|
LEMBAR PENGAMATAN KINERJA GURU
PRA
SIKLUS
Mata Pelajaran/Tema : IPA/Energi Panas dan Bunyi
Kelas.Semester : IV/2
Hari, Tanggal : Rabu, 29 Januari 2014
Fokus Observasi : Penggunaan metode demonstrasi, media
konkret,
dan
gambar
No
|
Aspek yang Diobservasi
|
Kemunculan
|
Komentar
|
|
Ada
|
Tdk ada
|
|||
1
|
Pengunaan Metode Pembelajaran
|
|
|
|
|
Diskusi
·
Menjelaskan tugas
yang harus dilakukan
·
Membagi LKS
·
Melakukan supervisi
terhadap kegiatan kelompok
·
Memberi bantuan
kepada kelompok yang mengalami kesulitan
|
√
|
√
√
√
|
|
|
Tanya Jawab
·
Mengajukan
pertanyaan
·
Memberikan
kesempatan kepada siswa untuk bertanya
·
Memindahkan giliran
pertanyaan
|
√
|
√
√
|
|
|
Latihan
·
Memberikan soal
latihan
·
Menjelaskan cara
pengerjaan latihan
·
Memberikan lembar
soal latihan
·
Melakukan koreksi
dan penilaian
|
√
√
√
|
√
|
|
2
|
Penggunaan
Media Bantu Konkret dan gambar
|
|
|
|
|
Penggunaan
Media Bantu Konkret
·
Menunjukkan media konkret
·
Membagikan media konkret
·
Siswa mencari dan menemukan sendiri media
konkret
|
√
|
√
√
|
|
|
Penggunaan
gambar
·
Menunjukkan gambar
·
Memberi penjelasan tentang gambar
|
√
√
|
|
|
Peneliti
HANDOKO
NIM. ...................
|
Mengetahui
Kepala SDN Tambaharjo
`
RATIMAN, S.Pd.
NIP.
19620113
198401 1 001
|
Adimulyo, 29 Januari 2014
Observer
ISMAIL, S. Pd.
NIP. 19620410 198304 1 008
|
LEMBAR
PENGAMATAN KINERJA GURU
SIKLUS
I
Mata Pelajaran/Tema : IPA/Energi Panas dan Bunyi
Kelas.Semester : IV/2
Hari, Tanggal : Rabu, 12 Februari 2014
Fokus Observasi : Penggunaan metode demonstrasi, media
konkret,
dan
gambar
No
|
Aspek yang Diobservasi
|
Kemunculan
|
Komentar
|
|||||
Ada
|
Tdk ada
|
|||||||
1
|
Pengunaan Metode Pembelajaran
|
|
|
|
||||
|
Demonstrasi
·
Menyiapkan media
pembelajaran, alat bantu, dan alat peraga.
·
Menjelaskan tugas
yang harus dilakukan oleh siswa
·
Memberikan arahan
yang harus dilakukan siswa
·
Membagi LKS
·
Memberi bantuan
kepada kelompok yang mengalami kesulitan
|
√
√
√
√
|
√
|
|
||||
|
Diskusi
·
Menjelaskan tugas
yang harus dilakukan oleh siswa
·
Membagi LKS
·
Melakukan supervisi
terhadap kegiatan kelompok
·
Memberi bantuan
kepada kelompok yang mengalami kesulitan
|
√
√
√
|
√
|
|
||||
|
Tanya Jawab
·
Mengajukan
pertanyaan
·
Memberikan
kesempatan kepada siswa untuk bertanya
·
Memindahkan giliran
pertanyaan
|
√
√
|
√
|
|
||||
|
Latihan
·
Memberikan soal
latihan
·
Menjelaskan cara
pengerjaan latihan
·
Memberikan lembar
soal latihan
·
Melakukan koreksi
dan penilaian
|
√
√
√
√
|
|
|
||||
2
|
Penggunaan
Media Bantu Konkret dan gambar
|
|
|
|
||||
|
Penggunaan
Media Bantu Konkret
·
Menunjukkan media konkret
·
Membagikan media konkret
·
Siswa mencari sendiri media konkret
|
√
√
|
√
|
|
||||
|
Penggunaan
gambar
·
Menunjukkan gambar
·
Memberi penjelasan tentang gambar
|
√
√
|
|
|
||||
Peneliti
HANDOKO
NIM. .................
|
Mengetahui
Kepala SDN Tambaharjo
`
RATIMAN, S.Pd.
NIP.
19620113
198401 1 001
|
Adimulyo, 12 Februari 2014
Observer
ISMAIL, S. Pd.
NIP. 19620410 198304 1 008
|
||||||
LEMBAR
PENGAMATAN KINERJA GURU
SIKLUS
II
Mata Pelajaran/Tema : IPA/Energi Panas dan Bunyi
Kelas.Semester : IV/2
Hari, Tanggal : Rabu, 26 Februari 2014
Fokus Observasi : Penggunaan metode demonstrasi, media
konkret,
dan
gambar
No
|
Aspek yang Diobservasi
|
Kemunculan
|
Komentar
|
|
Ada
|
Tdk ada
|
|||
1
|
Pengunaan Metode Pembelajaran
|
|
|
|
|
Demonstrasi
·
Menyiapkan media
pembelajaran, alat bantu, dan alat peraga.
·
Menjelaskan tugas
yang harus dilakukan oleh siswa
·
Memberikan arahan
yang harus dilakukan siswa
·
Membagi LKS
·
Memberi bantuan
kepada kelompok yang mengalami kesulitan
|
√
√
√
√
√
|
|
|
|
Diskusi
·
Menjelaskan tugas
yang harus dilakukan oleh siswa
·
Membagi LKS
·
Melakukan supervisi
terhadap kegiatan kelompok
·
Memberi bantuan
kepada kelompok yang mengalami kesulitan
|
√
√
√
√
|
|
|
|
Tanya Jawab
·
Mengajukan
pertanyaan
·
Memberikan
kesempatan kepada siswa untuk bertanya
·
Memindahkan giliran
pertanyaan
|
√
√
√
|
|
|
|
Latihan
·
Memberikan soal
latihan
·
Menjelaskan cara
pengerjaan latihan
·
Memberikan lembar
soal latihan
·
Melakukan koreksi
dan penilaian
|
√
√
√
√
|
|
|
2
|
Penggunaan
Media Bantu Konkret dan gambar
|
|
|
|
|
Penggunaan
Media Bantu Konkret
·
Menunjukkan media konkret
·
Membagikan media konkret
·
Siswa mencari sendiri media konkret
|
√
√
√
|
|
|
|
Penggunaan
gambar
·
Menunjukkan gambar
·
Memberi penjelasan tentang gambar
|
√
√
|
|
|
Peneliti
HANDOKO
NIM. ................
|
Mengetahui
Kepala SDN Tambaharjo
`
RATIMAN, S.Pd.
NIP.
19620113
198401 1 001
|
Adimulyo, 26 Februari 2014
Observer
ISMAIL, S. Pd.
NIP. 19620410 198304 1 008
|
0 Response to "Contoh Lembar Pengamatan Kinerja Guru 3 Siklus"
Post a Comment