Contoh Judul PTK TK/RA/SLB

Judul PTK TK/RA
Sosialisasi dan persepsi orang tua dalam upaya pengembangan kepribadian anak usia pra sekolah (studi kasus di lembaga pendidikan pra sekolah play group (PG) & taman kanak-kanak islam unggulan (TKIU) .................)

Upaya peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui media bermain lempar dadu huruf pada anak tunagrahita kelas b semester i di taman kanak-kanak .......................... tahun pelajaran 2010/2011


Judul PTK SLB
PENERAPAN METODE ABA (APPLIED BEHAVIOR ANALYSIS) DENGAN MEDIA KARTU BERGAMBAR DAN BENDA TIRUAN SECARA SIMULTAN UNTUK MENINGKATKAN PENGENALAN ANGKA PADA SISWA KELAS II DI SDLB .................. TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Aplikasi model pembelajaran role playing (bermain peran) dengan menggunakan stimulasi kecerdasan kinestetik untuk meningkatkan kemampuan Activity Daily Living (ADL) anak tunadaksa di SDLB D.......................... tahun ajaran 2009/2010

Latihan bina persepsi bunyi dan irama meningkatkan kemampuan berbicara anak tuna rungu wicara kelas III SLB Negeri ........................

Media kartu bergambar dapat meningkatkan kemampuan pengenalan huruf bagi anak SDLB C1 Kelas II Di SLB ABC ........... Tahun Pelajaran 2009/2010

Meningkatkan efektifitas belajar mengajar dengan menerapkan “media gambar” guna membantu perbendaharaan kata bagi siswa tuna rungu wicara Kelas VII SLB ABC ................. tahun ajaran 2008 – 2009

Meningkatkan Gerak Motorik Halus Pada Jari – Jari Tangan Melalui Ketrampilan Kolasesiswa Tuna Grahita Ringan Kelas II SLB C................Tahun Pelajaran 2008/2009

Meningkatkan kemampuan komunikasi lisan melalui pendekatan komunikatif dalam pengajaran bahasa indonesia bagi anak tunagrahita ringan kelas VII SLB/C-................. tahun 2009

Meningkatkan kemampuan memahami bacaan pada pelajaran bahasa indonesia dengan media sistem isyarat bahasa indonesia (SIBI) siswa kelas dasar 2 ( d2 ) SLB-B ................ tahun pelajaran 2008/2009

Meningkatkan kemampuan membaca dengan menggunakan metode SAS pada siswa tunagrahita kelas III SLB ............ tahun pelajaran 2008/2009

Meningkatkan kemampuan menghafal Alquran surat alfatihah melalui media strip story pada anak Tunarungu kelas iii SDLB-b di SLB-b................ tahun pelajaran 2008-2009

Meningkatkan kemampuan menyusun struktur kalimat Berbasis EYD melalui metode maternal reflektif bagi anak tunarungu di kelas D5 SLB-B ................ Tahun Pelajaran 2008/2009

Meningkatkan kemandirian melalui pembelajaran bina diri siswa tuna grahita kelas IV semester II DI SLB/C ............ tahun pelajaran 2008/2009

Meningkatkan kemempuan berorientasi dan mobilitas dengan peta timbul bagi anak SDLB Tunanetra kelas 1 di SLB ABC ................. tahun 2009/2010

Meningkatkan prestasi belajar matematika dengan Alat bantu hitung sempoa bagi siswa tuna netra Kelas D2 SLB/a YKAB ................... Tahun pelajaran 2008/2009

Meningkatkan prestasi belajar matematika dengan menggunakan media gambar bagi siswa tunagrahita kelas D2 di SLB-C .............. tahun pelajaran 2008/2009

Meningkatkan prestasi belajar matematika dengan menggunakan media VCD bagi anak tunarungu kelas D2 di SLB-B ....... tahun pelajaran 2009/2010

Meningkatkan prestasi belajar Matematika pada pokok bahasan Geometri melalui media Geoboard pada siswa tuna netra kelas D-2 semester 2 SLB-A ............. Tahun Pelajaran 2008/2009”

Meningkatkan prestasi belajar membaca bahasa Indonesia melalui pembelajaran kelompok siswa tuna grahita ringan kelas IV SLB negeri ........... 2008/2009

Metode maternal reflektif untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak tuna rungu kelas 3 SLB-B............ Tahun 2009/2010

Pemakaian media gambar untuk meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran ips dalam mengenal mata angin pada siswa kelas VII SMPLB –C SLB-B/C................. tahun ajaran 2008 / 2009

Penerapan alat peraga pohon bilangan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika pada siswa kelas d2 slb/c ypslb ...... tahun pelajaran 2008/2009

Penerapan media gambar untuk meningkatkan perbendaharaan kata pada siswa tuna grahita ringan kelas dasar ii slb/c ......... tahun pelajaran 2008/2009

Penerapan Media Kartu Bilangan Untuk Meningkatkkan Pemahaman Konsep Bilangan Pada Anak Tuna Grahita Kelas 1 Slb-B,C .............. Tahun 2008/2009

Penerapan media zigzag untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan siswa tunagrahita ringan kelas I di SLB-BINA ......................

Penerapan metode maternal reflektif Untuk meningkatkan prestasi belajar bidang studi Bahasa Indonesia bagi anak tunarungu kelas II SLB Negeri .................... tahun ajaran 2008/2009

Penerapan metode pembelajaran CTL untuk meningkatkan prestasi belajar IPA pada pokok bahasan tempat hidup makhluk hidup siswa kelas Ii Slb-B ................ tahun pelajaran 2008 / 2009

Penerapan Pembalajaran Bina Diri Untuk Meningkatkan Kemandirian Anak Tunagrahita Kelas 3 SLB C Bina ............... Tahun Pelajaran 2008/2009

Penerapan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan prestasi belajar IPS pada siswa kelas IV tunagrahita ringan di SLB Bina ............ .... tahun pelajaran 2008/2009

Penerapan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan prestasi belajar IPS pada siswa kelas IV tunagrahita ringan di SLB Bina .........tahun pelajaran 2008/2009

Penerapan Program Remedial Pelajaran Bahasa Indonesia Dengan Pendekatan Multisensori Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pada Siswa Tuna Grahita Kelas IV Di SLB  ......... Tahun Pelajaran 2008/2009

Penerapan program remedial pelajaran bahasa indonesia dengan pendekatan multisensory untuk meningkatkan keterampilan membaca pada siswa tuna grahita Kelas iv di slb ................ tahun pelajaran 2008/2009

Pengajaran bina wicara untuk meningkatkan kemampuan berbahasa lisan di bidang Bahasa Indonesia bagi anak tuna rungu wicara kelas d5 SLB ................ Tahun ajaran 2008/2009

Pengaruh Bimbingan Belajar Ketrampilan Bina Diri Anak Tuna Daksa Terhadap Peningkatan Kemandirian Siswa SDLB D-1 SLB .................. Tahun 2006/2007

Pengaruh bimbingan belajar ketrampilan bina diri anak Tuna Daksa terhadap peningkatan kemandirian siswa SDLB D-1 SLB................... Tahun 2006/2007 

Pengaruh gerak dasar pada pendidikan jasmani adaptif dalam meningkatkan kemampuan motorik anak tuna rungu di slb b/c yayasan pembina sekolah luar biasa (YPSLB) ..............

Pengaruh media ‘mahir math SD 05’ terhadap peningkatan prestasi belajar matematika anak tunarungu kelas D5 SLB-B YRTRW Surakarta tahun ajaran 2008/2009

Pengaruh metode inkuiri dengan teknik mind map terhadap peningkatan prestasi belajar IPA pada siswa tuna rungu wicara kelas VIII SMP di SLB-B ............ tahun ajaran 2009/2010

Pengaruh metode membaca teknik dalam pengajaran Bahasa Indonesia terhadap kemampuan berbicara anak tuna rungu kelas V di SLB-B ........................ tahun ajaran 2004/2005

Pengaruh metode simulasi peran terhadap peningkatan prestasi belajar matematika anak tunagrahita ringan kelas vi slb-c...................a Tahun ajaran 2009/2010 

Pengaruh Model Permainan Sebagai Media Simulasi Untuk Pencapaian Prestasi Ranah Afektif Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di SLB-C ........... Tahun Ajaran 2005/2006

Pengaruh model permainan sebagai media simulasi untuk pencapaian prestasi ranah afektif dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SLB-C............tahun ajaran 2005/2006

Pengaruh modifikasi perilaku melalui model penguatan positif dan penghapusan terhadap peningkatan prestasi belajar matematika anak tuna grahita ringan kelas i Smplb/y...... tahun ajaran 2008/2009

Pengaruh modifikasi perilaku melalui teknik tabungan kepingan (token economic) terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas IV DI SLB-D ................ tahun ajaran 2006/2007

Pengaruh pengajaran remedial dengan menggunakan metode pemberian tugas terhadap peningkatan prestasi belajar matematika anak tunarungu kelas dasar ii SLB B .............. tahun ajaran 2009/2010 

Pengaruh penggunaan media belajar puzzle dalam proses pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika siswa tingkat dasar kelas III SLB-C .................. tahun ajaran 2002/2003

Pengaruh Penggunaan Media Cerita Bergambar Terhadap Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak Tunagrahita Kelas D5 YPSLB-....................Tahun Pelajaran 2006/2007

Pengaruh penggunaan media menara hitung terhadap prestasi belajar matematika anak tunagrahita ringan kelas D3 SLB C .................... tahun ajaran 2009/2010

Pengaruh penggunaan vcd game animasi cermatika sebagai media yang atraktif dan interaktif terhadap prestasi belajar matematika anak tunagrahita ringan kelas D2 SLB-C ................tahun ajaran 2009/2010. 

Penggunaan Metode Cantol Roudhoh Untuk Meningkakan Hasil Belajar Membaca Permulaan Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas D 1 / C Slb/B-C.............. Tahun Pelajaran 2008 / 2009 

Penggunaan alat peraga gambar untuk meningkatkan prestasi belajar membilang mata pelajaran matematika bagi siswa tunarungu wicara kelas satu SLB negeri ........ tahun pelajaran 2008/2009 

Penggunaan alat peraga anggota tubuh untuk meningkatkan Prestasi belajar mata pelajaran ilmu pengetahuan alam Siswa kelas D-1C pada semester II slb .......... tahun ajaran 2008/2009 

Penggunaan alat peraga sipoa untuk meningkatkan Prestasi belajar mata pelajaran matematika siswa Kelas d2-c semester II slb ................ tahun ajaran 2008/2009 

Penggunaan media animasi berbasis pendekatan komunikasi total untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada anak tunarungu kelas dasar v di slb-b .........tahun ajaran 2009/2010

Penggunaan media bola dan balok untuk meningkatkan penguasaan konsep bangun ruang siswa kelas I Tunagrahita SLB Negeri ................ Tahun 2009 / 2010

Penggunaan media gambar dalam bina wicara (speech therapy) untuk meningkatkan kemampuan berbahasa di kelas DII SLB/B Negeri ............. tahun ajaran 2009

Penggunaan Media Gambar Guna Meningkatkan Ketrampilan Membaca Permulaan Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Tuna Grahita Kelas I Slb – C ......... Tahun Pelajaran 2008/2009 

Penggunaan media komputer untuk meningkatkan perbendaharaan kata anak tunarungu wicara kelas D1-B SLB Negeri ....................

Penggunaan metode aisma untuk meningkatkan prestasi belajar membaca permulaan mata pelajaran bahasa indonesia bagi anak tuna rungu wicara kelas 2 sekolah dasar luar biasa di slb .................tahun 2008/2009

Penggunaan metode al-barqy untuk membaca huruf hijaiyah pada anak tunarungu wicara kelas VIII SMP di SLB B ................ tahun ajaran 2009/2010

Penggunaan metode bermain peran sebagai upaya peningkatan kemampuan mengenal jenis-jenis kegiatan ekonomi bagi siswa kelas IV tunagrahita ringan SLB Negeri ......... Tahun 2008/2009

Penggunaan Metode Drill Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Bahasa Indonesia Kelas D2/C Slb B-C Ypaalb ............... Tahun Pelajaran 2008/2009

Penggunaan Metode Problem Solving Pada Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Ipa Siswa Tunagrahita Sedang Kelas Viii Slb B-C Ypasp ..........Tahun 2008 / 2009

Penggunaan metode struktural analitik sintetik (SAS) meningkatkan prestasi belajar membaca permulaan pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas D4C SLB BC YPASP ................ Semester II tahun ajaran 2008/2009

Penggunaan musik dan puisi melalui musikalisasi puisi untuk mengatasi agresi verbal pada siswa kelas VIB SLB E .................. tahun ajaran 2009/2010

Peningkatan hasil belajar pendidikan jasmani dan kesehatan dengan menggunakan tehnik orientasi mobilitas bagi anak tuna netra di slb-a ...................... Tahun 2008/2009

Peningkatan Prestasi Belajar IPA Melalui Metode Inkuiri Pada Siswa Kelas V Slb-A Ykab ................ Tahun Pelajaran 2009/2010

Peningkatan prestasi belajar membaca pemahaman dengan pendekatan keterampilan proses pada siswa kelas v tuna grahita slb negeri ............. tahun pelajaran 2008/2009

Peningkatan kemampuan bersosialisasi melalui olahraga permainan bagi anak tuna grahita kelas V/C pada SLBC-YPAALB ..................... tahun 2008/2009

Peningkatan kemampuan bicara melalui BKPBI pada anak tuna rungu kelas D III B di SLB / B-........................... tahun 2009 

Peningkatan kemampuan kognitif anak melalui permainan kartu angka dan gambar siswa kelas persiapan tunarungu wicara SLBN ............. Tahun 2009 / 2010 

Peningkatan Kemampuan Komunikasi Melalui Latihan Bina Wicara Pada Anak Tuna Rungu Wicara Di Slb-B .............. Tahun Ajaran 2008/2009

Peningkatan kemampuan matematika melalui Media permainan kartu berhitung Bagi anak tuna grahita ringan kelas IV SLB Negeri ..............

Peningkatan kemampuan membaca permulaan Bahasa Indonesia dengan menggunakan media permainan kartu huruf pada anak tuna grahita kelas D II SLB negeri ..... tahun ajaran 2008/2009 

Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui pembelajaran yang menggunakan nedia kartu kata pada siswa Tunagrahita ringan kelas DIII C SLB Negeri ............... Tahun Pelajaran 2009/2010

Peningkatan kemampuan menjumlah bidang studi matematika dengan media benda nyata Pada anak tunagrahita ringan kelas II SLB-C ..................

Peningkatan kemampuan menyusun kalimat bahasa indonesia melalui media gambar pada anak tuna grahita ringan kelas IV SLB-C ....................tahun ajaran 2008 / 2009

Peningkatan kemampuan motorik halus Sebagai persiapan menulis permulaan Melalui keterampilan kolase Pada anak tunagrahita ringan Kelas 1 di SLB Negeri ............ Tahun pelajaran 2009/2010 

Peningkatan kemampuan operasi penjumlahan melalui media kartu bilangan pada anak tunagrahita kelas 1C SLB B, C – ................ Tahun ajaran 2009/2010

Peningkatan Ketrampilan Berbicara Konsonan “S” Melalui Metode Demonstrasi Pada Anak Tunarungu Wicara Di Kelas Vii Smp Lb-B .............

Peningkatan kualitas pembelajaran ips melalui Model cooperative learning tehnik student Teams achievement division ( stad ) kelas ix/c Di slb b – c ypaalb .............tahun pelajaran 2008/2009

Peningkatan penguasaan kosa kata bahasa indonesia melalui media lagu anak-anak pada siswa tuna grahita kelas 1 SLB-C .................. tahun 2008/2009

Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas Iii Slb Negeri ................ Tahun Pelajaran 2009/2010

Peningkatan Prestasi Belajar Ips Dengan Menggunakan Media Foto Tokoh Pahlawan Pada Siswa Kelas V Slb – C ................... Tahun Pelajaran 2008/2009 

Peningkatan prestasi belajar matematika melalui teknik pemberian tugas pekerjaan rumah pada siswa tuna grahita kelas III SLB-C ....................... tahun pelajaran 2008/2009

Peningkatan prestasi belajar matematika penjumlahan bilangan melalui alat peraga pusel bagi siswa Tunagrahita ringan kelas ii di slb / c .................. 

Peningkatan prestasi belajar matematika tentang penjumlahan dan pengurangan melalui pengajaran remedial bagi anak tunagrahita ringan di kelas II SLB Negeri .................. semester II tahun 2008/2009 

Peningkatan prestasi belajar membaca permulaan dengan media pembelajaran kartu kata untuk anak tunagrahita ringan kelas II SLB Negeri .................tahun pelajaran 2008/2009

Peningkatan prestasi belajar penjumlahan mata pelajaran matematika dengan media papan hitung pada siswa kelas IV c slb b, c - autis Bina Asih Surakarta tahun ajaran 2009/2010

Upaya meningkatkan prestasi belajar matematika Penjumlahan bersusun melalui demonstrasi media Kubus bagi siswa kelas v slb-c ........................tahun pelajaran 2008/2009 

Upaya meningkatkan prestasi belajar membaca Melalui media gambar pada siswa tuna grahita Kelas II SLB .......................

UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGOPERASIKAN HIMPUNA BILANGAN 1-10 MELALUI MEDIA GAMBAR PADA ANAK TUNA RUNGU DI KELAS DASAR II SLB .............................. TAHUN PELAJARAN 2009/2010 

Upaya mengatasi hiperaktivitas melalui pemberian laya Bimbingan pribadi sosial pada anak gangguan pemusat Perhatian kelas I SLB/C...................Tahun Pelajaran 2008/2009 

Upaya mengatasi kesulitan belajar penggunaan uang melalui pengoptimalan kegiatan kelompok belajar dalam bidang studi matematika bagi siswa kelas VII SMPLB Tunagrahita ringan SLB Negeri ......................tahun 2008/2009

Upaya mengatasi kesulitan pembentukan bunyi bahasa melalui penggunaan media air dan madu pada pembelajaran bina wicara bagi siswa tunarungu kelas d1 SLB-B ........ tahun 2008-2009 

Upaya meningkatkan kemampuan membaca dalam mata pelajaran bahasa indonesia melalui penggunaan media gambar bagi siswa kelas V semester II SLB/C YPALB ......... tahun pelajaran 2008/2009 

Upaya Meningkatkan Ketrampilan Bicara Melalui Karya Wisata Bagi Anak Tunarungu Kelas D2 Slb B-C .................... Tahun Ajaran 2008/2009 

Upaya meningkatkan minat belajar ipa anak tuna grahita dengan media gambar hewan berkaki empat pada siswa kelas iv c1 slb-C ...................tahun ajaran 2008/ 2009

Upaya meningkatkan minat belajar membaca permulaan melalui pembelajaran yang menerapkan alat peraga gambar dan kartu huruf bagi siswa kelas II SLB-C .............. tahun 2008/2009

Upaya meningkatkan prestasi belajar berhitung matematika dengan menggunakan metode jarimatika pada siswa Kelas Dasar I SLB-A ...................... Tahun Pelajaran 2008/2009 

Upaya meningkatkan prestasi belajar ilmu pengetahuan alam melalui metode karyawisata pada anak tuna grahita kelas dasar III SLB – C ...............................

Upaya meningkatkan prestasi belajar IPA tentang penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya dengan model pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan bagi anak tunagrahita kelas VII di SLB ............................. tahun 2009

Upaya meningkatkan prestasi belajar matematika melalui latihan sensomotorik pada anak tuna grahita Kelas Dasar I SLB ........................... tahun 2008-2009

Upaya meningkatkan prestasi belajar matematika melalui media gambar bergerak pada anak tuna grahita kelas ii slb – c ........................ tahun ajaran 2008/2009

Upaya meningkatkan prestasi belajar matematika pada pembelajaran perkalian dan pembagian melalui penggunaan meteran bagi anak tunagrahita ringan kelas IV SLB Negeri ................. ta 2008/ 2009

Upaya meningkatkan prestasi belajar membaca permulaan melalui media gambar pada anak tuna grahita ringan kelas d1 slb-c .................... th. 2008/2009

Upaya meningkatkan prestasi belajar mengarang dengan metode CTT (contextual teaching and learning) siswa Kelas V tuna rungu wicara SLB ................... Tahun pelajaran 2008/2009

Upaya peningkatan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial kompetensi dasar mengenal lingkungan buatan dengan menggunakan teknik orientasi mobilitas bagi peserta didik kelas iii semester ii di SLB-A .......................tahun 2008/2009

Upaya Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan Melalui Latihan Motorik Halus Dengan Menggunakan Keterampilan Mosaics Pada Siswa Autis Kelas I Semester I Di SLB Autis ............. Tahun Pelajaran 2010/2011

Upaya peningkatan kemampuan menyusun kalimat melalui pemanfaatan alat peraga pias-pias kata bagi siswa kelas D 5 SLB/C ...................semester II tahun ajaran 2008/2009

Upaya Peningkatan Kemampuan Penguasaan Kosa Kata Melalui Media Gambar Pada Anak Tunarungu Wicara Kelas Iii Slb/ B-C Yayasan ............ Tahun Pelajaran 2008 /2009 

Upaya Peningkatan Kemampuan Siswa Dalam Menulis Struktur Kata Melalui Penggunaan Media Gambar Bagi Siswa Tunagrahita Kelas Dii Semester Ii Di Slb B-C ..............Tahun Pelajaran 2009/2010

Upaya peningkatan motivasi dan hasil belajar matematika dan bahasa Indonesia dalam pembelajaran tematik melalui penerapan media origami untuk anak tunarungu wicara kelas dasar 1 SLB-B .................... tahun ajaran 2009/2010

Upaya peningkatan prestasi belajar Matematika dalam penjumlahan melalui permainan dakon pada anak hiperaktif kelas III di SLB – BC .................. Tahun 2008 / 2009

Upaya peningkatan prestasi belajar matematika Melalui alat peraga model bangun ruang dalam Pembelajaran anak tuna rungu Kelas D1 SLB – B ............ Tahun pembelajaran 2008/2009

Upaya peningkatan prestasi belajar Matematika melalui media grafis bagi siswa tunagrahita ringan kelas D2 semester II SLB – C ............... Tahun 2008/2009

Upaya peningkatan prestasi belajar operasi hitung perkalian pada pelajaran matematika dengan menggunakan jarimatika bagi siswa tunarungu wicara kelas III SLB Negeri ............... tahun pelajaran 2008/2009

Upaya untuk meningkatkan presatasi belajar matematika hitungan bilangan penjumlahan melalui pemanfaatan alat peraga buah-buahan bagi siswa kelas IV semester 2 SDLB tuna grahita ringan di SLB-C........................ tahun pelajaran 2008 /2009

2 Responses to "Contoh Judul PTK TK/RA/SLB"