BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR
BELAKANG MASALAH
Mata
pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam atau IPA tentu sudah tidak asing lagi bagi anak
Sekolah Dasar, karena mata pelajaran ini sudah diajarkan sejak kelas I. Salah
satu tujuan IPA sebagaimana termuat dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
(2006) adalah agar peserta didik memiliki kemampuan mengembangkan rasa ingin
tahu, sikap positif dan kesadaran tentang adanya hubungan yang saling
mempengaruhi antara IPA, lingkungan, teknologi dan masyarakat. Melalui pengajaran
IPA diharapkan dapat meningkatkan kesadaran peserta didik untuk berperanserta
dalam memelihara, menjaga dan melestarikan lingkungan alam. Untuk mencapai
tujuan tersebut siswa tidak hanya dituntut untuk mengetahui tetapi juga
memahami materi pelajaran IPA.
Pada
kenyataanya, yang peneliti jumpai di SD Negeri Joho kelas V, sebagian besar
siswa belum memahami materi pelajaran IPA khususnya tentang Penyesuaian Makhluk
Hidup dengan Lingkungannya. Hal ini dapat penulis lihat dari hasil tes awal
yang peneliti lakukan. Dari hasil tes tersebut terlihat bahwa masih banyak
siswa yang belum dapat mengerjakan soal-soal tes dengan benar. Misalnya mereka
belum dapat menyebutkan bentuk-bentuk penyesuaian diri hewan dengan
lingkkunganya untuk memperoleh makanan, mereka juga belum dapat menyebutkan cara-cara yang dilakukan hewan dan
tumbuhan untuk melindungi diri dari musuh. Oleh karena itu perlu ada suatu
upaya untuk membantu siswa agar mereka dapat memahami materi pelajaran yang
mereka pelajari.
1. Identifikasi
Masalah
|
Dari fakta yang ada, guru mendata
masalah – masalah yang muncul dari siswa diantaranya pemahaman siswa terhadap
materi masih rendah, siswa kurang memperhatikan penjelasan yang disampaikan
guru, dan rendahnya antusisas siswa untuk mengikuti pembelajaran
2. Analisis
Masalah.
Dalam
proses pembelajaran, hasil belajar siswa rendah tidak semata datang dari siswa.
Masalah juga datang dari guru sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran
diantaranya penyajian pembelajaran yang masih konvensional dan monoton, guru belum
menerapkan metode yang dapat membuat siswa merasa antusias untuk mengikuti pembalajaran.
Oleh
karena itu guru perlu memilih cara yang tepat, guru perlu memilih metode
pembelajaran yang sesuai yang dapat mendorong siswa agar dapat belajar dengan
lebih baik. Salah satunya yaitu dengan metode permainan. Suatu metode yang
menyajikan suasana pembelajaran yang santai tapi serius. Selain itu metode ini
juga memberikan suasana yang menyenangkan bagi siswa karena mereka diajak
belajar sambil bermain. Sehingga diharapkan mereka akan lebih menikmati
kegiatan pembelajaran dan dapat memahami materi yang disampaikan guru.
Bertolak
dari latar belakang masalah yang penulis uraikan di depan, maka penulis
terdorong untuk melakukan penelitian dengan judul “Penggunaan Metode Permainan
untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Penyesuaian Makhluk Hidup terhadap
Lingkungan pada Siswa Kelas V SD Negeri Joho Tahun 2012/2013.”
B.
RUMUSAN
MASALAH
Berdasarkan latar
belakang masalah yang telah diuraiakan di atas, maka rumusan masalahnya adalah
sebagai berikut:
1. Apakah
metode permainan dapat membantu meningkatkan hasil belajar IPA tentang penyesuaian
makhluk hidup dengan lingkunganya pada siswa kelas V SD Negeri Joho tahun
2012/2013?
2. Apakah
metode permainan dapat meningkatkan antusias siswa untuk mengikuti pelajaran
IPA khususnya tentang penyesuaian makhluk hidup dengan lingkungannya pada siswa
kelas V SD Negeri Joho tahun 2012/2013?
C.
TUJUAN
PENELITIAN
Penelitian yang dilakukan ini bertujuan
untuk mengetahui penggunaan metode permainan dalam pembelajaran IPA untuk
meningkatkan pemahaman siswa tentang Penyesuaian Makhluk Hidup terhadap Lingkungan
pada siswa kelas V SD Negeri Joho tahun pelajaran 2012/2013.
D.
MANFAAT
PENELITIAN
Hasil
penelitian ini diharapkan dapat:
1. Membantu meningkatkan pemahaman siswa pada
materi pembelajaran IPA tentang Penyesuaian Makhluk Hidup tehadap Lingkungan.
2. Sebagai bahan masukan bagi guru untuk
menggunakan metode permainan dalam pembelajaran IPA.
3. Memberikan wawasan yang lebih luas bagi para
pembaca tentang penggunaan metode permainan dalam pembelajaran IPA di Sekolah
Dasar.
0 Response to "Penelitian PTK Materi IPA Kelas 5 SD di SD Negeri Joho Adimulyo BAB I"
Post a Comment