Penelitian PTK Materi IPA Kelas 5 SD di SD Negeri Joho Adimulyo BAB I

BAB I

PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG MASALAH
Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam atau IPA tentu sudah tidak asing lagi bagi anak Sekolah Dasar, karena mata pelajaran ini sudah diajarkan sejak kelas I. Salah satu tujuan IPA sebagaimana termuat dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (2006) adalah agar peserta didik memiliki kemampuan mengembangkan rasa ingin tahu, sikap positif dan kesadaran tentang adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara IPA, lingkungan, teknologi dan masyarakat. Melalui pengajaran IPA diharapkan dapat meningkatkan kesadaran peserta didik untuk berperanserta dalam memelihara, menjaga dan melestarikan lingkungan alam. Untuk mencapai tujuan tersebut siswa tidak hanya dituntut untuk mengetahui tetapi juga memahami materi pelajaran IPA.
Pada kenyataanya, yang peneliti jumpai di SD Negeri Joho kelas V, sebagian besar siswa belum memahami materi pelajaran IPA khususnya tentang Penyesuaian Makhluk Hidup dengan Lingkungannya. Hal ini dapat penulis lihat dari hasil tes awal yang peneliti lakukan. Dari hasil tes tersebut terlihat bahwa masih banyak siswa yang belum dapat mengerjakan soal-soal tes dengan benar. Misalnya mereka belum dapat menyebutkan bentuk-bentuk penyesuaian diri hewan dengan lingkkunganya untuk memperoleh makanan, mereka juga belum dapat  menyebutkan cara-cara yang dilakukan hewan dan tumbuhan untuk melindungi diri dari musuh. Oleh karena itu perlu ada suatu upaya untuk membantu siswa agar mereka dapat memahami materi pelajaran yang mereka pelajari.
1.      Identifikasi Masalah
1
 
Dari fakta yang ada, guru mendata masalah – masalah yang muncul dari siswa diantaranya pemahaman siswa terhadap materi masih rendah, siswa kurang memperhatikan penjelasan yang disampaikan guru, dan rendahnya antusisas siswa untuk mengikuti pembelajaran
2.      Analisis Masalah.
Dalam proses pembelajaran, hasil belajar siswa rendah tidak semata datang dari siswa. Masalah juga datang dari guru sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran diantaranya penyajian pembelajaran yang masih konvensional dan monoton, guru belum menerapkan metode yang dapat membuat siswa merasa antusias untuk mengikuti  pembalajaran.
Oleh karena itu guru perlu memilih cara yang tepat, guru perlu memilih metode pembelajaran yang sesuai yang dapat mendorong siswa agar dapat belajar dengan lebih baik. Salah satunya yaitu dengan metode permainan. Suatu metode yang menyajikan suasana pembelajaran yang santai tapi serius. Selain itu metode ini juga memberikan suasana yang menyenangkan bagi siswa karena mereka diajak belajar sambil bermain. Sehingga diharapkan mereka akan lebih menikmati kegiatan pembelajaran dan dapat memahami materi yang disampaikan guru.
Bertolak dari latar belakang masalah yang penulis uraikan di depan, maka penulis terdorong untuk melakukan penelitian dengan judul “Penggunaan Metode Permainan untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Penyesuaian Makhluk Hidup terhadap Lingkungan pada Siswa Kelas V SD Negeri Joho Tahun 2012/2013.”


B.     RUMUSAN MASALAH

Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraiakan di atas, maka rumusan masalahnya adalah sebagai berikut:
1.      Apakah metode permainan dapat membantu meningkatkan hasil belajar IPA tentang penyesuaian makhluk hidup dengan lingkunganya pada siswa kelas V SD Negeri Joho tahun 2012/2013?
2.      Apakah metode permainan dapat meningkatkan antusias siswa untuk mengikuti pelajaran IPA khususnya tentang penyesuaian makhluk hidup dengan lingkungannya pada siswa kelas V SD Negeri Joho tahun 2012/2013?
C.    TUJUAN PENELITIAN
Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode permainan dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang Penyesuaian Makhluk Hidup terhadap Lingkungan pada siswa kelas V SD Negeri Joho tahun pelajaran 2012/2013.

D.    MANFAAT PENELITIAN
Hasil penelitian ini diharapkan dapat:
1.  Membantu meningkatkan pemahaman siswa pada materi pembelajaran IPA tentang Penyesuaian Makhluk Hidup tehadap Lingkungan.
2.  Sebagai bahan masukan bagi guru untuk menggunakan metode permainan dalam pembelajaran IPA.

3.  Memberikan wawasan yang lebih luas bagi para pembaca tentang penggunaan metode permainan dalam pembelajaran IPA di Sekolah Dasar.

0 Response to "Penelitian PTK Materi IPA Kelas 5 SD di SD Negeri Joho Adimulyo BAB I"

Post a Comment