LEMBAR IDENTITAS DAN PENGESAHAN
LAPORAN HASIL PERBAIKAN PEMBELAJARAN
Laporan ini
disusun dan diajukan untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Pemantapan Kemampuan
Profesional (PDGK 4501) pada Program Strata I Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Terbuka.
1.
Nama :
RATNA KUSTIYAH
2.
NIM :
822137465
3.
Tempat Mengajar : SD Negeri Joho
4.
Pembelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
5.
Kelas/Semester : V/1
6.
Waktu Pelaksanaan : a.
Siklus I
v
Pertemuan I : Kamis, 25 Oktober 2012
v
Pertemuan II : Senin, 29 Oktober 2012
b.
Siklus II
v
Pertemuan I : Kamis, 1 Nopember 2012
v
Pertemuan II : Senin, 5 Nopember 2012
7.
Masalah yang menjadi fokus perhatian:
1. Apakah
metode permainan dapat membantu meningkatkan hasil belajar IPA tentang
penyesuaian makhluk hidup dengan lingkunganya pada siswa kelas V SD Negeri Joho
tahun 2012/2013?
2. Apakah
metode permainan dapat meningkatkan antusias siswa untuk mengikuti pelajaran
IPA khususnya tentang penyesuaian makhluk hidup dengan lingkungannya pada siswa
kelas V SD Negeri Joho tahun 2012/2013?
Menyetujui,
Pembimbing
SAMSU
HIDAYAT, S.Pd.M.Pd
NIP 19700428 199702 1 003
|
Kebumen, 19 Nopember 2012
RATNA
KUSTIYAH
NIM 822137465
|
ABSTRAK
Ratna Kustiyah, 2012. Penggunaan Metode Permainan unntuk Meningkatkan
Hasil Belajar Siswa tentang Penyesuaian Diri Makhluk Hidup dengan Lingkungan pada Siswa Kelas V SDN Joho Tahun Pelajaran 2012/2013.
Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode permainan yaitu permainan kartu kata dan kartu
gambar. Pada siklus I siswa bermain kartu kata dan kartu gambar dengan
permainan klasikal mencari pasangan kartu yang mereka pegang. Siswa secara
berpasangan maju ke depan kelas dan menjelaskan penyesuaian diri makhluk hidup
berdasarkan kartu yang mereka peroleh. Pada siklus II siswa bermain menjodohkan
kartu kata dan kartu gambar dalam kelompok.
Dari data yang peneliti peroleh selama penelitian dilakukan,
diperoleh hasil bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus I dan
pada siklus II. Hasil tes awal menunjukan rata-rata kelas adalah 64,29 dengan
persentase siswa yang tuntas belajar adalah 41%. Setelah dilakukan perbaikan
pembelajaran dengan metode permainan pada siklus I hasil belajar siswa
meningkat yaitu rata-rata kelas naik menjadi 73,52 dan persentase siswa yang
tuntas belajar menjadi 76%. Pada perbaikan siklus II hasil belajar siswa juga
mengalami peningkatan kembali yaitu rata-rata kelas naik menjadi 78,76 dan
siswa yang tuntas belajar adalah 94%. Selain itu keaktifan dan antusias siswa
dalam mengikuti pelajaran juga mengalami
peningkatan
Berdasarkan analisis data yang telah
dilakkukan, peneliti menyimpulkan bahwa metode permainan kartu kata dan kartu
gambar yang diterapkan dapat meningkatkan hasil belajar serta keaktifan dan
antusias siswa dalam mengikuti pelajaran IPA khususnya materi tentang
penyesuaian diri makhuk hidup dengan lingkunganya.
Kata Kunci: Metode permainan, kartu kata dan kartu gambar, hasil belajar,
penyesuaian diri makhluk hidup terhadap lingkungan.
KATA PENGANTAR
Puji syukur
peneliti panjatkan ke hadirat Allah Swt, hanya karena ijin-Nyalah penelitian
tindakan kelas yang berjudul “Penggunaan Metode Permainan untuk Meninngkatkan Hasil
Belajar Siswa Tentang Penyesuaian Makhlluk Hidup Terhadap Lingkunnganya pada
Siswa Kelas V SDN Joho Tahun Pelajaran 2011/2012” dapat diselesaikan. Penulisan laporan
ini merupakan syarat untuk melengkapi tugas mata kuliah Pemantapan Kemampuan
Profesional (PKP). PKP merupakan salah satu mata kuliah yang wajib diikuti oleh
mahasiswa S1 PGSD. Mata kuliah ini membekali mahasiswa meningkatkan kemampuan
mengajar masalah pembelajaran yang dikelolanya, melalui Penelitian Tindakan
Kelas (PTK).
Penyusunan
laporan perbaikan pembelajaran ini tidak lepas dari bantuan berbagai pihak.
Untuk itu, pada kesempatan yang baik ini, penulis menyampaikan ucapan terima
kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada :
1.
Kedua orang tua yang telah memberikan
dukungan moral dan spiritual ;
2.
Staf UT UPBJJ Purwokwerto;
3.
Bapak Samsu Hidayat, S.Pd.M.Pd selaku
pembimbing;
4.
Teman-teman guru SDN Joho yang telah
banyak memberi bantuan, arahan, dan masukkan sehingga laporan penelitian ini
terselesaikan;
5.
Bapak Susetyo Budi, S.Pd.SD selaku Kepala
SDN Joho;
6.
Siswa-siswi kelas V SD Negeri Joho.
Semoga bantuan
yang diberikan kepada peneliti mendapat imbalan dari Allah Swt. Peneliti
menyadari laporan ini masih jauh dari sempurna. Untuk itu, saran dan kritik
yang membangun sangat diharapkan demi sempurnanya laporan.
Akhirnya
peneliti berharap semoga laporan penelitian ini dapat menjadi salah satu
alternatif yang dapat membantu mengatasi masalah yang dihadapi dalam
pembelajaran di SD, khususnya di SD Negeri Joho.
Kebumen, Nopember 2012
Peneliti
DAFTAR ISI
Halaman
LEMBAR HALAMAN LAPORAN................................................................ i
LEMBAR JUDUL............................................................................................. ii
LEMBAR IDENTITAS DAN PENGESAHAN............................................. iii
ABSTRAK......................................................................................................... iv
KATA PENGANTAR....................................................................................... v
DAFTAR ISI..................................................................................................... vi
DAFTAR
GAMBAR................................................................................... viii
DAFTAR
GRAFIK..................................................................................... ix
DAFTAR TABEL..................................................................................... x
DAFTAR LAMPIRAN..................................................................................... xi
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah ................................................................. 1
B.
Rumusan Masalah........................................................................... 2
C.
Tujuan Penelitian............................................................................. 3
D.
Manfaat Penelitian.......................................................................... 3
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
A.
Kajian Teori..................................................................................... 4
B.
Kerangka Berpikir........................................................................... 13
C.
Hipotesis Tindakan.......................................................................... 14
D.
Indikator Keberhasilan ................................................................... 15
BAB III PELAKSANAAN PERBAIKAN
A.
Setting Penelitian ........................................................... 16
1.
Waktu penelitian......................................................................... 16
2.
Tempat penelitian........................................................................ 16
B.
Subjek Penelitian ........................................................... 16
C.
Data dan Sumber Data.................................................................... 17
D.
Teknik Pengumpulan Data.............................................................. 17
1.
Cara Pengambilan Data.............................................................. 17
2.
Alat Pengumpulam Data............................................................. 17
E.
Validasi Data ........................................................... ........ 17
F.
Analisis Data ........................................................... ........ 18
G.
Prosedur Penelitian ........................................................... ........ 18
1.
Siklus I........................................................................................ 19
2.
Siklus II...................................................................................... 20
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.
Deskripsi Data Pra Siklus................................................................ 23
B.
Pembahasan Per Siklus.................................................................... 27
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
A.
Kesimpulan...................................................................................... 29
B.
Saran................................................................................................ 30
DAFTAR PUSTAKA........................................................................................ 31
LAMPIRAN-LAMPIRAN............................................................................... 32
DAFTAR GAMBAR
Gambar Halaman
Gambar 1 Skema
Kerangka Berpikir.................................................... 13
Gambar 2 Pelaksanaan
Tindakan dalam Dua Siklus............................ 18
DAFTAR GRAFIK
Grafik Halaman
Grafik 1 Grafik
Hasil Tes Formatif Pra Siklus, Siklus I, Siklus II...... 24
Grafik 2 Grafik
Aktifitas Siswa pada Mata Pelajaran IPA.................. 26
0 Response to "Halaman Judul Materi IPA Kelas 5 SD di SD Negeri Joho Adimulyo"
Post a Comment