BAB III
PROSEDUR PENELITIAN
A.
Setting
Penelitian
-
Tempat
Penelitian
Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di MIN Muktisari Kebumen
yang beralamat di jalan Madrasah No.03 Muktisari kebumen.
-
Waktu
Penelitian
Mulai bulan Oktober s/d
Desember 2011
B.
Subjek
Penelitian
Semua siswa
kelas VI MIN Muktisari Kebumen
C.
Alat Pengumpul
Data Dan Analisis Data
Sumber data dalam penelitian ini adalah
hasil pengamatan oleh observer, dan hasil tes tertulis mata pelajaran matematika siswa kelas VI MIN Muktisari Kebumen
Jenis datanya adalah data kuantitatif dan data kualitatif
yang berupa (a) penilaian hasil rangkuman materi, (b) penilaian hasil
pengerjaan Lembar Kerja Siswa, (c) penilaian hasil tes tertulis, dan (e) data
hasil pengamatan aktivitas siswa dan pengelolaan guru.
Data kuantitatif diambil dengan menilai
hasil rangkuman, hasil pengerjaan LKS, hasil pengerjaan tes akhir siklus, hasil
pengamatan aktivitas siswa dan hasil tes tertulis akhir materi dari siswa.
Data kualitatif diperoleh dari catatan lapangan atau
jurnal harian pada saat mengamati jalannya proses pembelajaran.
D.
Indikator
Keberhasilan
Yang menjadi tolok ukur keberhasilan penelitian ini adalah
tercapainya tujuan penelitian ini sesuai dengan alokasi waktu yang dirancang
dalam penelitian untuk membahas materi yang ditandai sebagai berikut.
1. Meningkatnya pemahaman konsep volume bangun ruang yang ditunjukkan dengan
terlampauinya skor minimal ketuntasan
yaitu 65,00.
2. Meningkatnya hasil belajar
siswa yang ditunjukkan dengan terlampauinya skor minimal ketuntasan yaitu nilai
rata-rata kelas 65,00 dan sekurang-kurangnya 80 % siswa memperoleh nilai 65,00
atau lebih.
3. Meningkatnya pemahaman konsep siswa yang ditunjukkan
dengan persentase aktivitas pembelajaran > 70 %.
E.
Prosedur Penelitian Tiap Siklus
Jenis penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah Classroom
Action Research atau penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu penelitian yang
bersifat
kaloboratif atau kooperatif, artinya dalam pelaksanaannya selalu terjadi kerja
sama antara peneliti (guru) dan pihak lain demi keabsahan dan tercapainya
tujuan penelitian. Selain itu PTK bersifat partisipatoris, dalam arti guru
sebagai peneliti sekaligus pelaku perubahan dan sasaran yang perlu diubah. Ini
berarti guru berperan ganda, yakni sebagai orang yang meneliti sekaligus yang
diteliti. Dengan demikian selain pengadaan lembar pengamatan aktivitas siswa
diperlukan pula lembar pengamatan kemampuan guru dalam pengelolaan kelas.
Prosedur dalam penelitian tindakan kelas berupa siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan, dan refleksi sebagai prosedur baku penelitian. Kurikulum
yang dilaksanakan di MIN Muktisari Kebumen adalah Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan (KTSP), sehingga sekolah memberlakukan dalam pembuatan Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) disesuaikan dengan kompetensi dasar. Dalam
penelitian ini setiap siklus menyelesaikan sebuah kompetensi dasar dalam materi volume bangun ruang sehingga setiap siklus memiliki satu RPP. Bentuk RPP
siklus I, dan II dapat dilihat pada lampiran-lampiran.
Penelitian ini akan
dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap tahapannya dijelaskan sebagai berikut:
1. Siklus 1
a. Perencanaan Siklus 1
Pada
perencanaan siklus 1 ini dilakukan pembelajaran yang dapat membantu siswa agar
dapat memahami dan mengenal rumus volume bangun ruang
b. Pelaksanaan Siklus 1
Pada tahap
pelaksanaan ini dilakukan secara langsung sesuai jadwal pelaksanaan penelitian
yaitu pada bulan Nopember 2011 minggu ke 2 dan 3 di kelas VI MIN Muktisari
Kebumen.
c. Observasi Siklus 1
Observer melakukan
pengamatan menggunakan lembar pengamatan pada proses pembelajaran volume bangun
ruang.
d. Refleksi Siklus 1
Pembelajaran pada
siklus ini difokuskan pada pemahaman konsep volume bangun ruang.
2. Siklus 2
a. Perencanaan Siklus 2
Pada siklus ini pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk
memperbaiki hasil yang belum dikuasai oleh siswa dan siswa mampu memecahkan
masalah sehari-hari yang berkaitan dengan volume bangun ruang.
b. Pelaksanaan Siklus 2
Pada tahap
pelaksanaan ini dilakukan secara langsung sesuai jadwal pelaksanaan penelitian
yaitu pada bulan Desember 2011 minggu ke 1 dan 2 di kelas VI MIN Muktisari
Kebumen.
c. Observasi Siklus 2
Observer melakukan
pengamatan menggunakan lembar pengamatan pada proses pembelajaran volume bangun
ruang.
d. Refleksi Siklus 2
Pembelajaran pada
siklus ini difokuskan pada penyelesaian soal-soal yang berkaitan dengan volume
bangun ruang.
0 Response to "Peningkatan Pemahaman Konsep Volume Bangun Ruang melalui Model Pembelajaran Make- a Match pada siswa kelas VI BAB III"
Post a Comment