajaran yang lebih bermakna yaitu dengan bekerja kelompok dengan anggota
kelompok 5 atau 6 siswa setiap kelompok. Hasil belajar pada suklus I tersebut
dirasakan oleh peneliti belumlah optimal, sehingga peneliti melanjutkan lagi
pada pembelajaran siklus II.
2.
Siklus
II
a.
Proses
Pembelajaran
Pengkajian
data yang peneliti lakukan pada proses pembelajaran studi awal, siklus I, dan
siklus II, secara bertahap mengalami peningkatan yang lebih baik. Hal ini dapat
kita lihat pada tabel dan grafik berikut.
Tabel 4.7 Perbandingan
Prosentase Peningkatan Motivasi Siswa
Tingkat
Motivasi
|
Siklus
I
|
Siklus
II
|
||
Banyak
siswa
|
Prosentase
|
Banyak
siswa
|
Prosentase
|
|
Motivasi
Tinggi
|
11
|
41%
|
21
|
78%
|
Motivasi
Sedang
|
9
|
33%
|
5
|
19%
|
Motivasi
Rendah
|
7
|
26%
|
1
|
4%
|
Grafik 4.7 Perbandingan Prosentase Peningkatan
Motivasi Siswa
Dari
data tabel dan grafik tersebut di atas, maka dapat diperoleh informasi bahwa
motivasi siswa pada siklus II meningkat, yang semula pada siklus I siswa
bermotivasi tinggi hanya 41% atau 11 siswa dari 27 siswa, menjadi 78% atau
sebanyak 21 siswa dari 27 siswa. Siswa yang bermotivasi rendah pada siklus I
sebanyak 7 siswa atau 26%, pada siklus II hanya ada 1 siswa atau 4% saja. Hal
ini disebabkan perkembangan mental siswa tersebut berbeda dari siswa secara
normal lainnya.
Menurut
Winataputra (2005:2.7) motivasi ada dua macam yaitu, motivasi intrinsik dan
motivasi ekstrinsik. Motivasi intrinsik muncul dari dalam diri siswa. Sedangkan
motivasi ekstrinsik berasal dari luar misalnya pujian, nasehat dari guru atau
orang tua, bisa juga dari suasana belajar yang menyenangkan.
Penggunaan
pendekatan kontekstual yang peneliti lakukan tentunya lebih memunculkan
motivasi intrinsik siswa sebab pembelajaran dengan penerapan pendekatan
kontekstual mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata
siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya
dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan
masyarakat. Begitu juga munculnya motivasi ekstrinsik siswa sangat didukung
oleh suasana belajar yang menyenangkan bagi siswa, dalam hal ini dengan diskusi
kelompok, tanya jawab, serta dengan bimbingan peneliti yang sangat berarti bagi
siswa, sehingga suasana belajar yang tercipta lebih menyenangkan dan bermakna.
b.
Hasil
Belajar
Hasil
belajar merupakan perubahan perilaku yang diperoleh pebelajar setelah mengalami
aktivitas belajar. Oleh karena itu pebelajar mempelajari pengetahuan tentang
konsep. Maka perubahan perilaku yang diperoleh adalah berupa penguasaan konsep.
Tujuan pembelajaran merupakan deskripsi tentang
perubahan tingkah laku yang diinginkan atau deskripsi produk yang menunjukkan
bahwa belajar telah terjadi. ( gerlach dan Ely, 1980 dalam Ani 2007 : 5 - 6).
Penguasaan
terhadap konsep pada proses pembelajaran tersebut dapat dilihat pada penilaian
evaluasi siswa. Pada siklus II dikatakan bahwa hasil belajar meningkat
dibandingkan siklus I. Peningkatan tersebut dapat kita lihat pada tabel berikut
ini.
Tabel 4.8 Perbandingan Nilai
Evaluasi Studi Awal, Siklus I, dan Siklus II
No
|
Nama siswa
|
Jenis Kelamin
|
Nilai Studi Awal
|
Siklus
I
|
Siklus
II
|
1.
|
Fiki Asfarudin
|
L
|
20
|
20
|
40
|
2.
|
Ahmad Zainul
Amri
|
L
|
60
|
70
|
80
|
3.
|
Aziz Musbihan
|
L
|
40
|
40
|
60
|
4.
|
Ayu Ma’rifatus
Sholihah
|
P
|
60
|
50
|
60
|
5.
|
Mohamad Aziz
Supriyadi
|
L
|
40
|
60
|
80
|
6.
|
Itmamul Wafa
|
L
|
30
|
30
|
50
|
7.
|
Yuni Uswatun
Khasanah
|
P
|
60
|
60
|
70
|
8.
|
Affan Fauzi
|
L
|
40
|
70
|
70
|
9.
|
Ahmad Ulun
Nangim
|
L
|
50
|
70
|
90
|
10.
|
Alfi
Ma’munatun Hasanah
|
P
|
50
|
60
|
70
|
11.
|
A.Yaqut
Shofiyyulloh
|
L
|
40
|
40
|
70
|
12.
|
Doni Choiruman
|
L
|
80
|
80
|
100
|
13.
|
Eka Fahri
Kurniawan
|
L
|
60
|
80
|
90
|
14.
|
Febryana
Rudiyanto
|
L
|
60
|
80
|
100
|
15.
|
Fuadi Wafa
|
L
|
80
|
80
|
100
|
16.
|
Laely Ma’rifah
|
P
|
70
|
80
|
100
|
17.
|
Fuad Nur
Khafid
|
L
|
70
|
70
|
100
|
18.
|
Moh. Syaeful
Huda
|
L
|
80
|
70
|
100
|
19.
|
Muhamad Darul
Muttaqin
|
L
|
50
|
60
|
80
|
20.
|
Mohammad
Syafri Assidiq
|
L
|
80
|
80
|
100
|
21.
|
Muhammad Wahyu
Hidayat
|
L
|
60
|
80
|
100
|
22.
|
Nur Nawangsari
|
P
|
70
|
70
|
90
|
23.
|
Reyvanza Febri
Prasetya
|
L
|
70
|
50
|
70
|
24.
|
Rifqi Deni
Masruhan
|
L
|
50
|
50
|
90
|
25.
|
Siti
Robingatun Sururriyah
|
P
|
50
|
20
|
50
|
26.
|
Tania Titis
Feriyanti
|
P
|
80
|
80
|
100
|
27.
|
Rifka
Alifianti
|
P
|
60
|
60
|
80
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
1560
|
1660
|
2190
|
|
KKM
|
|
65
|
65
|
65
|
|
Rata-rata
Kelas
|
|
58
|
61
|
81
|
|
Persentase
Ketuntasan
|
|
33%
|
52%
|
81%
|
|
Persentase
Belum tuntas
|
|
67%
|
48%
|
19%
|
Grafik 4.8 Perbandingan Nilai Evaluasi Studi Awal,
Siklus I, dan Siklus II
Grafik 4.8 menunjukkan bahwa perbandingan siswa yang
tuntas belajar dengan siswa yang belum tuntas belajar berbanding terbalik
antara studi awal, siklus I, dan siklus II. Data tersebut menunjukkan bahwa
hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Ketuntasan belajar secara klasikal
pada studi awal, siklus I, dan siklus II mengalami peningkatan yaitu dari 33%,
52% dan 81% dan ketidaktuntasan atau belum tuntas belajar siswa secara klasikal
menurun yaitu dari 67%, 48%, dan19%.
Peningkatan hasil belajar pada siklus II ini dipicu
oleh penggunaan pendekatan kontekstual yang lebih ditingkatkan lagi dalam
pembelajan sehingga lebih bermakna, pengelolaan kelas dengan diskusi kelompok
yang lebih kecil lagi dengan 3 atau 4 anggota tiap kelompok sesuai kedekatan
pertemanan siswa, melibatkan keaktifan dan kreatifitas siswa lebih tinggi, dan
bimbingan peneliti secara menyeluruh kepada siswa.
good job...
ReplyDeletemenarik, kunjungi juga
ReplyDeleteCONTOH PTK Link
bagus
ReplyDeleteJuknis Deskripsi Bab IV PTK Link
CARA CERDAS BELAJAR MATEMATIKA SMP Link