MODUL PELATIHAN DOKCIL BAB I

BAB I
PENDAHULUAN

A.      LATAR BELAKANG
Pembangunan kesehatan adalah bagian dari pembangunan nasional yang bertujuan meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.
Visi dari pembangunan kesehatan nasional adalah’’INDONESIA SEHAT 2010” untuk mencapai visi ini, Presiden RI pada tanggal 1 maret 1999 telah menetapkan strategi pembangunan nasional ”gerakan pembangunan berwawasan kesehatan” dengan tiga pilar Indonesia sehat yaitu:
1.     Lingkungan sehat
        Lingkungan yang kondusif bagi kesehatan: bebas polusi, ersedia air bersih, sanitasi lingkungan yang memadai, pemukiman sehat, tempat kerja sehat.
2.     Perilaku sehat
        Perilaku yang posistif memelihara dan meningkatkan kesehatan mencegah terjadinya resiko penyakit, melindungi diri dari anaman penyakit dan berperan aktif dalm gerakan sehat.
3.     Pelayanan kesehatan
        Pelayanan kesehatan yang bermutu,adil,dan merata,terajngkau oleh mayarakat.
Dalam mencapai tujuan pembangunan tersebut diatas pemerintah mengutamakan promotif dan preventif tanpa mengesampingkan curative dan rehabilitative. Program UKS merupakan salah satu program strategi untuk mencapai visi ”INDONESIA SEHAT 2010” melalui pertimbangan karena : masyarakat usia sekolah merupakan kelompok yang cukup besar yaitu 30%, penduduk di jawa tengah dan 39% penduduk di kabupaten batang, terorganisir dan mudah di intervensi, mempunyai daya ungkit untuk meningkatkan kesehatan keluarga dan masyarakat.

0 Response to "MODUL PELATIHAN DOKCIL BAB I"

Post a Comment