Halaman Judul Materi IPA Kelas 5 SD di SD Negeri Joho Adimulyo

LEMBAR IDENTITAS DAN PENGESAHAN
LAPORAN HASIL PERBAIKAN PEMBELAJARAN

Laporan ini disusun dan diajukan untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Pemantapan Kemampuan Profesional (PDGK 4501) pada Program Strata I Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Terbuka.
1.      Nama                             : RATNA KUSTIYAH
2.      NIM                               : 822137465
3.      Tempat Mengajar           : SD Negeri Joho
4.      Pembelajaran                  : Ilmu Pengetahuan Alam
5.      Kelas/Semester              : V/1
6.      Waktu Pelaksanaan        : a. Siklus I
v  Pertemuan I      : Kamis, 25 Oktober 2012
v  Pertemuan II     : Senin, 29 Oktober 2012
                                                b. Siklus II
v  Pertemuan I      : Kamis, 1 Nopember 2012
v  Pertemuan II     : Senin, 5 Nopember 2012
7.      Masalah yang menjadi fokus perhatian:
1.    Apakah metode permainan dapat membantu meningkatkan hasil belajar IPA tentang penyesuaian makhluk hidup dengan lingkunganya pada siswa kelas V SD Negeri Joho tahun 2012/2013?
2.    Apakah metode permainan dapat meningkatkan antusias siswa untuk mengikuti pelajaran IPA khususnya tentang penyesuaian makhluk hidup dengan lingkungannya pada siswa kelas V SD Negeri Joho tahun 2012/2013?          
Menyetujui,
Pembimbing



SAMSU HIDAYAT, S.Pd.M.Pd
NIP 19700428 199702 1 003
Kebumen, 19 Nopember 2012




RATNA KUSTIYAH
NIM 822137465

ABSTRAK


Ratna Kustiyah, 2012. Penggunaan Metode Permainan unntuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa tentang Penyesuaian Diri Makhluk Hidup dengan  Lingkungan pada Siswa  Kelas V SDN Joho Tahun Pelajaran 2012/2013.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode permainan yaitu permainan kartu kata dan kartu gambar. Pada siklus I siswa bermain kartu kata dan kartu gambar dengan permainan klasikal mencari pasangan kartu yang mereka pegang. Siswa secara berpasangan maju ke depan kelas dan menjelaskan penyesuaian diri makhluk hidup berdasarkan kartu yang mereka peroleh. Pada siklus II siswa bermain menjodohkan kartu kata dan kartu gambar dalam kelompok.
Dari data yang  peneliti peroleh selama penelitian dilakukan, diperoleh hasil bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus I dan pada siklus II. Hasil tes awal menunjukan rata-rata kelas adalah 64,29 dengan persentase siswa yang tuntas belajar adalah 41%. Setelah dilakukan perbaikan pembelajaran dengan metode permainan pada siklus I hasil belajar siswa meningkat yaitu rata-rata kelas naik menjadi 73,52 dan persentase siswa yang tuntas belajar menjadi 76%. Pada perbaikan siklus II hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan kembali yaitu rata-rata kelas naik menjadi 78,76 dan siswa yang tuntas belajar adalah 94%. Selain itu keaktifan dan antusias siswa dalam mengikuti pelajaran  juga mengalami peningkatan
Berdasarkan analisis data yang telah dilakkukan, peneliti menyimpulkan bahwa metode permainan kartu kata dan kartu gambar yang diterapkan dapat meningkatkan hasil belajar serta keaktifan dan antusias siswa dalam mengikuti pelajaran IPA khususnya materi tentang penyesuaian diri makhuk hidup dengan lingkunganya.
Kata Kunci: Metode permainan, kartu kata dan kartu gambar, hasil belajar, penyesuaian diri makhluk hidup terhadap lingkungan.





KATA PENGANTAR


Puji syukur peneliti panjatkan ke hadirat Allah Swt, hanya karena ijin-Nyalah penelitian tindakan kelas yang berjudul “Penggunaan Metode Permainan untuk Meninngkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Penyesuaian Makhlluk Hidup Terhadap Lingkunnganya pada Siswa Kelas V SDN Joho Tahun Pelajaran 2011/2012” dapat diselesaikan. Penulisan laporan ini merupakan syarat untuk melengkapi tugas mata kuliah Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP). PKP merupakan salah satu mata kuliah yang wajib diikuti oleh mahasiswa S1 PGSD. Mata kuliah ini membekali mahasiswa meningkatkan kemampuan mengajar masalah pembelajaran yang dikelolanya, melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Penyusunan laporan perbaikan pembelajaran ini tidak lepas dari bantuan berbagai pihak. Untuk itu, pada kesempatan yang baik ini, penulis menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada :
1.      Kedua orang tua yang telah memberikan dukungan moral dan spiritual ;
2.      Staf UT UPBJJ Purwokwerto;
3.      Bapak Samsu Hidayat, S.Pd.M.Pd selaku pembimbing;
4.      Teman-teman guru SDN Joho yang telah banyak memberi bantuan, arahan, dan masukkan sehingga laporan penelitian ini terselesaikan;
5.      Bapak Susetyo Budi, S.Pd.SD selaku Kepala SDN  Joho;
6.      Siswa-siswi kelas V SD Negeri Joho.
Semoga bantuan yang diberikan kepada peneliti mendapat imbalan dari Allah Swt. Peneliti menyadari laporan ini masih jauh dari sempurna. Untuk itu, saran dan kritik yang membangun sangat diharapkan demi sempurnanya laporan.
Akhirnya peneliti berharap semoga laporan penelitian ini dapat menjadi salah satu alternatif yang dapat membantu mengatasi masalah yang dihadapi dalam pembelajaran di SD, khususnya di SD Negeri Joho.

            Kebumen,    Nopember 2012
                           Peneliti
DAFTAR ISI
                                                                                                                    Halaman
LEMBAR HALAMAN LAPORAN................................................................ i
LEMBAR JUDUL............................................................................................. ii    
LEMBAR IDENTITAS DAN  PENGESAHAN............................................. iii
ABSTRAK......................................................................................................... iv
KATA PENGANTAR....................................................................................... v
DAFTAR ISI..................................................................................................... vi
DAFTAR GAMBAR...................................................................................       viii
DAFTAR GRAFIK.....................................................................................       ix
DAFTAR TABEL.....................................................................................          x
DAFTAR LAMPIRAN..................................................................................... xi

BAB I    PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah ................................................................. 1    
B.     Rumusan Masalah........................................................................... 2    
C.     Tujuan Penelitian............................................................................. 3    
D.    Manfaat Penelitian.......................................................................... 3

BAB II   TINJAUAN PUSTAKA
A.    Kajian Teori..................................................................................... 4
B.     Kerangka Berpikir........................................................................... 13
C.     Hipotesis Tindakan.......................................................................... 14
D.    Indikator Keberhasilan ................................................................... 15  

BAB III PELAKSANAAN PERBAIKAN
A.     Setting Penelitian        ...........................................................          16
1.       Waktu penelitian......................................................................... 16
2.       Tempat penelitian........................................................................ 16
B.      Subjek Penelitian         ...........................................................          16
C.      Data dan Sumber Data....................................................................          17
D.     Teknik Pengumpulan Data.............................................................. 17
1.      Cara Pengambilan Data.............................................................. 17
2.      Alat Pengumpulam Data............................................................. 17
E.     Validasi Data               ........................................................... ........ 17
F.     Analisis Data               ........................................................... ........ 18
G.    Prosedur Penelitian      ........................................................... ........ 18
1.      Siklus I........................................................................................ 19
2.      Siklus II...................................................................................... 20  
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.    Deskripsi Data Pra Siklus................................................................ 23
B.     Pembahasan Per Siklus.................................................................... 27
BAB V   KESIMPULAN DAN SARAN
A.    Kesimpulan...................................................................................... 29
B.     Saran................................................................................................ 30  
DAFTAR PUSTAKA........................................................................................ 31
LAMPIRAN-LAMPIRAN............................................................................... 32




DAFTAR GAMBAR

Gambar                                                                                                       Halaman
                                                                                                                                
Gambar 1    Skema Kerangka Berpikir....................................................    13        
Gambar 2    Pelaksanaan Tindakan dalam Dua Siklus............................    18        




DAFTAR GRAFIK

Grafik                                                                                                          Halaman
Grafik 1      Grafik Hasil Tes Formatif Pra Siklus, Siklus I, Siklus II......   24        
Grafik 2      Grafik Aktifitas Siswa pada Mata Pelajaran IPA.................. 26        


0 Response to "Halaman Judul Materi IPA Kelas 5 SD di SD Negeri Joho Adimulyo"

Post a Comment