Penelitian PTK Materi IPA Kelas 5 SD di SD Negeri Joho Adimulyo BAB V

BAB V

KESIMPULAN DAN SARAN
A.  KESIMPULAN
                  Berdasarkan data hasil penelitian dan pembahasan seperti tersebut diatas dapat disimpulkan sebagai berikut:
      1.   Pada proses perbaikan pembelajaran dari siklus I maupun siklus II pada mata pelajaran IPA dengan kompetensi dasar ”Penyesuaian Diri Mkhluk Hidup terhadap Lingkunganya”. Dengan fokus perbaikan “ Apakah dengan metode permainan kartu kata dan kartu gambar dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa?”. Setelah dilakukan perbaikan pembelajaran dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:
            a.   Penggunaan metode permaianan kartu kata dan kartu gambar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dengan bukti :
                  1).  Pra Siklus mencapai nilai rata- rata 64,29.
                  2).  Siklus I mencapai nilai rata-rata 73,52.
                  3).  Siklus II mencapai nilai rata-rata 78,76.
            b.   Penggunaan metode permainan dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan bukti:
                  1).  Pra Siklus, presentasi keaktifan siswa mencapai 56,67%.
                  1).  Siklus I, presentasi keaktifan siswa mencapai 89,41%.
                  2).  Siklus II, presentasi keaktifan siswa mencapai 98,82%.
            c.   Pencapaian KKM setelah perbaikan pembelajaran terbukti meningkat dengan presentase pencapaian KKM sebagai berikut:
                  1).  Pra Siklus presentase keaktifan siswa dalam pembelajaran    mencapai  44%.
                  2).  Siklus I presentase keaktifan siswa dalam pembelajaran mencapai    76%.
                  3).  Siklus II presentase keaktifan siswa dalam pembelajaran mencapai 96%.
Text Box: 29
 

B.  SARAN
                  Berdasarkan kesimpulan tersebut di atas maka penulis memberikan saran dalam upaya untuk meningkatkan prestasi belajar dan aktivitas belajar siswa antara lain:
      1.   Bagi Siswa
            a.   Membiasakan diri berdiskusi untuk memecahkan suatu masalah.
            b.   Membiasakan bertanya jika belum memahami materi pembelajaran..      
      2.   Bagi Guru
      a.   Menggunakan metode pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan        kemampuan siswa untuk pembelajaran semua mata pelajaran.
      b.   Menggunakan media yang tepat dan menarik dalam setiap proses          pembelajaran dan usahakan media pembelajaran yang digunakan                      mudah didapat di lingkungan sekolah dan sekitarnya.
      c.   Memperbanyak intensitas latihan agar siswa terbiasa dengan metode     yang diterapkan oleh guru dan selalu terpantau hasil belajarnya.
      d.   Membiasakan saling berkolaborasi dengan teman sejawat untuk             membantu menilai proses pembelajaran yang guru lakukan.
      e.   Selalu menambah wawasan baru tentang berbagai metode, media dan alat pembelajaran yang dapat dilaksanakan untuk meningkatkan mutu pembelajaran.
3.   Bagi Lembaga
                  Perlunya mengoptimalkan KKG sekolah maupun Gugus Sekolah untuk berdiskusi membahas masalah-masalah yang terjadi di kelas atau sekolah secara kontinyu dan terarah.

                        Karena penggunaan kartu kata dan kartu gambar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dan penggunaan metode permainan dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, maka diharapkan metode dan media ini dapat digunakan oleh rekan guru dalam pembelajaran IPA khususnya.

0 Response to "Penelitian PTK Materi IPA Kelas 5 SD di SD Negeri Joho Adimulyo BAB V"

Post a Comment