BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pendidikan memegang peranan penting
yang menyangkut kemajuan dan masa depan bangsa, tanpa pendidikan yang baik
mustahil suatu bangsa akan maju. Dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional
BAB II Pasal 3 menyebutkan bahwa: “Pendidikan Nasional berfungsi untuk
mengembangkan kemampuan serta meningkatkan mutu kehidupan dan martabat manusia
Indonesia dalam rangka upaya mewujudkan tujuan Nasional”.
…………………………………………………………………………….
Oleh
karena itu, manusia merupakan makhluk yang sangat dimuliakan oleh Allah SWT. Dan
dibalik kemuliaan manusia, ia juga memiliki nafsu yang dapat mengembalikannya
ketempat yang hina dan rendah. Itulah hawa nafsu, yang dengannya manusia akan terseret
untuk melupakan nilai-nilai kebenaran, mengabaikan apa-apa yang menjadi titah Tuhan,
merosotnya kadar akidah, serta masih banyak lagi sifat-sifat negatif lainnya.
…………………………………………………………………………….
Akidah
Akhlak sebagai salah satu mata pembelajaran pendidikan agama Islam di Madrasyah
Ibtidayah mengandung pengertian: pengetahuan, pemahaman dan penghayatan tentang
keyakinan atau kepercayaan (iman) dalam Islam yang menetap dan melekat dalam
hati yang berfungsi sebagai pandangan hidup, perkataan dan amal perbuatan siswa
dalam segala aspek kehidupan sehari-hari. Sebagai salah satu bagian dalam
bidang pendidikan agama, dalam pembelajaran Akidah Akhlak memerlukan pendekatan
perkembangan kognitif, termasuk di dalamnya perkembangan penalaran kritis atau
proses keterlibatan akal dari siswa secara aktif sebagai tahapan pertama
(kognitif) dan tahapan ketiga (psikomotorik).
……………………………………………………………………………..
Salah
satu pokok dalam pembelajaran pada pendidikan formal (sekolah), khususnya di
MIS Al-Hasyimi Tuan-Tuan Kecamatan Benua Kayong Kabupaten Ketapang terlihat
lemah atau rendahnya aktivitas siswa dalam belajar yang berhubungan dengan aktivitas siswa untuk bertanya atau menjawab
pertanyaan yang diajukan oleh guru terutama mata pembelajaran akidah akhlak,
indikator rendahnya aktivitas siswa dalam mengajukan
pertanyaan atau menjawab pertanyaa dalam pembelajaran Akidah Akhlak, yaitu dalam proses pembelajaran sehari-hari ketika guru telah
mencatatkan materi pembelajaran dan menjelaskan materi pembelajaran guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya terhadap materi yang kurang
dipahami.
..............................................................................................................................................
Berdasarkan data-data ini maka peneliti terdorong
untuk menganalisis lebih jauh tentang: “Penggunaan Metode Tanya Jawab dalam Meningkatkan
Aktivitas Belajar Siswa pada Pembelajaran Akidah Akhlak di .........Kecamatan ............. Kabupaten ..................”.
B.
Identifikasi
Masalah
Berdasarkan
latar belakang masalah yang telah diuraikan di atas ada beberapa masalah yang
berkaitan dengan aktivitas belajar siswa:
1.
………………………………………………………………………………….
2.
…………………………………………………………………………………..
C.
Pembatasan
Masalah
Berdasarkan
uraian di atas, maka dalam penelitian ini perlu dilakukan pembatasan masalah.
Dimaksudkan agar penelitian ini lebih terfokus. Secara ringkas pada penelitian
dan pengembangan ini difokuskan pada:
1.
…………………………………………………………………………………..
2.
…………………………………………………………………………………..
3.
…………………………………………………………………………………..
D.
Rumusan Masalah
Penelitian
Berdasarkan
latar belakang yang telah diuraikan, maka yang menjadi permasalahan dalam
penelitian ini, yaitu: Bagaimanakah Meningkatkan
Aktivitas Belajar Siswa Kelas V Melalui Penggunaan Metode Tanya Jawab pada Pembelajaran
Akidah Akhlak di .........Kecamatan ............. Kabupaten ..................?”.
Selanjutnya permasalahan penelitian
dijabarkan ke dalam pertanyaan-pertanyaan penelitian, yaitu sebagai berikut:
1.
…………………………………………………………………………………..
2.
…………………………………………………………………………………..
3.
…………………………………………………………………………………..
E.
Tujuan
Penelitian
Secara
umum tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang penggunaan metode
tanya jawab dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V di .........Kecamatan ............. Kabupaten .................. pada pembelajaran Akidah Akhlak.
Secara
khusus penelitian ini bertujuan untuk:
1.
…………………………………………………………………………………..
2.
…………………………………………………………………………………..
3.
…………………………………………………………………………………..
0 Response to "PTK Akhidah dan Akhlak BAB I"
Post a Comment