MODUL PELATIHAN DOKCIL BAB III

BAB III
KEGIATAN
PELATIHAN DOKTER KECIL
A.      TUJUAN
Tujuan umum : mengubah perilaku anak sekolah agar anak sekolah terbiasa hidup bersih dan sehat dalam keidupan sehari-hari, baik di sekolah maupun di rumah. Dengan demikian akan terciptalah budaya hidup ehat di lingkungan sekolah.
Tujuan khusus : memberikan pengetahuan dan ketrampilan pada anak sekolah di bidang kesehatan, mendidik anak sekolah agar lebih peduli dan mau melaksanakan serta membimbing teman sesama untuk  menjalankan pola hidup bersih sehat.

B.      PESERTA
Peserta pelatihan dokter keci adalah anak sekolah  dasar

C.      SUMBER DANA
Sumber dana pelaksanaan pelatihan dokter kecil berasal dari BOK(bantua operasional kesehatan)

D.      PETUNJUK TEKNIS PELAKSANAAN

1.     Pelatihan dibagi dalam tiga tahap yaitu : tahap I(screening), tahap II (bimbingan intensive), tahap III pemantapan.
        Tahap pertama di ikutkan 46 peserta perwakilan dari masing-masing SD se kecamatan Bawang, dalam tahap I dilakukan screening dan menyisahkan 10 peserta denga nilai post tes trtinggi, pda tahap II, 10 pesrta di berikan materi dokter kecil secara intensive, dan kemudian dilakukan  screening tahap II dan menyisahkan 2 peserta dengan nilai post tes tertinggi  di tahap II. dua peserta yng lolos  screening tahap II akan masuk tahap III yaitu pemantapan  materi dan disiapkan untuk ikut lomba dokter kecil tingkat kabupaten 


2.Materi Pelatihan
- Gizi anak sekolah                            - Kecacingan
- Kesehatan gigi dan mulut               - THT
- PSN                                                - Flu burung
- Demam berdarah,malaria                - P3K
- Kantin sehat                                    - UKBM
                 - Kesling                                            - Imunisasi
                 - PHBS Istitusi Pendidikan                 - Mata

3.Tim Pengajar
Tim pengajar adalah tenaga kesehatan yang telah mendapat delegasi Dari kepala UPTD untuk melaksanakan tugas pembimbingan,mempuyai ketrampilan dan kompetensi dalam bidangnya,team pengajar antara lain
a.Petugas UKS
b.Dokter puskesmas
c.Perawat BP
d.Bidan koordinator KIA
e.Petugas Gizi
f.Petugas Laboratorium
g.Petugas PROMKES
h.Petugas KESLING


4.Waktu pelasanaan
Pelaksanaan Pelatihan dokter Kecil dilaksankan setahun sekali , dan dilakukan pembimbingan setiap bulanya,jadwal kegitan disusun berdasarkan oordinasi antara pihak puskesmas dengan UPT DISDIKPORA dan sekolah yang mengirimkan prwakilan peserta.

0 Response to "MODUL PELATIHAN DOKCIL BAB III"

Post a Comment