BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN
A. KESIMPULAN
Berdasarkan
data hasil penelitian dan pembahasan seperti tersebut diatas dapat disimpulkan
sebagai berikut:
1. Pada
proses perbaikan pembelajaran dari siklus I maupun siklus II pada mata
pelajaran IPA dengan kompetensi dasar ”Penyesuaian Diri Mkhluk Hidup terhadap Lingkunganya”. Dengan fokus perbaikan “ Apakah dengan metode permainan kartu kata dan kartu
gambar dapat meningkatkan hasil
belajar dan aktivitas belajar
siswa?”. Setelah dilakukan perbaikan pembelajaran dapat diambil kesimpulan
sebagai berikut:
a. Penggunaan
metode permaianan kartu kata dan
kartu gambar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dengan bukti :
1). Pra
Siklus mencapai nilai rata- rata 64,29.
2). Siklus I mencapai nilai rata-rata 73,52.
3). Siklus II mencapai nilai rata-rata 78,76.
b. Penggunaan metode permainan dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan
bukti:
1). Pra Siklus, presentasi keaktifan siswa
mencapai 56,67%.
1). Siklus I, presentasi keaktifan siswa mencapai
89,41%.
2). Siklus II, presentasi keaktifan siswa mencapai
98,82%.
c. Pencapaian KKM setelah perbaikan pembelajaran
terbukti meningkat dengan presentase pencapaian KKM sebagai berikut:
1). Pra Siklus presentase keaktifan siswa dalam pembelajaran mencapai 44%.
2). Siklus I presentase keaktifan siswa dalam pembelajaran mencapai 76%.
3). Siklus II presentase keaktifan siswa dalam pembelajaran mencapai 96%.
B. SARAN
Berdasarkan kesimpulan tersebut di atas maka penulis memberikan saran dalam upaya untuk meningkatkan prestasi
belajar dan aktivitas belajar siswa antara lain:
1. Bagi Siswa
a. Membiasakan diri berdiskusi untuk memecahkan
suatu masalah.
b. Membiasakan bertanya jika belum memahami
materi pembelajaran..
2. Bagi Guru
a. Menggunakan metode pembelajaran yang tepat
dan sesuai dengan kemampuan siswa
untuk pembelajaran semua mata pelajaran.
b. Menggunakan media yang tepat dan menarik
dalam setiap proses pembelajaran
dan usahakan media pembelajaran yang digunakan mudah
didapat di lingkungan sekolah dan sekitarnya.
c. Memperbanyak intensitas latihan agar siswa
terbiasa dengan metode yang diterapkan
oleh guru dan selalu terpantau hasil belajarnya.
d. Membiasakan saling berkolaborasi dengan teman
sejawat untuk membantu menilai
proses pembelajaran yang guru lakukan.
e. Selalu menambah wawasan baru tentang berbagai
metode, media dan alat pembelajaran yang dapat dilaksanakan untuk meningkatkan
mutu pembelajaran.
3. Bagi
Lembaga
Perlunya
mengoptimalkan KKG sekolah maupun Gugus Sekolah untuk berdiskusi membahas
masalah-masalah yang terjadi di kelas atau sekolah secara kontinyu dan terarah.
Karena penggunaan kartu kata dan kartu gambar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa
dan penggunaan metode permainan
dapat meningkatkan aktivitas
belajar siswa, maka diharapkan metode dan media ini dapat digunakan oleh rekan
guru dalam pembelajaran IPA khususnya.
0 Response to "Penelitian PTK Materi IPA Kelas 5 SD di SD Negeri Joho Adimulyo BAB V"
Post a Comment