RPP Tutorial Pembuatan PTK

RANCANGAN AKTIVITAS TUTORIAL
(RAT)

                                 Mata Kuliah                                : Pemantapan Kemampuan Profesional
                                 Kode  Mata Kuliah/ sks              : PDGK 4501/ 4SKS
                                 Nama Pengembang                     : Yusti Prihati, S.Pd.
Deskripsi Singkat Mata Kuliah : Mata kuliah ini membahas tentang konsep Pemantapan Kemampuan Profesional dan penyelenggaraan Pemantapan Kemampuan Profesional
           
                        Kompetensi Umum                  : Setelah menyelesaikan program PKP diharapkan kemampuan mengajar mahasiswa akan semakin baik. Dengan demikian, mahasiswa akan tumbuh menjadi guru yang profesional, yang mampu menerapkan kaidah-kaidah PTK untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.  

NO
Kompetensi Khusus
Pokok Bahasan
Sub Pokok Bahasan
Model Tutorial
Tugas Tutorial
Estimasi
Waktu
Daftar Pustaka
Tutorial ke
1
1.                 Mahasiswa dapat menemukan kelemahan/ permasalahan dalam pembelajaran yang dilakukan melalui refleksi
2.               

Hakikat  PKP
·         Hakikat  PKP

·         Penelitian Tindakan Kelas


·         Hubungan PKP dengan PTK

·         PKP sebagai praktik PTK oleh mahasiswa PGSD
Ceramah
Diskusi
Tanya jawab
Mahasiswa mempersiapkan Rencana perbaikan Pembelajaran

120 menit
Andayani dkk.2009. Pemantapan Kemampuan Profesional.
Jakarta: Universitas Terbuka







1.       



















2.
 Mahasiswa dapat   merancang Rencana Perbaikan Pembelajaran (RPP)
Persiapan PTK, melakukan dan menyusun RPP
·         Identitas  Pembelajaran
·         RPP siklus I
·         Membahas persiapan pelaksanaan ujian PKP
Tanya jawab

120 menit
Andayani dkk.2009. Pemantapan Kemampuan Profesional.
Jakarta: Universitas Terbuka

2.






3.
3.               Mahasiswa dapat mensimulasikan tindakan perbaikan siklus I dan penyusunan RPP

Rancangan persiapan pembuatan RPP
·         Alternatif tindakan siklus
·         Rencana Perbaikan Pembelajaran
Aktif,

Produktif,

Konstruktivis
me

120 menit
Andayani dkk.2009. Pemantapan Kemampuan Profesional.
Jakarta: Universitas Terbuka


3.









4.
    Mahasiswa dapat menyusun instrumen dan melaksanakan pengamatan dan menganalisis data dalam PTK
Penyusunan draf laporan
·         Pembuatan sistematika laporan

·         Teknik penulisan Bab I dan Bab II
Aktif berlatih

120 menit
Andayani dkk.2009. Pemantapan Kemampuan Profesional.
Jakarta: Universitas Terbuka


4.






5.
    Mahasiswa dapat menyusun draf laporan PKP
Lanjutan draf laporan PKP
·         Menjelaskan pembuatan draf laporan

·         Identifikasi masalah dan rumusan masalah

·         Judul PKP


Praktik individual, produktif

120 menit
Andayani dkk.2009. Pemantapan Kemampuan Profesional.
Jakarta: Universitas Terbuka

5.










6.
    Mahasiswa dapat menyusun laporan PKP Bab I dan II
Sistematika
Bab I dan II laporan PKP
·         Komponen Bab I dan II

·         Penyusunan latar belakang masalah, tujuan dan manfaat penelitian


·         Penyusunan kajian pustaka
Andragogi

120 menit
Andayani dkk.2009. Pemantapan Kemampuan Profesional.
Jakarta: Universitas Terbuka


6.


7.
    Mahasiswa dapat menyusun laporan PKP Bab III dan IV
Sistematika
Bab III dan IV laporan PKP
·         Komponen Bab III dan IV laporan PKP

·         Penyusunan metode penelitian dan hasil serta pembahasan penelitian
Konsultasi mandiri

120 menit
Andayani dkk.2009. Pemantapan Kemampuan Profesional.
Jakarta: Universitas Terbuka

7.
8.
Mahasiswa dapat menyusun laporan PKP Bab V, daftar pustaka, dan halaman pengantar serta lampiran laporan PKP
Sistematika Bab V laporan PKP, halaman pengantar,dan lampiran PKP
·         Komponen Bab V laporan PKP

·         Penampilan halaman pengantar dan aneka lampiran laporan PKP

·         Finalisasi penulisan laporan
Mandiri

120 menit
Andayani dkk.2009. Pemantapan Kemampuan Profesional.
Jakarta: Universitas Terbuka

8.


SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL


Tutorial ke                                         :   1.
Kode/Nama Mata Kuliah/Sks          :   PDGK 4501/ Pemantapan Kemampuan Profesional/ 4SKS

Nama Pengembang                           :   Yusti Prihati, S.Pd.
Kompetensi Umum                           :    Setelah menyelesaikan program PKP diharapkan kemampuan mengajar mahasiswa akan semakin baik. Dengan demikian, mahasiswa akan tumbuh menjadi guru yang profesional, yang mampu menerapkan kaidah-kaidah PTK untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

       Kompetensi Khusus                         :  Mahasiswa dapat menemukan kelemahan/ permasalahan dalam pembelajaran yang dilakukan melalui refleksi
Pokok Bahasan                                  :  Refleksi profesional tentang proses pembelajaran yang dikelola mahasiswa
Subpokok Bahasan                           :
·               Kompetensi yang harus dicapai mahasiswa
·               Konsep PTK
·               Kaitan PKM dan PKP
·               Refleksi tentang kejadian pembelajaran
     Model Tutorial                                :  Pengajaran Langsung

No.
Tahapan
Rincian Kegiatan

Media
Waktu
1.
PersiapanTutorial
Tutor  melakukan :
·         Pengkajian BMP
·         Pengembangan peta konsep berdasarkan hasil kajian materi BMP dan Reanalisis Kompetensi pada BMP
·         Melakukan pengecekan bahan presentasi yang akan dibahas
·         Pengembangan tugas tutorial untuk mahasiswa sesuai pertemuan






2.
Kegiatan Pendahuluan
Tutor menginformasikan 
·         tujuan  tutorial
·         ruang lingkup bahasan  tutorial
·         relevansi dan manfaat tutorial


10’
3.
Kegiatan Penyajian
·         Tutor  mengulas kembali konsep PTK
·         Tutor  menginformasikan kaitan PKM dan PKP
·         Tutor memberi tugas pada mahasiswa untuk merefleksi tentang kejadian pembelajaran yang telah dilalui dan mencatat permasalahan pembelajaran sebanyak-banyaknya serta mempersiapkan rencana perbaikan pemelajaran


LCD
100’
4.
Kegiatan Penutup
Tutor menyampaikan
·         Evaluasi terhadap penguasaan mahasiswa tentang materi yang telah dibahas dalam tutorial
·         Rangkuman tentang pokok-pokok materi yang telah dibahas
·         Menginformasikan kepada mahasiswa tentang hal-hal yang perlu disiapkan untuk tutorial selanjutnya yaitu mempersiapkan rencana pembelajaran serta mempersiapkan rencana perbaikan pembelajaran


10’







SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL


Tutorial ke                                         :   2.
Kode/Nama Mata Kuliah/Sks          :   PDGK 4501/ Pemantapan Kemampuan Profesional/ 4SKS

Nama Pengembang                           :   Yusti Prihati, S.Pd.
Kompetensi Umum                           :    Setelah menyelesaikan program PKP diharapkan kemampuan mengajar mahasiswa akan semakin baik. Dengan demikian, mahasiswa akan tumbuh menjadi guru yang profesional, yang mampu menerapkan kaidah-kaidah PTK untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

            Kompetensi Khusus                         :  Mahasiswa dapat   merancang Rencana Perbaikan Pembelajaran (RPP)
       Pokok Bahasan                                :  Rencana Perbaikan Pembelajaran (RPP)
       Subpokok Bahasan                         :
                                                                     Sistematika Rencana Perbaikan Pembelajaran (RPP)
      Model Tutorial                                 : Pengajaran Langsung


No.
Tahapan
Rincian Kegiatan
Media


Waktu
1.
PersiapanTutorial
Tutor  melakukan :
·         Pengkajian BMP
·         Melakukan pengecekan bahan presentasi yang akan dibahas
·         Pengembangan tugas tutorial untuk mahasiswa sesuai pertemuan











2.
Kegiatan Pendahuluan
Tutor menginformasikan 
·         tujuan  tutorial
·         ruang lingkup bahasan tutorial
·         relevansi dan manfaat tutorial



10’
3.
Kegiatan Penyajian
·         Tutor  mengecek tugas mahasiswa pada tutorial pertama
·         Tutor  memandu mahasiswa untuk mendiskusikan Rencana Pembelajaran dan Rencana Perbaikan Pembelajaran yang telah disusun.
·         Tutor menugasi mahasiswa untuk mengadakan simulasi Rencana Perbaikan Pembelajaran yang telah dibuat
·         Tutor memandu mahasiswa untuk menganalisis pelaksanaan simulasi dari salah satu RPP mahasiswa


LCD
100’
4.
Kegiatan Penutup
Tutor menyampaikan
·         Evaluasi terhadap penguasaan mahasiswa tentang materi yang telah dibahas dalam tutorial
·         Menginformasikan kepada mahasiswa tentang hal-hal yang perlu disiapkan untuk tutorial selanjutnya yaitu mempersiapkan materi tentang konsep PTK


10’




                                                                                                                       
           
SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL


Tutorial ke                                         :   3
Kode/Nama Mata Kuliah/Sks          :   PDGK 4501/ Pemantapan Kemampuan Profesional/ 4SKS

Nama Pengembang                           :   Yusti Prihati, S.Pd.
Kompetensi Umum                           :    Setelah menyelesaikan program PKP diharapkan kemampuan mengajar mahasiswa akan semakin baik. Dengan demikian, mahasiswa akan tumbuh menjadi guru yang profesional, yang mampu menerapkan kaidah-kaidah PTK untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

      Kompetensi Khusus                         :  Mahasiswa dapat merefleksi dan  merancang Rencana Perbaikan Pembelajaran (RPP) untuk membuat laporan PKP
            Pokok Bahasan                                 :  Sistematika laporan PKP
            Subpokok Bahasan                          :   Sistematika laporan PKP (BAB I)    

     Model Tutorial                                : Pengajaran Langsung


No.
Tahapan
Rincian Kegiatan
Media


Waktu
1.
PersiapanTutorial
Tutor  melakukan :
·         Pengkajian BMP
·         Melakukan pengecekan bahan presentasi yang akan dibahas
·         Pengembangan tugas tutorial untuk mahasiswa sesuai pertemuan


2.
Kegiatan Pendahuluan
Tutor menginformasikan 
·         tujuan  tutorial
·         ruang lingkup bahasan tutorial
·         relevansi dan manfaat tutorial



10’
3.
Kegiatan Penyajian
·         Tutor  menggali konsep mahasiswa tentang isi BAB I pada PTK
·         Tutor  menjelaskan sistematika BAB I PTK dan uraian isinya
·         Tutor dan mahasiswa bertanya jawab tentang isi BAB I laporan PTK



LCD
100’
4.
Kegiatan Penutup
Tutor menyampaikan
·         Evaluasi terhadap penguasaan mahasiswa tentang materi yang telah dibahas dalam tutorial
·         Menginformasikan kepada mahasiswa tentang hal-hal yang perlu disiapkan untuk tutorial selanjutnya yaitu  mahasiswa menyusun BAB I laporan PTK dan mempelajari konsep BAB II laporan PTK




10’













SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL


Tutorial ke                                         :   4.
Kode/Nama Mata Kuliah/Sks          :   PDGK 4501/ Pemantapan Kemampuan Profesional/ 4SKS

Nama Pengembang                           :  Yusti Prihati, S.Pd.
Kompetensi Umum                           :   Setelah menyelesaikan program PKP diharapkan kemampuan mengajar mahasiswa akan semakin baik. Dengan demikian, mahasiswa akan tumbuh menjadi guru yang profesional, yang mampu menerapkan kaidah-kaidah PTK untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

     Kompetensi Khusus                         :    Mahasiswa dapat menyusun BAB II laporan PKP
      Pokok Bahasan                               :     Sistematika BAB II laporan PKP
            Subpokok Bahasan                         :    Sistematika laporan PKP (BAB II)   
      Model Tutorial                               :     Pengajaran Langsung


No.
Tahapan
Rincian Kegiatan
Media


Waktu
1.
PersiapanTutorial
Tutor  melakukan :
·         Pengkajian BMP
·         Melakukan pengecekan bahan presentasi yang akan dibahas
·         Pengembangan tugas tutorial untuk mahasiswa sesuai pertemuan




2.
Kegiatan Pendahuluan
Tutor menginformasikan 
·         tujuan  tutorial
·         ruang lingkup bahasan tutorial
·         relevansi dan manfaat tutorial




10’
3.
Kegiatan Penyajian
·         Tutor  menggali konsep mahasiswa tentang isi BAB II pada PTK
·         Tutor  menjelaskan sistematika BAB II PTK dan uraian isinya
·         Tutor dan mahasiswa bertanya jawab tentang isi BAB II laporan PTK
·         Tutor mengadakan pembimbingan isi BAB I yang telah dibuat mahasiswa

LCD
100’
4.
Kegiatan Penutup
Tutor menyampaikan
·         Evaluasi terhadap penguasaan mahasiswa tentang materi yang telah dibahas dalam tutorial
·         Menginformasikan kepada mahasiswa tentang hal-hal yang perlu disiapkan untuk tutorial selanjutnya yaitu  mahasiswa menyusun BAB II laporan PTK dan mempelajari konsep BAB III laporan PTK




10’













SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL


Tutorial ke                                         :   5
Kode/Nama Mata Kuliah/Sks          :   PDGK 4501/ Pemantapan Kemampuan Profesional/ 4SKS

Nama Pengembang                           :   Yusti Prihati, S.Pd.
Kompetensi Umum                           :    Setelah menyelesaikan program PKP diharapkan kemampuan mengajar mahasiswa akan semakin baik. Dengan demikian, mahasiswa akan tumbuh menjadi guru yang profesional, yang mampu menerapkan kaidah-kaidah PTK untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

      Kompetensi Khusus                         :     Mahasiswa dapat menyusun BAB III laporan PKP
      Pokok Bahasan                                :     Sistematika BAB III laporan PKP
            Subpokok Bahasan                          :     Sistematika laporan PKP (BAB III)           
      Model Tutorial                                 :     Pengajaran Langsung


No.
Tahapan
Rincian Kegiatan
Media


Waktu
1.
PersiapanTutorial
Tutor  melakukan :
·         Pengkajian BMP
·         Melakukan pengecekan bahan presentasi yang akan dibahas
·         Pengembangan tugas tutorial untuk mahasiswa sesuai pertemuan




2.
Kegiatan Pendahuluan
Tutor menginformasikan 
·         tujuan  tutorial
·         ruang lingkup bahasan tutorial
·         relevansi dan manfaat tutorial







10’
3.
Kegiatan Penyajian
·         Tutor  menggali konsep mahasiswa tentang isi BAB III pada PTK
·         Tutor  menjelaskan sistematika BAB III PTK dan uraian isinya
·         Tutor dan mahasiswa bertanya jawab tentang isi BAB III laporan PTK

·         Tutor mengadakan pembimbingan isi BAB II yang telah dibuat mahasiswa


LCD
100’
4.
Kegiatan Penutup
Tutor menyampaikan
·         Evaluasi terhadap penguasaan mahasiswa tentang materi yang telah dibahas dalam tutorial
·         Menginformasikan kepada mahasiswa tentang hal-hal yang perlu disiapkan untuk tutorial selanjutnya yaitu  mahasiswa menyusun BAB III laporan PTK dan mempelajari konsep BAB IV laporan PTK




10’











SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL


Tutorial ke                                         :   6
Kode/Nama Mata Kuliah/Sks          :   PDGK 4501/ Pemantapan Kemampuan Profesional/ 4SKS

Nama Pengembang                           :   Yusti Prihati, S.Pd.
Kompetensi Umum                           :    Setelah menyelesaikan program PKP diharapkan kemampuan mengajar mahasiswa akan semakin baik. Dengan demikian, mahasiswa akan tumbuh menjadi guru yang profesional, yang mampu menerapkan kaidah-kaidah PTK untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

     Kompetensi Khusus                         :   Mahasiswa dapat menyusun BAB IV laporan PKP
     Pokok Bahasan                                :    Sistematika BAB IV laporan PKP
           Subpokok Bahasan                          :   Sistematika laporan PKP (BAB IV)  
     Model Tutorial                                :   Pengajaran Langsung


No.
Tahapan
Rincian Kegiatan
Media


Waktu
1.
PersiapanTutorial
Tutor  melakukan :
·         Pengkajian BMP
·         Melakukan pengecekan bahan presentasi yang akan dibahas
·         Pengembangan tugas tutorial untuk mahasiswa sesuai pertemuan







2.
Kegiatan Pendahuluan
Tutor menginformasikan 
·         tujuan  tutorial
·         ruang lingkup bahasan tutorial
·         relevansi dan manfaat tutorial



10’
3.
Kegiatan Penyajian
·         Tutor  menggali konsep mahasiswa tentang isi BAB IV pada PTK
·         Tutor  menjelaskan sistematika BAB IV PTK dan uraian isinya
·         Tutor dan mahasiswa bertanya jawab tentang isi BAB IV laporan PTK

·         Tutor mengadakan pembimbingan isi BAB III yang telah dibuat mahasiswa


LCD
100’
4.
Kegiatan Penutup
Tutor menyampaikan
·         Evaluasi terhadap penguasaan mahasiswa tentang materi yang telah dibahas dalam tutorial
·         Menginformasikan kepada mahasiswa tentang hal-hal yang perlu disiapkan untuk tutorial selanjutnya yaitu  mahasiswa menyusun BAB IV laporan PTK dan mempelajari konsep BAB V laporan PTK




10’









SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL


Tutorial ke                                         :   7
Kode/Nama Mata Kuliah/Sks          :   PDGK 4501/ Pemantapan Kemampuan Profesional/ 4SKS

Nama Pengembang                           :   Yusti Prihati, S.Pd.
Kompetensi Umum                           :    Setelah menyelesaikan program PKP diharapkan kemampuan mengajar mahasiswa akan semakin baik. Dengandemikian, mahasiswa akan tumbuh menjadi guru yang profesional, yang mampu menerapkan kaidah-kaidah PTK untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

     Kompetensi Khusus                          :    Mahasiswa dapat menyusun BAB V laporan PKP
      Pokok Bahasan                                :    Sistematika BAB V laporan PKP
            Subpokok Bahasan                          :    Sistematika laporan PKP (BAB V)  
      Model Tutorial                                 :    Pengajaran Langsung


No.
Tahapan
Rincian Kegiatan
Media


Waktu
1.
PersiapanTutorial
Tutor  melakukan :
·         Pengkajian BMP
·         Melakukan pengecekan bahan presentasi yang akan dibahas
·         Pengembangan tugas tutorial untuk mahasiswa sesuai pertemuan




2.
Kegiatan Pendahuluan
Tutor menginformasikan 
·         tujuan  tutorial
·         ruang lingkup bahasan tutorial
·         relevansi dan manfaat tutorial









10’
3.
Kegiatan Penyajian
·         Tutor  menggali konsep mahasiswa tentang isi BAB V pada PTK
·         Tutor  menjelaskan sistematika BAB V PTK dan uraian isinya
·         Tutor dan mahasiswa bertanya jawab tentang isi BAB V laporan PTK

·         Tutor mengadakan pembimbingan isi BAB IV yang telah dibuat mahasiswa



LCD
100’
4.
Kegiatan Penutup
Tutor menyampaikan
·         Evaluasi terhadap penguasaan mahasiswa tentang materi yang telah dibahas dalam tutorial
·         Menginformasikan kepada mahasiswa tentang hal-hal yang perlu disiapkan untuk tutorial selanjutnya yaitu  mahasiswa menyusun BAB V laporan PTK dan mempersiapkan laporan
BAB I—BABV pada tutorial ke-8





10’









SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL


Tutorial ke                                         :   8
Kode/Nama Mata Kuliah/Sks          :   PDGK 4501/ Pemantapan Kemampuan Profesional/ 4SKS

Nama Pengembang                           :   Yusti Prihati, S.Pd.
Kompetensi Umum                           :    Setelah menyelesaikan program PKP diharapkan kemampuan mengajar mahasiswa akan semakin baik. Dengan demikian, mahasiswa akan tumbuh menjadi guru yang profesional, yang mampu menerapkan kaidah-kaidah PTK untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

     Kompetensi Khusus                           :      Mahasiswa dapat menyusun BAB I – BAB V
      Pokok Bahasan                                 :     Sistematika BAB I – BAB V laporan PKP
            Subpokok Bahasan                           :     Sistematika laporan PKP (BAB I—BAB V)         
     Model Tutorial                                   :       Pengajaran Langsung



No.
Tahapan
Rincian Kegiatan
Media


Waktu
1.
PersiapanTutorial
Tutor  melakukan :
·         Pengkajian BMP
·         Melakukan pengecekan bahan presentasi yang akan dibahas
·         Pengembangan tugas tutorial untuk mahasiswa sesuai pertemuan



2.
Kegiatan Pendahuluan
Tutor menginformasikan 
·         tujuan  tutorial
·         ruang lingkup bahasan tutorial
·         relevansi dan manfaat tutorial









10’
3.
Kegiatan Penyajian
·         Tutor  mengecek laporan mahasiswa
·         Tutor  membimbing mahasiswa dalam penyelesaian laporan PKP terutama
      BAB V

LCD
100’
4.
Kegiatan Penutup
Tutor menyampaikan
Evaluasi terhadap laporan PKP yang telah dibuat mahasiswa





10’


0 Response to "RPP Tutorial Pembuatan PTK"

Post a Comment