Lampiran PTK Materi IPA Kelas 5 SD di SD Negeri Joho Adimulyo

Lampiran 1
RENCANA PERBAIKAN PEMBELAJARAN ( RPP )
SIKLUS I

Nama Sekolah             : SD NEGERI JOHO
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester          : V / 1
Alokasi Waktu            : 2 X 70 menit (2 kali pertemuan)
Hari, Tgl Pelaksanaan : Kamis dan Senin, 25 dan 29 Oktober 2012
Tahun Pelajaran           : 2012/2013
A.    STANDAR KOMPETENSI
3.        Mengidentifikasi cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan.
B.   KOMPETENSI DASAR
3.1.  Mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup.
C.   INDIKATOR
3.1.1.      Menjelasakan cara hewan menyesuaikan diri dengan lingkungan untuk memperoleh makanan.
3.1.2.      Menjelaskan cara hewan melindungi diri dari musuhnya.
D.   TUJUAN PEMBELAJARAN
  1. Setelah siswa melakukan permainan kartu kata dan kartu gambar, siswa dapat menyebutkan ciri khusus yang dimiliki hewan untuk meperoleh makanan dengan benar.
  2. Setelah melakukan permainan kartu kata dan kartu gambar tentang cara hewan menyesuaikan diri dengan lingkungan siswa dapat menjelaskan cara hewan menyesuaikan diri dengan lingkungan untuk memperolaeh makanan dengan benar.
  3. Setelah melakukan permainan kartu kata dan kartu gambar tentang ciri khusus yang dimiliki hewan untuk melindungi diri dari musuh siswa dapat menyebutkan ciri khusus yang dimiliki hewan yang digunakan untuk melindungi diri dari musuh dengan benar.
  4. Setelah melakukan permainan kartu kata dan kartu gambar tentang cara hewan melindungi diri dari musuh siswa dapat menjelaskan cara hewan melindungi diri drai musush dengan benar
E.   TUJUAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN
  1. Meningkatkan keaktifan dan antusias siswa melalui permainan kartu kata dan kartu gambar tentang cara hewan menyesuaikan diri dengan lingkungan ntuk memperoleh makanan.
  2. Mengaktifkan dan antusias siswa dengan permainan kartu kata dan kartu gambar tentang cara hewan menyesuaikan diri dengan lingkunag untuk melindungi dir dari musuh..
F.    MATERI PEMBELAJARAN
Penyesuaian Hewan dengan Lingkunganya.
Penyesuaian hewan dengan lingkunganya memiliki dua tujuan yaitu untk mendapatkan makanan dan untuk melindungi diri dari serangan musu.
1.      Hewan Menyesuaikan Diri untuk Memperoleh Makanan.
Penyesuaian diri hewan dengan lingkungan untuk memperoleh makanan dapat dilihat pada bentuk paruh (mulut) dan bentuka kaki.
Contoh:
a.       Kupu-kupu
Makanan kupu-kupu adalah nektar.Bentuk penyesuaian diri kupu-kupu untuk memperoleh makanan adalah dengan memeiliki mulut panjang yang bergguna sebagai alat penghisap yang disebut dengan probosis.
b.      Lebah
Bentuk penyesuaian diri lebah adalah dengan memiliki mulut penjilat dengan lidah yang panjang yang  berguna untuk menjilat makanan yang berupa nektar pada bunga.
c.       Nyamuk
Nyamuk menyesuaikan diri dengan memiliki mulut penusuk dan penghisap yang runcing dan panjang yang berguna untuk menghisap makanan yang berupa cairan.
d.      Burung
Burung memilliki bentuk paruh yang berbeda-beda tergantung pada jenis makananya.Paruh burung pipit yang makananya beruoa biji-bijian berbeda dengan paruh burung elang yang makananya adalah daging.Paruh burung elang runcing dan melengkunng yang berguna untuk mengoyak daging.Paruh burung kolibri penjang dan runcing sehingga memudahkan burung tersebut dalam menghisap nektar bunga.
Selain pada paruh, bentuk penyesuaian diri burung juga dapat dilihat pada bentuk kaki mereka.Keanekaragaman bentuk kaki burung disesuaikan dengan kegunaanya.Kaki burung pelatuk untuk memanjat, kaki burung kutilang untuk bertengger, kaki ayam untuk mengais, kaki burung elang untuk mencengkeram mangsa, dan sebagainnya.
e.       Unta
Unta menyesuaikan diri dengan lingkungan padang pasir yang kering dan gersang dengan memiliki punuk yang berisi makanan cadangan. Selain itu, pada saat minum unta juga dapat meneguk air dalam jumlah yang banyak.Air tersebut disimpan sebagai cairan tubuh sehingga dia dapat bertahan tanpa minum dalam waktu yang lama.
2.      Hewan Menyesuaikan Diri dengan Lingkungan untuk Melindungi Diri dari Musuhnya.
Pada umumnya, hewan memiliki bagian tubuh yang berguna untuk melindungi diri dari serangan musuh.Contoh:
a.       Bunglon
Bunglon melindungi diri dari serangan musuh dengan cara mengubah warna tubuhnya sesuai dengan lingkungan di mana dia berada. Kemampuan bunglon untuk mengubah warna tubuhnya sesuai dengan earna lingkungannya disebut dengan mimikri.
b.      Walang Sangit
Walang sangit melindungi diri dari serangan musuh dengan mengeluarkan bau yang sangat menyengat.
c.       Walanng daun
Walang daun mempunyai bentuk dan warna tubuh yang menterupai daun sehingga menyulitkan musuh untuk mengetahui keberadaanya.
d.      Harimau, anjinng, dan singa
Hewan tersebut memiliki kuku dan gigi yang tajm untuk melindungi diri dri serangan musuh mereka.
e.       Sapi, kambing, kerbauuu, dan kijang
Sapi, kambing, kerbau, dan kijang memiliki tanduk yang runcing yang digunakan saat bertarung.
f.       Kalajengking, kelabang, dan lebah
Hewan-hewan tersebut dapat mengeluarkan zat beracun bagi musuh melalui sengatnya.
g.      Ular
Ular berbisa melindungi diri dari serangan musuh dengan gigitan beracun. Ular tidak berbisa meindungi diri dari musuh dengan cara membelitkan tubuhnya ke tubuh musuh.
h.      Cumu-cumi, gurita, dan sotong
Cumi-cumi, gurita, dan sotong yang  hidupnya di air akan menymprotkan cairan hitam seperti tinta saat diserang oleh musuh.
i.        Siput
Siput mempunyai pelindung tubuh berupa cangkang yang kuat yang disebut dengan rumah siput. Hewan ini melindungi diri dari serangan musuh dengan cara memasukkan tubuhnya ke dalam rumahnya.
j.        Musang dan Kumbang
Musang dan kumbang berpura-pura mati saat diserang musuh.
k.      Cicak
Cicak melindumgi diri dari serangan musuh dengan cara memutuskan ekornya.
G.       METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
1.      Metode Pembelajaran
Ø  Permainan, tanya jawab.
2.      Model Pembelajaran
Ø  Pembelajaran Kooperatif.
H.       LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
·         Pertemuan Pertama ( Kamis, 25 Oktober 2012 )
  1. Pendahuluan ( 10 menit )
a.       Memberi salam, berdoa, dan  mengecek kehadiran siswa.
b.      Apersepsi, dengan memberi pertanyaan:
ü  Siapa diantara anak-anak yang suka mengamati hewan-hewan disekitar kalian?
ü  Adakah bagian khusus yang dimiliki hewan yang kalian amati yang tidak dimiliki oleh hewan lain?
c.       Menjelaskan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai yaitu siswa dapat menjelaskan cara hewan menyesuaikan diri dengan lingkunagn  untuk memperoleh makanan dan untuk melindungi diri dari musuh.
d.      Menyampaikan ruang lingkup materi pembelajaran.
  1. Kegiatan Inti ( 40 menit )
a.       Eksplorasi
Ø  Siswa menyebutkan .nama-nama hewan yang ada di sekitar mereka
Ø  Siswa menyebutkan ciri-ciri khusus dari hewan yang mereka sebutkan.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang ciri khusus yang dimiliki hewan yang digunakan untuk memperoleh makanan.
Ø  Siswa memilih kartu kata dan kartu gambar yang dibagikan oleh guru.
b.      Elaborasi
Ø  Siswa melakukan permainan kartu kata dan kartu gambar.
Ø  Secara berpasangan siswa yang memegang kartu kata nama hewan, kartu gambar, dan kartu kata cara hewan menyesuaikan diri dengna lingkungan untuk memperoleh makanan maju ke depan kelas dan menunjukan kartu yang mereka peroleh.
Ø  Siswa menjelaskan cara hewan menyesuaikan diri dengan lingkungan untuk memperoleh makanan berdasarkan kartuu kata dan kartu gambar yang mereka peroleh.
c.       Konfirmasi
Ø  Siswa bersama guru membahas hasil permainan kartu kata dan kartu gambar.
Ø  Siswa memperoleh penguatan atas hasil permainan kartu kata dan kartu gambar mereka dari guru.
Ø  Siswa bersama guru menyimpulakan materi pelajaran ang telah mereka pelajari.
  1. Kegiatan Penutup ( 20 menit )
a.       Siswa diberi kesempatan untuk menanyakan materi yang belum jelas. 
b.      Siswa bersama guru mengulangi kesimpulan meteri pelajaran yang telah diperolah selama proses pembelajaran.
c.       Memberi tugas rumah yang berkaitan dengan cara hewan menyesuaikan diri dengan lingkungan untuk memperoleh makanan.
d.      Guru menyampaikan materi untuk pertemuan selanjutnya.
e.       Guru menutup pelajaran dengan berdoa bersama.
f.       Siswa menjawab salam dari guru.


·         Pertemuan Kedua (Senin, 29 Oktober 2012 )
  1. Pendahuluan ( 10 menit )
a.       Memberi salam, berdoa, dan  mengecek kehadiran siswa.
b.      Apersepsi, mengajukan pertanyaan :
ü  Siapa diantara anak-anak yang pernah memegang  walang sangit? Bagaimana baunya?
ü  Apa yang kalian lakukan terhadap walang sangit yang kalian pegang setelah kalian tahu baunya?
c.       Menjelaskan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai yaitu menjelasakn cara hewan menyesuaikan diri dengan lingkungan untuk melindungi diri dari musuh.
d.      Menyampaikan ruang lingkup materi pembelajaran.`
e.       Membahas PR secara klasikal.
  1. Kegiatan Inti ( 40 menit )
a.       Eksplorasi
Ø  Siswa menyebutkan nama-nama hewan yang pernah mereka jumpai di lingkungan sekitar mereka.
Ø  Siswa menyebutkan ciri khusus yanng dimiliki oleh hewan-hewan yang mereka sebutkan yang tidak dimiliki oleh hewan lain.
Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang ciri khusus yang dimiliki hewan yang digunakan untuk melindungi diri dari musuh.
Ø  Siswa menyebutkan ciri khusus yang dimiliki hewan yang digunakan untuk melindungi diri dari musuh.
Ø  Siswa menerima kartu kata dan kartu gambar tentang hewan dan cara melindungi diri dari musuh.
b.      Elaborasi
Ø  Siswa melakukan permainan kartu kata dan kartu gambar tentang cara hewan melindungi diri dari musuh.
Ø  Siswa mencari pasangan kartu yang mereka terima.
Ø  Siswa yang memegang kartu yang sesuai yaitu kartu nama hewan, kartu gambar hewan, dan kartu cara hewan melindungi diri dari musuh secara berpasangan maju ke depan kelas dan menunjjukan kartu yang mereka pegang pada siswa yang lain.
Ø  Siswa menjelaskan cara hewan melindungi diri dari musuh berdasarkan kartu yang mereka peroleh.
c.       Konfirmasi
Ø  Siswa bersama guru membahas hasil permainan kartu kata dan kartu gamabar.
Ø  Siswa diberi penguatan atas hasil permainan kartu kata dan kartu gambar yang telah mereka lakukan.
Ø  Siswa bersama guru menyimpulkan materi pelajaran.
  1. Kegiatan Penutup ( 20 menit )
a.       Siswa diberi kesempatan untuk menanyakan materi yang belum jelas. 
b.      Siswa bersama menyebutkan kembali kesimpulan yang telah diperoleh selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
c.       Secara individu denang senang hati dan tanggung jawab siswa mengerjakan evaluasi tertulis yang diberikan guru.
d.      Memeriksa silang hasil pekerjaan evaluasi siswa dan memberikan penilaian.
e.       Guru menyampaikan materi untuk pertemuan selanjutnya.
f.       Siswa bersam guru menutup pelajaran dengan berdoa bersama.
g.      Siswa menjawab salam dari guru.
I.       MEDIA  DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.      Media Pembelajaran
Ø  Kartu kata
Ø  Kartu gambar (gambar hewan)
2.      Sumber Pembelajaran
Ø  Azmiyawati, Choiril, dkk..2008. IPA 5 Salingtemas.Jakarta:Pusat Perbukuan. (halaman : 48-53)
Ø  Hariyanto.2007.Sains untuk Sekolah Dasar Kelas V.Jakarta:Erlangga. (halaman : 58-64)

J.      EVALUASI
1.      Prosedur         : Evaluasi dilaksanakan selama proses pembelajaran melalui tanya jawab dan diskusi saat siswa melakukan permainan kartu kata dan kartu gambar, serta evaluasi pada akhir pelajaran.
2.      Alat Evaluasi  : Tes Tertulis
Instrumen:
I.         Berilah tanda silang (x) pada hruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang kamu anggap benar!
1.        Cicak melindungi diri dari terkaman kucing dengan cara ....
a.       Mengubah warna tubuhnya
b.      Mengeluarkan bau menyengat
c.       Mengeluarkan cairan hitam seperti tinta
d.      Memutuskan ekornya
2.      Bebek memiliki kaki berselaput, berarti bebek ....
a.       Pandai berlari
b.      Pandai berenang
c.       Suka memanjat
d.      Suka bertengger
3.    Hewan yang mempunyai bentuk mulut sama dengan belalang adalah ....
a.       Nyamuk
b.      Jangkrik
c.       Kupu-kupu
d.      Lalat
4.   Bentuk paruh panjang dan runcing dimiliki oleh hewan ....
a.       Rajawali
b.      Kutilang
c.       Kolibri
d.      Pipit
5.      Hewan yang melindungi diri dari serangan musuh  dengan berkamuflase adalah ....
a.       Kupu-kupu
b.      Walang sangit
c.       Belalang daun
d.      Kecoa
II.     Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar!
6.      Alat penghisap pada kupu-kupu dinamakan ....
7.      Kaki burung pelatuk berguna untuk ...
8.      Makanan cadangan pada unta disimpan di ....
9.      Landak memiliki alat perlindungan diri berupa ....
10.  Serangga yang memiliki tipe mmulut penggigit dan pengunyah adalah ....
III.   Kerjakan soal-soal di bawah ini!
11.  Apa perbedaan bentuk paruh burung kakatua dan burung pelatuk?
12.  Bagaimana cara unta menyesuaikan diri dengan lingkungan padang pasir yang tandus dan gersang?
13.  Jelaskan cara bebek menyesuaikan diri dengan lingkunganya!
3.      Kunci Jawaban dan Pedoman Penilaian
NO
Kunci Jawaban
Skor
1
D.   Memutuskan ekornya
1
2
B.  Pandai berenang
1
3
B.  Jangkrik
1
4
C.  Kolibri
1
5
C.  Belalng daun
1
6
Probosis
2
7
Memanjat
2
8
Punuk
2
9
Kulit berduri yang tajam
2
10
Belalang dan jangkrik
2
11
Bentuk paruh burung kakatua pendek dan melengkung di bagian depan berguna untuk mengoyak daging.
Bentuk paruh buru pelatuk uncinng berguna untuk mematuk serangga pada dahan pohon.
3
12
Memiliki punuk untuk menyimpan cadangan makanan dan lambungnya dapat menyimpan air dalam jumlah yang banyak sehingga unta dapat bertahan hidup tanpa makan dan minum dalam jangka waktu yang lama.
3
13
Bebek memilliki kaki yang berselaput untuk memudahkan bebek berenang, paruh bebek berbentuk lebar yanng berguna untuk menyudu.
3
Jumlah skor maksimal
24
Nilai Akhir = ( jumlah skor perolehan : jumlah skor maksimal ) x 100
Tabel Penilaian Proses
No
Nama
Keaktifan
brtanya
Kerja sama
Antusias
ya
tidak
Ya
tidak
Ya
tidak
1







2







3








Tabel Penilaian Hasil
No
Nama
Skor perolehan
Nilai
1



2



3




Mengetahui
Kepala SDN Joho



Susetyo Budi, S.Pd.Sd
NIP. 19591228 197802 1 001

Joho, 20 Oktober 2012
Guru Kelas V



Ratna Kustiyah
NIP 19871019 200903 2 002

Lampiran 2
RENCANA PERBAIKAN PEMBELAJARAN ( RPP )
SIKLUS II

Nama Sekolah             : SD NEGERI JOHO
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester          : V / 1
Alokasi Waktu            : 2 X 70 menit ( 2 kali pertemuan)
Hari, Tgl Pelaksanaan : Kamis dan Senin, 1 dan 5 Nopember 2012
Tahun Pelajaran           : 2012 / 2013
A.    STANDAR KOMPETENSI
3.        Mengidentifikasi cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan.
B.        KOMPETENSI DASAR
3.2.   Mengidentifikasi cara tumbuhan menyesuaikan diri dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup
C.    INDIKATOR
3.2.1.      Menjelaskan cara tumbuhan menyesuaikan diri dengan lingkungan
3.2.2.      Menjelaskan cara tumbuhan melindungi diri dari pengaruh iklim dan gangguan makhluk hidup lain
D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
  1. Setelah melakukan permainan kartu kata dan kartu gambar secara berkelompok siswa dapat menyebutkan jenis-jenis tumbuhan  berdasarkan tempat hidupnya.
  2. Setalah melakukan permainan kartu kata dan kartu gambar secara berkelompok, siswa dapat menyebutkan ciri khusus pada tumbuhan yang tidak dimiliki oleh tumbuhan lain dengan benar.
  3. Setelah melakukan permainan kartu kata dan kartu gambar secara berkelompok, siswa dapat menjelaskan cara tumbuhan tumbuhan menyesuaikan diri dengan lingkungan dengan benar.
  4. Setelah melakukan permainan kartu kata dan kartu gambar secara berkelompok tentang cara tumbuhan melindungi diri, siswa dapat menyebutkan ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan yang digunakan untuk melindungi diri dengan benar.
  5. Setelah melakukan permainan kartu kata dan kartu gambar secara berkelmpok tentang cara tumbuhan melindungi diri, siswa dapat menjelaskan cara tumbuhan mellindungi diri dari pengaruh iklim dengan benar.
  6. Setelah melakukan permainan kartu kata dan kartu gambar secara berkelompok tentang cara tummbuhan melindungi diri siswa dapat menjelaskan cara tumbuhan melindungi diri dari gangguan hewan dan manusia dengan benar.
TUJUAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN
  1. Mengaktifkan siswa melalui permainan kartu kata dan kartu gambar.
  2. Meningkatkan kerja sama siswa melalui permainan secara berkelompok.
E.     MATERI PEMBELAJARAN
Penyesuaian Diri Tumbuhan terhadap Lingkunganya
1.      Berdasarkan Tempat Hidupnya
Tumbuhan juga menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Tumbuhan bisa hidup di air dan daratan.
a.       Tumbuhan hidup di air
Mempunyai rongga udara pada batangnya untuk membantu penguapan. Akar yang kuat menancap Tumbuhan yang hidup di air contohnya teratai, enceng gondok, kangkung, dan genjer. Tanaman ini, mempunyai daun yang lebar. di dasar untuk keseimbangan daun. Tanaman air kebalikan dari tanaman di daerah kering. Tanaman ini berusaha melepas uap air sebanyak-banyaknya ke udara. Rongga udara berguna agar dapat mengapung.
b.      Tumbuhan yang hidup di dua musim
Tumbuhan ada yang hidup di dua musim. Artinya tumbuhan mengalami musim penghujan dan kemarau. Pada saat musim penghujan air melimpah. Sedangkan saat musim kemarau air sangat sulit diperoleh. Tumbuhan yang hidup pada dua musim memiliki ciri-ciri yaitu:
1) dapat menggugurkan daunnya pada musim kemarau (meranggas), dan
2)   dapat melebarkan daunnya pada musim penghujan.
Contoh tanamannya, antara lain pohon jati dan mahoni. Pada musim kemarau pohon ini akan mengurangi daun. Pengurangan  lembut dan meruncing. Sedangkan rumput akan menghabiskan daunnya, tetapi umbinya tetap hidup di dalam tanah.
c.       Tumbuhan di daerah kering/gurun
Daerah gurun sangat jarang terjadi hujan. Sepanjang hari daerah ini disinari matahari yang terik. Tumbuhan pada daerah kering memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
1)        Berdaun tebal dengan lapisan lilin (untuk mengurangi penguapan)
2)        Batangnya lebar menggembung (untuk menyimpan cadangan air)
3)        Daunnya berupa duri
4)        Akar menghujam jauh ke dalam tanah dan bercabang banyak.
Contoh tumbuhan gurun adalah kaktus. Pada saat kering kaktus akan menggunakan cadangan makanan, cadangan makanan tersimpan di batang. Bila cadangan makanan digunakan, batangnya mengerut. Tetapi saat hujan tiba batang kaktus mengembung lagi.
2.      Berdasarkan Cara Melindungi Diri
Berikut adalah tumbuhan yang dikelompokkan berdasarkan cara melindungi dirinya.
a.       Menggunakan duri
Duri tumbuh pada batangnya. Amatilah bunga mawar yang ada di tamanmu! Indahdan wangi ya, tapi hati-hati kalau kurang hati-hati terkena durinya. Contoh tumbuhanyang lain yaitu pohon salak, jeruk, dan bougenvil.
b.      Menggunakan getah
Pohon memiliki getah yang sangat lengket. Getah akan keluar jika kulit pohon tergores atau rantingnya patah. Contohnya, pohon sawo, nangka, jambu mete, dan pohon karet.
c.       Menggunakan bulu yang tajam
Ada tumbuhan tertentu yang melindungi diri dengan bulu yang tajam. Bulu yang tajam terdapat pada bagian batang. Bulu yang tajam dapat melekat kuat serta menyebabkan gatal-gatal. Contohnya bulu pada pohon bambu dan tebu.
F.     METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
  1. Metode Pembelajaran
Ø  Permianan, Tanya Jawab, diskusi kelompok
  1. Model Pembelajaran
Ø  Pembelajaran Kooperatif
G.    LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
·         Pertemuan Pertama ( Kamis, 1 Nopember 2012 )
1.      Pendahuluan
a.       Memberi salam, berdoa dan mengecek kehadiran siswa.
b.      Apersepsi dengan mengajukan pertanyaan :
ü  Pernahkah kalian  mengamati tanaman enceng  gondok di sawah?
ü  Bagaimanakah bentuk tanaman tersebut?
c.       Menjelaskan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai yaitu siswa dapat menjelaskan cara tumbuhan menyesuaikan diri dengan lingkungan.
d.      Menyampaikan ruang lingkup materi pembelajaran.



2.      Kegiatan Inti
a.       Eksplorasi
Ø  Siswa siswa menyebutkan nama-nama tumbuhan yang ada di sekitar mereka.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang ciri khusus yang dimiliki tumbuhan yang mereka sebutkan yang tidak dimiliki oleh tubuhan lain.
Ø  Siswa membentuk kelompok dengan anggota empat anak dengan bimbingan guru.
b.      Elaborasi
Ø  Siswa secara berkelompok melakukan permainan kartu kata dan kartu  gambar tentang tumbuhan dan cara menyesuaikan dirinya.
Ø  Siswa mengisi LKS yanng diberikan guru berdasarkan hasil permainan yang telah mereka lakukan.
Ø  Siswa menjelaskan cara tumbuhana menyesuaikan diri dengan lingkungan berdasarkan hasil diskusi yang telah mereka lakukan.
Ø  Perwakilan kelompok secara bergiliran menyampaikan hasil permainan mereka di depan kelas.
c.       Konfirmasi
Ø  Siswa bersama guru membahas hasil permainan kartu kata dan kartu gambar yang telah dilakukan.
Ø  Siswa diberi penguatan atas hasil perminan mereka.
Ø  Siswa bersama guru mennyimpulkan materi pelajaran.
Ø  Siswa diberi motivasi agar siswa aktif dalam pembelajaran.
3.      Penutup
a.       Siswa diberi kesempatan untuk menanyakan materi yang belum jelas.
b.      Siswa bersama guru menyebutkan kembali kesimpulan materi peljaran yang telah mereka peroleh selama proses pembelajaran.
c.       Siswa diberi tugas rumah.
d.      Siswa diberi tahu materi untuk pertemuan selanjutnya.
e.       Siswa bersama guru mangakhiri pelajaran dengan berdoa bersama.
f.       Siswa menjawab salam dari guru.
·         Pertemuan Kedua ( Senin, 5 Nopember 2012 )
1.      Pendahuluan (10 menit)
a.       Memberi salam, berdoa dan mengecek kehadiran siswa.
b.      Apersepsi dengan mengajukan pertanyaan:
ü  Siapa diantara kalian yang pernah makan buah belimbing yang masih muda? Bagaimana rasanya?
ü  Masihkah kalian ingin memakan buah belimbing muda setelah tahu rasanya?
c.       Menjelaskan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai yaitu siswa dapat menjelaskan cara tumbuhan melindungi diri dari pengaruh iklim dan dari gangguan makhluk hidup yang lain.
d.      Menyampaikan ruang lingkup materi.
2.      Kegiatan Inti (40 menit)
a.       Eksplorasi
Ø  Siswa menyebutkan jenis-jenis tmbuhan yang pernah ereka jumpai.
Ø  Siswa menyebutkan ciri khusus yang dimiliki tumbuhan tersebut yang digunakan untuk melindungi diri.
Ø  Dengan bimbingan guru siswa membentuk kelompok yang beranggotakan empat anak.
b.      Elaborasi
Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang cara tumbuhan melindungi diri.
Ø  Siswa secara berkelompok melakukan permianan kartu kata dan kartu gambar tentang cara tumbuhan melindungi diri.
Ø  Siswa mengisi LKS yang telah dibagikan guru berdasarkan hasil permainan yang telah mereka lakukan.
Ø  Siswa menjelaskan cara tumbuhan melindungi diri dari pengaruh iklim  dan dari gangguan makhluk hidup lain.
Ø  Siswa menyampaikan hasil permainan mereka di depan kelas.

c.       Konfirmasi
Ø  Siswa bersama guru membahas hasil permainan kartu kata dan kartu gambar yang telah dilakukan
Ø  Siswa diberi penguatan atas hasil permainan mereka.
Ø  Siswa diberi motivasi agar siswa aktif dalam pembelajaran.
Ø  Siswa bersama guru menyimpulkan materi pelajaran.
3.      Penutup (20 menit)
a.       Siswa diberi kesempatan untuk menanyakan hal yang belum jelas dari materi.
b.      Siswa bersama guru menyebutkan kembali kesimpulan materi pelajaran yang telah diperoleh selama proses pembelajaran.
c.       Secara individu dengan senang hati dan jujur siswa mengerjakan evaluasi tertulis yang diberikan guru.
d.      Memeriksa secara silang hasil evaluasi siswa dan memberikan penilaian.
e.       Siswa bersama guru mengakhiri pembelajaran dengan  berdoa bersama.
f.       Siswa menjawab salam dari guru.
H.    MEDIA DAN SUMBER PEMBELAJARAN
  1. Media Pembelajaran
Ø  Kartu kata
Ø  Kartu gambar (gambar hewan)
  1. Sumber Belajar
Ø  Azmiyawati, Choiril, dkk..2008. IPA 5 Salingtemas.Jakarta:Pusat Perbukuan. (halaman : 54-57)
Ø  Hariyanto.2007.Sains untuk Sekolah Dasar Kelas V.Jakarta:Erlangga. (halaman : 64-67)
I.       EVALUASI
  1. Prosedur          : Evaluasi dilaksanakan selama proses pembelajaran melalui tanya jawab dan saat siswa melakukan permainan kartu kata dan kartu gambar, serta evaluasi pada akhir pelajaran.
  2. Alat Evaluasi   : Tes Tertulis
Instrumen:
I.         Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang kamu anggap benar!
1.      Duri pada tumbuhan mawar berguna untuk ...
a.       Menyesuaikan diri dengan lingkungan
b.      Mengurangi penguapan
c.       Mengelabuhi musuh
d.      Melindungi diri dari musuh
2.      Buah nangka muda melindungi diri dari gangguan  dengan cara ...
a.       Mengeluarkan getah
b.      Mempunyai duri beracun
c.       Menghasilkan gas beracun
d.      Menimbulkan bau tidak enak
3.      Tumbuhan yang menggugurkan daunya pada musim kemarau yaitu ....
a.       Kelapa
b.      Mangga
c.       Jati
d.      Pepaya
4.      Bentuk daun teratai yang tipis dan lebar berguna untuk ....
a.       Memudahkan terjadinya penguapan
b.      Menjaga keseimbangan
c.       Menghindari kekeringan
d.      Mengapung di air
5.      Perhatikan jenis-jenis tumbuhan di bawah ini!
i.        Salak
ii.      Bunga mawar
iii.    Mangga
iv.    Putri malu
v.      Kelapa
Kelompok tumbuhan yang melindungi diri dengan duri yaitu ....
a.       i, ii, dan iii
b.      i, ii, dan iv
c.       ii, iii, dan iv
d.      iii, iv, dan v
II.      Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar!
6.      Bagian tubuh enceng gondok yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan adalah ....
7.      Tumbuhan yang beradaptasi dengan lingkungan gurun yang tandus dan kering adalah ....
8.      Pohon mahoni beradaptasi pada musim kemarau dengan cara ....
9.      Buah belimbing terasa pahit ketika belum matang, bertujuan agar ....
10.  Buah durian memiliki ... yang tajam sehingga tidak dapat dimakan oleh hewan pemangsa.
III.   Kerjakan soal-soal di bawah ini!
11.  Bagaimana cara tumbuhan kaktus menyesuaikan diri dengan lingkungan yang kering dan tandus?
12.  Sebutkan bentuk penyesuaian diri tumbuhan enceng gondok terhadap tempat hidupnya!
13.  Bagaimana bentuk perlindungan diri pada tumbuhan salak dan pohon nangka?
  1. Kunci Jawaban dan Teknik penskoran
NO
Kunci Jawaban
Skor
1
D melindungi diri dari musuh
1
2
A mengeluarkan getah
1
3
C jati
1
4
A memudahkan terjadinya penguapan
1
5
B i salak, ii mawar, dan iv putri malu
1
6
Akarnya
2
7
Kaktus
2
8
Menggugurkan daunya/ meranggas
2
9
Tidak dimakan oleh pemangsanya
2
10
Kulit berduri
2
11
Daunya berbentuk duri, batangnya berlapis lilin, batangnya dapat menyimpan air.
3
12
Enceng gondok memiliki akar yang lebat untuk menjaga keseimbangn, batangnya berongga seperti spons untuk mempercepat penguapan.
3
13
Tumbuhan salak melindungi diri dengan memiliki duri pada bagian batangnya,
Tumbuhan nangka melindungi dii dengan mengeluarkan getah.
3
Jumlah skor maksimal
24

Nilai Akhir = ( jumlah skor perolehan : jumlah skor maksimal ) x 100

Tabel Penilaian Proses
No
Nama
Keaktifan
bertanya
Kerja sama
Antusias
ya
tidak
Ya
tidak
Ya
tidak
1







2







3








Tabel Penilaian Hasil
No
Nama
Skor perolehan
Nilai
1



2



3







Mengetahui
Kepala SDN Joho



Susetyo Budi, S.Pd.SD
NIP. 19591228 197802 1 001

Joho30 Oktober  2012
Guru Kelas V



Ratna Kustiyah
NIP 19871019 200903 2 002

Lampiran 3
KISI-KISI PENULISAN SOAL SIKLUS I
Nama Sekolah           : SD NEGERI JOHO          
Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester          : V/1
Alokasi Waktu           : 20 menit
Jumlah Soal               : 13
Bentuk Soal/Tes        : Tertulis (pilgan, isian, dan uraian)                       
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Indikator
Bentuk Soal
No Soal
3.     Mengidentifikasi cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan.

3.1.    Mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup
·         Penyesuaian diri hewan
1.       Menyebutkan cara cicak melindungi diri dari musuh
2.       Menyebutkan kegunaan kaki bebek
3.       Menyebutkan contoh serangga yang memiliki bentuk mlut sama.
4.       Menyebutkan benntuk paru burung
5.       Menyebutkan contoh hewan yang melindungi diri dengan berkamuflase.
6.       Menyebtkan nama alat penghisap pada kupu-kupu.
7.       Menyebutkan kegunaan kaki burung pelatuk
8.       Mennyebutkan tempat menyimpan cadangan makanan pada unta
9.       Menyebutkan alat perlindungan diri pada landak
10.    Menyebuutkan contoh serangga yang memiliki tipe mulut penggigit dan pengunyah
11.    Menjelaskan perbedaan bentuk paruh burung kakatua dan paruh burung pelatuk.
12.    Menjelaskan cara penyesuaian diri unta terhadap lingkungan padang pasir yang kering dan gersang.
13.    Menjelaskan bentuk penyesuaian diri bebek terhadap lingkunganya.
Pilihan Ganda








Isian








Uraian

1

2

3

4

5

6

7
8

9

10

11


12


13























Lampiran 4
KISI-KISI PENULISAN SOAL SIKLUS II
Nama Sekolah           : SD NEGERI JOHO          
Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester          : V/1
Alokasi Waktu           : 20 menit
Jumlah Soal               : 13
Bentuk Soal/Tes        : Tertulis (pilihan ganda, isian, dan uraian)          
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Indikator
Bentuk Soal
No Soal
3..Mengidentifikasi cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan.
3.3.    Mengidentifikasi cara tumbuhan menyesuaikan diri dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup

·         Penyesuaian diri tumbuhan

1.     Menyebutkan kegunaan duri pada bunga mawar
2.     Menyebutkan carabuah nangka melindungi diri dari pemangsanya.
3.     Menyebutkan contoh tumbuhan yang menggugurkan daunya pada musim kemarau
4.     Menyebutkan bentuk penyesuaian diri teratai.
5.     Menyebutkan jenis-jenis tumbuhan yang melindungi diri dengan duri.
6.     Menyebutkan kegunaan bagian tubuh enceng gondok.
7.     Menyebutkan contoh tumbuhan yang beradaptasi terhadap lingkungan gurun yang tandus dan gersang.
8.     Menyebutkan cara pohon mahoni menyesuaikan diri pada musim kemarau.
9.     Menyebutkan cara pohon belimbing melindungi diri dari pemangsanya.
10. Menyebutkan cara pohon durian mrlindungi buahnya dari pemangsa.
11. Menjelaskan cara tumbuhan kaktus menyesuaikan diri dengan lingkungan padang pasir yang kering dan tandus.
12. Menyebutkan bentuk penyesuaian diri tumbuhan enceng gondok terhadap tempat hidupnya
13. Menyebutkan bentuk perlindungan diri pohon salak dan pohon nangka.
Pilihan ganda













Isian singkat













Uraian
1


2


3


4

5


6

7




8



9


10


11




12



14






Lampiran 5
LEMBAR EVALUASI SIKLUS I

I.         Berilah tanda silang (x) pada hruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang kamu anggap benar!
1.        Cicak melindungi diri dari terkaman kucing dengan cara ....
a.       Mengubah warna tubuhnya
b.      Mengeluarkan bau menyengat
c.       Mengeluarkan cairan hitam seperti tinta
d.      Memutuskan ekornya
2.        Bebek memiliki kaki berselaput, berarti bebek ....
a.       Pandai berlari
b.      Pandai berenang
c.       Suka memanjat
d.      Suka bertengger
3.      Hewan yang mempunyai bentuk mulut sama dengan belalang adalah ....
a.       Nyamuk
b.      Jangkrik
c.       Kupu-kupu
d.      Lalat
4.      Bentuk paruh panjang dan runcing dimiliki oleh hewan ....
a.       Rajawali
b.      Kutilang
c.       Kolibri
d.      Pipit
5.      Hewan yang melindungi diri dari serangan musuh  dengan berkamuflase adalah ....
a.       Kupu-kupu
b.      Walang sangit
c.       Belalang daun
d.      Kecoa
II.                Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar!
6.      Alat penghisap pada kupu-kupu dinamakan ....
7.      Kaki burung pelatuk berguna untuk ...
8.      Makanan cadangan pada unta disimpan di ....
9.      Landak memiliki alat perlindungan diri berupa ....
10.  Serangga yang memiliki tipe mulut penggigit dan pengunyah adalah ....

III.             Kerjakan soal-soal di bawah ini!
11.  Apa perbedaan bentuk paruh burung kakatua dan burunng pelatuk?
12.  Bagaimana cara unta menyesuaikan diri dengan lingkungan padang pasir yang tandus dan gersang?
13.  Jelaskan cara bebek menyesuaikan diri dengan lingkunganya!















Lampiran 6
LEMBAR EVALUASI SIKLUS II

I.     Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang kamu anggap benar!
1.    Duri pada tumbuhan mawar berguna untuk ...
a.       Menyesuaikan diri dengan lingkungan
b.       Mengurangi penguapan
c.       Mengelabuhi musuh
d.      Melindungi diri dari musuh
2.    Buah nangka muda melindungi diri dari gangguan  dengan cara ...
a.       Mengeluarkan getah
b.       Mempunyai duri beracun
c.       Menghasilkan gas beracun
d.      Menimbulkan bau tidak enak
3.    Tumbuhan yang menggugurkan daunya pada musim kemarau yaitu ....
a.       Kelapa
b.       Mangga
c.       Jati
d.      Pepaya
4.    Bentuk daun teratai yang tipis dan lebar berguna untuk ....
a.       Memudahkan terjadinya penguapan
b.       Menjaga keseimbangan
c.       Menghindari kekeringan
d.      Mengapung di air
5.    Perhatikan jenis-jenis tumbuhan di bawah ini!
i.        Salak
ii.       Bunga mawar
iii.      Mangga
iv.      Putri malu
v.       Kelapa
Kelompok tumbuhan yang melindungi diri dengan duri yaitu ....
a.       i, ii, dan iii
b.       i, ii, dan iv
c.       ii, iii, dan iv
d.      iii, iv, dan v

II.      Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar!
6.       Bagian tubuh enceng gondok yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan adalah ....
7.       Tumbuhan yang beradaptasi dengan lingkungan gurun yang tandus dan kering adalah ....
8.       Pohon mahoni beradaptasi pada musim kemarau dengan cara ....
9.       Buah belimbing terasa pahit ketika belum matang, bertujuan agar ....
10.     Buah durian memiliki ... yang tajam sehingga tidak dapat dimakan oleh hewan pemangsa.

III.    Kerjakan soal-soal di bawah ini!
11.     Bagaimana cara tumbuhan kaktus menyesuaikan diri dengan lingkungan yang kering dan tandus?
12.     Sebutkan bentuk penyesuaian diri tumbuhan enceng gondok terhadap tempat hidupnya!
13.     Bagaimana bentuk perlindungan diri pada tumbuhan salak dan pohon nangka?







Lampiran 7
REKAP HASIL EVALUASI KONDISI AWAL, SIKLUS I, DAN SIKLUS II

Sekolah                       : SDN JOHO
Mata Pelajaran          : IPA
Kelas/Semester          : V/1
NO
NAMA SISWA
KKM
NILAI PEROLEHAN
JML
RATA-RATA
Pra Siklus
Siklus I
Siklus II
1
Baryanti RA
63
50
60
68
178
59,33
2
Rasimin DW
63
53
70
84
207
69,00
3
Asep Dwi K
63
57
60
67
184
61,33
4
Kevin AR
63
60
72
77
209
69,67
5
M. Julio M.
63
33
53
50
136
45,33
6
Anjar BP
63
73
77
79
232
77,33
7
Cindytias PF
63
80
82
96
258
86,00
8
Desi Fitriana
63
77
79
80
241
80,33
9
Diva Eka P
63
60
77
80
217
72,33
10
Harun Arosid
63
60
70
79
209
69,67
11
Lutfi As-Sifah
63
80
82
83
245
81,67
12
Maya Dea E
63
73
77
80
230
76,67
13
Machmur S
63
57
60
67
184
61,33
14
Natasha A
63
60
68
70
205
68,33
15
Rizal AG
63
80
93
84
257
85,67
16
Viki F
63
57
77
88
222
74,00
17
Winda F
63
83
93
92
268
89,33
Jumlah nilai

1093
1250
1339


Rata- rata kelas

64,29
73,52
78,76


Jumlah siswa tuntas

7
13
16


Presentase siswa tuntas

41%
76%
94%


Jumlah siswa tidak tuntas

10
4
1


Presentase siswa tidak tuntas

59%
24%
6%








Lampiran 8
DATA HASIL OBSERVASI PRA SIKLUS,SIKLUS I, DAN SIKLUS II
Sekolah                       : SDN JOHO
Mata Pelajaran          : IPA
Kelas/Semester          : V/1
       
No
ASPEK YANG DIAMATI
NILAI YANG DIPEROLEH (%)
JUM
LAH
RA
TA-
RA
TA
%

Pra
Siklus I
Siklus I
Siklus II
1.



Pra KBM
a.    Ketertiban siswa saat berdoa.
b.    Presensi kehadiran siswa.
c.    Kesiapan siswa untuk mengikuti pembelajaran.


   80
   80
    60

100
100
80

100
100
100

280
280
140

93
93
80

93
93
80
2.
Kegiatan Awal
      Antusias siswa       terhadap apersepsi  guru.


60

80

100

240

80

80

3.
Kegiatan Inti
a.    Perhatian siswa terhadap penjelasan guru
b.   Kesiapan siswa untuk menjawab pertanyaan dari guru dengan tepat.


60

40



80

80


100

100



240

220



80

73



80

73


4.
Kegiatan Perbaikan
a.    Kesiapan siswa untuk melakukan permainan kartu kata dan kartu gambar.
b.    Pemilihan formasi tempat duduk yang tepat.
c.    Ketertiban siswa saat berdiskusi.
d.    Penunjukan ketua kelompok oleh siswa.
e.    Interaksi aktif dalam masing-masing kelompok.
f.    Pencatatan hasil permainan dalam Lembar Kerja Kelompok
g.    Kesiapan siswa menyampaikan hasil diskusi di depan kelas.
h.    Kesiapan siswa menanggapi hasil diskusi kelompok lain dengan kalimat yang runtut.


80


80

60

60

40

60


20


40

100


100

80

100

100

100


40


80

100


100

100

100

100

100


50


100

280


280

240

260

240

260


10


220

93


93

80

86

86

86


33


73

93


93

80

86

86

86


66


73
5.
Kegiatan Akhir
a.    Menyimpulkan isi materi bersama guru. dengan guru.
b.    Pencatatan kesimpulan di buku masing-masing siswa.


60

60

80

100

80

100

220

260



73

86

73

86


Jumlah
820
1220
1350


1401


%
56.47
89.41
98.82


82.41


Joho, 29 Oktober 2012
Observer


PURWATI



















Lampiran 9
No
Kartu Kata
Kartu Gambar
Keterangan
Nama











1.
Tumbuhan hidup di air
 
TERATAI
 







ENCENG GONDOK
 







KANGKUNG
 
















2.
Tumbuhan di Daerah Kering
 
JATI
 








MAHONI
 











No
Gambar
Kartu Kata
Nama
Cara Melindungi Diri
1








BAMBU
 
                     
RAMBUT-RAMBUT HALUS
 
2







SALAK
 
DURI PADA BATANG
 
3







BUNGA MAWAR
 
DURI PADA BATANG
 
4






PUTRI MALU
 
DURI PADA BATANG
 
5







POHON NANGKA
 


MENGELUARKAN GETAH
 
6








POHON KARET
 
MENGELUARKAN GETAH
 
7







BUNGA KAMBOJA
 
MENGELUARKAN GETAH
 
8







BUAH DURIAN
 
DURI YANG SANGAT TAJAM
 
9







BUAH BELIMBING
 
BELIMBING MUDA TERASA PAHIT DAN SEPAT
 








Lampiran 10
 
 










Lampiran 11
KESEDIAAN SEBAGAI TEMAN SEJAWAT DALAM PENYELENGGARAAN PKP
Kepada
Kepala UPBJJ Purwokerto
Di tempat

Yang bertanda tangan di bawah ini, menerangkan bahwa :
            Nama                           : PURWATI
            Tempat Mengajar        : SDN Joho
            Alamat Sekolah           : Desa Joho, Kec. Adimulyo
Menyatakan bersedia sebagai teman sejawat untuk mendampingi dalam pelaksanaan PKP atas nama:
            Nama                           : RATNA KUSTIYAH
            NIM                            : 822137465
            Program Studi             : SI PGSD
            Tempat Mengajar        : SDN Joho
            Alamat Sekolah           : Desa Joho, Kec. Adimulyo
Demikian agar surat pernyataan ini dapat digunakan sebagaimana mestinya.

                                                                                    Joho,20 Oktober 2012
Mengetahui                                                                     Teman Sejawat
Kepala Sekolah

Susetyo Budi, S.Pd.SD                                                          Purwati
NIP 19591228 197802 1 001                             NIP 19690419 200801 2 013


Lampiran 12
SURAT PERNYATAAN
Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama                           : Ratna Kustiyah
NIM                            : 822137465
UPBJJ-UT                   : Purwokerto
Menyatakan bahwa
Nama                           : Purwati
Tempat Mengajar        : SDN Joho
Guru Kelas                  : IV
adalah teman sejawat yang akan membantu dalam pelaksanaan perbaikan pembelajaran, yang merupakan tugas mata kuliah PDGK 4501 Pemantapan Kemapuan  Profesional (PKP).
Demikian pernyataan ini dibuat untuk digunakan sebagaimana mestinya.

Temanggal, 20 Oktober 2012
Yang Membuat Pernyataan
Teman Sejawat                                                            Mahasiswa


Purwati                                                                    Ratna Kustiyah
NIP 19690419 200801 2 013                                   NIM 822137465





Lampiran 13
KEBPEMERINTAH KABUPATEN KEBUMEN
DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
UPT DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
UNIT  KECAMATAN ADIMULYO
SEKOLAH DASAR NEGERI JOHO
Alamat :Jl Protokol No 53 Desa Joho, Kec. Adimulyo, Kab. Kebumen
SURAT IJIN
Nomor : 421.2/...../2012
Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama             : Susetyo Budi, S.Pd.SD
NIP                : 19591228 197802 1 001
Jabatan           : Kepala SDN Joho
memberikan ijin kepada
Nama             : Ratna Kustiyah
NIM               : 822137465
Pokjar            : Petanahan
Kabupaten     : Kebumen
UPBJJ            : Purwokerto
untuk melaksanakan Penelitian Tindakan  Kelas pada kelas V, yang merupakan tugas mata kuliah Pemantapan Kemampuan Profesional (PDGK 4501).
Demikian surat ijin ini dibuat dengan sebenar-benarnya untuk dapat dipergunakan sebagiamana mestinya.
Joho, 20 Oktober 2012

Kepala Sekolah


Susetyo Budi, S.Pd.SD
NIP 19650405 198405 1 001


0 Response to "Lampiran PTK Materi IPA Kelas 5 SD di SD Negeri Joho Adimulyo"

Post a Comment