Makalah Budidaya Ikan Potensi LOBSTER MUTIARA (Panulirus ornatus) BAB IV dan Daftar Pustaka

BAB IV
KESIMPULAN

Lobster mutiara merupakan lobster komersial yang memiliki nilai jual yang cukup mahal dibandingkan beberapa lobster lainnya. Lobster laut sangat beragam jenisnya dan mempunyai spesifikasi perkembangan dan tabiat hidup berbeda. Salah satu jenis lobster yang potensial adalah lobster mutiara (Panulirus ornatus), hidup di perairan Indo-Pasifik, daerah lintang rendah (Phillips et al., 1980). Jenis lobster tersebut pertumbuhannya paling tinggi jika dibandingkan dengan lobster tropis lainnya seperi P. versicolor, P. homarus dan P. polyphagus(Vijayakumaran dan Radhakrishnan, 1997)Siklus hidup lobster terdiri dari 5 fase yaitu mulai dari dewasa yang memproduksi sperma atau telur, menetas menjadi filosoma (larva), kemudian berubah menjadi puerulus (post larva), tumbuh menjadi juvenil dan dewasa (Phillips et el. 1980).
Lobster memiliki sifat nokturnal yaitu sifat binatang yang aktif mencari makan pada malam hari. Pada siang hari lobster lebih suka membenamkan diri dalam lumpur atau menempel pada suatu benda yang terbenam dalam airSifat lobster yang perlu diperhatikan dalam pemeliharaan atau budidaya lobster adalah kanibalisme.  Individu lobster yang lebih kuat dapat memangsa individu yang lebih lemah atau lebih kecil ukurannya jika kondisi pakan berkurang.  Lobster yang dalam kondisi moulting biasanya sangat lemah dan mudah menjadi sasaran pemangsaan oleh lobster lainnyaPadat penebaran benih sangat tergantung pada ukuran benih yang ditebar.  Benih ukuran 5 – 30 gram dapat ditebar dengan kepadatan 40 – 60 ekor/m2 luas dasar jaring, ukuran 30 – 50 gram padat penebaran 20 – 30 ekor/m2 dan ukuran di atas 50 gram padat penebaran 15 – 17 ekor/m2.


 
DAFTAR PUSTAKA

Saputra,  Suradi Wijaya., 2009, “Status Pemanfaatan Lobster (Panulirus Sp) Di Perairan Kebumen”, Jurnal Saintek Perikanan Vol. 4, No. 2, 2009 : 10 – 15.

Yusnaini, 2009, “Ciri Morfologi Jenis Kelamin Dan Kedewasaanlobster Mutiara (Panulirus Ornatus)Sex Morphologycal Characteristics And Maturity Of The Ornated Lobster Panulirus Ornatu”, Torani (Jurnal Ilmu Kelautan dan Perikanan) Vol. 19 (3) Desember 2009: 166– 174.

0 Response to "Makalah Budidaya Ikan Potensi LOBSTER MUTIARA (Panulirus ornatus) BAB IV dan Daftar Pustaka"

Post a Comment