Karya Ilmiah Bahaya Narkoba BAB I

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

Narkoba atau sering disebut dengan narkotika adalah psikotropika dan zat adiktif yang sangat berbahaya bagi tubuh manusia, apabila zat ini dikonsumsi oleh tubuh maka akan menyebabkan seseorang mengalami kecanduan atau ketagihan, yang berujung kematian.
Awalnya narkoba adalah obat bius yang dipakai oleh paramedis untuk membius orang yang ingin dioprasi dan untuk penyakit tertentu yang pemakainannya diresepkan oleh dokter dengan dosis yang wajar. Namun kini persepsi kebanyakan orang telah salah, sehingga menggunakan narkoba untuk kesenangan bukan untuk medis.
Dewasa ini penyalahgunaan narkoba telah menyerang banyak orang diseluruh dunia, dan berbagai kalangan baik anak-anak remaja, orang dewasa, sampai orang tua. Hal ini sudah tidak dapat dibiarkan lagi, begitu banyak korban karena pemakain narkoba, bahaya narkoba mulai dari terjangkit penyakit menular karena berganti-gantian jarum suntik seperti HIV, hingga kematian karena overdosis.
Begitu mudahnya mendapatkan narkoba adalah hal utama yang patut disalahkan, penjualan narkoba bisa dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja, baik dilingkungan sekolahan, perkantoran, sampai lingkungan pemerintah, bahkan petugas hukum ada yang sampai menjual maupun menggunakan barang haram ini. Ini merupakan permasalahan utama bagi pemerintah dan penegak hukum, yang patut diselesaikan.
Penanganan narkoba hingga saat ini belum lah begitu maksimal, karena terbukti bahwa pemakai , pengedar, serta bandar semakin lama semakin banyak dan merajalela, hal ini tidak dapat dibiarkan. Untuk itu pengertian maupun pendidikan mengenai apa itu narkoba harus sudah ditanam atau diajarkan kepada putra-putri sejak dini, baik melalui progam disekolahan, orang tua, mau pun organisasi.

B.  Batasan Masalah

Untuk memudahkan pembaca makan penulis akan membatasi permasalahan yang akan dibahas dalam penulisan karya ilmiah ini :
1.     Pengertian tentang narkoba
2.     Pengenalan jenis – jenis narkoba
3.     Faktor utama para remaja mengkonsumsi narkoba
4.     Akibat bahaya yang ditimbulkan pemakaian narkoba
5.     Cara mengatasi penyebaran maupun pemakaian narkoba.

C. Tujuan Penulisan

Tujuan penulisan ini adalah untuk memberikan informasi yang jelas kepada masyarakat luas khususnya para kaum remaja Putra – Putri mengenai apakah itu narkoba, apakah bahaya pengkonsumsian narkoba, agar masyarakat Indonesia khususnya remaja dapat memahami bahaya-bahaya narkoba dan tidak terjebak dalam kehidupan narkoba.

D.    Metode Penelitian

Metode yang digunakan adalah metode secara tidak langsung, dengan mencari informasi melalui buku-buku, maupun internet.

0 Response to "Karya Ilmiah Bahaya Narkoba BAB I"

Post a Comment