BAB
III
METODE
PENELITIAN
A. Metode dan Bentuk Penelitian
1.
Metode
Penelitian
Penelitian ini terbatas pada
usaha mengungkapkan suatu masalah atau keadaan sebagaimana adanya sehingga
bersifat sekedar untuk mengungkapkan fakta (fact
finding).
................................................................................................................................................
Hadari Nawawi (1998: 63)
mengartikan “metode deskriptif sebagai prosedur pemecahan masalah yang
diselidiki dengan menggambarkan /melukiskan keadaan subjek/objek penelitian
(seseorang, lembaga, masyarakat dan lain-lain) pada saat sekarang berdasarkan
fakta-fakta yang tampak atau sebagaimana adanya”.
Berdasarkan metode
penelitian yang telah ditentukan yang memusatkan perhatian pada masalah-masalah
aktual pembelajaran yang dihadapi siswa kelas ……………………………………………………….
2. Bentuk Penelitian
Bentuk penelitian ini,
yaitu penelitian tindakan kelas, atau disebut Classroom Action
Research, yang berarti penelitian yang dilakukan pada sebuah kelas
untuk
mengetahui akibat tindakan yang diterapkan pada suatu obyek penelitian
di kelas
tersebut (Trianto, 2001: 13). Menurut Wina Sanjaya (2010: 26)
..............................................................................................
B. Subjek Penelitian
Subjek dalam penelitian ini
yaitu Seluruh siswa ………………….......
C. Waktu
Penelitian
Waktu Penelitian dilaksanakan
pada S...........................................................................
D. Prosedur Penelitian
Prosedur dalam penelitian
ini mengikuti prinsip dasar penelitian tindakan yaitu menggunkan prosedur kerja
yang dipandang suatu siklus spiral yang dimulai dari tahap ............................................
Adapun alur penelitian tersebut, yaitu sebagai berikut.
(Gambar Skema Penelitian Bukan Skema Rancangan)
Berdasarkan skema,
penelitian tindakan kelas dilaksanakan melalui proses yang terdiri dari 4 tahap
yaitu :
1.
Tahap Perencanaan Tindakan
2. Tahap
Pelaksanaan Tindakan
3. Tahap
Observasi
4. Tahap
Refleksi
E.
Teknik dan
Alat Pengumpul Data
1.
Data dan
sumber Data
Adapun data yang dijaring dalam penelitian ini berupa data hasil
pengamatan yang memuat catatan objektif terhadap keaktifan belajar siswa
sekolah .............................................
2.
Teknik
Pengumpulan Data
Teknik adalah cara mengumpulkan data yang dilakukan melalui pengamatan
dan pencatatan gejala-gejala yang tampak pada objek penelitian yang
pelaksanaannnya langsung dilakukan di kelas pada saat proses tindakan
dilakukan.
Sesuai dengan jenis data yang dikumpulkan, ………………………
3.
Alat
Pengumpul Data
Sehubungan dengan teknik
pengumpulan data yang digunakan, maka alat pengumpul data pada penelitian ini
adalah lembar .......................
F. Indikator Keberhasilan
Sebagai sebuah penelitian
tindakan kelas perlu adanya indikator. Indikator digunakan untuk mengukur
tingkat keberhasilan dalam melaksanakan tindakan dari penelitian. Apabila
indikator ................................
G.
Teknik
Analisis Data
Pada penelitian dilakukan
juga analisis data karena analisis data merupakan bagian yang penting dalam
sebuah penelitian. Hal ini perlu dilakukan karena analisis data yang diperoleh
pada penelitian memberi arti penting.
Teknik Analisis data pada penelitian tindakan kelas pada dasarnya
dilakukan sejak data diperoleh dari observasi, hingga dokumentasi. Analisis data yang dilakukan sesuai dengan
yang dikemukakan oleh Miles dan Hubberman dalam Trianto (2010: 286), ...........................................................
Untuk menganalisis data
hasil pengamatan aktivitas siswa dalam pembelajaran rumus berikut:
(Rumus)
0 Response to "Contoh BAB III Metode Penelitian"
Post a Comment