BAB IV
BAB IV
HASIL
PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Deskripsi Data Pra Siklus
Penulis telah melaksanakan
perbaikan pembelajaran sebanyak dua siklus, yaitu siklus I pada tanggal 25 dan 29 Oktober 2012 dan siklus II pada tanggal 1 dan 5 Nopember 2012 dengan fokus perbaikan ”Apakah
metode permainan kartu kata dan
kartu gambar dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa ?” Maka
diperoleh hasil data dari 17
siswa sebagai berikut:
a. Rekapitulasi
Data Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA
NO
|
NAMA
SISWA
|
KKM
|
PEROLEHAN
NILAI
|
JUM
LAH
|
RATA-
RATA
|
|||
Pra
Siklus
|
Sik
lus
I
|
Sik
lus
II
|
||||||
1
|
Baryanti RA
|
63
|
50
|
60
|
68
|
178
|
59,33
|
|
2
|
Rasimin DW
|
63
|
53
|
70
|
84
|
207
|
69,00
|
|
3
|
Asep Dwi K
|
63
|
57
|
60
|
67
|
184
|
61,33
|
|
4
|
Kevin AR
|
63
|
60
|
72
|
77
|
209
|
69,67
|
|
5
|
M. Julio M.
|
63
|
33
|
53
|
50
|
136
|
45,33
|
|
6
|
Anjar BP
|
63
|
73
|
77
|
79
|
232
|
77,33
|
|
7
|
Cindytias PF
|
63
|
80
|
82
|
96
|
258
|
86,00
|
|
8
|
Desi Fitriana
|
63
|
77
|
79
|
80
|
241
|
80,33
|
|
9
|
Diva Eka P
|
63
|
60
|
77
|
80
|
217
|
72,33
|
|
10
|
Harun Arosid
|
63
|
60
|
70
|
79
|
209
|
69,67
|
|
11
|
Lutfi As-Sifah
|
63
|
80
|
82
|
83
|
245
|
81,67
|
|
12
|
Maya Dea E
|
63
|
73
|
77
|
80
|
230
|
76,67
|
|
13
|
Machmur S
|
63
|
57
|
60
|
67
|
184
|
61,33
|
|
14
|
Natasha A
|
63
|
60
|
68
|
70
|
205
|
68,33
|
|
15
|
Rizal AG
|
63
|
80
|
93
|
84
|
257
|
85,67
|
|
16
|
Viki F
|
63
|
57
|
77
|
88
|
222
|
74,00
|
|
17
|
Winda F
|
63
|
83
|
93
|
92
|
268
|
89,33
|
|
|
Jumlah nilai
|
|
1093
|
1250
|
1339
|
|
|
|
|
Rata- rata kelas
|
|
64,29
|
73,52
|
78,76
|
|
|
|
|
Jumlah siswa tuntas
|
|
7
|
13
|
16
|
|
|
|
|
Presentase siswa tuntas
|
|
41%
|
76%
|
94%
|
|
|
|
|
Jumlah siswa tidak
tuntas
|
|
10
|
4
|
1
|
|
|
|
|
Presentase siswa tidak
tuntas
|
|
59%
|
24%
|
6%
|
|
|
Tabel 1
Rekapitulasi data hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA
|
Grafik
1
Grafik
Hasil Tes Formatif Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II
b. Rekapitulasi
Data Aktivitas Belajar Siswa
No
|
ASPEK YANG DIAMATI
|
NILAI YANG DIPEROLEH (%)
|
JUM
LAH
|
RA
TA-
RA
TA
|
%
|
|||
Pra
Siklus I
|
Siklus I
|
Siklus II
|
||||||
1.
|
Pra KBM
a.
Ketertiban siswa saat berdoa.
b. Presensi kehadiran siswa.
c. Kesiapan siswa untuk mengikuti
pembelajaran.
|
80
80
60
|
100
100
80
|
100
100
100
|
280
280
140
|
93
93
80
|
93
93
80
|
|
2.
|
Kegiatan Awal
Antusias siswa terhadap apersepsi guru.
|
60
|
80
|
100
|
240
|
80
|
80
|
|
3.
|
Kegiatan Inti
a. Perhatian siswa terhadap penjelasan guru
b. Kesiapan siswa untuk menjawab pertanyaan
dari guru dengan tepat.
|
60
40
|
80
80
|
100
100
|
240
220
|
80
73
|
80
73
|
|
4.
|
Kegiatan Perbaikan
a. Kesiapan siswa untuk melakukan permainan
kartu kata dan kartu gambar.
b. Pemilihan formasi tempat duduk yang tepat.
c. Ketertiban siswa saat berdiskusi.
d. Penunjukan ketua kelompok oleh siswa.
e. Interaksi aktif dalam masing-masing kelompok.
f. Pencatatan hasil permainan dalam Lembar Kerja Kelompok
g. Kesiapan siswa menyampaikan hasil diskusi di depan kelas.
h. Kesiapan siswa menanggapi hasil diskusi kelompok lain dengan
kalimat yang runtut.
|
80
80
60
60
40
60
20
40
|
100
100
80
100
100
100
40
80
|
100
100
100
100
100
100
50
100
|
280
280
240
260
240
260
10
220
|
93
93
80
86
86
86
33
73
|
93
93
80
86
86
86
66
73
|
|
5.
|
Kegiatan Akhir
a. Menyimpulkan isi materi bersama guru.
dengan guru.
b. Pencatatan kesimpulan di buku
masing-masing siswa.
|
60
60
|
80
100
|
80
100
|
220
260
|
73
86
|
73
86
|
|
|
Jumlah
|
820
|
1220
|
1350
|
|
|
1401
|
|
|
%
|
56.47
|
89.41
|
98.82
|
|
|
82.41
|
Tabel 2
Rekapitulasi Aktivitas Belajar Siswa pada
Mata Pelajaran IPA
|
Grafik 2
Grafik Aktivitas Belajar Siswa pada Mata
Pelajaran IPA
d. Data Pencapaian KKM
Dari
sejumlah 17 orang siswa di kelas V diperoleh data sebagai
berikut:
KKM: 63
No
|
Jumlah siswa
|
Sebelum
Perbaikan
|
Siklus
I
|
Siklus
II
|
|||
Jum
lah
|
%
|
Jum
lah
|
%
|
Jum
lah
|
%
|
||
1.
|
Siswa sudah memenuhi
KKM
|
7
|
41
|
13
|
76
|
16
|
94
|
2.
|
Siswa belum memenuhi
KKM
|
10
|
59
|
4
|
24
|
1
|
6
|
|
Jumlah
|
17
|
100
|
17
|
100
|
17
|
100
|
Tabel 3
Data Pencapaian KKM Mata Pelajaran IPA
B. Pembahasan
Per Siklus
1. Hasil Belajar Siswa
Dari
pengumpulan data hasil tes formatif siswa kelas V dalam mata pelajaran IPA
materi “Cara Mahluk Hidup Menyesuaikan Diri terhadap Lingkungannya”, didapatkan
nilai rata-rata pada pembelajaran pra siklus hanya mencapai 64,29. Kemudian
meningkat menjadi 73,53 setelah dilakukan perbaikan siklus I dan menjadi 78,76
setelah dilakukan perbaikan siklus II.
Untuk
pencapaian KKM didapatkan hasil yang meningkat yaitu dari 41% pada pembelajaran
pra siklus, menjadi 76% setelah perbaikan pembelajaran siklus I dan 94% setelah
perbaikan pembelajaran siklus II.
Hasil
belajar siswa yang rendah pada saat pembelajaran pra siklus disebabkan karena
pada saat pembelajaran hanya menggunakan metode pembelajaran ceramah dan kurang
memaksimalkan penggunakan media, sehingga siswa kurang memahami materi.
Peningkatan hasil belajar siswa terjadi setelah dilakukan perbaikan siklus I
dan siklus II disebabkan media yang digunakan peneliti saat mengajar lebih
bervariasi yaitu menggunakan media kartu kata dan kartu gambar sehingga siswa
lebih tertarik dan lebih bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran.
Penggunaan kartu gambar juga bisa meningkatkan pemahaman terhadap materi
pembelajaran dengan memanfaatkan daya imajinasi anak dan visualisasi melalui
indera penglihatan. Metode permainan diterapkan untuk lebih pengoptimalkan
hasil belajar dan juga digunakan sebagai kontrol dalam proses pembelajaran.
Selain itu pada dasarnya semua anak menyukai permainan. Dan apabila seorang
guru bisa merancang sebuah permainan yang menarik yang bisa diaplikasikan dalam
proses pembelajaran maka hasil dari proses pembelajaran juga bisa dipastikan
meningkat.
2. Aktivitas Belajar Siswa
Berdasarkan
hasil observasi oleh pengamat didapatkan hasil presentase aktivitas belajar
siswa meningkat yaitu dari 56.67% pada pembelajaran pra siklus, menjadi 89.41 %
pada perbaikan siklus I dan 98.82% pada pembelajaran siklus II.
Rendahnya
aktivitas belajar siswa pada pembelajaran pra siklus dikarenakan peneliti hanya
menggunakan metode ceramah dan tanya jawab dalam pembelajaran. Perbaikan pada
siklus I dan II metode yang digunakan lebih bervariasi yaitu metode permainan
dengan menggunakana kartu kata dan kartu gambar. Siswa menjadi lebih antusias,
lebih aktif, dan pemahaman tentang materi juga mengalami peningkatan
dibandingkan pembelajaran pra siklus.
0 Response to "Penelitian PTK Materi IPA Kelas 5 SD di SD Negeri Joho Adimulyo BAB IV"
Post a Comment