Kata Pengantar, Abstrak, Daftar Isi PTK IPA Berbasis Masalah

KATA PENGANTAR

            Dengan mengucap syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT, hanya dengan limpahan rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan tugas penyusunan karya ilmiah dengan judul “Efektivitas Pembelajaran Kontekstual Model Pengajaran Berbasis Masalah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Ipa Pada Siswa Kelas …………………………….Tahun 2003/2004”, penulisan karya ilmiah ini kami susun untuk dipakai dalam bacaan di perpustakaan sekolah dan dapat dipakai sebagai perbandingan dalam pembuatan karya ilmiah bagi teman sejawat juga anak didik pada latihan diskusi ilmiah dalam rangka pembinaan karya ilmiah remaja.
            Dalam penyusunan karya ilmiah ini penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu terima kasih ucapkan dengan tulus dan sedalam-dalamnya kepada:
1.      Yth. Kepala Dinas Pendidikan Kota ……………….
2.      Yth. Ketua PD II PGRI Kota …………………
3.      Yth. Rekan-rekan Guru …………………………………..
4.      Semua pihak yang telah banyak membantu sehingga penulisan ini selesai.
Penulis menyadari bahwa penulisan karya ilmiah ini jauh dari sempurna untuk itu segala kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak selalu penulis harapkan.                                                                                
                                                                                                   Penulis
ABSTRAK


…………………….., 2003. Efektivitas Pembelajaran Kontekstual Model Pengajaran Berbasis Masalah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Ipa Pada Siswa Kelas ………………………Tahun 2003/2004

Kata Kunci: pelajaran ipa, kontekstual, basis masalah 

Mengajar bukan semata persoalan menceritakan. Belajar bukanlah konsekuensi otomatis dari perenungan informasi ke dalam benak siswa. Belajar memerlukan keterlibatan mental dan kerja siswa sendiri. Penjelasan dan pemeragaan semata tidak akan membuahkan hasil belajar yang langgeng. Yang bisa membuahkan hasil belajar yang langgeng hanyalah kegiatan metode pembelajaran kontekstual model pengajaran berbasis masalah.
Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi dan penguasaan materi pelajaran IPA dengan diterapkannya metode pembelajaran kontektual model pembelajarn berbasis masalah? (b) Bagaimanakah pengaruh pembelajaran kontekstual model pengajaran berbasis masalah dalam membantu siswa meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar IPA?
Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Ingin mengetahui bagaimana prestasi, pemahaman dan penguasaan mata pelajaran IPA setelah diterapkannya pembelajaran kontekstual model pengajaran berbasis masalah. (b) Ingin mengetahui pengaruhnya metode pembelajaran kontekstual model pengajaran berbasis masalah dalam meningkatkan prestasi dan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran IPA setelah diterapkan pembelajaran kontekstual model pengajaran berbasis masalah.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas …………………………………... Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (65,00%), siklus II (75,00%), siklus III (90,00%).
Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran kontekstual berbasis masalah dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa ……………………………..serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran IPA.
DAFTAR ISI


Halaman
Halaman Judul .................................................................................................          i        
Halaman Pengesahan ............................................................................................... ii
Kata Pengantar ....................................................................................................... iii
Abstrak ................................................................................................................... iv
Daftar Isi ................................................................................................................. v
BAB ..... I       PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang  .......................................................................... 1
B.     Rumusan Masalah ...................................................................... 3
C.     Tujuan Penelitian ...................................................................... 3
D.    Manfaat Penelitian  .................................................................... 4
E.     Definisi Operasional Variabel ................................................... 4
F.      Batasan Masalah......................................................................... 5
BAB      II       KAJIAN PUSTAKA 
A.     Tinjauan Tentang Prestasi Belajar  ............................................ 6
B.     Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar  .................. 8                            
C.     Hakikat IPA  ............................................................................. 9
D.    Proses Belajar Mengajar IPA   ................................................. 10
E.     Prestasi Belajar IPA ................................................................. 12
F.      Gaya Belajar  ........................................................................... 13
G.    Pengajaran Berbasis Masalah ................................................... 15

BAB     III      METODOLOGI PENELITIAN
A.     Tempat, Waktu, dan Subyek Penelitian ................................... 25
B.     Rancangan Penelitian  ............................................................. 25
C.     Instrumen Penelitian  .........................................................       26
D.    Metode Pengumpulan Data ..................................................... 30
E.     Teknik Analisis Data   ............................................................. 30
BAB     IV      HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.     Analisis Item Butir Soal  .......................................................... 33
B.     Analisi Data Penelitian Persiklus  ............................................ 35
C.     Pembahasan ............................................................................. 43
BAB     V      PENUTUP
A.     Kesimpulan ............................................................................. 46
B.     Saran ........................................................................................ 47
DAFTAR PUSTAKA ............................................................................................ 48




0 Response to "Kata Pengantar, Abstrak, Daftar Isi PTK IPA Berbasis Masalah"

Post a Comment