BAB IV
HASIL
PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Deskripsi
awal
Pada
pembelajaran awal belum digunakan pendekatan konstruktivisme. Guru masih
mendominasi pembelajaran dengan metode ceramah yang diselingi dengan tanya
jawab. Alat peraga yang disediakan guru tidak dimanfaatkan secara maksimal, siswa
tidak diberi kesempatan untuk mengkonstruksi pengetahunnya dengan alat peraga
tersebut. Dalam kegiatan pembelajaran, siswa pasif. Strategi pembelajaran yang
diterapkan tidak dapat menarik minat siswa sehingga pembelajaran tidak
bermakna. Pemahaman siswa terhadap materi sistem tata surya masih rendah. Siswa
yang mencapai nilai tuntas (>75) hanya 57 %.
B. Hasil
dan Pembahasan Tiap Siklus
1. Hasil
Penelitian Siklus I
Perbaikan
pembelajaran siklus I digunakan pendekatan konstruktivisme. Guru berperan
sebagai fasilitator, siswa diberi kesempatan untuk mengkonstruksi pengetahuan
bersama kelompoknya melalui diskusi terbuka. Langkah - langkah dalam
pelaksanaan tindakan dapat diuraikan sebagai berikut. Diberikan penjelasan
tentang tujuan pembelajaran dan pengantar materi. Diperagakan pula cara
pengguaan alat peraga model tata surya. Siswa dibagi dalam beberapa kelompak
(tiap kelompok 4-5 siswa), kemudian dibagikan model tata surya dan lembar
pengamatan. Siswa melaksanakan diskusi kelompok dan mengisi lembar pengamatan.
Dengan diskusi kelompok siswa mengamati, mencoba, dan menyimpulkan hal–hal yang
berhubungan dengan tata surya. Setelah diskusi kelompok siswa diminta untuk
mempresentasikan hasil diskusi melalui perwakilan kelompoknya. Pada akhir
kegiatan diadakan tes formatif.
Hasil
tes formatif siklus I dapat dilihat pada tabel berikut ini.
DAFTAR
NILAI TES FORMATIF SIKLUS I
No
|
Nama Siswa
|
Nilai Pertemuan
1
|
Nilai Pertemuan
2
|
Nilai Pertemuan
3
|
Nilai
Rata-rata
|
1.
|
Okta Setiawan
|
87
|
80
|
87
|
84,7
|
2.
|
Ahmat Fatta S
|
93
|
87
|
100
|
93,3
|
3.
|
Bambang W
|
93
|
100
|
87
|
93,3
|
4.
|
Cahyono Dwi N
|
100
|
87
|
93
|
93,3
|
5.
|
Ichsan Budiyanto
|
80
|
60
|
100
|
80
|
6.
|
Yudhi Adhi P
|
93
|
60
|
100
|
84,3
|
7.
|
Yuni Ega M
|
100
|
73
|
100
|
91
|
8.
|
Yulia Putri P
|
80
|
73
|
73
|
75,3
|
9.
|
Novi Damayanti
|
100
|
80
|
100
|
93,3
|
10.
|
Elfana
|
87
|
80
|
87
|
84,7
|
11.
|
Elfani
|
100
|
67
|
87
|
84,7
|
12.
|
Sangkar Yoza M
|
80
|
67
|
87
|
78
|
13.
|
Setia Duwi A
|
53
|
47
|
60
|
53,3
|
14.
|
Ani Dwi Astuti
|
93
|
67
|
100
|
86,7
|
15.
|
Dina Tri Rahayu
|
67
|
60
|
100
|
75,7
|
16.
|
Islah Dhani A
|
100
|
87
|
100
|
95,7
|
17.
|
Kirana Kondang
|
100
|
93
|
87
|
93,3
|
18.
|
Novtarina C M
|
100
|
67
|
87
|
84,7
|
19.
|
Priskila Y
|
87
|
93
|
100
|
93,3
|
20.
|
Septania Nanda A
|
67
|
60
|
87
|
71,3
|
21.
|
Dian Eka S
|
93
|
73
|
100
|
88,7
|
|
Nilai Tertinggi
|
100
|
100
|
100
|
|
|
Nilai Terendah
|
53
|
47
|
60
|
|
|
Nilai Rata-rata
|
88,2
|
74,3
|
91,5
|
|
|
Prosentase
Ketuntasan
|
85,7 %
|
47 %
|
91,5 %
|
73 %
|
2. Pembahasan
Hasil Siklus I
Dalam
perbaikan pembelajaran siklus I ditemukan adanya kekuatan dan kelemahan dalam proses
pembelajaran yang diamati oleh observer. Kekuatan yang ditemukan pada perbaikan
pembelajaran siklus I misalnya guru sudah dapat membangkitkan motivasi dengan
menyampaikan tujuan pembelajaran, menghubungkan materi pelajaran sekarang
dengan materi sebelumnya, guru berpenampilan menarik, dan melaksanakan
perbaikan dengan segera. Selain ditemukan beberapa kekuatan dalam proses
pembelajaran juga ditemukan beberapa kelemahan, antara lain guru kurang dapat
mengaktivkan diskusi kelompok, membimbing ketrampilan proses, membimbing siswa
dalam menyimpulkan hasil pengamatan, dan kurang membimbing siswa dalam
mengkomunikasikan hasil pengamatan.
Dalam
perbaikan pembelajaran siklus I pemahaman siswa terhadap materi juga meningkat.
Hal ini dapat diketahui dari hasil tes formatif. Pada pembelajaran awal
prosentase ketuntasan 57 % meningkat menjadi 73 % pada perbaikan pembelajaran
siklus I, dan nilai rata-rata kelas yang semula 67 menjadi 84,66.
3. Hasil
Penelitian Siklus II
Perbaikan
pembelajaran siklus II berdasarakan hasil refleksi pada perbaikan pembelajaran
siklus I. Kegiatan pertama yang dilakukan adalah menyusun RPP, menyiapkan
sarana dan prasarana pembelajaran, menyiapkan instrumen pengamatan dan
instrumen tes.
Dalam
pelaksanaan tindakan juga digunakan pendekatan konstruktivisme. Pelaksanaan
tindakan difokuskan pada pelaksanaan diskusi kelompok. Guru berusaha untuk
mengaktivkan diskusi agar semua siswa terlibat dalam pelaksanaan diskusi. Guru
membimbing siswa untuk mengkonstruksi pengetahuan bersama kelompoknya. Guru
membimbing siswa dalam ketrampilan proses, menyimpulkan hasil pengamatan dan
membimbing siswa dalam mengkomunikasikan hasil pengamatan. Dengan bimbingan
guru sebagai fasilitator ternyata dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar
siswa. Berikut adalah hasil tes formatif siklus II.
DAFTAR NILAI TES
FORMATIF SIKLUS II
No
|
Nama Siswa
|
Nilai Pertemuan
1
|
Nilai Pertemuan
2
|
Nilai Pertemuan
3
|
Nilai
Rata-rata
|
1.
|
Okta Setiawan
|
73
|
93
|
93
|
86,3
|
2.
|
Ahmat Fatta S
|
80
|
80
|
93
|
84,3
|
3.
|
Bambang W
|
100
|
93
|
100
|
97,7
|
4.
|
Cahyono Dwi N
|
100
|
100
|
100
|
100
|
5.
|
Ichsan Budiyanto
|
80
|
93
|
100
|
91
|
6.
|
Yudhi Adhi P
|
100
|
100
|
93
|
97,7
|
7.
|
Yuni Ega M
|
87
|
100
|
100
|
95,7
|
8.
|
Yulia Putri P
|
87
|
80
|
93
|
86,7
|
9.
|
Novi Damayanti
|
80
|
100
|
87
|
89
|
10.
|
Elfana
|
87
|
93
|
100
|
93,3
|
11.
|
Elfani
|
87
|
93
|
100
|
93,3
|
12.
|
Sangkar Yoza M
|
80
|
93
|
100
|
91
|
13.
|
Setia Duwi A
|
40
|
87
|
87
|
71,3
|
14.
|
Ani Dwi Astuti
|
100
|
93
|
100
|
97,7
|
15.
|
Dina Tri Rahayu
|
80
|
100
|
47
|
75,7
|
16.
|
Islah Dhani A
|
100
|
100
|
100
|
100
|
17.
|
Kirana Kondang
|
93
|
100
|
87
|
93,3
|
18.
|
Novtarina C M
|
93
|
100
|
87
|
93,3
|
19.
|
Priskila Y
|
100
|
100
|
100
|
100
|
20.
|
Septania Nanda A
|
60
|
100
|
100
|
86,7
|
21.
|
Dian Eka S
|
73
|
100
|
100
|
91
|
|
Nilai Tertinggi
|
100
|
100
|
100
|
|
|
Nilai Terendah
|
40
|
80
|
47
|
|
|
Nilai Rata-rata
|
84,8
|
95
|
93,7
|
|
|
Prosentase
Ketuntasan
|
80,9 %
|
100 %
|
95,2 %
|
92 %
|
4. Pembahasan Hasil Siklus II
Hasil observasi pada perbaikan
pembelajaran siklus II menunjukkan kemajuan. Siswa sudah mempunyai keberanian
untuk bertanya, mengemukakan pendapat, dan menjawab pertanyaan baik dari guru
maupun teman. Aktivitas siswa dalam
proses pembelajaran meningkat, antusiasisme siswa terhadap materi juga
meningkat sehingga pemahaman siswa terhadap materi juga meningkat. Hal ini
dapat diketahui dari hasil tes formatif. Rata-rata nilai yang semula 84,66
meningkat menjadi 91,16. Prosentase ketuntasan yang semula 73 % meningkat
menjadi 92 %.
C. Pembahasan
Antar Siklus
Berdasarkan data
kualitatif yang diperoleh melalui pengamatan observer maupun data kuantitatif
yang diperoleh melalui tes tertulis diperoleh data sebagai berikut. Pada
perbaikan pembelajaran siklus I data aktivitas siswa dalam hal mengajukan
pendapat dan mengajukan pertanyaan dengan kategori kurang. Siswa tidak punya
keberanian untuk mengemukakan pendapat dan mengajukan pertanyaan. Pada
perbaikan pembelajaran siklus I juga diperoleh data kuantitatif sebagai
berikut. Nilai rata-rata pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 17,66 dari
pembelajaran awal 67 menjadi 84,66. Prosentase ketuntasan pada perbaikan
pembelajaran siklus I meningkat 16 % dari pembelajaran awal sebesar 57 %
menjadi 73 %. Penelitian dianggap sudah
berhasil apabila prosentase ketuntasan mencapai 80 % jumlah siswa dalam kelas
dengan KKM 75. Karena pada perbaikan pembelajaran siklus I prosentase
ketuntasan baru mencapai 73 % maka perbaikan pembelajaran dilanjutkan pada
siklus II.
Pada
dasarnya pelaksanaan tindakan pada siklus II tidak jauh berbeda dengan
pelaksanaan tindakan pada siklus I. Tindakan pada siklus II berdasarkan hasil
refleksi pada tindakan siklus I. Kekurangan atau kelemahan yang ditemukan pada
siklus I disempurnakan pada tindakan siklus II. Jika pada siklus I dilaksanakan
diskusi terbuka maka pada siklus II dilaksanakan diskusi terbimbing. Pada
siklus II guru berusaha membimbing ketrampilan proses sehingga hasil belajar
siswa semakin meningkat. Rata-rata nilai tes formatif yang semula 84,66 meningkat
menjadi 91,16. Prosentase ketuntasan meningkat sebesar 25 % dari 73 % menjadi
92 %. Data kualitatif juga menunjukkan kemajuan. Siswa sudah mulai mempunyai
keberanian untuk mengemukakan pendapat dan menjawab pertanyaan baik dari guru
maupun teman.
Bardasarkan
hasil pembahasan tersebut maka disimpulkan bahwa tindakan pada siklus II mampu
mengoptimalkan hasil belajar siswa. Karena prosentase ketuntasan melebihi
indikator keberhasilan maka tindakan dinyatakan cukup sampai pada siklus II.
0 Response to "Pendekatan Konstruktivisme Dapat Meningkatkan Pemahaman Siswa Materi Sistem Tata Surya Siswa Kelas VI BAB IV"
Post a Comment