MODEL – MODEL
PEMBELAJARAN
LANDASAN
- Proses
pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif,
inspiratif , menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk
berpartisipasi aktif serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas
dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta
psikologis peserta didik. (Peraturan Pemerintah No.19/2005 pasal 19)
- Guru perlu
menguasai dan dapat menerapkan berbagai strategi pembelajaran yang
meliputi pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran secara spesifik.
- Penguasaan
model pembelajaran akan mempengaruhi keberhasilan peserta didik dalam
pembelajaran
PENGERTIAN
- Model
pembelajaran adalah bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai
akhir yang disajikan secara khas oleh guru di kelas
- Dalam model
pembelajaran terdapat strategi pencapaian kompetensi peserta didik dengan pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran
Tidak ada model pembelajaran yang paling
efektif untuk semua mata pelajaran atau
untuk semua materi
Pemilihan model pembelajaran untuk diterapkan guru
di dalam kelas mempertimbangkan beberapa hal:
1. tujuan pembelajaran
2. sifat materi pelajaran
3. ketersediaan fasilitas
4. kondisi peserta didik
5. alokasi waktu yang tersedia
Ciri model
pembelajaran yang baik
Adanya keterlibatan intelektual – emosional peserta didik melalui kegiatan mengalami,
menganalisis, berbuat, dan pembentukan sikap
Adanya keikutsertaan peserta didik secara aktif dan
kreatif selama pelaksanaan model pembelajaran
Guru bertindak sebagai fasilitator, koordinator,
mediator dan motivator kegiatan belajar peserta didik
Penggunaan berbagai metode, alat dan media
pembelajaran
Model - model Pembelajaran
EXAMPLES
NON EXAMPLES
CONTOH
DAPAT DARI KASUS / GAMBAR YANG RELEVAN DENGAN KD
Langkah-langkah :
- Guru mempersiapkan gambar-gambar
sesuai dengan tujuan pembelajaran
- Guru menempelkan gambar di papan
atau ditayangkan melalui OHP
- Guru memberi petunjuk dan memberi
kesempatan pada peserta didik untuk memperhatikan/menganalisis gambar
- Melalui diskusi kelompok 2-3 orang
peserta didik, hasil diskusi dari analisis gambar tersebut dicatat pada
kertas
- Tiap kelompok diberi kesempatan
membacakan hasil diskusinya
- Mulai dari komentar/hasil diskusi
peserta didik, guru mulai menjelaskan materi sesuai tujuan yang ingin
dicapai
- Kesimpulan
PICTURE AND
PICTURE
Langkah-langkah
:
- Guru menyampaikan kompetensi yang
ingin dicapai
- Menyajikan materi sebagai pengantar
- Guru menunjukkan/memperlihatkan gambar-gambar
kegiatan berkaitan dengan materi
- Guru menunjuk/memanggil peserta
didik secara bergantian untuk memasang/mengurutkan gambar-gambar menjadi
urutan yang logis
- Guru menanyakan alasan/dasar
pemikiran urutan gambar tersebut
- Dari alasan/urutan gambar tersebut
guru memulai menanamkan konsep/materi sesuai dengan kompetensi yang ingin
dicapai
- Kesimpulan/rangkuman
NUMBERED
HEADS TOGETHER
KEPALA
BERNOMOR (SPENCER KAGAN, 1992)
Langkah-langkah
:
- Peserta didik dibagi dalam
kelompok, setiap peserta didik dalam setiap kelompok mendapat nomor
- Guru memberikan tugas dan
masing-masing kelompok mengerjakannya
- Kelompok mendiskusikan jawaban yang
benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat mengerjakannya/
mengetahui jawabannya
- Guru memanggil salah satu nomor
peserta didik dan peserta didik yang nomornya dipanggil melaporkan hasil
kerjasama diskusi kelompoknya.
- Tanggapan dari teman yang lain,
kemudian guru menunjuk nomor yang lain, dst
- Kesimpulan
COOPERATIVE
SCRIPT
Langkah-langkah
:
- Guru membagi peserta didik untuk
berpasangan
- Guru membagikan wacana/materi untuk
dibaca dan dibuat ringkasannya
- Guru dan peserta didik menetapkan
siapa yang pertama berperan sebagai pembicara dan siapa yang berperan
sebagai pendengar
- Pembicara membacakan ringkasannya selengkap
mungkin, dengan memasukkan ide-ide pokok dalam ringkasannya. Peserta didik
yang lain:
- Menyimak/menunjukkan ide-ide pokok yang kurang
lengkap
- Membantu
mengingat/menghafal ide-ide pokok dengan
menghubungkan materi sebelumnya atau dengan materi lainnya
- Bertukar peran, semula sebagai
pembicara ditukar menjadi pendengar dan sebaliknya. Serta lakukan seperti
diatas.
- Kesimpulan peserta didik bersama-sama dengan Guru
- Penutup
KEPALA
BERNOMOR STRUKTUR (MODIFIKASI DARI NUMBER HEADS)
Langkah-langkah
:
- Peserta didik dibagi dalam
kelompok. Setiap peserta didik dalam setiap kelompok mendapat nomor
- Penugasan diberikan kepada setiap
peserta didik berdasarkan nomor terhadap tugas yang berangkai
Misalnya : peserta didik nomor satu
bertugas mencatat soal. Peserta didik
nomor dua mengerjakan soal dan peserta didik nomor tiga melaporkan hasil
pekerjaan dan seterusnya.
- Jika perlu, guru bisa menyuruh
kerja sama antar kelompok. Peserta didik
disuruh keluar dari kelompoknya dan bergabung bersama beberapa
peserta didik bernomor sama dari kelompok lain. Dalam kesempatan ini
peserta didik dengan tugas yang sama bisa saling membantu atau mencocokkan
hasil kerja sama mereka
- Laporkan hasil dan tanggapan dari
kelompok yang lain
- Kesimpulan
STUDENT
TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS
TIM
SISWA KELOMPOK PRESTASI (SLAVIN, 1995)
Langkah-langkah
:
- Membentuk kelompok yang anggotanya +
4 orang secara heterogen (prestasi,
jenis kelamin, suku, dll)
- Guru menyajikan pelajaran
- Guru memberi tugas kepada kelompok
untuk dikerjakan oleh anggota-anggota kelompok
- Guru memberi kuis/pertanyaan kepada
seluruh peserta didik. Pada saat menjawab kuis tidak boleh saling membantu
- Memberi evaluasi
- Kesimpulan
JIGSAW
(MODEL TIM AHLI)
(ARONSON, BLANEY, STEPHEN, SIKES, AND SNAPP, 1978
Langkah-langkah
:
- Peserta didik dikelompokkan ke
dalam + 4 anggota tim
- Tiap orang dalam tim diberi bagian
materi yang berbeda
- Tiap orang dalam tim diberi bagian
materi yang ditugaskan
- Anggota dari tim yang berbeda yang
telah mempelajari bagian/sub bab yang sama bertemu dalam kelompok baru
(kelompok ahli) untuk mendiskusikan sub bab mereka
- Setelah selesai diskusi sebagai tim
ahli tiap anggota kembali ke kelompok asal dan bergantian menjelaskan
kepada teman satu tim mereka tentang sub bab yang mereka kuasai dan tiap
anggota lainnya mendengarkan dengan sungguh-sungguh
- Tiap tim ahli mempresentasikan
hasil diskusi
- Guru memberi evaluasi
- Penutup
PROBLEM
BASED INSTRUCTION
(PEMBELAJARAN
BERDASARKAN MASALAH)
Langkah-langkah
:
- Guru
menjelaskan kompetensi yang akan dicapai dan menyebutkan sarana atau alat
pendukung yang dibutuhkan. Memotivasi peserta didik untuk terlibat dalam
aktivitas pemecahan masalah yang dipilih.
- Guru
membantu peserta didik mendefinisikan dan mengorganisasikan
tugas belajar yang berhubungan dengan masalah tersebut (menetapkan topik,
tugas, jadwal, dll.)
- Guru
mendorong peserta didik untuk mengumpulkan informasi yang sesuai,
eksperimen untuk mendapatkan penjelasan, pengumpulan data, hipotesis, dan
pemecahan masalah.
- Guru
membantu peserta didik dalam merencanakan/menyiapkan karya yang sesuai
seperti laporan dan membantu mereka berbagi tugas dengan temannya
- Guru
membantu peserta didik untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap
eksperimen mereka dan proses-proses yang mereka gunakan
ARTIKULASI
Langkah-langkah
:
- Guru menyampaikan kompetensi yang
ingin dicapai
- Guru menyajikan materi sebagaimana
biasa
- Untuk mengetahui daya serap peserta
didik, dibentuklah kelompok berpasangan dua orang
- Menugaskan salah satu peserta didik
dari pasangan itu menceritakan materi yang baru diterima dari guru dan
pasangannya mendengar sambil membuat catatan-catatan kecil, kemudian
berganti peran. Begitu juga kelompok lainnya
- Menugaskan peserta didik secara
bergiliran/diacak menyampaikan penjelasan
teman pasangannya. Sampai sebagian peserta didik sudah menyampaikan
penjelasannya
- Guru mengulangi/menjelaskan kembali
materi yang sekiranya belum dipahami
peserta didik
- Kesimpulan/penutup
MIND
MAPPING
Langkah-langkah
:
- Guru menyampaikan kompetensi yang
ingin dicapai
- Guru mengemukakan
konsep/permasalahan yang akan ditanggapi oleh peserta didik dan sebaiknya
permasalahan yang mempunyai alternatif jawaban
- Membentuk kelompok yang anggotanya
2-3 orang
- Tiap kelompok
menginventarisasi/mencatat alternatif jawaban hasil diskusi
- Tiap kelompok (atau diacak kelompok
tertentu) membaca hasil diskusinya dan guru mencatat di papan dan
mengelompokkan sesuai kebutuhan guru
- Dari data-data di papan peserta
didik diminta membuat kesimpulan atau guru memberi perbandingan sesuai konsep
yang disediakan guru
MAKE
- A MATCH / MENCARI PASANGAN (Lorna
Curran, 1994)
Langkah-langkah
:
- Guru menyiapkan beberapa kartu yang
berisi beberapa konsep atau topik yang cocok untuk sesi review, satu
bagian kartu soal dan bagian lainnya kartu jawaban
- Setiap peserta didik mendapat satu
kartu
- Tiap peserta didik memikirkan
jawaban/soal dari kartu yang dipegang
- Setiap peserta didik mencari
pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya (soal jawaban)
- Setiap peserta didik yang dapat
mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi poin
- Setelah satu babak kartu dikocok
lagi agar tiap peserta didik mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya
- Demikian seterusnya
- Kesimpulan/penutup
THINK
PAIR AND SHARE (FRANK LYMAN, 1985)
Langkah-langkah
:
- Guru
menyampaikan inti materi dan kompetensi yang ingin dicapai
- Peserta
didik diminta untuk berfikir tentang materi/ permasalahan yang disampaikan
guru
- Peserta
didik diminta berpasangan dengan teman sebelahnya (kelompok 2 orang) dan
mengutarakan hasil pemikiran masing-masing
- Guru
memimpin pleno kecil diskusi, tiap kelompok mengemukakan hasil diskusinya
- Berawal
dari kegiatan tersebut, Guru mengarahkan pembicaraan pada pokok
permasalahan dan menambah materi yang belum diungkapkan para peserta didik
- Guru memberi
kesimpulan
- Penutup
DEBATE
Langkah-langkah
:
- Guru membagi 2 kelompok peserta
debat yang satu pro dan yang lainnya kontra
- Guru memberikan tugas untuk
membaca materi yang akan didebatkan oleh kedua kelompok di atas
- Setelah selesai membaca materi,
Guru menunjuk salah satu anggota kelompok
pro untuk berbicara saat itu, kemudian ditanggapi oleh kelompok
kontra. Demikian seterusnya
sampai sebagian besar peserta didik bisa mengemukakan pendapatnya.
- Sementara peserta didik
menyampaikan gagasannya, guru menulis inti/ide-ide dari setiap pembicaraan sampai
mendapatkan sejumlah ide yang diharapkan.
- Guru menambahkan konsep/ide yang
belum terungkap
- Dari data-data yang diungkapkan
tersebut, guru mengajak peserta didik membuat kesimpulan/rangkuman yang
mengacu pada topik yang ingin dicapai.
ROLE
PLAYING
Langkah-langkah
:
- Guru menyusun/menyiapkan skenario
yang akan ditampilkan
- Menunjuk beberapa peserta didik
untuk mempelajari skenario dalam waktu beberapa hari sebelum KBM
- Guru membentuk kelompok peserta
didik yang anggotanya 5 orang
- Memberikan penjelasan tentang
kompetensi yang ingin dicapai
- Memanggil para peserta didik yang
sudah ditunjuk untuk melakonkan skenario yang sudah dipersiapkan
- Masing-masing peserta didik berada
di kelompoknya sambil mengamati skenario yang sedang diperagakan
- Setelah selesai ditampilkan,
masing-masing peserta didik diberikan lembar kerja untuk membahas
penampilan masing-masing kelompok.
- Masing-masing kelompok menyampaikan
hasil kesimpulannya
- Guru memberikan kesimpulan secara
umum
- Evaluasi 11. Penutup
GROUP
INVESTIGATION (SHARAN, 1992)
Langkah-langkah
:
- Guru membagi kelas dalam beberapa
kelompok heterogen
- Guru menjelaskan maksud
pembelajaran dan tugas kelompok
- Guru memanggil ketua kelompok dan
setiap kelompok mendapat tugas satu materi/tugas yang berbeda dari
kelompok lain
- Masing-masing kelompok membahas
materi yang sudah ada secara kooperatif
yang bersifat penemuan
- Setelah selesai diskusi, juru
bicara kelompok menyampaikan hasil pembahasan kelompok
- Guru memberikan penjelasan singkat
sekaligus memberi kesimpulan
- Evaluasi
- Penutup
TALKING
STICK
Langkah-langkah
:
- Guru menyiapkan sebuah tongkat
- Guru menyampaikan materi pokok yang
akan dipelajari, kemudian memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk
membaca dan mempelajari materi.
- Setelah selesai membaca materi/buku
pelajaran dan mempelajarinya, peserta didik menutup bukunya.
- Guru mengambil tongkat dan
memberikan kepada peserta didik, setelah itu guru memberikan pertanyaan
dan peserta didik yang memegang tongkat tersebut harus menjawabnya,
demikian seterusnya sampai sebagian besar peserta didik mendapat bagian
untuk menjawab setiap pertanyaan dari guru
- Guru memberikan kesimpulan
- Evaluasi
- Penutup
BERTUKAR
PASANGAN
Langkah-langkah
:
- Setiap peserta didik mendapat satu
pasangan (guru bisa menunjuk pasangannya atau peserta didik memilih
sendiri pasangannya).
- Guru memberikan tugas dan peserta
didik mengerjakan tugas dengan pasangannya.
- Setelah selesai setiap pasangan
bergabung dengan satu pasangan yang lain.
- Kedua pasangan tersebut bertukar
pasangan, kemudian pasangan yang baru ini saling menanyakan dan mencari
kepastian jawaban mereka.
- Temuan baru yang didapat dari
pertukaran pasangan kemudian dibagikan kepada pasangan semula.
- Penutup
SNOWBALL
THROWING
Langkah-langkah
:
- Guru menyampaikan materi yang akan
disajikan
- Guru membentuk kelompok-kelompok
dan memanggil masing-masing ketua kelompok untuk memberikan penjelasan
tentang materi
- Masing-masing ketua kelompok
kembali ke kelompoknya masing-masing, kemudian menjelaskan materi yang
disampaikan oleh guru kepada temannya
- Masing-masing peserta didik diberi
satu lembar kertas, untuk menuliskan satu pertanyaan apa saja yang
menyangkut materi yang sudah dijelaskan oleh ketua kelompok
- Kemudian kertas yang berisi
pertanyaan tersebut dibuat seperti bola dan dilempar dari satu peserta
didik ke peserta didik yang lain selama ± 15 menit
- Setelah peserta didik dapat satu
bola/satu pertanyaan diberikan kesempatan kepada peserta didik untuk
menjawab pertanyaan yang tertulis dalam kertas berbentuk bola tersebut
secara bergantian
- Penutup
STUDENT
FACILITATOR AND EXPLAINING
Langkah-langkah
:
- Guru menyampaikan kompetensi yang
ingin dicapai
- Guru mendemonstrasikan/menyajikan
materi
- Memberikan kesempatan peserta didik
untuk menjelaskan kepada peserta didik lainnya misalnya melalui bagan/peta
konsep.
- Guru menyimpulkan ide/pendapat dari
peserta didik.
- Guru menerangkan semua materi yang
disajikan saat itu.
- Penutup
COURSE
REVIEW HORAY
Langkah-langkah
:
- Guru menyampaikan kompetensi yang
ingin dicapai
- Guru mendemonstrasikan/menyajikan
materi
- Memberikan kesempatan peserta didik
tanya jawab
- Untuk menguji pemahaman, peserta
didik disuruh membuat kotak 9/16/25 sesuai dengan kebutuhan dan tiap kotak
diisi angka sesuai dengan selera masing-masing peserta didik
- Guru membaca soal secara acak dan
peserta didik menulis jawaban di dalam kotak yang nomornya disebutkan guru
dan langsung didiskusikan, kalau benar diisi tanda benar (Ö) dan salah diisi tanda silang (x)
- Peserta didik yang sudah mendapat
tanda (Ö) vertikal atau horisontal, atau
diagonal harus berteriak horay … atau yel-yel lainnya
- Nilai peserta didik dihitung dari
jawaban benar jumlah horay yang diperoleh
- Penutup
DEMONSTRATION
(Khusus materi yang memerlukan peragaan atau
percobaan misalnya Gussen)
Langkah-langkah :
- Guru menyampaikan kompetensi yang
ingin dicapai
- Guru menyajikan gambaran sekilas
materi yang akan disampaikan
- Menyiapkan bahan atau alat yang
diperlukan
- Menunjuk salah seorang peserta
didik untuk mendemontrasikan sesuai skenario yang telah disiapkan.
- Seluruh peserta didik memperhatikan
demontrasi dan menganalisisnya.
- Tiap peserta didik mengemukakan
hasil analisisnya dan juga pengalaman peserta didik didemontrasikan.
- Guru membuat kesimpulan.
EXPLICIT
INSTRUCTION
PEMBELAJARAN
LANGSUNG (ROSENSHINA & STEVENS,
1986
Pembelajaran langsung khusus dirancang
untuk mengembangkan cara belajar peserta didik tentang pengetahuan prosedural
dan pengetahuan deklaratif yang dapat diajarkan
dengan pola selangkah demi selangkah
Langkah-langkah
:
- Menyampaikan tujuan dan
mempersiapkan peserta didik
- Mendemonstrasikan pengetahuan dan
ketrampilan
- Membimbing pelatihan
- Mengecek pemahaman dan memberikan
umpan balik
- Memberikan kesempatan untuk latihan
lanjutan
COOPERATIVE
INTEGRATED READING
AND
COMPOSITION (CIRC)
KOOPERATIF
TERPADU MEMBACA DAN MENULIS (STEVEN & SLAVIN, 1995)
Langkah-langkah
:
- Membentuk kelompok yang anggotanya
4 orang secara heterogen
- Guru memberikan wacana/kliping
sesuai dengan topik pembelajaran
- Peserta didik bekerja sama saling
membacakan dan menemukan ide pokok dan memberi tanggapan terhadap
wacana/kliping dan ditulis pada selembar kertas
- Mempresentasikan/membacakan hasil
kelompok
- Guru membuat kesimpulan bersama
- Penutup
INSIDE-OUTSIDE-CIRCLE (LINGKARAN
KECIL-LINGKARAN BESAR
“Peserta didik saling membagi informasi pada
saat yang bersamaan, dengan pasangan yang berbeda dengan singkat dan teratur”
Langkah-langkah
:
- Separuh kelas berdiri membentuk
lingkaran kecil dan menghadap keluar
- Separuh kelas lainnya membentuk
lingkaran di luar lingkaran pertama, menghadap ke dalam
- Dua orang peserta didik yang
berpasangan dari lingkaran kecil dan besar berbagi informasi. Pertukaran
informasi ini bisa dilakukan oleh semua pasangan dalam waktu yang bersamaan
- Kemudian peserta didik yang berada
di lingkaran kecil diam di tempat, sementara peserta didik yang berada di
lingkaran besar bergeser satu atau dua langkah searah jarum jam.
- Sekarang giliran peserta didik yang
berada di lingkaran besar yang membagi informasi. Demikian seterusnya
TEBAK
KATA
MEDIA
:
Buat
kartu ukuran 10 X 10 cm dan isilah ciri-ciri atau kata-kata lainnya yang
mengarah pada jawaban (istilah) pada kartu yang ingin ditebak.
Buat kartu ukuran 5 X 2 cm untuk menulis kata-kata atau istilah yang mau
ditebak (kartu ini nanti dilipat dan ditempel pada dahi atau diselipkan di
telinga).
Langkah-langkah
:
- Guru menjelaskan kompetensi yang
ingin dicapai atau materi ± 45 menit.
- Guru menyuruh peserta didik berdiri
berpasangan di depan kelas
- Seorang peserta didik diberi kartu
yang berukuran 10 x 10 cm yang nanti dibacakan pada pasangannya. Seorang
peserta didik yang lainnya diberi kartu yang berukuran 5 x 2 cm yang
isinya tidak boleh dibaca (dilipat) kemudian ditempelkan di dahi atau
diselipkan ditelinga. Peserta didik yang membawa kartu 10 x 10 cm
membacakan kata-kata yang tertulis didalamnya sementara pasangannya
menebak apa yang dimaksud dalam kartu 10 x 10 cm. Jawaban tepat bila
sesuai dengan isi kartu yang ditempelkan tsb.
- Apabila jawabannya tepat (sesuai
yang tertulis di kartu) maka pasangan itu boleh duduk. Bila belum tepat
pada waktu yang telah ditetapkan, peserta didik boleh mengarahkan dengan
kata-kata lain asal jangan langsung memberi jawabannya.
- Dan seterusnya
CONTOH KARTU - 1
JAWAB : PERUSAHAAN
PERSEORANGAN
CONTOH
KARTU – 2
Tugas
:
- Buatlah
sekurang-kurangnya lima kalimat menurut pendapatmu sendiri. Secara
ringkas harus mencakup paling sedikit 4 kata dari daftar di atas dan
setiap kata dapat dipakai berulang-ulang
- Kerja
kelompok : Diskusikanlah
kalimat-kalimat anda apabila kalimat anda sudah benar
- Hasil
diskusi kelompok. Didiskusikan kembali untuk mendapatkan Kkesimpulan
TAKE
AND GIVE
MEDIA :
- Kartu ukuran ± 10 x 15 cm sejumlah
peserta. Tiap kartu berisi sub materi (yang berbeda dengan kartu yang
lainnya), materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai
- Kartu contoh sejumlah peserta didik
CONTOH Kartu :
Langkah-langkah
:
- Siapkan kelas sebagaimana mestinya
- Jelaskan materi sesuai kompetensi
yang ingin dicapai
- Untuk memantapkan penguasaan
peserta tiap peserta didik diberi masing-masing satu kartu untuk
dipelajari (dihapal) lebih kurang 5 menit
- Semua peserta didik disuruh berdiri
dan mencari pasangan untuk saling memberi informasi. Tiap peserta didik
harus mencatat nama pasangannya pada kartu contoh.
- Demikian seterusnya sampai tiap
peserta dapat saling memberi dan menerima materi masing-masing (take
and give).
- Untuk mengevaluasi keberhasilan
berikan peserta didik pertanyaan yang tak sesuai dengan kartunya (kartu
orang lain).
- Strategi ini dapat dimodifikasi
sesuai keadaan
- Kesimpulan
CONCEPT
SENTENCE
Langkah-langkah
:
v Guru menyampaikan kompentensi yang ingin dicapai.
v Guru menyajikan materi secukupnya.
v Guru membentuk kelompok yang anggotanya ± 4 orang
secara heterogen.
v Guru menyajikan beberapa kata kunci sesuai materi
yang disajikan.
v Tiap kelompok disuruh membuat beberapa kalimat
dengan menggunakan minimal 4 kata kunci setiap kalimat.
v Hasil diskusi kelompok didiskusikan kembali secara
pleno yang dipandu oleh Guru.
v Kesimpulan.
COMPLETE
SENTENC
Media : Siapkan blangko isian berupa
paragraf yang kalimatnya belum lengkap
Langkah-langkah :
- Guru menyampaikan kompetensi yang
ingin dicapai
- Guru menyampaikan materi secukupnya
atau peserta didik disuruh membacakan buku atau modul dengan waktu
secukupnya
- Guru membentuk kelompok 2 atau 3
orang secara heterogen
- Guru membagikan lembar kerja berupa
paragraf yang kalimatnya belum lengkap (lihat contoh).
- Peserta didik berdiskusi untuk
melengkapi kalimat dengan kunci jawaban yang tersedia.
- Peserta didik berdiskusi secara
berkelompok
- Setelah jawaban didiskusikan,
jawaban yang salah diperbaiki. Tiap peserta didik membaca sampai mengerti
atau hapal
- Kesimpulan
TIME
TOKEN
Struktur yang dapat digunakan untuk
mengajarkan keterampilan sosial, untuk menghindari peserta didik mendominasi
pembicaraan atau peserta didik diam sama sekali
Langkah-langkah
:
- Kondisikan kelas untuk melaksanakan
diskusi (cooperative learning / CL)
- Tiap peserta didik diberi kupon
berbicara dengan waktu ± 30 detik. Tiap
peserta didik diberi sejumlah nilai sesuai waktu yang digunakan.
- Bila telah selesai bicara kupon
yang dipegang peserta didik diserahkan. Setiap bebicara satu kupon.
- Peserta didik yang telah habis
kuponnya tak boleh bicara lagi. Yang masih pegang kupon harus bicara
sampai kuponnya habis.
- Dan seterusnya
KELILING
KELOMPOK
Maksudnya agar masing-masing anggota
kelompok mendapat kesempatan untuk memberikan kontribusi mereka dan
mendengarkan pandangan dan pemikiran anggota lainnya
Caranya
….?
- Salah satu
peserta didik dalam masing-masing kelompok menilai dengan memberikan
pandangan dan pemikirannya mengenai tugas yang sedang mereka kerjakan
- Peserta
didik berikutnya juga ikut memberikan kontribusi-nya
- Demikian
seterusnya giliran bicara bisa dilaksanakan arah perputaran jarum jam atau
dari kiri ke kanan
TARI
BAMBU
Agar peserta didik saling berbagi
informasi pada saat yang bersamaan dengan pasangan yang berbeda dalam waktu
singkat secara teratur. Strategi ini cocok untuk materi yang membutuhkan
pertukaran pengalaman pikiran dan informasi antar peserta didik
Caranya?
- Separuh kelas atau seperempat jika
jumlah peserta didik terlalu banyak berdiri berjajar . Jika ada cukup
ruang mereka bisa berjajar di depan kelas. Kemungkinan lain adalah peserta
didik berjajar di sela-sela deretan bangku. Cara yang kedua ini akan
memudahkan pembentukan kelompok karena diperlukan waktu relatif singkat.
- Separuh kelas lainnya berjajar dan
menghadap jajaran yang pertama
- Dua orang peserta didik yang
berpasangan dari kedua jajaran berbagi informasi.
- Kemudian satu atau dua peserta
didik yang berdiri di ujung salah satu jajaran pindah ke ujung lainnya di
jajarannya. Jajaran ini kemudian bergeser. Dengan cara ini masing-masing
peserta didik mendapat pasangan yang baru untuk berbagi. Pergeseran bisa
dilakukan terus sesuai dengan kebutuhan
DUA
TINGGAL DUA TAMU (TWO STAY TWO STRAY)
(SPENCER KAGAN 1992)
Memberi
kesempatan kepada kelompok untuk membagikan hasil dan informasi dengan kelompok
lainnya.
Caranya :
- Peserta
didik bekerja sama dalam kelompok yang berjumlah 4 (empat) orang
- Setelah
selesai, dua orang dari masing-masing menjadi tamu kedua kelompok yang
lain
- Dua
orang yang tinggal dalam kelompok bertugas membagikan hasil kerja dan
informasi ke tamu mereka
- Tamu
mohon diri dan kembali ke kelompok mereka sendiri dan melaporkan temuan
mereka dari kelompok lain
- Kelompok
mencocokkan dan membahas hasil kerja mereka
0 Response to "Model-Model Pembelajaran dalam PTK"
Post a Comment