BAB V
SIMPULAN DAN
SARAN
A. Simpulan
Dari hasil
penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut.
1. Pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan
aktivitas siswa dalam proses pembelajaran.
2. Pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan
pemahaman siswa terhadap materi sistem tata surya.
B Saran
Pada
dasarnya pembelajaran dengan pendekatan konstruktivisme adalah membangun
kemampuan siswa berdasarkan pengalamannya sendiri. Siswa terbiasa dan terlatih
untuk berfikir sendiri, memecahkan masalah yang dihadapi, mandiri, kritis,
keratif, dan mampu mempertanggungjawabkan pemikirannya secara rasional. Untuk
itu disarankan kepada para guru agar dalam menerapkan pendekatan
konstruktivisme diperhatikan beberapa segi, diantaranya adalah sebagai berikut
-
Pemilihan
materi
Dari segi pemilihan materi,
hendaknya guru dapat memilih materi yang dapat melatih siswa untuk berfikir
kritis dan kreatif.
-
Penyiapan
alat peraga
Agar pembelajaran lebih
bermakna hendaknya guru menyiapkan alat peraga yang sesuai yang akan membantu
pemahaman siswa.
-
Pengaturan
Kondisi Kelas
Teori konstruktivisme modern
menekankan pada hakekat sosial dalam pembelajaran. Siswa belajar melalui
interaksi dengan orang dewasa dan teman sebaya yang lebih mampu. Dalam hal ini
guru harus mampu menciptakan kondisi kelas yang memungkinkan siswa untuk belajar
dengan kelompok sosialnya. Dalam membagi kelompok belajar hendaknya siswa
dibagi secara heterogen berdasarkan kemampuannya, agar siswa yang kurang mampu
dapat belajar pada teman yang lebih mampu.
-
Penyiapan
Siswa
Dalam pembelajaran dengan
pendekatan konstruktivisme salah satu peran penting guru adalah membantu siswa
untuk membangun pengetahuannya sendiri melalui pengalaman belajar. Untuk itu
guru hendaknya menyiapkan siswa dan mengajak siswa untuk menggunakan strategi
belajar mereka sendiri sehingga mereka menemukan dan menerapkan ide-ide mereka
sendiri.
-
Penyiapan
Kondisi Guru
Salah satu peran penting guru
di dalam kelas, tidak hanya memberikan pengetahuan kepada siswa, melainkan
membantu siswa untuk membangun pengetahuannya sendiri melalui pengalaman
belajar. Cara yang dapat dilakukan oleh guru adalah memberikan kesempatan
kepada siswa untuk menemukan dan menerapkan sendiri ide-idenya. Guru berperan
sebagai fasilitator. Guru memantau aktivitas siswa.
-
Penyusunan
Rencana Pembelajaran
Agar proses pembelajaran
berjalan dengan lancar dan tujuan dapat tercapai, hendaknya guru menyusun
rancangan pembelajaran yang sesuai dengan strategi yang akan dilaksanakan.
Strategi pembelajaran dengan pendekatan konstruktivisme menekankan pada
aktivitas siswa, untuk itu di dalam rencana pembelajaran, guru hendaknya
merancang langkah-langkah pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas siswa.
0 Response to "Pendekatan Konstruktivisme Dapat Meningkatkan Pemahaman Siswa Materi Sistem Tata Surya Siswa Kelas VI BAB V"
Post a Comment