Pendekatan Konstruktivisme Dapat Meningkatkan Pemahaman Siswa Materi Sistem Tata Surya Siswa Kelas VI BAB III

BAB III
METODE PENELITIAN

A.    Lokasi dan waktu penelitian
Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 2 Karanganyar Kecamatan Karanganyar Kabupaten Kebumen Provinsi Jawa Tengah. Lokasi penelitian dipilih karena lokasi tersebut merupakan tempat penulis melaksanakan tugas sehari-hari sehingga tidak mengganggu tugas dinas dan aktivitas siswa sehari-hari.
Penelitian dilaksanakan selama 4 bulan, dimulai dari bulan Maret hingga Juni 2011.
B.     Subjek penelitian
            Subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas VI SD Negeri 2 Karanganyar tahun 2010/2011. Jumlah siswa 21 terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan.
C.     Prosedur penelitian
            Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang direncanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus dibagi dalam 3 kali pertemuan, tiap-tiap pertemuan dilaksanakan selama 2 jam pelajaran (2 x 35 menit). Tiap siklus terdiri dari 4 kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Kegiatan per siklus diuraikan sebagai berikut.
      Prosedur penelitian siklus I
1.      Perencanaan.
Perencanaan siklus I berdasarkan masalah yang terjadi dalam pembelajaran awal. Pada tahap perencanaan tindakan disusun serangkaian kegiatan sebagai berikut
a.           Menganalisis atau memilih materi pembelajaran.
b.          Membuat rencana pembelajaran (RPP).
c.            Menyiapkan sarana dan prasarana pembelajaran.
d.          Menyiapkan lembar pengamatan.
e.           Menyiapkan instrumen tes (soal, kunci jawaban, dan pedoman penilaian).

2.   Pelaksanaan Tindakan
Beberapa kegiatan yang dilakukan dalam tahap tindakan ini adalah
a.     Melakukan apersepsi dengan mengaitkan lingkungan sebagai sumber belajar.
b.     Menjelaskan tujuan pembelajaran.
c.     Menjelaskan kegiatan yang harus dilakukan.
d.     Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok (tiap kelompok 4-5 siswa), membagi lembar kerja kelompok, dan peraga model tata surya.
e.     Secara berkelompok siswa mencoba, mengamati, dan menyimpulkan hal-hal yang berhubungan dengan tata surya dengan bantuan model tata surya melalui diskusi terbuka.
f.      Presentasi hasil diskusi.
g.     Siswa menyimpulkan hasil diskusi.
h.     Siswa menyimpulkan materi.
i.      Siswa mengerjakan tes formatif.

3.   Observasi
Dilakukan observasi terhadap pelaksanaan tindakan. Observasi dilakukan oleh seorang observer untuk mengamati aktivitas siswa dalam mengkonstruksi pengetahuannya dan aktivitas guru sebagai fasilitator berlangsungnya kegiatan pembelajaran.
4.   Refleksi
      Tahap terakhir dalam pelaksanaan tindakan adalah dilakukan refleksi terhadap proses pembelajaran melalui lembar observasi dan refleksi terhadap hasil belajar siswa. Refleksi digunakan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan yang ada pada siklus yang telah dilalui. Hasil refleksi digunakan untuk mengubah strategi pembelajaran dan sebagai bahan perbaikan pada siklus berikutnya.
Prosedur penelitian siklus II
Berdasarkan hasil refleksi siklus I dirancang kegiatan sebagai berikut
1.   Perencanaan
        Dalam tahap perencanaan disusun serangkaian kegiatan sebagai berikut
a.           Menyusun RPP dengan melakukan revisi sesuai dengan hasil refleksi pada siklus I.
b.          Menyiapkan sarana dan prasarana pembelajaran.
c.           Menyiapkan instrumen pengamatan.
d.          Menyiapkan instrumen tes (soal, kunsi jawaban, dan pedoman penilaian).

2.                      Pelaksanaan Tindakan
Beberapa kegiatan yang dilakukan dalam tahap tindakan ini adalah
a.     Melakukan apersepsi dengan mengaitkan materi pelajaran yang lalu.
b.     Menjelaskan tujuan pembelajaran.
c.     Menjelaskan kegiatan yang harus dilakukan.
d.     Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok (tiap kelompok 4-5 siswa), membagi lembar kerja kelompok, dan peraga model tata surya.
e.     Secara berkelompok siswa mencoba, mengamati, dan menyimpulkan hal-hal yang berhubungan dengan tata surya dengan bantuan model tata surya melalui diskusi terbimbing.
f.      Presentasi hasil diskusi.
g.     Siswa menyimpulkan hasil diskusi.
h.     Siswa menyimpulkan materi.
i.      Siswa mengerjakan tes formatif.
3.   Observasi
Observasi dilakukan terhadap semua perubahan tingkah laku guru dan  siswa selama proses pembelajan berlangsung. Observasi terhadap guru digunakan untuk mengetahui ketrampilan dan sikap guru sebagai fasilitator, sedangkan observasi terhadap siswa digunakan untuk mengetahui aktivitas siswa dalam mengkonstruksi pengetahuan. Observasi juga dilakukan terhadap hasil belajar siswa.
4.   Refleksi
Refleksi adalah mengkaji, melihat, dan mempertimbangkan hasil atau dampak dari tindakan. Hasil observasi dan hasil tes formatif dianalisis dan digunakan sebagai refleksi apakah proses pembelajaran yang telah dilaksanakan sudah sesuai dengan harapan atau belum. Jika belum sesuai dengan harapan maka perlu diupayakan adanya penyempurnaan. Observasi juga dilakukan terhadap hasil tes formatif.
D.    Indikator Keberhasilan
Penelitian dianggap sudah berhasil apabila 80 % dari jumlah siswa sudah mencapai nilai KKM 75.


0 Response to "Pendekatan Konstruktivisme Dapat Meningkatkan Pemahaman Siswa Materi Sistem Tata Surya Siswa Kelas VI BAB III"

Post a Comment